Pidato Tema Pentingnya Sikap Tenggang Rasa Antar Sesama

PENTINGNYA SIKAP TENGGANG RASA ANTAR SESAMA

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Dewan juri dan teman-teman yang saya hormati.
Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, taufik, dan hidayahNya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul dalam acara lomba pidato Bahasa Indonesia.

Hadirin yang berbahagia.
Saya akan menyampaikan pidato dengan judul Pentingnya Sikap Tenggang Rasa dalam Kehidupan Sehari-hari.

Dalam pidato ini, saya akan menyampaikan empat hal,
1.      Apa itu sikap tenggang rasa?
2.      Contoh-contoh sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Bagaimana cara menerapkan sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari?
4.      Apa pentingnya sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari?
Dewan juri dan teman- teman yang budiman.
Pertama, “Apa itu sikap tenggang rasa?” Sikap tenggang rasa adalah ikut menghormati atau menghargai sesama orang lain. Sikap tenggang rasa ini sudah menjadi kebiasaan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia namun sayang, sekarang mulai tergeser seiring perubahan dan perkembangan zaman.

Dewan juri dan teman- teman yang berbahagia.
Kedua, contoh-contoh sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari, yaitu saling menghormati sesama orang lain, menghormati sesama teman, menghormati orang tua, menghormati bapak dan ibu guru, dan menghormati tetangga. Kemudian saling menghargai sesama orang lain, contohnya menghargai teman, orang tua, bapak maupun ibu guru, dam tidak kalah pentingnya menghargai sesama tetangga.

Dewan juri dan teman-teman yang saya hormati.
Ketiga, “Bagaimana cara menerapkan sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari?” “Apakah teman-teman tahu bagaimana cara menerapkan sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari?” “Ayo, siapa yang tahu!” Teman-teman, banyak sekali lo, cara menerapkan sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari diantaranya, saling menghormati. Terutama menghormati ke dua orang tua. Kepada ke dua orang ua, kita harus berkata sopan, berperilaku santun, lemah lembut, jangan bermuka masam, berkata kasar, apalagi ketus.

Dewan juri dan teman – teman yang bijaksana.
Contoh tenggang rasa selanjutnya adalah, saling menghormati. “Ayo, siapa yang suka mengejek pada teman yang nilainya rendah, bajunya jelek, wajahnya tidak ganteng atau cantik, bahkan mengejek mereka yang cacat!” “Wah jangan!” Sesama teman harus saling menghargai. Bahkan di sekolahku sekarang Sekolah Inklusi, menerima semua anak baik yang normal, maupun yang berkebutuhan khusus. Kami saling menghargai, menyayangi dan menerima.

Yang ke empat, “Apa pentingnya sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari?” Tercipta kerukunan. Jadi, kalau kita menghargai dan menghormati sesama orang lain akan tercipta kerukunan dan tidak akan bermusuhan. Damai dan sejahtera. Kalau mempunyai sikap tenggang rasa akan damai dalam hidup, nyaman, dan akhirnya sejahtera. Dan yang terakhir akan tercipta keharmonisan. Jika kita rukun, damai, sejahtera pastilah hidup kita harmonis.

Dewan juri dan teman-teman yang berbahagia. Akhirnya saya menghimbau “Ayo, kita kembangkan sikap tenggang rasa sesama orang lain, agar tercipta kerukunan antar sesama.”

Bakso kuah dimakan anak rusa
Bakso pangsit dimakan anak buaya
Ayo, kembangkan sikap tenggang rasa
Agar tercipta kerukunan bersama

Kiranya cukup sekian, mohon maaf segala kekurangan. Tak ada gading yang tak retak.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Previous
Next Post »
Thanks for your comment