Info CPNS Kementerian Pekerjaan Umum September 2013

Kami ingin memberitahukan anda bahwa pendaftaran CPNS Kementerian PU telah dibuka. Melalui Laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum di http://cpns2013.pu.go.id/ terlihat berapa jumlah formasi yang dibutuhkan termasuk persyaratan dan tata cara pendaftaran. Jadi bagi anda yang menginginkan informasi yang valid, detail dan lengkap, silahkan kunjungi web rekrutmen PU yang telah kami sebutkan tadi. Informasi ini merupakan bagian dari Lowongan Kerja September 2013, karena itu selain info CPNS kami akan berusaha meng-update website ini dengan berbagai informasi lainnya termasuk dari BUMN dan Swasta. Karena itu pastikan selalu cek website kami setiap hari.
Berikut ini adalah rincian formasi Kementerian PU yang totalnya berjumlah 200 orang dari berbagai program studi.
No Kualifikasi Pendidikan Tingkat Pendidikan Jumlah Formasi
1 Teknik sipil S1 78
2 Teknik Arsitektur atau Lansekap S1 11
3 Teknik Planologi atau perencanaan wilayah kota S1 7
4 Teknik lingkungan S1 16
5 Geologi, Geodesi, Geomatika S1 20
6 Geografi S1 2
7 Teknik informatika, ilmu komputer, komunikasi S1 5
8 Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Studi pembangunan S1 30
9 Sosiologi S1 1
10 Hukum S1 5
11 Teknik informatika, Ilmu komputer D3 21
12 Kimia D3 4
Pada tabel di atas, terlihat bahwa Program Studi Teknik Sipil paling banyak dibutuhkan di Kementerian PU, sedangkan Jurusan Sosiologi adalah jumlah yang paling sedikit yakni satu orang saja.
PERSYARATAN UMUM :
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  3. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi pemerintah/swasta lain.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri.
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
  7. Mampu mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office dan internet (browsing dan surat elektronik).
  8. Sehat jasmani dan rohani.
  9. Berijazah Sarjana (S1), Diploma Empat (D4), atau Diploma Tiga (D3) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan akreditasi bidang studi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Pada saat mendaftar, pelamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi.
  11. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi A dan minimal 3,00 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi B.
  12. Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan.
  13. Pelamar dari jenjang pendidikan S1/D4, menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku sampai bulan November 2013. Hasil tes yang diperbolehkan untuk dilampirkan adalah sebagai berikut:
    1. TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450.
    2. TOEFL®IBT (Internet-Based TOEFL) yang diterbitkan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan nilai minimal 53.
    3. IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) dengan nilai minimal 5.
  14. Pelamar dari jenjang pendidikan D3 tidak melampirkan hasil tes kemampuan bahasa Inggris.
  15. Bersedia membayar ganti rugi ke Kas Negara sebesar Rp. 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah) apabila mengundurkan diri sebagai CPNS/PNS dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sejak ditetapkan sebagai CPNS Kementerian PU.
Tes tertulis akan dilakukan dibeberapa daerah seperti  Jakarta, Medan, Bandung, Pekanbaru, Makassar Palembang, Banjarmasin Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang, Manado dan Jayapura. Pendaftaran Lowongan CPNS 2013 Kementerian PU dilakukan secara online mulai tanggal 11 sampai 27 September 2013 melalui website http://www.pu.go.id
Previous
Next Post »
Thanks for your comment