Soal Bahasa Indonesia Kelas 1 SD UTS 2 Semester II TA 2013/2014

I. Silanglah (x) jawaban a, b, atau c dengan benar!

Bacalah baik-baik!
Kerbau dan BuayaBuaya tersesat di hutan.
Ia tidak tahu jalan pulang.
Tiba-tiba sebatang pohon tumbang.
Pohon itu menimpa tubuh buaya.
Buaya : Tolong-tolonglah aku.
Kerbau : Sabarlah kusingkirkan pohon ini.
Buaya : Cepatlah aku sudah tak tahan.
Kerbau : Nah, sudah selesai pulanglah.
Buaya : Aduh, aku tidak bisa berjalan.
Kerbau : Naiklah ke punggungku.
Tiba-tiba buaya menggigit.
Kerbau : Buaya, mengapa kamu menggigit punggungku?
Buaya : Aku lapar.
Untunglah kancil datang.
1. Dimana buaya tersesat?
2. Mengapa buaya minta tolong?
3. Siapa yang menolong buaya?
4. Apa yang dilakukan buaya pada kerbau?
5. Siapa tokoh yang baik hati?

6. ... nama ibumu?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
a. Apakah b. dimanakah c. siapakah

7. Asti sedang menyapu lantai dengan ...
a. Kemucing b. sapu ijuk c. sapu lidi

8. Aku nama binatang, tubuhku besar, kakiku empat, aku punya belalai. Aku adalah ...
a. Gajah b. harimau c. kerbau

9. Akbar tidak suka menyontek, sebab mencontek itu ...
a. Berdosa b. bermanfaat c. berhasil

10. ... ayahmu bekerja?
a. Berapa b. dimana c. siapa
11. Bentukku persegi panjang, aku sebuah papan digunakan untuk menulis. Aku adalah ...
a. Meja tulis b. papan tulis c. pensil

12. Sita suka berolahraga. Sebab olahraga itu ...
a. Membuat tubuh sakit b. membuat tubuh kurus c. menyehatkan badan

13. Rumah yang sehat adalah rumah yang ...
a. Bersih b. berantakan c. kotor

14. Lusi anak yang rajin belajar. Lawan dari kata rajin adalah ...
a. Disiplin b. malas c. tekun

15. Cabai yang sudah tua berwarna...
a. Merah b. kuning c. hijau

16. Biasanya aku berwarna putih dan berbusa. Aku digunakan untuk sikat gigi. Aku adalah ...
a. Pasta gigi b. sikat gigi c. sampo

17. Kepada adikku aku harus ...
a. Manja b. nakal c. sayang

18. Benda ini ada di langit, ia gemerlapan di malam hari. Benda ini adalah ...
a. Matahari b. bintang c. bumi

19. Anak yang pintar suka menulis.
Kata suka sama artinya dengan ...
a. Benci b. sedih c. senang

20. Toni merasa bersalah, Toni meminta ...
a. Makan b. maaf c. uang

21. Nenek ditolong Wati, maka nenek mengucapkan ...
a. Maaf b. salam c. terima kasih

22. Kakakku bekerja sebagai ... di rumah sakit.
a. Guru b. montir c. perawat

23. Maaf – akhirnya – buaya – meminta
Kata-kata tersebut disusun menjadi kalimat yang benar adalah ...
a. Akhirnya buaya meminta maaf
b. Akhirnya meminta maaf buaya
c. Akhirnya maaf meminta buaya

24. Ibu Doni berjualan sayur di pasar.
Ibu Doni adalah seorang ...
a. Pedagang b. petani c. peternak

25. Jika Ibu sedang memasak kita harus ... agar cepat selesai.
a. Bermain b. menyapa c. membantu

II. Essay!

26. Kulitku berduri, bauku harum dan rasanya nikmat. Aku adalah buah ...
27. Kebersihan adalah pangkal ...
28. Tono ... sampah ke tempat sampah.
29. Kerbau adalah binatang yang suka makan ...
30. Pak Hamid pekerjaannya menangkap ikan di laut. Pak Hamid adalah seorang ...
31. Ayah dan Ibu gembira melihatku main sepak bola. Lawan kata dari gembira adalah ...
32. Aku suka makan buah rambutan. Karena buah rambutan itu ...
33. Pak Tani membawa binatang ... untuk menarik bajaknya di sawah.
34. Mainan yang ditarik benang, bisa terbang, terbuat dari bambu dan kertas adalah ...
35. Tempat untuk memelihara ikan hias yang terbuat dari kaca berbentuk kotak disebut ...

III. Uraian!

36. Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar!
lantai – Yuyun – mulai – mengepel
37. Salinlah dengan huruf tegak bersambung!
Kicau burung itu merdu
38. Deskripsikan buah semangka dengan menyebutkan ciri-cirinya!
A. ...
b. ...
c. ...
39. Salinlah dengan huruf tegak bersambung!
Buaya sedang menjerit kesakitan
40. Lengkapilah percakapan berikut!
Tina : Apakah kamu suka buah jeruk?
Titin : ...
Tina : Mengapa?
Titin : ...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment