Info CPNS Kementerian Keuangan (Kemenkeu) September 2013

Akhirnya Departemen Keuangan melalui situs resminya di http://rekrutmen.kemenkeu.go.id mengumumkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru yang mana prosesnya dimulai di awal bulan September 2013. Anda mungkin sudah mengetahui betapa bergengsinya bekerja di Departemen atau Kementerian Keuangan, selain karena begitu prestisius Lembaga Pemerintahan ini juga mungkin karena tingginya renumerasi yang diberikan sehingga makin memotivasi semua pegawai untuk meningkatkan karya dan kontribusi sebagai PNS untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Karena itu persaingan merebut kursi di Kemenkeu sangat tinggi dan sengit sehingga bisa dikatakan hanya orang-orang terpilih dan pintar yang akan diterima sebagai CPNS Kementerian Keuangan. Sebagai bagian dari informasi Lowongan Kerja September 2013, admin memberikan sedikit overview mengenai Kementerian Keuangan.

Kementerian Keuangan merupakan Lembaga Pemerintahan Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan Petahana atau yang saat ini sedang menjabat dan dalam menjalankan tugasnya langsung bertanggung jawab kepada Presiden sesuai undang-undang. Sebagai Lembaga Pemerintahan, Kementerian Keuangan atau Kemenkeu merupakan Jantung bagi Pemerintahan dan Ekonomi Indonesia. Karena begitu pentingnya bagi negara, Kemenkeu diberi mandat dalam menjaga stabilitas keuangan agar dalam peran serta Indonesia dalam perdagangan global, situasi kondusif dapat diciptakan seiring dengan penyediaan lapangan pekerjaan dan perencanaan kebijakan fiskal bahkan pengadaan CPNS bagi pemuda dan pemudi Indonesia. Kementerian Keuangan juga mengatur dan menyusun kebijakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Ini adalah kesempatan emas yang mungkin tidak akan datang dua kali, sehingga Rekrutmen CPNS ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Berikut formasi dan persyaratan sebagai Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai berikut :
Kementerian Keuangan
I. UNIT ESELON I YANG MEMBUTUHKAN PEGAWAI BARU:
1. Sekretariat Jenderal; 6. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara;
2. Direktorat Jenderal Anggaran; 7. Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang;
3. Direktorat Jenderal Pajak; 8. Inspektorat Jenderal;
4. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai; 9. Badan Kebijakan Fiskal.
5. Direktorat Jenderal Perbendaharaan; 10.Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.




II. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN NAMA JABATAN (FORMASI)
Lowongan CPNS Kemenkeu September 2013
Persyaratan:
  1. Pria atau Wanita
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Pendidikan SMA, SMK, D3 dan S1
  4. Usia maksimal 35 tahun untuk kode KP 08 dan KP 09 (Diploma Pelayaran)
  5. Usia maksimal 28 tahun untuk untuk kode KP 01 sampai dengan KP 07 (Sarjana S-1)
  6. Usia maksimal 23 tahun untuk kode KP 10 sampai dengan KP 14 (Diploma Umum)
  7. Untuk S1, IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4
  8. Untuk D3, IPK minimal 2,75  dari skala 4
  9. Untuk SMK, dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan)
  10. Tidak pernah di PHK dari CPNS, PNS, anggota TNI, POLRI, pegawai BUMN, BUMD atau pegawai swasta
  11. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri
  12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh pemerintah
  13. dan lain-lain (untuk informasi lebih lanjut silahkan membuka halaman website resmi)
Tata Cara Pendaftaran:
  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website http://rekrutmen.kemenkeu.go.id mulai tanggal 6 September 2013 sampai dengan tanggal 20 September 2013
  2. Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) berkas:
    2.1 File hasil scan ijazah berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
    2.2. File hasil scan transkrip nilai berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
    2.3. File hasil scan Sertifikat ANT/ATT III (KP 08 dan 09) / ANT/ATT IV (KP 15 dan 16 dengan usia diatas 26 s.d. 30 tahun) berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
    Asli Ijazah, Asli Transkrip, dan Asli Sertifikat ANT/ATT wajib dibawa saat Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU);
  3. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran.
Sedikit rangkuman, untuk strata satu (S1), program studi yang diterima adalah Akuntansi, Ilmu Ekonomi/ Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/ Ekonomi Pembangunan/Ilmu Ekonomi Pembangunan, Ilmu Hukum, Manajemen, Statistik/Statistika, Sistem Informasi/Sistem Informatika, Teknik Informatika/Teknologi Informasi. Untuk Diploma Pelayaran program studi yang diterima adalah Pelayaran (Nautika), Pelayaran (Teknika) dan untuk D3 Program studi untuk Akuntansi/ Keuangan dan Perbankan/ Perpajakan/ Manajemen Perpajakan, Teknik Informatika, Manajemen Informatika/ Teknik Komputer, Kimia/ Analis Kimia/ Analisis Kimia/ Kimia Analisis/ Kimia Analis, Farmasi/Analis Farmasi. Sedangkan untuk SMA/SMK Umum diterimas program studi berikut : Teknik Mesin (Teknik Permesinan)/ Teknik Perkapalan (Kelistrikan Kapal/ Konstruksi Kapal Kayu/Kapal Fiberglass/Kapal Baja)/Teknik Telekomunikasi (Teknik Transmisi Telekomunikasi), Teknik Mesin / Teknik Elektronika, Kimia/ Kimia Industri dan Farmasi/Farmasi Industri.
Informasi yang lebih detail mengenai tata cara pendaftaran dapat dilihat di website resmi rekrutmen Kementerian Keuangan di http://rekrutmen.kemenkeu.go.id
Previous
Next Post »
Thanks for your comment