|
PEMERINTAH
KABUPATEN KEBUMEN
UPT DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UNIT
KECAMATAN ADIMULYO
SD NEGERI……………………………
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN
PELAJARAN 20141/2015
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : I (satu)
Hari /
Tanggal :
Waktu : 90
menit
Petunjuk
Umum :
1. Tulislah namamu
di sudut kanan atas !
2. Bacalah setiap
pertanyaan dengan seksama !
3. Kerjakanlah
lebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4. Telitilah
kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan kepada Bapak / Ibu guru !
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan
jawaban yang paling tepat !
1. Gambar bagian
tubuh di samping disebut ....
a.
|
tangan
|
b.
|
jari
|
c.
|
kaki
|
2.
Kita bisa melihat bulan pada malam hari menggunakan ....
a.
|
mata
|
b.
|
hidung
|
c.
|
telinga
|
3.
Bagian tubuh yang digunakan untuk menggigit adalah ....
a.
|
kaki
|
b.
|
gigi
|
c.
|
lidah
|
4.
Gambar bagian tubuh di samping yang
ditunjukkan anak panah dibersihkan
dengan cara ....
a.
|
disampho
|
b.
|
disikat
|
c.
|
disisir
|
5.
Manusia bisa mendengarkan musik menggunakan ....
a.
|
mulut
|
b.
|
rambut
|
c.
|
telinga
|
6.
Pada
gambar di samping adalah cara untuk membersihkan ....
a.
|
kaki
|
b.
|
tangan
|
c.
|
badan
|
7.
Pada saat kita merasa haus, maka kita segera minum ....
a.
|
minyak
|
b.
|
gula
|
c.
|
air
|
8.
Gambar
makanan di samping adalah contoh nama ....
a.
|
lauk
|
b.
|
buah
|
c.
|
sayuran
|
9.
Melindungi tubuh dari udara dingin menggunakan ....
a.
|
baju
|
b.
|
sepatu
|
c.
|
topi
|
10.
Alat
pada gambar di samping berguna untuk membersihkan ....
a.
|
rambut
|
b.
|
kuku
|
c.
|
telinga
|
11.
Sampah kering yang
menumpuk segera di ....
a.
|
bakar
|
b.
|
siram
|
c.
|
cangkul
|
12.
Alat
pada gambar di samping digunakan untuk membersihkan ....
a.
|
halaman
|
b.
|
lantai
|
c.
|
meja
|
13.
Pada
gambar di samping adalah cara menjaga kesehatan ....
a.
|
Lidah
|
b.
|
gigi
|
c.
|
pipi
|
14.
Lingkungan sekitar rumah supaya rindang ditanami ....
a.
|
padi
|
b.
|
pepohonan
|
c.
|
rumput
|
15.
Gambar
di samping adalah cara menjaga kesehatan ....
a.
|
mata
|
b.
|
kaki
|
c.
|
tubuh
|
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat
!
16.
Membersihkan halaman rumah dengan cara di ....
17.
Pada saat kita bernafas, kita menghirup ....
18.
Hewan penyebab penyakit yang suka hidup di air menggenang
adalah ....
19.
Saluran air yang tersumbat oleh sampah dapat
mengakibatkan ....
20.
Pepohonan yang rindang menyebabkan udara terasa ....
21.
Meja dan kursi di kelas terbuat dari ....
22.
Memelihara burung di tempatkan di dalam ....
23.
Tanaman supaya tumbuh subur perlu diberi ....
24.
Bunga melati berwarna ....
25.
Bagian tubuh yang dapat membedakan rasa asin dan manis
adalah ....
III.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
jawaban yang benar !
26.
Sebutkan 3 benda yang terbuat dari tanah liat !
Jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
|
b.
|
............................................................................................................
|
c.
|
............................................................................................................
|
27.
Sebutkan 3 rasa benda di bawah ini
sesuai dengan gambar !
a. b. c.
|
|
|
||||||
Jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
|
b.
|
............................................................................................................
|
c.
|
............................................................................................................
|
28.
Sebutkan 3 bentuk benda di bawah ini sesuai dengan gambar
!
a. b. c.
|
|
|
||||||
Jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
|
b.
|
............................................................................................................
|
c.
|
............................................................................................................
|
29.
Sebutkan 3 kegunaan benda di bawah ini !
a.
pensil
b.
sapu
c.
kursi
Jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
b.
|
............................................................................................................
|
|
c.
|
............................................................................................................
|
30.
Sebutkan makanan 4 sehat 5 sempurna !
Jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
b.
|
............................................................................................................
|
|
c.
|
............................................................................................................
|
|
d.
|
............................................................................................................
|
|
e.
|
............................................................................................................
|
KUNCI
JAWABAN
ILMU
PENGETAHUAN ALAM KELAS 1
I.
1.
|
c
|
|
6.
|
b
|
|
11.
|
a
|
2.
|
a
|
|
7.
|
c
|
|
12.
|
c
|
3.
|
b
|
|
8.
|
b
|
|
13.
|
b
|
4.
|
a
|
|
9.
|
a
|
|
14.
|
b
|
5.
|
c
|
|
10.
|
b
|
|
15.
|
c
|
II.
16.
|
Sapu
|
21.
|
Kayu
|
17.
|
Udara
|
22.
|
Sangkar
|
18.
|
Nyamuk
|
23.
|
Pupuk
|
19.
|
Banjir
|
24.
|
Putih
|
20.
|
Segar/sejuk
|
25.
|
Lidah
|
III.
26.
|
a. batu bata
|
29.
|
a. menulis
|
|
b. genteng
|
|
b. menyapu
|
|
c. pot
|
|
c. duduk
|
|
( kebijakan guru )
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
a. pedas
|
30.
|
a. nasi
|
|
b. masam
|
|
b. sayur
|
|
c. asin
|
|
c. lauk
|
|
|
|
d. buah
|
28.
|
a. bulat
|
|
e. susu
|
|
b. lingkaran
|
|
|
|
c. tabung
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penilaian :
I.
Setiap
butir jawaban benar x 1
|
=
|
15 x
1 x 1
|
=
|
15
|
||
II.
Setiap
butir jawaban benar x 2
|
=
|
10 x
2
|
=
|
20
|
||
III.
Setiap
butir jawaban benar x 3
|
=
|
5 x 3
|
=
|
15
|
||
Jumlah skor
|
=
|
50
|
||||
KISI-KISI SOAL UAS 1 MAPEL ILMU PENGETAHUAN
ALAM
TAHUN PELAJARAN 2014/2015 KELAS 1
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
1.
|
Mengenal anggota tubuh dan kegunaanya serta
perawatanya.
|
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaanya serta cara perawatanya.
|
Bagian-bagian tubuh kegunaanya dan cara
perawatanya.
|
-
Nama anggota
tubuh : rambut, kepala, mata, hidung, telinga, mulut, gigi, tangan, kaki.
-
Kegunaan
anggota tubuh :
a. Rambut : menutup kepala
b. Mata untuk melihat
c. Hidung untuk bernafas
d. Telinga untuk mendengar
e. Mulut untuk berbicara
f.
Tangan untuk
memegang
g. Kaki untuk berjalan
|
Ø Disajikan gambar anggota tubuh, siswa dapat
menyebutkan bagian anggota tubuh.
Ø Disajikan kalimat, siswa dapat mnyebutkan
kegunaan bagian tubuh.
Ø Disajikan gambar anggota tubuh, siswa dapat
menyebutkan cara merawat anggota tubuh.
|
1
3
25
2
5
4
6
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Isian
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat.
|
Kebutuhan untuk tumbuh sehat dan kuat
|
-
Kebutuhan tubuh
adalah : makanan, minuman, air, udara, pakaian, dan lingkungan sehat.
-
Kegunaan
makanan adalah untuk mendapatkan tenaga, tumbuh sehat dan kuat.
-
Kegunaan udara
: untuk bernafas.
-
Kegunaan air :
minim, mandi, mencuci, menyiram tanaman.
-
Kegunaan
pakaian : untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin.
|
Ø Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
makanan yang menyehatkan tubuh.
Ø Siswa dapat menyebutkan kegunaan air, udara,
dan pakaian.
|
8
30
7
9
17
|
Pil. Ganda
Uraian
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Isian
|
||
1.3 Membiasakan hidup sehat.
|
Berolah raga, beristirahat, tidur, makan
teratur.
|
-
Membersihkan
anggota tubuh secara teratur.
-
Berolah raga
secara teratur.
-
Beristirahat
secara teratur.
-
Makan yang
teratur.
|
Ø Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
cara menjaga kesehatan tubuh.
|
10
13
15
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
||
2.
|
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat.
|
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar
tetap sehat.
|
Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di
sekitar rumah dan sekolah.
|
-
Menjaga
lingkungan rumah dan sekolah dengan cara menyapu, membuang sampah di tempat
sampah, mengepel lantai, membersihkan sekolah, menanam tumbuhan, dan merawat
hewan piaraan.
|
Ø Siswa dapat menyebutkan cara menjaga
kebersihan lingkungan.
Ø Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
alat kebersihan.
Ø Siswa dapat menyebutkan cara menjaga
lingkungan agar tetap bersih.
|
11
14
12
16
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Isian
|
2.2 Membedakan lingungan sehat dengan
lingkungan tidak sehat.
|
Perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat.
|
-
Ciri-ciri
lingkungan sehat yaitu :
a. Udara bersih terasa segar.
b. Banyak dituumbuhi tanaman.
c. Tidak ada sampah.
d. Tidak ada air menggenang.
-
Ciri-ciri
lingkungan tidak sehat :
a. Udara terasa panas.
b. Banyak sampah berserakan.
c. Tumbuhan jarang yang tumbuh.
d. Banyak air yang menggenang.
|
Ø Siswa dapat menyebutkan akibat dari
lingkungan yang bersih/sehat.
Ø Siswa dapat menyebutkan akibat dari
membuang sampah sembarangan.
Ø Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
lingkungan sehat.
|
18
19
20
|
Isian
Isian
Isian
|
||
2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman,
hewan piaraan, dan lingkungan sehat.
|
Cara merawat tanaman, hewan piaraan, dan
lingkungan sehat.
|
-
Cara merawat
tanaman adalah : disiram, dipupuk, disiangi rumputnya
-
Cara merawat
hewan adalah : diberi makan, diberi minuman, dibersihkan kandangnya.
|
Ø Siswa dapat menyebutkan cara merawat
tanaman.
Ø Siswa dapat menyebutkan cara merawat hewan
piaraan.
|
23
22
|
Isian
Isian
|
||
3.
|
Mengenal berbagai dan kegunaannya melalui
pengamatan perubahan bentuk benda.
|
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
|
Sifat, perubahan dan kegunaan benda.
|
-
Bentuk benda :
bulat, lingkaran, tabung, segitiga, bundar.
-
Ukuran benda :
besar, sedang, kecil.
-
Warna benda :
merah, putih, hijau, kuning, biru, jingga dan lain-lain.
-
Bau benda :
wangi dan busuk.
-
Rasa benda :
asin, pedas, manis, pahit.
|
Ø Disajikan gambar benda, siswa dapat
menyebutkan bentuk benda.
Ø Siswa dapat menyebutkan warna suatu benda.
Ø Siswa dapat menyebutkan rasa suatu benda.
|
28
24
27
|
Uraian
Isian
Uraian
|
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah
bentuknya.
|
Perubahan bentuk benda di sekitar kita.
|
-
Contoh
perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu :
1. Tanah liat berubah menjadi batu bata,
genteng, kendi, dan pot.
2. Kayu berubah bentuk menjadi meja, pintu,
almari, bangku, jendela, papan tulis.
3. Benang berubah bentuk menjadi kain, baju,
celana.
|
Ø Siswa dapat menyebutkan benda yang berubah
bentuk karena perlakuan tertentu.
|
26
21
|
Uraian
Isian
|
||
3.3
Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
|
Kegunaan benda di sekitar.
|
-
Contoh kegunaan
benda di sekitar kita.
·
Bangku untuk
duduk.
·
Almari untuk
menyimpan pakaian.
·
Papan tulis
untuk menulis.
·
Tas untuk
menyimpan alat sekolah.
·
Kapur untuk
menulis
·
Dan lain-lain.
|
Ø Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
kegunaan benda di sekitar.
|
29
|
Uraian
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon