Download Software Pallawa untuk menulis Huruf Jawa Hanacaraka23.10 Gratis!!!


Aksara Jawa pada komputer, tentunya dalam program office baik itu Microsoft office atau yang yang semacamnya sobat tidak akan menemui Font berbentuk huruf Jawa atau yang biasa dikenal HANACARAKA.

Nah agar kita bisa menulis aksara Jawa tentunya kita harus menginstall font tersebut. Salah satu program yang bisa menolong kita yaitu aplikasi bernama PALLAWA. Filenya kecil aja kok, gak akan berat di kompi kita.

Download dulu filenya di bawah ini
DISINI

Nah kalo sudah install file Pallawa.exe dengan double klik




Taruh di C:/program files pada destination folder
Kalo sudah masuk pada C/program files/Pallawa/font , blok semua font tersebut dan trus dicopy




Kita ke  C/windows/font taruh atau paste di dalam folder font ini :




Agar lebih yakin geser-geser kursor dan cari apakah file font yang kita copy sudah tercopy dengan benar dalam folder font ini.

Sebab kalo tidak tercopy maka dalam pengetikan nantinya tidak akan muncul font aksara jawa tersebut, tentunya akan bikin kita bingung kenapa aksara yang kita ketik kok tidak muncul.
Maka jika semua berjalan sesuai prosedur dan hukum yang berlaku hasilnya akan seperti dibawah ini :





Agar lebih mudahnya bikin shortcut ke Pallawa.exe karena pada hasil penginstallan tidak disediakan shortcut pada dekstop kompi kita.

Nah ada cara kedua juga dalam menulis aksara Jawa tersebut:

Cara yang kedua kita bisa lewat program Microsoft office terserah mau versi berapa juga, asal anda sudah melakukan semua langkah tersebut diatas otomatis kita bisa juga melakukan pengetikan huruf Jawa lewat Microsoft office kita.

Caranya :
Seperti biasa kita buka program Wordnya kita ketik kata yang kita mau seperti di bawah ini :






Lalu kita blok kalimat atau kata yang kita ketik tadi  lalu pilih jenis huruf  Jawa pada menu ribbon pilihan jenis huruf, otomatis akan berubah menjadi aksara atau tulisan berjenis aksara Jawa.


Selamat mencoba!!!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment