Kompetensi Dasar Jumlah Soal
1.1 Menjelaskan makna seni rupa terapan. 3
1.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat. 1
1.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan. 1
1.4 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan. 1
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb. 3
2.2 Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas. 3
3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis. 4
3.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis. 3
4.1 Menyiapkan permainan alat musik ritmis. 4
4.2 Memainkan alat musik ritmis di depan penonton. 2
5.1 Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat. 1
5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat. 2
6.1 Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat. 1
6.2 Memeragakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton. 2
7.1 Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara. 2
7.2 Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara. 3
8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara. 1
8.2 Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat. 1
8.3 Merancang benda dengan teknik konstruksi. 1
8.4 Membuat benda dengan teknik konstruksi. 1
UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Hari / Tanggal :
Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit
Semester : I ( Satu )
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Jika ingin menggambar tumbuh-tumbuhan sebaiknya mengamati ....
a. binatang
b. pepohonan
c. rumah
d. jalan raya
2. Rumah gadang adalah rumah adat dari daerah ...
a. Jawa
b. Bali
c. Sumatera Barat
d. Aceh
3. Suasana hutan terbentuk dari ....
a. baju, topi, dan lemari
b. pohon, binatang, dan tumbuhan
c. manusia, gedung, dan jalan raya
d. anak-anak, nasi tumpeng, dan topi ulang tahun
4. Benda ini memiliki ... berwarna hitam dan putih.
a. ragam hias
b. bentuk
c. tulisan
d. bahan
5. Bentuk pohon yang menguncup seperti pohon natal adalah pohon ....
a. kelapa
b. pisang
c. cemara
d. nangka
6. Kain yang direntangkan dengan nama pameran, tempat, dan waktu pameran disebut ....
a. spanduk
b. poster
c. undangan
d. umbul-umbul
7. Lagu Lir ilir adalah lagu daerah yang berasal dari ....
a. Sumatera Barat
b. Jakarta
c. Yogyakarta
d. Aceh
8. Karya musik terdiri dari berbagai macam. Karya musik yang terdiri dari syair dan melodi disebut ....
a. puisi
b. teaterikal
c. duet
d. lagu
9. Alat musik rebana dimainkan dengan cara ....
a. digesek
b. ditiup
c. dipukul
d. dipetik
10. Lagu yang memiliki irama dan latar belakang daerah disebut ....
a. lagu nasional
b. lagu wajib
c. lagu daerah
d. lagu kebangsaan
11. Ketipung dipukul dengan ....
a. kaki
b. lutut
c. tangan
d. tongkat
12. Alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul adalah ....
a. kastanyet
b. ringbell
c. tamborin
d. triangel
13. Tifa adalah alat musik ritmis yang dibunyikan dengan cara ....
a. ditiup
b. digesek
c. dipukul
d. dipetik
14. Lagu gembira dinyanyikan dengan wajah ....
a. pucat
b. gembira
c. sedih
d. cuek saja
15. Pendukung penampilan wajah dipelajari dalam ....
a. gerak tari
b. busana tari
c. iringan tari
d. musik tari
16. Salah satu properti tari Tani adalah ....
a. cangkul
b. payung
c. pedang
d. piring
17. Tari Gabor adalah tarian yang berasal dari ....
a. Bali
b. Surakarta
c. Sumatera
d. Aceh
18. Tari putri Bekhusek adalah tarian yang menceritakan tentang ....
a. seorang puteri yang sedang bermain
b. peperangan
c. persabatan pangeran dan angsa
d. nenek dan cucu di hutan
19. Membuat kancing baju menggunakan tusuk ....
a. feston
b. jelujur
c. silang
d. kelim
20. Penyebaran informasi pameran yang kurang efektif adalah melalui ....
a. pamflet
b. internet
c. pengumuman
d. bisik-bisik
21. Tusuk yang hasil tusukannya seperti rantai disebut ....
a. tusuk silang
b. tusuk jelujur
c. tusuk tikam jejak
d. tusuk rantai
22. Bahan konstruksi ini memiliki ... kasar.
a. garis
b. warna
c. tekstur
d. dimensi
23. Hasil kerajinan patung didapatkan dari teknik ....
a. mewarnai
b. menatah
c. mengelem
d. menggunting
24. Bahan bekas dari sabun mandi, yang dapat digunakan sebagai bahan konstruksinya adalah ....
a. plastik bungkusnya
b. kardus sabun
c. sabun
d. label harga sabun
25. Motif poleng banyak dijumpai di daerah ....
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur
c. Bali
d. Sumatera
II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Seni rupa terbagi menjadi seni rupa murni dan ....
2. Durian digambarkan dengan kulit bertekstur ....
3. Patung merupakan karya ... dimensi.
4. Kolintang merupakan alat musik yang berasal dari ....
5. Siter adalah alat tradisional yang dimainkan dengan cara ....
6. Pementasan alat musik sekolah dilakukan oleh ....
7. Busana yang digunakan dalam tarian kontemporer lebih ... dari pada tarian klasik.
8. Tata rias dimaksudkan untuk ... penampilan di atas panggung.
9. Kain tenun Pandai Sikek berasal dari daerah ....
10. Kain tapis dari Lampung menggunakan benang yang dicelupkan ke dalam cairan ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1. Mengapa batik tulis mahal harganya?
2. Apakah latar belakang untuk menggambarkan kerang?
3. Kapankah panitia pameran dibentuk?
4. Apakah yang dimaksud dengan lagu?
5. Jelaskan cara memainkan alat musik ritmis bongo!
Jawaban & Pembahasan :
I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: b
Jika ingin menggambarkan tumbuh-tumbuhan sebaiknya memperhatikan bentuk pepohonan.
2. Jawaban: c
Rumah gadang adalah rumah adat dari daerah Sumatera Barat.
3. Jawaban: b
Bentuk yang paling sesuai untuk menggambarkan hutan adalah adanya pohon, binatang, dan tumbuh-tumbuhan.
4. Jawaban: a
Ragam hias adalah hiasan yang terdapat pada karya seni.
5. Jawaban: c
Pohon yang menguncup dan banyak digunakan untuk acara natal adalah pohon cemara.
6. Jawaban: a
Spanduk adalah kain yang direntangkan dengan informasi kegiatan yang akan dilakukan.
7. Jawaban: c
Lagu "lir ilir" adalah lagu yang berasal dari daerah Yogyakarta.
8. Jawaban: d
Lagu adalah karya musik yang terdiri dari syair dan melodi.
9. Jawaban: c
Rebana adalah alat musik pukul yang dipukul dengan telapak tangan.
10. Jawaban: c
Lagu daerah memiliki syair, irama dan latar belakang yang khas tentang suatu daerah.
• Lagu nasional memiliki syair kecintaan terhadap negara.
• Lagu wajib adalah lagu yang wajib dikuasai dan juga memiliki jiwa nasionalisme yang wajib dihafal oleh seluruh warga negara Indonesia.
• Lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya sebagai lagu jati diri bangsa.
11. Jawaban: c
Untuk memukul ketipung menggunakan kedua telapak tangan.
12. Jawaban: c
Tamborin adalah alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul.
13. Jawaban: c
Tifa berbentuk seperti gendang yang cara memainkannya dengan cara di pukul.
14. Jawaban: b
Wajah pucat, sedih, dan cuek saja tidak mencerminkan suasana lagu gembira.
15. Jawaban: b
Busana tari meliputi pakaian, make up, dan asesoris yang digunakan dalam menari.
16. Jawaban: a
Tari T ani membutuhkan beberapa properti yang mendukung makna tarian seperti cangkul, caping, dan wakul.
• Payung dibutuhkan untuk menari payung.
• Pedang dibutuhkan untuk menarikan tema peperangan.
• Piring dan lilin digunakan untuk tari Piring.
17. Jawaban: a
Tari Gabor adalah tarian yang mencerminkan sikap syukur, kegembiraan dan sambutan selamat datang yang berasal dari Bali.
18. Jawaban: a
Tari Putri Bekhusek yang memiliki arti sang putri yang sedang bermain. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melambangkan kemakmuran daerah Sumatra Selatan.
19. Jawaban: a
Tusuk feston hasilnya seperti pada gambar di samping, digunakan untuk membuat lubang kancing dan menguatkan pinggiran kain.
20. Jawaban: d
Informasi melalui pamflet, internet, pengumuman bahkan bisik-bisik akan sampai kepada masyarakat. Namun yang kurang efektif dan cenderung lama adalah lewat bisik-bisik.
21. Jawaban: d
Tusuk rantai tusuk yang cara pengerjaannya dilingkarkan hingga membentuk hasil seperti rantai.
22. Jawaban: c
Bahan aluminium yang ditampilkan pada gambar memiliki tekstur kasar.
• Garis adalah goresan untuk membuat gambar.
• Warna adalah identitasuntuk menggambarkan sesuatu.
• Dimensi adalah ukuran.
23. Jawaban: b
Proses pembuatan patung dapat dicapai dengan bermacam cara. Namun yang sering digunakan adalah dengan mencukil, menatah, membutsir dan cor.
24. Jawaban: b
Kardus sabun bekas sabun mandi dapat digunakan sebagai bahan konstruksi.
25. Jawaban: c
Motif poleng banyak dijumpai di daerah Bali. Di Bali motif tersebut banyak terdapat di patung-patung yang dililitkan pada badan atau pinggang patung.
II. Isian
1. terapan
2. gerigi/kasar
3. tiga
4. Sulawesi
5. dipetik
6. siswa
7. bebas/beragam
8. memperbaiki
9. Sumatera Barat
10. emas
III. Uraian/Essay
1. Karena batik tulis dikerjakan dengan proses yang panjang dan melalui banyak tahap.
2. Kerang berada di lautan, karena itu kerang sesuai dengan latar belakang lautan.
3. Pembentukan pameran dilakukan sebelum pameran dipersiapkan.
4. Lagu adalah kata-kata yang dituangkan melalui suara manusia sehingga indah didengar.
5. Bongo dimainkan dengan cara dipukul dengan telapak tangan. Tangan kanan berada di samping kanan dan tangan kiri berada di samping kiri.
Home
2014/2015
KELAS 4 SD
Kunci Jawaban
SBK
UAS Semester I
Soal SBK Kelas 4 SD Semester 1 + Kunci Jawaban TA 2014/2015
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon