Kisi-kisi Tema 5 Kelas 5
PPkn, IPS, Matematika
UAS I Th. 2014/2015
| 
   
No 
 | 
  
   | 
  
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
No 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   
PPkn 
Memahami
  simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
Menjelaskan
  makna simbol dari sila Pancasila 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
4.1 
 | 
  
   
Mengamati
  dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah juga masyarakat yang
  mencerminkan pengalaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
Menyebutkan
  perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan Pancasila terutama sila ke-2 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
3 
 | 
  
   
Memberikan
  contoh perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan sila ke-3 Pancasila 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
4.1 
 | 
  
   | 
  
   
4 
 | 
  
   
Menyebutkan
  contoh perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila ke-2 Pancasila 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
5 
 | 
  
   
Memberikan
  contoh perilaku di sekitar rumah yang sesuai denan sila 4 Pancasila 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
4.1 
 | 
  
   | 
  
   
6 
 | 
  
   
Memberikan
  contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ke-1 Pancasila 
 | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
7 
 | 
  
   
Memberikan
  contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kesatu Pancasila 
 | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   
4.1 
 | 
  
   | 
  
   
8 
 | 
  
   
Memberikan
  contoh perilaku di masyarakat yang sesuai sila kedua Pancasila 
 | 
 
| 
   
9 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
9 
 | 
  
   
Memberikan
  contoh perilaku di sekolah sesuai dengan sila keempat Pancasila 
 | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
10 
 | 
  
   
Menyebutkan
  contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kelima Pancasila 
 | 
 
| 
   
11 
 | 
  
   
3.4 
 | 
  
   
Memahami
  nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat 
 | 
  
   
11 
 | 
  
   
Menjelaskan
  hubungan antara koperasi dengan bilai-nilai persatuan 
 | 
 
| 
   
12 
 | 
  
   
4.4 
 | 
  
   
Menerapkan
  nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat 
 | 
  
   
12 
 | 
  
   
Menyebutkan
  tindakan untuk penerapan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   
IPS 
Memahami
  manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
Menyebutkan
  kenampakan alam utama di Indonesia 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
4.3 
 | 
  
   
Menyajikan
  pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di
  wilayah Indonesia 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
Menyebutkan
  aktivitas menusia yang menunjukan adanya keterkaitan dengan kondisi geografis
  di lingkungannya 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
4.5 
 | 
  
   
Menceritakan
  tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika
  interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
Menebutkan
  aktivitas manusia Indonesia dalam hubungannya dengan sosial, ekonomi, budaya 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
3.5 
 | 
  
   
Memahami
  manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
Menyebutkan
  sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat
  dinamika interaksinya dengan lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
4.5 
 | 
  
   
Menceritakan
  secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
Menyebutkan
  aktivitas manusia Indonesia dengan hubungannya dengan sosial, budaya, dan
  ekonomi 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
3.5 
 | 
  
   | 
  
   
6 
 | 
  
   
Menyebutkan
  sifat manusia Indonesia dalam hubungannya dengan lingkungan sosial dan budaya 
 | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   
4.3 
 | 
  
   | 
  
   
7 
 | 
  
   
Menyebutkan
  aktivitas manusia Indonesia dalam hubungannya dengan kondisi geografis 
 | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   
3.5 
 | 
  
   | 
  
   
8 
 | 
  
   
Menyebutkan
  sifat manusia Indonesia dalam hubungannya dengan lingkungan sosial dan budaya 
 | 
 
| 
   
9 
 | 
  
   
4.3 
 | 
  
   | 
  
   
9 
 | 
  
   
Menyebutkan
  sifat manusia Indonesia dalam hubungannya dengan geografis 
 | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   
3.5 
 | 
  
   | 
  
   
10 
 | 
  
   
Menyebutkan
  karakter manusia Indonesia dalam hubungannya dengan lingkungan ekonomi 
 | 
 
| 
   
11 
 | 
  
   
4.3 
 | 
  
   | 
  
   
11 
 | 
  
   
Menjelaskan
  sifat Indonesia dalam hubungannya dengan kondisi geografis 
 | 
 
| 
   
12 
 | 
  
   
3.4 
 | 
  
   
Memahami
  manusia Indonesia dalam aktivitasnya dengan fungsi dan peran kelembagaan
  sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia 
 | 
  
   
12 
 | 
  
   
Menyebutkan
  bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan ekonomi yang ada di Indonesia 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   
Matematika 
Mengenal
  konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan
  pangkat tiga sederhana 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
Menuliskan
  perpangkatan dua sebagai perkalian berulang 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
4.2 
 | 
  
   
Menentukan
  bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan,
  pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan perkalian 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
3 
 | 
  
   
Mengerjakan
  operasi hitung yang melibatkan bilangan berpankat dua 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
4 
 | 
  
   
Melakukan
  penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
4.2 
 | 
  
   | 
  
   
5 
 | 
  
   
Menyelesaikan
  permasalahan matematika yang melibatkan pebagian 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
4.2 
 | 
  
   | 
  
   
6 
 | 
  
   
Menyelesaikan
  permasalahan matematika yang melibatkan operasi hitung 
 | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
7 
 | 
  
   
Melakukan
  operasi hitung dengan melibatkan bilangan akar pangkat dua 
 | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   
4.2 
 | 
  
   | 
  
   
8 
 | 
  
   
Menyelesaikan
  soal cerita matematika yang melibatkan operasi campuran 
 | 
 
| 
   
9 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
9 
 | 
  
   
Menentukan
  akar pangkat tiga pada bilangan kubik 
 | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   
4.11 
 | 
  
   
Membentuk
  berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan 
 | 
  
   
10 
 | 
  
   
Menentukan
  rusuk kubus yang volumenya sudah ditentukan 
 | 
 
| 
   
11 
 | 
  
   
3.1 
 | 
  
   | 
  
   
11 
 | 
  
   
Melakukan
  operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga 
 | 
 
| 
   
12 
 | 
  
   
4.1 
 | 
  
   | 
  
   
12 
 | 
  
   
Mengolah
  informasi dari cerita kontekstual yang melibatkan konsep bilangan pangkat
  tiga 
 | 
 
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon