Soal dan Kisi UKK IPS Kelas 5 SD Semester 2 UAS 2 TA 2013/2014

I. Berilah Tanda Silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang paling tepat!
1. Awal kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia adalah untuk ....
a. menjajah c. berdagang
b. wisata d. mengusir inggris

2. Menghadapi perlawanan dari Imam Bonjol, Belanda ....
a. tidak menemui kesulitan c. mengerahkan separuh kekuatan
b. kewalahan dan tidak berdaya d. merasa senang dan bahagia

3. Ketika berlangsung perang Paderi, Belanda berpihak kepada kaum ...
a. Paderi c. Tani
b. Adat d. Bangsawan

4. Pangeran Antasari pahlawan yang berasal dari daerah ....
a. Pontianak c. Banjarmasin
b. Samarinda d. Palangkaraya

5. Tanam Paksa mengakibatkan ....
a. Pemerintah Belanda mengalami kerugian c. banyak sekolah yang di bangun di Indoensia
b. Rakyat Indonesia memperoleh kemerdekaan d. perdagangan di kuasai Belanda

6. Perang Dipenogoro meletus karena Belanda ...
a. Menyerang dipenogoro dengan tiba-tiba c. membuat jalan di atas tanah milik Diponogoro tanpa izin
b. Menindas rakyat dnegan sewenang-wenang d. Mengabaikan keinginan Dipenogoro

7. Cita-cita Pangeran Dipenogoro adalah ....
a. Menegakan keadilan berdasarkan agama Islam c. Menguasai pulau Jawa dan sekitarnya
b. mengusir Belanda dari Bumi Nusantara d. Menyatukan seluruh wilayah Nusantara

8. Pejuang wanita yang berasal dari Aceh bernama ....
a. Christina Martha Tiahahu c. Herlina Kasim
b. Cut Nyak Dien d. Dewi Sartika

9. Kongres I dikatakan gagal karena ...
a. Adanya kongres Pemuda II c.
b. Tidak melahirkan suatu ikrat atau janji para pemuda
c. Adanya anggota konres yang masih menonjolkan kedaerahannya.
d. Belum disetujuinya pembentukan organisasi yang bernama Jong Indonesia

10. Peristiwa sumpah pemuda telah menggugah hati rakyat Indonesia untuk mewujudkan ...
a. Rasa kegotongroyongan bangsa c. rasa benci terhadap penjajah Belanda
b. Rasa persatuan dan kesatuan bangsa d. rasa kebangsaan Indonesia

11. Hasil keputusan kongres pemuda II dikenal dengan nama ...
a. Proklamasi Kemerdekaan c. Sumpah Pemuda
b. Janji Pemuda d. Panji Pemuda

12. Kongres Pemuda II diselenggarakan di kota ...
a. Bandung c. Surabaya
b. Jakarta d. Medan 

13. Organisasi bentukan Jepang yang menggantikan Gerakan 3A adalah ...
a. PUTERA c. SYUISINTAI
b. HEIHO d. SAINENDAN

14. Organisasi bentukan Jepang yang diperuntukan membantu tugas kepolisian Jepang adalah ...
a. Keibodan   c. Sainendan
b. Sendandu d. Syuisintai

15. Untuk memepersiapkan kemerdekaan Indonesia, Jepang membentuk ....
a. PETA c. PUTERA
b. HEIHO d. BPUPKI

16. Supriyadi adalah pemimpin PETA yang berasal dari ....
a. Singaparna c. Medan
b. Blitar d. Aceh

17. BPUPKI diketuai oleh ....
a. Ir. Soekarno c. Drs. M. Hatta
b. dr. K.R.T. Radjiman d. Ki Hajar Dewantara

18. Anggota BPUPKI berjumlah ..... orang
a. 50 c. 65
b. 60 d. 75

19. Selama pendudukan Jepang di Indonesia, rakyat mengalami ....
a. Sedikit kemajuan dibandingkan selama penjajahan Belanda.
b. Mengalami hal yang sama dengan penjajahan Belanjda
c. Masih lebih baik dibandingkan dnegan masa penjajahan Portugal
d. Mengalami penderitaan yang luar biasa lahir dan batin

20. Perlawanan K.H. Zaenal Mustofa terjadi karena menolak ....
a. Membungkukan badan kepada Kaisar Jepang c. Kedatangan bangsa Belanda
b. Kedatangan bangsa Jepang d. Diterapkan semobyan 3A

21. Pancasila  sebagai  dasar negara diuraikan oleh Bung Karno dalam pidatonya di depan sidang BPUPKI pada tanggal ....
a. 1 Juni 1942 c. 1 Juni 1944
b. 1 Juni 1943 d. 1 Juni 1945

22. Kerja paksa yang diterapkan Jepang disebut ...
a. kerja bakti c. rodi
b. tanam paksa d. romusha

23. Kerja paksa yang diberlakukan Jepang berguna untuk kepentingan ....
a. rakyat Indonesia c. tentara sekutu
b. rakyat Jepang d. rakyat Belanda

24. Keanekaragaman suku bangsa di Indonesia akan memperkaya kebudayaan ...
a. pribadi c. daerah
b. kelompok d. nasional

25. Suku bangsa yang berasal dari Kalimantan Barat adalah ....
a. Dayak c. Sasak
b. Melayu d. Bugis

26. Sejenis alat musik dari Papua adalah ....
a. Derdek c. Babun
b. Tifa d. Seruling

27. Profesi sebagai montir di bengkel mobil adalah jenis usaha...
a. Jasa c. Produksi
b. Dagang d. Langsung

28. Sebuah toko di pasar induk melayani pembelian barang-barang dalam jumlah banyak dan harga yang lebih murah adalah ....
a. Pedagang eceran c. Grosir
b. Pedagang pasar d. Pedagang borongan

29. Pedagang eceran melakukan penjualan kepada ...
a. Produksen c. Distributor
b. Agen d. Konsumen

30. Orang atau perusahaan yang melakukan kegiatan produksi disebut ....
a. Konsumen c. Industriwan 
b. Produsen d. Distributor


II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
31. Untuk menguasai perdagangan di Indonesia, Belanda mendirikan kongsi yang bernama ....
32. Tanam paksa pada masa penjajahan Belanda disebut ....
33. Tokoh pahlawan wanita dari Maluku adalah ....
34. Kumpulan isi surat-surat RA. Kartini berjudul ...
35. RA. Kartini lahir pada tanggal ....
36. Hari Sumpah Pemuda kita peringati setiap tanggal ....
37. PUTERA singkatan dari 
38. Tokoh PUTERA adalah .....
39. BPUPKI singkatan dari ....
40. Hasil kerja BPUPKI adalah ....



III. Essay!
41. Apakah tujuan pemerintah Belanda dalam menerapkan sistem tanam paksa ?
42. Jelaskan tujuan pendudukan tentara Jepang di Indonesia ?
43. Peristiwa apakah yang mendorong bangsa Indonesia untuk meraik kemerdekaan tanpa menunggu pemberian dari Jepang ?
44. Usaha-usaha apakah yang dilakukan oleh bangsa Indoensia untuk merebut kemerdekaan ?
45. Bagaimanakah menurut kamu untuk mengisi kemerdekaan supaya kita selalu dapat menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa ?







KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran       :      IPS
Kelas                      :      V (Lima)
Waktu                    :      90 menit
Jumla Soal              :      PG      Isian      Uraian  

No.
Standar Kompetensi Kelulusan
Uraian Kompetensi
Smt
Indikator Soal
1
2
3
4
5
1.
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabuapten kota dan provinsi.
1. Keragaman suku bangsa dan budaya Idonesia.
I
·     Mengidentifikasi keragaman suku yang terdapat di Indonesia
·     Menunjukan pada peta persebaran daerah asal bangsa di Indonesia
·     Mengembangkan sikat menghormati keragaman antar bangsa
2
Mengenal sumber daya alam kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
2. Kegiatan ekonomi di Indonesia

·     Menyebutkan jenis usaha perekonomian dalam masyarakat
·     Memberikan contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam berusaha
·     Memberi contoh kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi di Indonesia.

1
2
3
4
5
3
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
3. Perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang
II
·     Menjelaskan kedatangan Belanda di Indonesia.
·     Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakya
·     Menjelaskan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
·     Menjelaskan pendudukan Jepand di Indonesia
·     Menjelaskan sebab dan akibat pengerahan tenaga Romusa oleh Jepang terhadap pendudukan Indonesia
·     Menjelaskan perjuangan para tokoh dalam upaya mengusir penjajah Jepang

4
Menghargai peranan tokoh perjuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
4. Perjuangan persiapan kemerdekaan Indonesia
II
·     Menjelaskan beberaha usaha dalam mempersiapkan kemerdekaan
·     Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
1
2
3
4
5




·     Mengidentifikasi beberapa tokoh Pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
·     Menunjukansikat menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.



5. Proklamasi Kemerdekaan
II
·     Menjelaskan peristiwa penting yang terjadi di sekitar proklamasi
·     Mendeskripsikan jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
·     Membuat riwayat singkat tentang tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi
·     Memberikan contoh cara menghargai jasa-jasa kemerdekaan



6. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan
II
·     Menjelaskan kedatangan sekutu di indonesia
·     Menjelaskan peristiwa-peristiwa di.
1
2
3
4
5




daerah dalam rangka mempertahankan kemderdekaan
·     Menjelaskan peranan beberapa tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
·      


Previous
Next Post »
Thanks for your comment