Contoh Lampiran UKS SD TA 2014/2015

Pengertian

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD Negeri ........ adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektor dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat seluruh warga SD Negeri .........

Tujuan
Secara umum UKS SD Negeri ........ bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan seluruh warga sekolah khususnya para peserta didik serta menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memajukan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam upaya pembentukan manusia Indonesia yang berkualitas. Adapun secara khusus Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD Negeri ........ bertujuan untuk memupuk kebiasaan hidup sehat serta mempertinggi derajat kesehatan para peserta didik yang meliputi beberapa hal:
a. Memiliki pengetahuan sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehtan di sekolah, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.
b. Sehat baik dalam arti fisik, mental, sosial maupun spiritual.
c. Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat berbahaya lainnya (NAPAZA).

Sasaran
Sasaran UKS SD Negeri ........ adalah seluruh warga sekolah yang terdiri dari para peserta didik, guru, orang tua/wali murid dan masyarakat di ligkungan sekitar sekolah.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup UKS SD Negeri ........ tercermin dalam Tri Program UKS SD Negeri ........ meliputi:
a. Pendidikan kesehatan
Pendidikan kesehtan di SD Negeri ........ kami laksanakan melalui:
1) Kegiatan intrakurikuler, yakni pelaksanaan pendidikan UKS pada jam pelajaran yang diatur sesuai dengan jam pelajaran yang telah kami tentukan dalam jadwal. Di samping itu pendidikan kesehatan senantiasa kami sisipkan pada saat pelajaran olahraga kesehatan, IPA, Agama, dan lain-lain. Sehingga secara komprehensip peserta didik selalu mendapatkan pendidikan kesehatan. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang UKS maka sekolah telah mengirimkan beberapa orang guru unruk mengikuti penataran tentang UKS.
2).Kegiatan ekstrakurikuler, yakni mpelaksanaan pendidikan UKS di luar jam pelajaran biasa yang dilakukan di SD Negeri ........ dengan tidak terbatas pada ruang dan waktu.

b. Pelayanan kesehatan di SD Negeri ........ dilaksanakan dengan kegiatan komprehensip. Meliputi:
- kegiatan peningkatan kesehatan (promotif), kegiatan pencegahan (preventif) serta kegiatan
- penyembuhan dan pemulihan (kuratif rehabilitatif).

 Adapun jenis-jenis pelayanannya sebagai berikut:
1) Penjaringan kesehatan murid
Penjaringan murid adalah khusus untuk kelas I. Hal ini dilakukan secara rutin tiap tahun pelajaran baru.
2) Pemeriksaan berkala pada siswa
Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan kesehatan peserta didik secara periodik. Bentuk kegiatannya antara lain: pengukuran tinggi badan, pemeriksaan gigi, penimbangan berat badan, tes ketajaman mata dan lain-lain.
3) Imunisasi
Pemberian imunisasi dilaksanakan oleh tim medis dari Puskesmas Kecamatan ……., bentuk imunisasinya adalah DT dan TT
4) Rujukan
Penyakit yang tidak bisa diobatai di sekolah maka dilakukan rujukan ke pelayanan kesehatan yang lebih baik seperti:
- Puskesmas Kecamatan …….
- Rumah Sakit Umum …..

c. Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat
Pembinaan lingkungan kehidupan di SD Negeri ........ dilaksanakan dalam rangka menjadikan sekolah sebagai institusi pendidikan yang dapat menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang mampu menumbuhkan kesadaran, kesanggupan dan keterampilan peserta didik untuk menjalankan prinsip hidup sehat. Kegiatan bina lingkungan kehidupan sekolah sehat yang kami lakukan meliputi dua hal, yaitu kegiatan bina lingkungan fisik dan kegiatan bina lingkungan mental sosial sehingga tercipta suasana dan kelembagaan kekeluargaan yang akrab dan erat antara sesama warga sekolah.

Jenis-jenis kegiatan dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat di SD Negeri ........ adalah sebagai berikut:
1) Kesehatan Lingkungan Sekolah
Pengawasan kebersihan lingkungan dilaksanakan bersama oleh guru, peserta didik maupun petugas puskesmas ……. yaitu pada JASAPAHALARUDIMAN 

2) Pengawasan Kebersihan Perorangan
Dilaksanakan oleh guru dan murid setiap hari dan setiap minggu. Terutama kebersihan kuku, rambut, gigi dan lain-lain.

3) Pengawasan Warung Sekolah
Warung sekolah yang kita sediakan tidak sekedar warung makan biasa. Selain menyediakan aneka jenis makanan yang bergizi, alat-alat tulis serta berbagai barang keperluan sekolah. Jenis makanan yang tersedia sangat beragam baik makanan berat maupun ringan. Makanan yang disediakan di warung sekolah adalah makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lain-lain.
Makanan yang tersedia disajikan dengan baik, tertutup rapi dan terjamin kebersihannya. Dalam rangka memberikan pelayanan yang baik maka warung sekolah menyediakan tenaga tetap yang bertugas melayani para pembeli. 
Kami juga menyediakan sarana untuk mencuci tangan maupun peralatan makan dengan air PDAM, sehingga kebersihan selalu terjaga.

4) Pemberantasan Sarang Nyamuk
SD Negeri ........ telah melaksanakan kegiatan untuk memcegah adanya sarang nyamuk.
Penyakit menular seperti demam berdarah, dan malaria adalah penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, untuk itu pelaksanaan PSN terus digalakkan di lingkungan sekolah, kegiatan PSN antara lain:
- Pembersihan selokan air kotor/hujan agar tidak ada air tergeangan.
- Penguburan botol bekas, kaleng bekas dan lain-lain yang bisa digenangi air dan menjadi sarang nyamuk aydes ayggepty.
- Pembersihan/pengurasan bak-bak air paling lamaminggu sekali.

5) Pemeliharaan Tanaman Obat Keluarga
Jumlah dan jenis tanaman obat yang kami miliki sejumlah kurang lebih 40 macam dan kami selalu berusaha mengenalkan sedini mungkin pada anak didik tentang jenis TOGA yang dapat dipergunakan secara tradisioal. Jenis tanaman antara lain jahe, kunyit, lidah buaya, sirih, kencur, lengkuas, temu lawak, lada dan lain-lain.

6) Pemeliharaan Pertanian Sekolah
Jenis-jenis tanaman sudah banyak yang kami perkenalkan pada peserta didik karena melalui penanaman pertanian sekolah ternyata di samping bermanfaat untuk meningkatkan gizi juga untuk ajang pendidikan/belajar peserta didik tentang tanaman buah-buahan dan warung hidup. Tanaman buah antara lain: pisang, pepaya, cabe dan singkong.

7) Perikanan
Perikanan yang dimiliki SD Negeri ........ adalah berupa kolam ikan sejumlah 2 lokal yang dapat menjadi arena belajar peserta didik dalam mengenal cara budi daya ikan air tawar. Kolam tersebut terdapat di sebelah timur bangunan SD masing-masing berukuran 20x20m² dan 20x4m²
Adapaun jenis ikan yang ditebar saat ini adalah mujair, tawes dan emas. Pengelolaan ikan SD Negeri ........selalu mendapatkan bimbingan secara rutin oleh guru.

8) Peternakan
SD Negeri …… membudidayakan lebah madu (Apis Indika), untuk diambil madunya untuk pengobatan secara alami. Penyakit yang dapat diobati dengan madu antara lain, luka baru, tenggorokan, sakit gigi, thypus, pencernaan dan lain-lain. Jumlah kotak lebah yang dimiliki sejumlah 6 kotak dengan ukuran masing-masing 38 cm x 30 cm x 20 cm. Lebah madu mencari makanan berupa tepung sari (nektar) dan madu pada bunga-bunga di sekitar lingkungan sekolah.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment