LATIHAN SOAL UJI KOMPETENSI AWAL GURU SD TAHUN 2014

LATIHAN SOAL UJI KOMPETENSI AWAL GURU SD TAHUN 2014
1.       Mengembangkan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar adalah dengan...
A.      Menganjurkan siswa bertanya kepada tetangga untuk megerjakan pekerjaan rumah
B.      Memberi sejumlah soal yang harus dijawab oleh siswa dengan bantuan ayahnya
C.      Mengerjakan pekerjaan rumah dengan sumber yang diambil dari surat kabar
D.      Membuat portofolio kelas dengan memanfaatkan majalah yang dimiliki saudaranya

2.       Guru mengajarkan membaca nyaring kepada anak kelas I. Cara yang ditempuh adalah guru memilih kata-kata lepas dan menuliskannya menjadi seperti berikut.
na-ma = nama
bu-ku = buku
Langkah selanjutnya, guru memberi contoh membaca huruf-huruf itu sesuai dengan bunyinya.
Langkah-langkah seperti ini merupakan implementasi dari metode...
A.      Lembaga
B.      Bunyi
C.      SAS
D.      Global

3.       Siswa mempelajari huruf baru, yakni f, n, k dan t. Sebelumnya, siswa sudah menguasai huruf a, e, u, o, i, b, c, d, g, l, dan m. Kalimat-kalimat berikut ini yang paling sesuai sabagai bahan latihan menulis siswa adalah...
A.      Fotomu dipajang di dinding kamar.
B.      Ibu pergi dan tidak kembali lagi.
C.      Adik melihat film kartun.
D.      Mamanya makan dan minum kopi.

4.       Pada tahap menulis permulaan, aktivitas menulis yang dapat dilatihkan pada siswa kelas 1 adalah...
A.      Membuat kalimat tanya dan kalimat berita
B.      Menulis kata-kata berdasarkan gambar
C.      Menulis 1 paragraf berdasarkan kejadian yang dialami sehari-hari
D.      Dikte atau imla

5.       Pada tahap menulis awal, siswa mulai menulis kalimat sederhana dengan huruf lepas. Tema yang sesuai untuk menulis pada tahapan ini adalah...
A.      Cita-cita, ulangan, dan liburan sekolah
B.      Hobi, kesenangan dan pengalaman wisata
C.      Nama diri, umur, dan tempat tinggal
D.      Peringatan hari pahlawan

6.       Jika kompetensi dasar yang diharapkan dicapai oleh siswa adalah “ siswa mampu menulis pengumuman dengan bahasa yang komunikatif” dan indikatornya berupa “menulis pengumuman dengan bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami, maka materi kebahasaan yang harus disiapkan guru untuk mendukung kompetensi dasar tersebut adalah...
A.      Afiks, kata depan, dan kalimat tunggal
B.      Ungkapan dan gaya bahasa
C.      Kata ulang dan kalimat sederhana
D.      Pilihan kata (diksi) dan kalimat efektif

7.       Manakah diantara keempat rumusan indikator hasil belajar di bawah ini yang memenuhi syarat ?
A.      Siswa memahami faktor-faktor yang menyebabkan keberhasilan membaca
B.      Siswa dapat menjelaskan proses membaca cepat
C.      Siswa dapat menguasai proses terjadinya membaca cepat
D.      Siswa menyadari bahwa penyebab kegagalan membaca adalah faktor kemalasan

8.       Untuk mengetahui apakah seorang siswa telah memahami soal cerita yang telah dibacanya, dapat dilakukan tindakan pemeriksaan dengan cara berikut, kecuali siswa diminta...
A.      Membentuk model sistematikanya
B.      Menentukan jawaban yang masuk akal
C.      Menyatakan kembali soal dengan kalimat sendiri
D.      Memberikan konsep yang relevan untuk menyelasaikannya

9.       Wacana otentik yang sesuai untuk pembelajaran menulis dengan kompetensi dasar menulis tegak bersambung dengan tema bank adalah...
A.      Brosur deposito bank
B.      Slip pengambilan dan penyetoran
C.      Teks bidang ekonomi tentang bank
D.      Teks buatan guru dari berbagai sumber

10.   Berikut ini diberikan penggalan dari suatu wacana
“(...) Buku ini merupakan kumpulan artikel yang pernah dimuat di berbagai media massa. Karena buku ini merupakan kumpulan artikel, tidak terhindarkan adanya pembahasan terhadap topik yang sama. Penyajian buku ini dikatakan kurang sistematis”.
Penggalan paragraf atas merupakan bagian dari tulisan...
A.      Resensi atau timbangan buku
B.      Kritikan terhadap tulisan atau artikel
C.      Esai singkat tentang sesuatu hal
D.      Opini atau pendapat tentang fenonema sosial

11.   Pembelajaran Bahasa Indonesia yang berdasar pada prinsip “belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi” terlihat dalam aktivitas...
A.      Siswa menghafal dan menuliskan simbo-simbol bunyi vokal dan konsonan yang diucapkan guru atau yang diperdengarkan dari kaset
B.      Siswa menyalin dan membuat kalimat Bahasa Indonesia sejenis
C.      Siswa berpasangan mempraktikan kegiatan berwawancara
D.      Siswa mendata kata-kata sukar dan mencari padanan kata tersebut dalam kamus

12.   Apabila dalam pembelajaran apresiasi sastra, anda ingin menanamkan nilai perjuangan hidup seorang anak yang menghadapi tekanan dalam keluarga, khususnya melalui tokoh-tokoh yang ada dalam cerita anak, maka cerita anak berikut ini yang sesuai adalah...
A.      Sangkuriang
B.      Malin kundang
C.      Timun mas
D.      Bawang merah dan bawang putih

13.   Apabila dalam pembelajaran apresiasi sastra, anda ingin menunjukkan asal usul suatu daerah atau tempat tertentu kepada siswa melalui teks cerita yang dipilih, maka tipe teks cerita yang dimaksud adalah...
A.      Fabel
B.      Legenda
C.      Cerita rakyat
D.      Komik

14.   Hal yang harus dikembangkan oleh siswa ketika menulis wacana deskripsi tentang penggambaran suatu benda adalah...
A.      Ciri-ciri fisik dari benda tersebut
B.      Cara dan prosedur penggunaan benda tersebut
C.      Fungsi dan kegunaan benda tersebut
D.      Alasan mengapa benda itu penting

15.   Ananda tercinta,
Sudah selesai ujian Neni ? Bibi harap dapat nilai paling bagus sesuai usaha dan doa Neni. Liburan semeter ganjil, Bibi akan berkunjung mengantar nenek yang sudah kangen sama Neni. Tolong pesan pada ayah untuk menjemput Nenek di Bandara ya.
(...)
Bagian penutup surat tersebut yang tepat adalah...
A.      Sekian surat dari Bibi, ditunggu balasan Neni
B.      Demikian, semoga Tuhan merestui
C.      Cukup disini dulu, lain hari datang lagi
D.      Demikian surat yang dapat kami sampaikan

16.   Novel berbeda dari cerita pendek dalam hal...
A.      Latar belakang dan tempat cerita
B.      Kompleksitas peristiwa yang dikembangkan
C.      Tokoh-tokoh yang dimunculkan
D.      Kompleksitas alur, penokohan, dan drama

17.   “Dengan sekuat tenaga, kelinci berlari. Larinya sangat cepat seperti pusaran angin. Namun, kelinci tidak berhasil mengejar kura-kura. Kura-kura sudah terlebih dahulu sampai di batas akhir. Kelinci merasa malu, kecewa, dan mendongkol.”
Sifat-sifat kelinci seperti malu, kecewa, dan mendongkol yang dikisahkan oleh penulisnya pada kutipan paragraf tersebut memperlihatkan gaya bahasa...
A.      Pengulangan (repetisi)
B.      Perbandingan (metafora)
C.      Penginsanan (personifikasi)
D.      Penyangatan (hiperbola)

18.   Metode pembelajaran yang paling tepat untuk pengalaman belajar dalam belajar prosa adalah melalui...
A.      Sosiodrama
B.      Observasi
C.      Pemberian tugas
D.      Diskusi

19.   (...) Laki-laki muda itu terduduk lesu di atas gumuk pasir. Sudah satu jam dia mencari Berlian, kekasihnya, diantara lalu lalang orang yang menikmati tenggelamnya mentari ufuk barat. Di kejauhan, ombak besar bergulung-gulung menerpa orang-orang yang mandi di tepian.
Siang tadi ketika mengunjungi istana, kekasihnya membisikkan sesuatu padanya, “aku nanti pingin mandi, biar merasakan gulungan ombak yang besar”. Laki-laki muda itu sontak berdiri. “jangan-jangan Berlian tenggelam”, pekiknya lirih.

Titik pandang penceritaan yang digunakan dalam wacana fiksi di atas adalah pengarang sebagai...
A.      Tokoh utama yang bercerita
B.      Tokoh bawahan
C.      Tokoh sampingan namun mengetahui peristiwa yang terjadi
D.      Pencerita yang berada di luar peristiwa

20.   Ibu : tidak ikut ke pasar tia ?
Tia : ti..tidak, bu (tergagap)
Ibu : kok melamun?
Tia : tidak melamun, tapi lagi stress, bu
Ibu : anak kecil, kok stress!
Tia : lo.. menurut ahli jiwa, justru anak kecil yang mudah stress. (tidak mau mengalah)
Ibu : ya. Sudah. Ibu pergi (meninggalkan rumah)

Dialog pada kutipan tersebut, sesuai dengan unsur intrinsik drama serta pada...
A.      Tokoh
B.      Latar
C.      Gestuur
D.      Alur

21.   Upaya memberdayakan potensi warga masyarakat dalam meningkatkan keamanan bersama dapat dilakukan melalui...
A.      Membangun kebersamaan antar warga untuk menjaga keamanan
B.      Meminta anggota polisi khusus untuk menjaga lingkungan
C.      Menggalang dana dari masyarakat untuk membayar pihak keamanan
D.      Menyewa satuan pengamanan khusus untuk menjaga lingkungan

22.   Dalam pembelajaran PKn, guru menyajikan materi “hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat”. Selama proses pembelajaran tidak ada satupun siswa yang bertanya atau berpendapat. Di akhir pembelajaran, guru melakukan evaluasi hasil belajar namun hasilnya tidak menggembirakan.
Salah satu hal yang layak diduga kuat menjadi sebab kondisi tersebut adalah...
A.      Guru kurang mampu mendorong siswa aktif-kreatif dalam belajar
B.      Semua siswa sudah memahami materi yang diajarkan
C.      Materi ajar kurang menantang siswa untuk bertanya
D.      Semua siswa tidak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

23.   Hak seseorang sebagai warga negara Indonesia dan sekaligus sebagai warga dunia dapat tercermin dalam praktik kehidupan berikut.
A.      Mendapat jaminan untuk bertempat tinggal di suatu negara asing
B.      Memperoleh perlindungan hukum pemerintah RI
C.      Memperoleh bantuan dana kesehatan dari WHO
D.      Mendapat bantuan beasiswa pendidikan dari suatu negara asing

24.   Heri sering jajan dari uang pembayaran sekolah yang diberikan ayahnya, maka Heri termasuk orang yang tidak jujur. Sebagai gurunya, apa yang akan dilakukan...
A.      Menganggap Heri sebagai pencuri dan dikucilkan
B.      Menemui orang tuanya dan mengatakan hal tersebut
C.      Memanggil Heri dan dinasehati bahwa hal itu tidak baik
D.      Menasehati Heri didepan teman-temannya

25.   Semangat demokrasi konstitusional di Indonesia pernah menurun terutama ketika muncul gagasan demokrasi...
A.      Berdasarkan UUD 1945
B.      Berdasarkan UUDS 1950
C.      Pancasila
D.      Terpimpin

26.   Tiap orang hendaknya mampu membiasakan diri untuk tanggap dan adaptif tetapi kritis terhadap lingkungan sekitar. Sikap ini perlu dimiliki oleh siapapun agar orang tersebut...
A.      Dapat menjadi pemimpin yang dihormati dan disegani
B.      Mampu hidup sejahtera dan mendapat perlindungan dari masyarakat
C.      Dapat hidup bersama dan mampu membangun lingkungan sekitar
D.      Mampu hidup bersama secara aman dan sejahtera

27.   Konsep ruang dan waktu dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang berbhineka serta berkehidupan global yang dinamis sangat penting. Hal ini dapat tercermin dalam peristiwa sebagai berikut...
A.      Kebangkitan nasional tahun 1908 sebagai tonggak lahirnya rasa kebangsaan Indonesia
B.      Dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta
C.      Konflik antar etnis tahun 2000 di Sampit mengundang perhatian masyarakat dunia
D.      Unjuk rasa menuntut agar RUU anti pornografi dan pornoaksi segera disyahkan tahun 2006

28.   Pelaksanaan demokrasi konstitusional di Indonesia telah mengalami pasang surut sesuai dengan masa pemerintahannya. Namun dalam praktik, semua pemimpin yang pernah berkuasa mengakui telah menjalankan pemerintahan berdasarkan demokrasi konstitusional, kecuali...
A.      Masa UUD RIS tahun 1949
B.      Masa UUD Sementara tahun 1959
C.      Masa UUD 1945 ke-2 tahun 1959
D.      Masa UUD 1945 dengan perubahan tahun 2002

29.   Dalam pembelajaran PKn dengan materi “hormat menghormati”, guru memulai dengan menjelaskan pengertian hormat menghormati pentingnya sikap hormat menghormati, kerugian orang yang tidak memiliki sikap hormat menghormati, dan diakhiri dengan ajakan agar para siswa membiasakan saling menghormati dalam pergaulan sehari-hari denagn orang lain. Selama pembelajaran siswa sangat pasif dan terkesan tidak tertarik pada materi tersebut, tidak muncul pertanyaan, dan hasil evaluasinya jauh dari yang diharapkan. Kurang berkualitasnya situasi pembelajaran dikarenakan guru...
A.      Menerapkan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan tema
B.      Tidak memberikan PR pada mata pelajaran sebelumnya
C.      Tidak melakukan apesepsi terlebih dahulu sebelum masuk materi inti
D.      Tidak merancang dan tidak melakukan penelitian tindakan kelas

30.   Seorang guru kelas IV SD mempersiapkan rencana pembelajaran PKn dengan materi pokok lapang dada. Pelaksanaan pembelajaran akan dilaksanakan dengan metode role playing atau simulasi. Kegiatan atau situasi sosial yang disimulasikan adalah pemilihan ketua kelas. Alat evaluasi yang paling tepat untuk pembelajaran tersebut adalah...
A.      Pengamatan
B.      Tes pilihan ganda
C.      Tes lisan
D.      Portofolio

31.   Hakikat nasionalisme adalah suatu faham atau cara berpikir seseorang dimana kesetiaan tertinggi diberikan kepada...
A.      Negara-negara
B.      Rakyat
C.      Pemerintah
D.      Negara kerajaan

32.   Hak atas kebebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat diatur dalam perundangan mengenai HAM di Indonesia, pada...
A.      UUD 1945 Pasal 27
B.      UUD 1945 Pasal 28
C.      UUD 1945 Pasal 29
D.      UUD 1945 Pasal 30

33.   Peranan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi warga negara Indonesia memiliki makna bahwa...
A.      Setiap warga negara hendaknya berperilaku sesuai dengan Pancasila
B.      Setiap umat manusia hendaknya berpedoman kepada Pancasila
C.      Setiap saat hendaknya kehidupan manusia Indonesia diatur oleh Pancasila
D.      Setiap pegawai negeri hendaknya lebih bertanggung jawab terhadap Pancasila

34.   Ideologi Pancasila mengikat seluruh rakyat Indonesia yang berbhineka tapi tetap tunggal ika. Oleh karena dalam kehidupan bermasyarakat, tiap warga negara Indonesia perlu mengembangkan sikap...
A.      Menghormati dan menghargai perbedaan
B.      Memperdebatkan dan mencari kebenaran
C.      Mengkritik dan beradu argumentasi
D.      Menghormati dan meluruskan perbedaan pendapat

35.   Demokrasi konstitusional Indonesia yang berlaku saat ini bersumber pada...
A.      UUD 1945 yang disahkan pada 18-08-1945
B.      UUD 1945 yang berlaku pada masa Orde Baru
C.      UUD 1945 kedua hasil Dekrit Presiden 5 Juli 1959
D.      UUD 1945 dan hasil amandemen I, II, III, dan IV

36.   Semangat nasionalisme Indonesia terkadang mengalami pasang surut. Indikasi surutnya semangat nasionalisme dapat diidentifikasi dari perilaku sebagai berikut.
A.      Menyerahkan pengelolaan sumber daya alam kepada investor asing karena teknologi Indonesia tertinggal
B.      Memberi ijin perusahaan asing untuk membuka usaha di tanah air karena pengaruh globalisasi
C.      Perusahaan pribumi menanam modal di luar negeri yang memiliki keuntungan lebih besar
D.      Lebih mencintai produk luar negeri yang kualitas sama dengan produk dalam negeri

37.   Seorang guru kelas IV SD mempersiapkan rencana pembelajarn PKn dengan materi lembaga pemerintahan daerah. Pelaksanaan pembelajaran akan dilaksanakan dengan metode role playing atau simulasi. Kegiatan atau situasi sosial yang disimulasikan adalah pemilihan kepala daerah. Alat evaluasi yang paling tepat untuk pembelajaran tersebut adalah...
A.      Pengamatan
B.      Tes pilihan ganda
C.      Tes lisan
D.      Portofolio

38.   Berikut ini adalah pernyataan yang menunjukkan kedudukan seorang warga Indonesia dan sekaligus warga dunia.
A.      Bertempat tinggal di Indonesia dan melaksanakan wajib pajak
B.      Bertempat tinggal di Indonesia dan menjaga lingkungan hidup
C.      Bertempat tinggal di Indonesia dan melaksanakan pemilu presiden
D.      Bertempat tinggal di Indonesia dan berpartisipasi dalam pilkada

39.   Salah satu kewajiban kita sebagai warga negara yang baik dalam rangka sukseskan pemilu adalah...
A.      Menggunakan hak pilih kita
B.      Membantu keberhasilan salah satu calon
C.      Mendukung salah satu calon dengan materi
D.      Siapapun calonnya tidak masalah

40.   Interaksi antar manusia dan lingkungan dalm masyarakat yang pluralis dapat mempercepat proses integrasi bangsa. Hal ini akan terjadi manakala adanya...
A.      Saling mengenal antar manusia
B.      Cita-cita dan tujuan yang sama
C.      Status sosial ekonomi yang sama
D.      Pandangan jauh kedepan

41.   Kemampuan siswa yang dicapai dalam pembelajaran matematika meliputi : pemahaman konsep, penguasaan prosedur, keefektifan berkomunikasi, penalaran dan pemecahan masalah. Dari pernyataan-pernyataan berikut yang tidak termasuk hasil pembelajaran matematikan adalah siswa mampu...
A.      Menafsirkan gagasan matematika
B.      Menyatakan kembali dengan kalimat sendiri
C.      Menyajikan penyelesaian dengan urutan logis
D.      Menentukan strategi yang dipilih untuk menyelesaikan

42.   Rumusan tujuan pembelajaran berikut ini yang paling operasional adalah...
A.      Siswa dapat memahami operasi hitung bilangan yang melibatkan pecahan dalam pemecahan masalah
B.      Siswa dapat mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai
C.      Siswa mengerti cara mengubah pecahan biasa men jadi pecahan desimal
D.      Siswa memahami bentuk-bentuk geometri dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

43.   Terdapat sejumlah konsep yang akan membantu siswa menyelesaikan soal penjumlahan pada bilangan cacah. Pernyataan berikut yang tidak termasuk konsep tersebut adalah...
A.      Nilai tempat
B.      Sifat-sifat dasar operasi penjumlahan
C.      Unsur identitas penjumlahan adalah 1
D.      Sifat pengelompokan

44.   Pada KD menggunakan konsep pembelajaran operasi bilangan pecahan, media yang paling tepat adalah...
A.      Gambar potongan apel
B.      Buah apel yang dipotong
C.      Diskusi
D.      Papan bilangan

45.   Seorang siswa harus memiliki ketrampilan dalam setiap tahapan pemecahan masalah. Berikut yang merupakan pengalaman belajar tentang tahap penyelesaian masalah, yaitu...
A.      Menjelaskan masalah dengan kalimat sendiri
B.      Mengubah masalah dalam kalimat matematika
C.      Mencari strategi lain untuk menyelesaikan
D.      Menyajikan konsep yang relevan dengan masalah tersebut

46.   Aspek berikut yang tidak tepat menjadi objek dalam evaluasi proses pembelajaran matematika adalah...
A.      Kerjasama
B.      Kemampuan menemukakan pendapat
C.      Ketepatan prosedur kerja
D.      Laporan kegiatan

47.   Seorang guru memberikan soal kepada siswanya sebagai berikut.
Pada suatu keluarga terdapat tiga anak. Hasl kali umur-umur mereka adalah 72. Jumlah umur-umur mereka adalah 14. Berapakah umur masing-masing anak tersebut ?
Pengalaman belajar yang tepat akan diharapakan diperoleh siswa adalah...
A.      Menemukan jawaban umur salah satu anak 9 tahun
B.      Menemukan jawaban umur salah satu anak 4 tahun
C.      Memahami operasi hitung pada bilangan bulat
D.      Mengerti dan menerapkan konsep faktorisasi

48.   Pernyataan berikut yang tidak tepat berkaitan dengan bilangan 115.248 adalah...
A.      115.248 habis dibagi 9
B.      115.248 habis dibagi 8
C.      115.248 habis dibagi 7
D.      115.248 habis dibagi 6

49.   Seorang siswa perlu memahami dan menguasai secara benar sejumlah konsep yang akan membantu menyelasaikan soal pengurangan bilangan cacah. Konsep berikut yang tidak diterapkan pada penyelesaian pengurangan pada bilangan cacah adalah...
A.      Nilai tempat
B.      Sifat pertukaran
C.      Fakta dasar pengurangan
D.      Pengelompokan kembali

50.   Pernyataan-pernyataan berikut dapat digunakan untuk menyajikan penyelesaian perkalian dua bilangan (1) Pecahan 2/3 x ¼ ;
(2) Hitung bagian-bagian yang berpenyebut 12
(3) Tandailah daerah 2/3
(4) Beri tanda daerah ¼
(5) 2/3 x ¼ = 2/12 atau bentuk tersederhana 1/16
(6) Bagilah ke dalam pertigaan
(7) Bagian yang ditandai duakali merupakan pembilang

Urutan penyajian yang tepat sehinga menjadi penyelesaian adalah...
A.      (1), (5), (6), (3), (2), (4)
B.      (2), (3), (4), (1), (6), (5)
C.      (3), (5), (2), (6), (1), (4)
D.      (5), (2), (6), (1), (4), (3)

51.   Jumlah uang Asih dan Tini Rp 42.000.000,00. Perbandingan uang Asih dan Tini adalah 3 : 4. Berapa selisih uang Asih dan Tini ?
A.      Rp 24.000,00
B.      Rp 18.000,00
C.      Rp 12.000,00
D.      Rp  6.000,00

52.   Suatu pola bilangan menunjukkan angka 2, 5, 8, 11,14,.....
Berapa angka yang ditunjukkan oleh bilangan ke 40 ?
A.      40
B.      117
C.      119
D.      121

53.   Hasil dari (-25x4)+(-18:(-2)) adalah...
A.      -109
B.      -91
C.      91
D.      109

54.   Seorang siswa harus memiliki ketrampilan dalam setiap tahapan pemecahan masalah. Berikut yang merupakan pengalaman belajar tentang tahap penyelesaian masalah, yaitu...
A.      Menjelaskan masalah dengan kalimat sendiri
B.      Mengubah masalah dalam kalimat matematika
C.      Mencari strategi lain untuk menyelesaikan masalah
D.      Menyajikan konsep yang relevan dengan masalah tersebut

55.   Pak Gatot mendapat kesulitan dalam pembelajaran matematika pada materi pokok pecahan di SD. Dia merasa sudah melakukan pembelajaran dengan sebaik-baiknya, namun hasilnya tetap tidak memuaskan.
Langkah yang paling tepat untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut adalah...
A.      Membaca buku-buku yang relevan dengan masalah yang dihadapi
B.      Berdiskusi dengan teman sejawat mengenai masalah yang dihadapi
C.      Berkonsultasi dengan kepala sekolah untuk mendapatkan solusi yang tepat
D.      Mendiagnosis sumber permasalahan dilanjutkan dengan melakukan penelitian tindakan kelas

56.   Jarak  Jakarta – Bandung pada peta 10 cm, jarak sesungguhnya 180 Km. Skala peta adalah...
A.      1 : 100.000
B.      1 : 180.000
C.      1 : 1.000.000
D.      1 : 1.800.000

57.   Hasil belajar siswa kelas IV SD, menunjukkan 25% siswa mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru kurang dari waktu yang telah ditetapkan dan mendapatkan nilai jauh di atas batas minimal ketuntasan belajar.
Berdasarkan situasi tersebut, tindakan guru yang paling tepat adalah...
A.      Meminta siswa yang sudah menyesaikan tugas untuk membantu teman-temannya yang belum selesai
B.      Meminta siswa membantu guru melakukan tugas-tugas yang bersifat edukatif
C.      Merancang program pengayaan bagi siswa yang mencapai ketuntasan belajar optimal
D.      Memberikan hadiah kepada siswa yang mencapai ketuntasan belajar optimal

58.   FPB dari 24 dan 36 adalah...
A.      8
B.      12
C.      24
D.      27

59.   Diketahui data pekerjaan orang tua 40 siswa kelas IV adalah sebagai berikut
PNS 14 orang; Buruh 10 orang; TNI 4 orang; Wiraswasta 5 orang; Karyawan 7 orang.
Apabila dibuat dalam diagram lingkaran. Berapa derajat bagian yang dibuat untuk data orang tua PNS ?
A.      126˚
B.      90˚
C.      36˚
D.      45˚

60.   Apabila diketahui data berat badan siswa kelas IV SD berikut
Berat Badan
20
24
29
30
35
Jumlah Siswa
5
3
2
4
6
Data berat badan rata-rata dikelas tersebut adalah...
A.      27 Kg
B.      28 Kg
C.      32 Kg
D.      55 Kg

61.   Perhatikan beberapa perubahan zat berikut.
1.       Singkong berubah menjadi tape
2.       Air dipanaskan mendidih menjadi gas
3.       Baja digosok dengan magnet, berubah menjadi bersifat magnet
4.       Sampah ditimbun mengalami pembusukan
Yang termasuk perubahan fisika adalah...
A.      1 dan 3
B.      1 dan 4
C.      2 dan 3
D.      3 dan 4

62.   Guru mengajak siswa melalukan percobaan tentang sifat-sifat air. Dalam percobaan tersebut, siswa menemukan bahwa permukaan air yang tenang selalu datar. Temuan siswa tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan nyata di masyarakat yaitu dalam hal...
A.      Membuat minuman teh dan menyajikan kepada tamu
B.      Mengukur keasaman tinggi suatu tempat
C.      Membuat kolam ikan
D.      Membuat irama musik dari tetesan air

63.   Dalam pembelajaran kelas 3 SD dengan pokok materi  “sifat zat”, guru menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
1)      Meminta siswa melakukan percobaan tentang sifat-sifat zat dengan peralatan yang telah disediakan secara kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 4-5 siswa
2)      Guru meminta siswa mengkomunikasikan hasil percobaannya
3)      Guru membuka diskusi tentang temuan siswa tersebut
4)      Guru dan siswa membuat simpulan 
Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan teori belajar...
A.      Konstruktivisme
B.      Behaviorisme
C.      Pragmatisme
D.      Teori belajar sosial

64.   Berikut ini adalah indikator hasil belajar, pengalaman belajar dan materi ajar yang ditransfer dari silabus mata pelajaran IPA di sekolah dasar.
Indikator hasil belajar : menemukan contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik
Pengalaman belajar : membuat kliping alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik
Materi ajar : energi listrik
Teknik yang paling sesuai untuk hasil belajar terebut adalah...
A.      Observasi
B.      Tes tertulis
C.      Tes unjuk kerja
D.      Portofolio

65.   Media pembelajaran yang paling sesuai untuk mengkonkritkan pesa tentang fotosintesis adalah...
A.      Gambar terjadinya proses fotosintesis
B.      Model dalam bentuk bagan tentang proses fotosintesis
C.      Tumbuhan air dalam kantong plastik berisi air dan diletakkan di bawah sinar matahari
D.      Tanaman di halaman sekolah yang diamati pada waktu siang hari dibawah sinar matahari

66.   Jaringan yang berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis adalah...
A.      Xylem
B.      Floem
C.      Kambium
D.      Pembuluh

67.   Memanfaatkan sumber daya alam untuk kesejahteraan dan keharmonisan berbangsa dan bernegara dimaksudkan untuk...
A.      Mendapatkan penghargaan dari pemerintah dan masyarakat dunia
B.      Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada pada masa kini
C.      Menjaga eksistensi kehidupan manusia untuk masa kini dan masa depan
D.      Mempersiapkan diri bagi kehidupan generasi yang akan datang
68.   Penyakit yang menyerang usus halus manusia adalah penyakit...
A.      Tipus
B.      Malaria
C.      Maag
D.      Demam berdarah

69.   Penyakit pneumonia pada manusia, menyerang pada bagian...
A.      Jantung
B.      Paru-paru
C.      Tenggorokan
D.      Mulut

70.   Ular termasuk kelompok invertebrata karena...
A.      simetri tubuhnya radial
B.      mempunyai ruas-ruas tulang belakang
C.      tidak mempunyai ruas-ruas tulang belakang
D.      berkembang biak secara seksual

71.   Satuan yang digunakan untuk menentukan berat suatu benda, adalah...
A.      Kilo Gram 
B.      Newton
C.      Joule
D.      Kalori

72.   Dalam pembelajaran IPA guru hendak menanamkan konsep bahwa pembakaran memerlukan oksigen. Metode pembelajaran yang paling tepat digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah...
A.      Eksperimen
B.      Tanya jawab
C.      Karyawisata
D.      Diskusi

73.   Untuk mencapai hasil belajar “siswa dapat menyimpulkan bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna”, maka media pembelajaran yang paling tepat adalah...
A.      Kertas warna dan lensa
B.      Cakram warna
C.      Lampu berwarna-warni
D.      Lampu senter, lensa cembung dan kasa warna

74.   Proses membuat benda menjadi bermuatan magnet dengan cara benda logam tersebut didekatkan pada suatu benda bermagnet. Disebut ...
A.      Konduksi magnet
B.      Isolator magnet
C.      Reduksi magnet
D.      Induksi magnet

75.   Seseorang menjatuhkan batu dan kapas dari ketinggian yang sama di permukaan bumi, dalam suatu ruangan hampa udara. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah...
A.      Kedua benda akan jatuh bersamaan
B.      batu tiba di lantai lebih dahulu
C.      kapas tiba di lantai lebih dahulu
D.      kedua benda tersebut melayang-melayang

76.   Perhatikan peristiwa yang berhubungan dengan pemuaian benda berikut
1)      Membuat bingkai kaca lebih luas daripada luas kaca yang terpasang
2)      Memberi celah pada tiap sambungan rel kereta api
3)      Membuka tutup botol yang sulit di buka dengan cara merendam tutupnya pada air hangat
4)      Memasang poros roda pedati dengan cara memanaskan roda pedati terlebih dahulu  
Pemanfaatan pemuaian ditunjukkan oleh...
A.      Nomor 1 dan 2
B.      Nomor 1 dan 3
C.      Nomor 2 dan 3
D.      Nomor 3 dan 4

77.   Deskripsi pengalaman belajar yang diambil dari sebuah silabus pembelajaran di SD adalah “secara berkelompok siswa melakukan pengamatan terhadap perpindahan energi panas secara konveksi, konduksi dan radiasi, serta faktor-faktor yang mempenagruhinya”.
Metode pembelajaran yang paling tepat untuk pengalaman tersebut adalah...
A.      Pemberian tugas
B.      Observasi
C.      Unjuk kerja
D.      Ceramah
E.       Tanya jawab

78.   Dalam pembelajaran di kelas VI SD, guru mengharapkan agar siswa dapat menjelaskan gerakan bumi mengelilingi matahari dan gerakan bulan mengelilingi bumi. Strategi pembelajaran yang paling tepat digunakan oleh guru adalah...
A.      Menjelaskan proses pergerakan tata surya di alam raya dengan membuat ilustrasi di papan tulis
B.      Meminta siswa pergi ke halaman untuk mengukur bayang-bayang suatu benda pada pagi sampai menjelang siang
C.      Memperagakan konsep tersebut dengan menggunakan tiruan model tata surya
D.      Siswa diminta mempelajari buku teks tentang terjadinya cahaya matahari dan gerhana bulan serta menjawab pertanyaan yang ada

79.   Perhatikan pernyataan dibawah ini
1)      Mengelilingi matahari
2)      Mempunyai cahaya sendiri
3)      Memantulkan cahaya
4)      Mempunyai massa
Merupakan ciri-ciri benda dapat dikatakan sebagai bintang adalah...
A.      Nomor 1 dan 2
B.      Nomor 1 dan 3
C.      Nomor 2 dan 3
D.      Nomor 2 dan 4

80.   Lapisan dimana manusia dapat hidup di permukaan bumi disebut lapisan...
A.      Litosfer
B.      Ionosfer
C.      Hidrosfer
D.      Stratosfer

81.   Pada hakikat pemberian tugas dalam materi IPS sebagai bagian dari penilaian kelas, pernyataan yang tepat berikut ini adalah...
A.      Pemberian tugas dilakukan dengan memperhatikan prinsip dimulai dari yang ringan dan sederhana menuju ke yang berat dan kompleks
B.      Pemberian tugas dapat dilakukan setiap hari kepada siswa agar prinsip tiada hari tanpa belajar bagi siswa dapat diwujudkan
C.      Pemberian tugas dapat dilakukan dengan memberikan tugas individual, tugas kelompok, pemberian tugas proyek dan portofolio
D.      Pemberian tugas sebaiknya dilakukan dengan cara bervariasi antara tugas yang sederhana dan tugas yang kompleks

82.   Dalam pembelajaran IPS di SD, bola dunia dapat digunakan sebagai media...
A.      Penunjuk arah mata angin
B.      Penunjuk wilayah ruang/ tempat
C.      Penunjuk tinggi rendah permukaan bumi
D.      Penunjuk luas wilayah

83.   Salah satu kebudayaan masyarakat Indonesia yang dicita-citakan adalah kebudayaan nasional yag berasal dari kebudayaan...
A.      Daerah yang diakui oleh masyarakat setempat
B.      Daerah yang sudah disterilkan dari kebudayaan aslinya
C.      Daerah yang telah diakui secara nasional
D.      Asing yang diadopsi oleh suatu masyarakat di Indonesia

84.   Dalam pembelajaran tentang sumber daya alam dan penggunaanya, hal-hal berikut yang kurang layak di pamerkan di kelas adalah...
A.      Peta tentang sumber bahan tambang di Indonesia
B.      Gambar-gambar bendungan di Indonesia
C.      Contoh bahan tambang seperti batu bara dan bauksit
D.      Model-model alat telekomunikasi

85.   Kebiasaan diri bersikap peka tetapi kritis terhadap lingkungan sekitar dapat dibelajarkan oleh guru dengan cara...
A.      Melatih siswa mengerjakan soal ujian tentang masalah sosial
B.      Memperkenalkan masalah kehidupan masyarakat miskin kepada siswa
C.      Mendorong siswa membaca buku teks untuk menemukan masalah
D.      Mendiskusikan masalah kehidupan sehari-hari bersama siswa

86.   Peninggalan sejarah yang ada di daerah kita perlu dijaga dan dilestarikan, sebab...
A.      Untuk kepentingan pendidikan
B.      Untuk kepentingan perdagangan
C.      Untuk kepentingan industri
D.      Untuk kepentingan perumahan rakyat

87.   Agar siswa aktif bertanya dalam proses pembelajaran dengan tema pemeliharaan sumber daya alam, upaya yang dilakukan guru adalah...
A.      Siswa diberi tugas wawancara dengan penjual bensin yang diundang guru ke kelas
B.      Siswa diberi tugas untuk melakukan diskusi kelompok tentang tema yang sedang diajarkan
C.      Siswa diberi tugas untuk mengobservasi pemeliharaan SDA yang ada di sekitar sekolah
D.      Guru memutar film pemeliharaan SDA di dalam kelas dan siswa diberi tugas untuk meringkas pokok cerita

88.   Agar negara dan bangsa Indonesia dapat sejajar dan memiliki kemampuan sama dengan negara-negara maju di dunia, maka kita perlu...
A.      Memiliki sumber daya manusia yang tangguh
B.      Memiliki sumber daya alam yang melimpah
C.      Mempertahankan tradisi yang sudah ada
D.      Mempersenjatai diri dengan senjata canggih

89.   Bidang usaha koperasi yang melayani kebutuhan sehari-hari para anggotanya, merupakan jenis koperasi...
A.      Simpan pinjam
B.      Konsumsi
C.      Produksi
D.      Unit desa

90.   Kebudayaan  Indonesia lahir dari masyarakat yang beragam di tengah dinamika kehidupan global merupakan...
A.      Peluang untuk memperkaya kebudayaan nasional secara lebih terbuka
B.      Awal kemajuan kebudayaan nasional dan daerah di masyarakat
C.      Ancaman bagi perkembangan kebudayaan daerah di masa depan
D.      Peluang bagi pemerintah untuk membatasi masuknya budaya asing

91.   Kemajuan iptek akan berdampak pada perkembangan masyarakat keseluruhan. Dampak kemajuan iptek yang diharapakan bagi perkembangan masyarakat adalah...
A.      Bermanfaat bagi umat manusia
B.      Menghasilkan manusia unggul
C.      Mendorong manusia untuk berpikir
D.      Mengurangi angka kematian manusia

92.   Kebudayaan Indonesia terus berkembang dari waktu ke waktu sejalan dengan dinamika kehidupan masyarakat yang berada di tengah masyarakat dunia. Perkembangan budaya ini begitu cepat karena dipengaruhi oleh...
A.      Pola hidup anggota masyarakat
B.      Cita-cita anggota masyarakat
C.      Interaksi anggota masyarakat dengan pihak luar
D.      Pengalaman masa lampau yang tertulis dalam buku sejarah

93.   Di sebuah SD, guru membawa siswa kekantor pos yang letaknya tidak jauh dari sekolah. Siswa telah menulis surat sebelumnya untuk diposkan.
Menurut pendapat anda, apakah kegiatan yang dilakukan guru tersebut efektif ?
A.      Efektif, karena guru telah memanfaatkan kantor pos untuk membuat siswa belajar
B.      Efektif, karena guru telah memberikan pengalaman belajar yang bermanfaat dalam kehidupan mereka
C.      Kurang efektif, karena siswa hanya memperoleh pengalaman belajar yang terbatas (mengeposkan surat)
D.      Kurang efektif, karena pengalaman belajar tersebut dapat diperoleh melalui membaca buku teks

94.   Dalam membelajarkan materi mata uang negara didunia, media yang apling sesuai adalah...
A.      Mata uang tiruan
B.      Film dokumenter macam-macam mata uang negara
C.      Diskusi macam-macam  mata uang
D.      Mengerjakan soal tentang mata uang

95.   Dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD, guru akan mengajarkan pokok materi transportasi. Pokok materi tersebut dijabarkan menjadi jenis-jenis kendaraan, tempat pemberhentian kendaraan, manfaat, tenaga penggerak dan dampak yang ditimbulkan oleh alat-alat transportasi. Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok, yang masing-masing menyelidiki satu sub dalam rentangan waktu 60 menit. Anak diberi kebebasan untuk mencari sumber-sumber belajar yang diperlukannya. Masing-masing kelompok membuat laporan dan melaporkanya di depan kelas.
Dalam peristiwa pembelajaran tersebut, guru telah menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran terpadu, kecuali...
A.      Kontekstual
B.      Keaktifan
C.      Penggunaan sumber belajar otentik
D.      Pemberian umpan balik

96.   Hasil evaluasi belajar IPS pada beberapa materi pokok, yaitu kerjasama di lingkungan tetangga, aturan-aturan sekolah, uang, dan jenis-jenis pekerjaan sangat tidak memuaskan, karena kurang dari 30 % siswa yang dapat mencapai batas minimal ketuntasan belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang dilakukan untuk perbaikan.
Aspek manakah yang tidak layak dilakukan guru dalam rangka mengatasi kondisi tersebut ?
A.      Meningkatkan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual
B.      Memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar
C.      Meningkatkan pemberian les di luar jam belajar
D.      Memperbanyak pemberian latihan dan PR kepada siswa

97.   Pada suatu hari anak-anak kelas III SD mempelajari materi energi dan pemanfaatannya. Untuk keperluan tersebut, guru bersama siswa mengkaji sumber-sumber energi dan mengaitkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Dilihat dari peristiwa tersebut, guru menerapkan tematis bentuk...
A.      Terpadu
B.      Spontan
C.      Periodik
D.      Pengajaran unit

98.   Tindakan guru di bawah ini diperlukan untuk memotivasi siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, kecuali...
  • A.      Guru terus-menerus memberikan hadiah

B.      Guru memberikan pujian sesuai kebutuhan
C.      Guru memberikan penguatan dengan tepat
D.      Guru menepuk bahu siswa

99.   Metode pembelajaran yang tepat untuk mempelajari alat transportasi di sekitar kita dan kegunaannya adalah...
A.      Demontrasi
B.      Percobaan
C.      Pengamatan
D.      Ekspositori

100.    Seorang siswa dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran IPS apabila siswa...
A.      Dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dan mendapatkan nilai sama dengan atau di atas nilai rata-rata kelas
B.      Dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dalam waktu yang sesingkat-singkatnya
C.      Mendapatkan nilai di atas batas minimal ketuntasan belajar dalam mata pelajaran yang diberikan guru
D.      Dapat menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditetapkan atau kurang dari itu dan mendapatkan nilai di atas batas minimal ketuntasan belajar




Previous
Next Post »
Thanks for your comment