Rangkuman IPS Kelas 6 SD Semester 1 TA 2014/2015

E.  Filipina
 
bendera Filipina
1.   Kenampakan Alam
              Filipina merupakan Negara kepulauan yang terdiri atas 7.107 pulau yang luas wilayah daratannya 300.076 km². Pulau-pulau yang besar ialah Mindano di selatan dan Luzon di sebelah utara. Filipina memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif diantaranya Gunung Pinatubo  di pulau Luzon. Puncak gunung tertinggi yang ada di Pulau Mindano adalah Gunung Apo setinggi 954 meter dan yang ada di pulau Luzon adalah Gunung Mayon setinggi 2.421 meter. Sebelah tenggara kepulauan Filipina terdapat palung yang dalamnya 10.000 meter, yaitu palung Mindano.
2.   Keadaan Sosial
              Filipina adalah sebuah negara yang berbentuk republik dengan ibu kota Manila. Filipina merdeka dari penjajahan Amerika Serikat pada tahun 1946. Kepala negara Filipina adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah presiden.
              Penduduk Filipina berjumlah 76.499.000 jiwa. Nenek moyang mereka adalah orang Melayu. Salah satu bahasa aslinya adalah bahasa Filipina atau Tagalog yang ditetapkan sebagai bahasa kebangsaan. Sebagian besar penduduk Filipina menganut agama Katholik.
              Mata pencaharian penduduk Filipina adalah pertanian, pertambangan, dan industri. Pertanian menghasilkan padi, kelapa, serat abaca, nanas, tembakau, dan gula. Pertambangannya menghasilkan kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, dan minyak bumi. Komoditi ekspor Filipina terdiri atas gula, kopra, kayu, nanas, bijih tembaga. Filipina mengimpor mesin, mobil, dan bahan makanan dari negara lain.

F.   Vietnam
 
bendera Vietnam
1.   Kenampakan Alam
              Luas wilayah vietnam adalah 331.041 km² meliputi seluruh pantai timur. Di sebelah utara berbatasan dengan Cina, di sebelah barat berbatasan dengan Laos dan Kamboja, di sebelah selatan dan timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Teluk Tonkin. Wilayah barat laut Vietnam merupakan daerah pegunungan. Fan Si Pan yang memiliki ketinggian 3.142 meter merupakan puncak tertinggi di negara ini. Wilayah vietnam didominasi oleh daratan tinggi dan sebagian besar lereng pegunungan ditutupi hutan. Sedangkan bagian timur wilayah ini merupakan dataran pantai yang panjang.
2.   Keadaan Sosial
              Vietnam adalah sebuah negara berbentuk republik sosialis. Vietnam merdeka dari penjajahan Prancis pada tahun 1954. Kepala negaranya adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Ibu kota vietnam adalah Hanoi. Penduduk vietnam berjumlah 79.832.000 jiwa, yang terdiri atas 80% penduduk asli vietnam.
              Penduduk vietnam menganut agama Budha, Konghucu, dan Taoisme. Bahasa resmi yang digunuakan penduduk vietnam adalah bahasa Vietnam. Dalam hal pakaian pun penduduk di Asia Tenggara juga memiliki selera berbeda. Di Vietnam terdapat pakaian tradisional yang trkenal yaitu Ao Doi.
              Perekonomian sebagian besar penduduk Vietnam adalah pertanian. Padi merupakn hasil utama pertanian di Vietnam. Disamping padi, hasil pertanian yang lainnya adalah kayu, kelapa, tebu, tembakau, karet, ubi kayu, dan buah-buahan. Industri di Vietnam meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca, dan ban. Pertambangan di Vietnam menghasilkan emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, dan seng. Hasil hutannya adalah bamboo, kina, kayu, dan kayu manis.

G.  Kamboja
 
bendera Kamboja
1.   Keadaan Alam
              Negara ini terletak di Asia Tenggara, berbatasan dengan Thailand di sebelah barat dan Laos di sebelah utara. Di sebelah timur berbatasan dengan Vietnam, sedangkan sebelah selatan laut Cina Selatan. Luas Kamboja yaitu 181.035 km².
              Wilayah bagian tengah Kamboja adalah sebuah cekungan/basin yang dikelilingi oleh dataran yang luas Wilayah Kamboja dialiri oleh Sungai Mekong yang merupakan sungai terpanjang di negara ini. Cébela tenggara terdapat delta Sungai Mekong, sedangkan di sebelah utara dan barat daya cekungan terdapat beberapa rangkaian pegunungan. Di bagian Timur Kamboja berupa dataran tinggi.
2.   Keadaan Sosial
              Bentuk pemerintahan negara Kamboja adalah kerajaan. Negara dipimpin oleh raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Kamboja memiliki lima pemerintahan lokal dengan ibu kota Phnom Penh. Kamboja pern ah dijajah oleh Prancis, lalu merdeka pada 17 April 1953.
              Bahasa resmi penduduk Kamboja adalah Bahasa Khmer. Bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Prancis. Sebagian besar penduduk Kamboja beragama Budha.

H.  Myanmar
bendera Myanmar

1.   Kenampakan Alam
              Myanmar atau bisa disebut Burma terletak di Asia Tenggara yang mempunyai perbatasan dengan Bangladesh, India, Laos, Cina, dan Thailand. Luas wilayahnya cukup besar yaitu 676.577 km².
              Wilayah Myanmar berupa gunung-gunung dengan rangkaian pegunungan raksasa. Dibagian barat terdapat Hkakado Razi setinggi 5.881 meter yang merupakan puncak gunung tertinggi di Asia Tenggara. Sebagian besar wilayah dataran rendah adalah lembah dan delta Sungai Chirdwin dan Irawadi. Sungai Irawadi adalah sungai utama yang berhulu di Tibet.
2.   Keadaan Sosial
              Myanmar merupakan negara republik dengan kepala negara seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Myanmar merdeka pada 4 Januari 1948. Myanmar memiliki tujuh negara bagian dan tujuh divisi. Ibu kota negara Myanmar adalah Yangoon. Penduduk di negara Myanmar berjumlah 45.611.000 jiwa.
              Bahasa resmi penduduk Myanmar adalah Bahasa Myanmar. Sebagian besar penduduk beragama Budha. Myanmar merupakan negara yang cukup tinggi tingkat penghasilannya. Pendapatan per kapita nasionalnya mencapai sekitar US $ 750. Hasil pertanian di Myanmar adalh beras, gula pasir, jagung, dan kacang-kacangan. Sumber penghasilan lain dari sumber daya alam adalah minyak bumi, tembaga, perak, kaleng, dan batu-batuan.

I.    Laos
 
bendera Laos
1.   Kenampakan Alam
              Laos adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang terjepit dan tidak punya wilayah laut. Laos berada di sebelah barat Vietnam, batas sebelah utara adalah Cina. Negara tetangga lain adalah Thailand di sebelah selatandan Myanmar di barat laut. Luas wilayah Laos adalah 236.800 km².
              Sekitar 70% wilayah Laos berbentuk pegunungan dan terdapat Gunung Bia setinggi 2.819 meter yang merupakan gunung tertinggi di negara ini. Sekitar 55 % wilayah ini ditutup oleh berbagai jenis hutan, yaitu hutan tropis, hutan bambu, dan hutan yang tercemar dengan vegetasi tropis.
2.   keadaan sosial
            Laos merupakan negara yang berbentuk republik dengan kepala negara presiden dan kepala pemerintahan perdana mentri, Nama aslinya dahulu adalah Sataranalat pasatepatay passon  Lao, Laos termasuk salah satu negara termiskin di dunia,Laos merupakan negara urutan kesepuluh dari bawah dilihat dari besarnya pendapatannya.Pendapatan per kapita Laos hanya US$ 250, Jumlah penduduknya 5.433.000 jiwa. Rakyatnya hidup di sektor pertanian yang menghasilkan beras, jagung, tembakau, jeruk, dan kopi. Sebagian penduduk hidup dengan  cara illegal dengan menanam ganja. Hasil alam lainya timah dan kayu. Industri di Laos masih terbatas pada pengolahan kayu.
          Bahasa resmi yang di gunakan adalah bahasa Lao.  Bahasa lain yang di gunakan adalah bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Sebagian besar penduduk Laos beragam Budha
 
 J.  Timor Leste.
    
bendera Timor Leste
1.   Kenampakan Alam
           Timor Leste atau Timor Lorosai terletak di sebelah timur  Provinsi Nusa Tenggara  Timur[ NTT] .Negara ini sebelumnya menjadi provinsi di Republik Indonesia yaitu Timor Timur. Luas Wilayah negara ini 14.874 km.
             Sebagian besar bentang alam Timor Leste berbentuk pegunungan .Daerah pantai di bagian utara bergunung- gunung sedangkan bagian selatan berupa dataran pantai yang luas terdiri dari delta sungai dan rawa- rawa bakau.

2.   Keadaan Sosial.
           Timor Leste atau Timor Lorosae merupakan negara republik yang belum lama merdeka. Negara ini melepaskan diri dari Republik Indonesia, sebagai provinsi ke- 27 pada tahun 1999. Presiden pertamanya Xanana Gusmao. Sebelum bergabung dengan Indonesia, Timor Leste berada di bawah jajahan Portugal selama berabad- abad. Penduduk Timor Leste sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Secara ekonomi kehidupan penduduknya mulai membaik setslah bergabung dengan Indonesia, meskipun demikian  Timor Leste termasuk negara miskin karena hampir tidak punya sumber daya alam dan sumber daya manusianya masih rendah atau kebanyakan rakyatnya masih belum terpelajar.
 Jumlah penduduk 885.000 jiwa. Bahasa yang di gunakan adalah bahasa Indonesia dan Portugal. Sebagian besar penduduk Timor Leste beragama Katolik.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment