Soal dan Kunci IPS Kelas 4/IV SD Semester 1 UAS 1 TA 2014/2015


PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN
UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UNIT KECAMATAN ...........................
SD NEGERI……………………………

ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran           :   Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                            :   IV  (empat)
Hari / Tanggal             :  
Waktu                           :   90 menit

Petunjuk Umum :
1.   Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2.   Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama !
3.   Kerjakanlah lebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4.   Telitilah kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan kepada Bapak / Ibu guru !

I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat !

1.     Gambar seluruh atau sebagian permukaan bumi yang dilukis pada suatu bidang datar dengan skala tertentu disebut ....
a.
Bumi
c.
Tata surya
b.
Peta
d.
Globe

2.     Komponen peta yang digunakan untuk menjelaskan isi atau gambar peta disebut ....
a.
Judul peta
c.
Skala
b.
Legenda
d.
Simbol

3.                                           Simbol gambar di samping berfungsi untuk melambangkan ....
a.
Kereta api
c.
Bandara
b.
Pelabuhan
d.
Penyeberangan

4.     Sebuah peta kabupaten memiliki skala 1 : 1.000.000. Jika jarak kota kecamatanmu ke kota kabupaten pada peta adalah 20 cm, maka jarak sebenarnya di bumi adalah ....
a.
10 km
c.
100 km
b.
20 km
d.
200 km

5.     Perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya disebut ....
a.
Legenda
c.
Skala
b.
Bagan
d.
Rumus

6.     Segala sesuatu di alam atau di bumi yang terbentuk karena peristiwa alam disebut ....
a.
Kenampakan alam
c.
Keragaman budaya
b.
Keragaman flora dan fauna
d.
Kenampakan cahaya


7.     Kenampakan bumi yang menjulang tinggi disebut ....
a.
Pegunungan
c.
Gunung
b.
Dataran rendah
d.
Pantai

8.     Salah satu contoh kenampakan alam yang termasuk wilayah daratan adalah ....
a.
Laut
c.
Sungai
b.
Pegunungan
d.
Danau

9.     Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai umumnya mata pencaharian sebagai ....
a.
Petani
c.
Pengusaha
b.
Sopir
d.
Nelayan

10.  Gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung berapi disebut gempa ....
a.
Tektonik
c.
Vulkanik
b.
Runtuhan
d.
Susulan

11.  Contoh perilaku yang menjaga lingkungan adalah ....
a.
Membuang sampah di tempat yang disediakan.
b.
Membuang sampah rumah tangga di selokan.
c.
Menebang hutan secara liar.
d.
Membuang linbah pabrik di sungai.

12.  Contoh kekayaan alam yang tidak dapat diperbaharui adalah ....
a.
Hutan
c.
Air
b.
Bahan tambang
d.
Tanah

13.  Sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam ....
a.
Hayati
c.
Pertanian
b.
Hewan
d.
Nabati

14.  Menurut sifatnya, sumber daya alam digolongkan menjadi dua, yaitu kekayaan alam ....
a.
Yang dapat dibeli dan dikembalikan.
b.
Yang dapat digali dan tak dapat digali.
c.
Yang dapat diperbaharui dan tak dapat diperbaharui.
d.
Yang dapat dijual dan tak dapat dijual.

15.  Hasil hutan berikut yang digunakan untuk membuat lemari adalah ....
a.
Rotan
c.
Cemara
b.
Bakau
d.
Jati

16.  Hasil perkebunan yang dimanfaatkan untuk obat malaria adalah ....
a.
Rosela
c.
Tebu
b.
Kina
d.
Kelapa

17.  Manfaat dari getah karet adalah sebagai bahan ....
a.
Bangunan
c.
Minyak
b.
Bakar
d.
Ban


18.  Salah satu cara untuk melestarikan hutan adalah ....
a.
Reboisasi
c.
Membakar hutan
b.
Menebang hutan
d.
Melakukan lahan berpindah

19.  Kulit kayu sumber daya alam yang dipakai untuk bahan ....
a.
Serbuk kayu
c.
Pembuatan kertas
b.
Pohon
d.
Kayu keras

20.  Dasar negara Republik Indonesia adalah ....
a.
Bhineka Tunggal Ika
c.
Burung Garuda
b.
Pancasila
d.
UUD 1945

21.  Keragaman suku bangsa dan budaya yang kita miliki merupakan satu kesatuan untuk ....
a.
Berselisih
c.
Bersatu
b.
Bertengkar
d.
Beradu

22.  Pengertian Bhineka Tunggal Ika adalah ....
a.
Berbeda-beda tetapi tetap satu satu jua.
b.
Perbedaan menyebabkan kehancuran.
c.
Perbedaan adalah anugerah Tuhan.
d.
Berbeda-beda tidak akan bersatu.

23.  Lagu Soleram berasal dari derah ....
a.
Maluku
c.
Jawa Tengah
b.
Riau
d.
Jawa Barat

24.                                                    Gambar rumah adat di samping berasal dari provinsi ....
a.
Kalimantan Timur
c.
Jawa
b.
Sulawesi
d.
Bali

25.  Cara menghargai keragaman agama yang ada  adalah dengan cara ....
a.
Tidak peduli pada agama laian.
b.
Tidak mengganggu jika ada orang lain lain yang beribadah.
c.
Mengotori tempat ibadah agama orang lain.
d.
Mempelajari dan mengikuti ibadah agama orang lain.

26.  Terhadap budaya daerah lain kita berkewajiban untuk ....
a.
Mengetahui
c.
Menghargai
b.
Mengagumi
d.
Mempelajari

27.  Peninggalan sejarah yang berupa tulisan dari masa lampau yang ditulis pada batu, emas, perunggu, tembaga, tanah liat atau tanduk binatang disebut ....
a.
Arca
c.
Tugu
b.
Benteng
d.
Prasasti

28.  Candi borobudur terletak di daerah ....
a.
Jawa Tengah
c.
Jawa Timur
b.
Jawa Barat
d.
Sumatera


29.  Peninggalan sejarah sangat bermanfaat sekali untuk anak sekolah dalam bidang ....
a.
Perdagangan
c.
Pendidikan
b.
Perhubungan
d.
Perindustrian

30.  Turut menjaga kelestarian dan keutuhan benda bersejarah ketika kita mengunjungi tempat tersebut termasuk ....
a.
Menghargai peninggalan sejarah.
b.
Melestarikan benda sejarah.
c.
Mentaati tata tertib.
d.
Memepelajari sejarah.

31.  Orang yang gagah berani berjuang secara ikhlas dan tanpa pamrih dalam membela kebenaran disebut ....
a.
Pahlawan
c.
Dokter
b.
Tukang becak
d.
Tukang ojek

32.  Berikut ini yang merupakan contoh sikap patriotisme adalah ....
a.
Takut berkelahi.
c.
Rela berkorban.
b.
Ingin menang sendiri.
d.
Bersikap semena-mena.

33.  Yang merupakan pahlawan proklamator Indonesia adalah ....
a.
Ir. Sutarmi dan Drs. Muhamad Musa
b.
Ir. Soekarno dan Drs. Muhamad Hatta
c.
Ir. Sutadjo dan Drs. Muhamad Hatta
d.
Ir. Sukandar dan Drs. Muhamad Abu Bakar

34.  Indonesia mereka pada tanggal ....
a.
14 Agustus 1945
c.
16 Agustus 1945
b.
15 Agustus 1945.
d.
17 Agustus 1945

35.  Seorang siswa dapat meneladani semangat kepahlawanan dengan cara ....
a.
Menegakan keadilan
c.
Belajar dengan rajin dan tekun
b.
Memberantas kemiskinan
d.
Berlatih beladiri

II.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !

36.  Buku kumpulan peta disebut ....
37.                   Gambar di samping merupakan simbol ....
38.  Akibat penebangan hutan secara liar menyebabkan bahaya ....
39.  Suatu bagian dari daratan yang bergunung-gunung yang tingginya lebih dari 700 meter disebut ....
40.  Bahan baku pembuatan gula pasir adalah ....
41.  Sumber daya alam adalah ....
42.  Agar sumber daya alam tidak cepat habis maka harus di gunakan secara ....
43.  Bhineka Tunggal Ika berasal dari kitab Sutasoma yang dikarang oleh ....
44. 
                     Pahlawan Nasional pada gambar di samping adalah ....

45.  Peninggalan sejarah yang berupa sisa-sisa tulang belulang manusia dan hewan atau tumbuhan yang membatu disebut ....

III.   Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !

46.  Sebutkan 3 peninggalan sejarah berbentuk bangunan !
Jawab :
a.
...........................................................................................................

b.
...........................................................................................................
c.
...........................................................................................................

47.  Sebutkan 3 unsur komponen peta dan jelaskan !
Jawab :
a.
...........................................................................................................

b.
...........................................................................................................
c.
...........................................................................................................

48.  Sebutkan 3 peristiwa alam !
Jawab :
a.
...........................................................................................................

b.
...........................................................................................................
c.
...........................................................................................................

49.  Sebutkan 3 cara menjaga kelestarian lingkungan peninggalan sejarah !
Jawab :
a.
...........................................................................................................

b.
...........................................................................................................
c.
...........................................................................................................

50.  Sebutkan 3 tarian daerah adat yang kamu ketahui !
Jawab :
a.
...........................................................................................................

b.
...........................................................................................................
c.
...........................................................................................................



KUNCI JAWABAN IPS KELAS IV
I.
1.
b
6.
a
11.
a
16.
b
21.
c
26.
c
31.
a
2.
a
7.
c
12.
b
17.
d
22.
a
27.
d
32.
c
3.
c
8.
b
13.
d
18.
a
23.
b
28.
a
33.
b
4.
d
9.
d
14.
c
19.
c
24.
d
29.
c
34.
d
5.
c
10.
c
15.
d
20.
b
25.
b
30.
b
35.
c
II.
36.
Atlas
37.
Ibu kota kabupaten
38.
Tanah longsor
39.
Pegunungan
40.
Tebu
41.
Kekayaan alam yang terdapat di bumi (kebijakan guru)
42.
Hemat atau irit
43.
Mpu Tantular
44.
Kapiten Pattimura
45.
Fosil
III.

46.
a.
Candi

b.
Benteng

c.
Masjid


(kebijakan guru)
47.
a.
Judul peta menjelaskan isi atau gambar peta.

b.
Skala peta perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya.

c.
Arah mata angin pedoman atau petunjuk arah pada peta.


(kebijakan guru)
48.
a.
Gempa bumi

b.
Banjir

c.
Tanah longsor
49.
a.
Menjaga keutuhan benda-benda peninggalan sejarah.

b.
Tidak mencoret-coret dan membuat kotor benda-benda peninggalan sejarah.

c.
Tidak mengambil dan memperjualbelikan benda peninggalan sejarah.


(kebijaksanaan guru)
50.
a.
Kuda lumping

b.
Serampang duabelas

c.
Piring


(kebijakan guru)



KISI-KISI SOAL  PENYUSUN NASKAH SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
SD/MI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

            Mata Pelajaran           :           Ilmu Pengetahuan Sosial
            Kelas    :           IV (empat)
            Alokasi waktu  :
            Jumlah :           50 soal
            Bentuk soal     :           1.         Pilihan Ganda 35
                                                2.         Isian 10
                                                3.         Uraian 5

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Indikator
No. Soal
Bentuk Soal
1.

















Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten, kota dan provinsi.












1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten, kota, provinsi dengan mengunakan skala sederhana)
-          Peta

-          Komponen peta

-          Gambar simbol

-          Skala peta angka
-          Skala
o   Pengertian peta.

o   Pengertian komponen peta.

o   Pengertian gambar simbol.

o   Contoh skala peta angka.
o   Pengertian skalla.
Ø  Menjelaskan pengertian peta.
Ø  Menjelaskan salah satu pengertian komponen peta.
Ø  Disajikan gambar simbol peta lingkungan.
Ø  Contoh skala angka.
Ø  Menjelaskan pengertian skala.
1

2

3

4
5
Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda
Pil. Ganda
1.2 Mendiskripsikan kenampakan di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubunganya dengan keragaman sosial budaya.
-          Kenampakan alam

-          Gunung

-          Kenampakan alam

-          Mata pencaharian




-          Akibat peristiwa alam
-          Perilaku manusia
o   Pengertian kenampakan alam.

o   Tentang gunung.

o   Contoh kenampakan alam.

o   Mata pencaharian lingkungan.




o   Akibat peristiwa alam.

o   Perilaku manusia.
Ø  Pengertian kenampakan alam.
Ø  Menjelaskan pengertian tentang gunung.
Ø  Contoh kenampakan alam di lingkungan setempat.
Ø  Menjelaskan hubungan kenampakan alam dengan keragaman sosial tentang mata pencaharian di lingkungan setempat.
Ø  Menjelaskan peristiwa alam dan akibatnya,
Ø  Menjelaskan contoh perilaku manusia terhadap lingkungan.
6

7

8

9




10

11

Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda




Pil. Ganda

Pil. Ganda


1.3 Menunjukan jenis dan penyebaran sumber daya allam serta pemanfaatanya untuk kegiatan ekonomi di  lingkungan sekitar.
-          Sumbaer daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
-          Sumber daya alam nabati.
-          Sifat/ pengertian sumber daya alam.

-          Hasil hutan.

-          Manfaat nama obat malaria.


-          Manfaat getah karet.
-          Keestarian hutan.


-          Bahan baku untuk membuat kertas.
o   Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

o   Sumber daya alam nabati.

o   Sifat dan pengertian sumber daya alam.

o   Hasil hutan.

o   Manfaat dan nama obat malaria.


o   Manfaat getah karet.

o   Kelestarian hutan.


o   Bahan baku untuk membuat kertas.

Ø  Menyebutkan salah satu contoh yang tidak dapat di perbaharui.
Ø  Pengertian sumber daya alam.
Ø  Menjelaskan sifat /pengertian sumber daya alam.
Ø  Contoh hasil hutan untukk membuat almari.
Ø  Menyebutkan salah satu hasil perkebunan yang dimanfaatkan untuk obat malaria.
Ø  Menyebutkan salah satu contoh manfaat hutan.
Ø  Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber daya alam.
Ø  Menjelaskan sumber daya alam melalui pembuatan kertas dengan bahan baku.
12


13

14


15

16



17

18


19


Pil. Ganda


Pil. Ganda

Pil. Ganda


Pil. Ganda

Pil. Ganda



Pil. Ganda

Pil. Ganda


Pil. Ganda




1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
-          Dasar negara.

-          Keragaman suku bangsa.

-          Bhineka Tunggal Ika.

-          Lagu daerah.

-          Rumah adat.

-          Menghargai keragaman agama.
-          Budaya daerah.
o   Pengertian dasar negara.

o   Keragaman suku bangsa.


o   Pengertian Bhinek Tunggal Ika.

o   Lagu daerah.

o   Rumah adat.

o   Menghargai keragaman agama.
o   Buudaya daerah.

Ø  Menyebutkan dasar negara Rebuplik Indinesia.
Ø  Menjelaskan keragaman suku bangsa dalam persatuan dan kesatuan.
Ø  Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika.
Ø  Menyebutkan asal lagu daerah.
Ø  Disajikan gambar rumah adat.
Ø  Cara menghargai keragaman agama.
Ø  Contoh sikap menghargai tehadap budaya lain.
20

21


22

23

24

25

26

Pil. Ganda

Pil. Ganda


Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda
1.5 Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabuupaten, kota, provinsi).
-          Peninggalan sejarah.


-          Letak candi Borobudur.

-          Manfaat peninggalan sejarah dalam pendidikan.
-          Cara melestarikan peninggalan sejarah.
o    Peninggalan sejarah.


o    Letak candi Borobudur.


o    Manfaat peninggalan sejarah dalam pendidikan.

o    Cara melestarikan peninggalan sejarah.
Ø  Mengidentifikasi jenis peninggalan sejarah berupa tulis.
Ø  Menyebutkan letak peninggalan sejarah berupa candi.
Ø  Manfaat peninggalan sejarah dalam suatu bidang.
Ø  Melestarikan peninggalan sejarah.
27


28


29


30


Pil. Ganda


Pil. Ganda


Pil. Ganda


Pil. Ganda
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya.
-          Pahlawan.

-          Sikap patriotisme.

-          Pahlawan proklamator.
-          Tanggal kemerdekaan.
-          Semangat seorang pelajar.
o    Pengertian pahlawan.

o    Sikap patriotisme.

o    Pahlawan proklamator.

o    Tanggal hari kemerdekaan.

o   Semangat seorang pelajar.
Ø  Menjelaskan pengertian pahlawan.
Ø  Menjelaskan contoh arti pentiing sikap patriotisme.
Ø  Menyebutkan pahlawan proklamator.
Ø  Menyebutkan tanggal kemerdekaan RI.
Ø  Menjelaskan sikap sebagai seorang siswa dalam meneladani semangat kepahlawanan.
31

32

33

34

35

Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda

Pil. Ganda
2.






















Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan Provinsi .

















2.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan mengunakan skala sederhana.
-          Kumpulan peta.

-          Simbol peta
o   Kumpulan peta.

o   Gambar simbol peta.
Ø  Pengertian kumpulan peta.

Ø  Disajikan gambar salah satu simbol peta lingkungan.
36

37




Isian

Isian
2.2 Mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten kota dan provinsi serta hubungan dengan keragaman sosial budaya.
-          Akibat perilaku manusia.

-          Pegunungan
o    Akibat perilaku manusia.


o    Pegunungan
Ø  Menjelaskan akibat perilaku manusia terrhadap lingkungan.
Ø  Pengertian kenampakan alam tentang pegunuungan.
38


39
Isian


Isian




2.3 Menunjukan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatanya untuk kegiatan ekonomi di lingkunngan setempat.
-          Jenis sumber daya alam.
-          Sumber daya alam.
-          Contoh melestarikan sumber daya alam.
o    Jenis sumber daya alam.
o    Sumber daya alam.
o    Contoh melestarikan sumber daya alam.
Ø  Jenis sumber daya alam bahan baku gula pasir.
Ø  Pengertian sumber daya alam.
Ø  Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber daya alam.
40

41

42
Isian

Isian

Isian



2.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
-          Semboyan Bhineka Tunggal Ika.
o    Semboyan Bhineka Tunggal Ika dari kitab Sutasoma dikarang oleh mpu Tantular.
Ø  Menyebutkan pengarang Bhineka Tunggal Ika dari kitab sutasoma.
43
Isian



2.5 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungan sekitar.
-          Gambar pahlawan.
o    Gambar pahlawan.
Ø  Disajikan gambar pahlawan.
44
Isian


2.6 Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota dan provinsi)
-          Peninggalan sejarah.


-          Peninggalan sejarah.
o    Peninggalan sejarah.


o    Peninggalan sejarah.
Ø  Menyebutkan salah satu jenis peninggalan sejarah berupa fosil.
Ø  Menyebutkan 3 (tiga) peninggalan sejarah.
45


46
Isian


Uraian
2.7 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota dan provinsi) dengan sekala sederhana.
-          Unsur komponen peta.
o    Unsur komponen peta.
Ø  Menyebutkan 3 (tiga) unsur komponen peta dengan penjelasanya.
47
Uraian





2.8 Mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan sekitar kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya.
-          Peristiwa alam.
o    Peristiwa alam.
Ø  Menyebutkan 3 (tiga) peristiwa alam.
48
Uraian








2.9 Menghargai berbagai peninggalan sejarah dilingkungan sekitar.
-          Cara menjaga kelestarian lingkungan.
o    Cara menjaga kelestarian   lingkunngan
Ø  Menyebutkan 3 (tiga) cara menjaga kelestarian lingkungan
49
Uraian




2.10 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
-          Tarian  daerah adat.
o    Tarian daerah adat.
Ø  Menyebutkan 3 (tiga) tarian daerah adat.
50
Uraian


Previous
Next Post »
Thanks for your comment