Soal MAPSI PAI Kelas 4 SD TA 2014

MATA PELAJARAN
1. Studi Islam : 20 butir soal isian singkat
2. Kelas/Jenjang i 4 (empat) / Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

WAKTU PELAKSANAAN
Babak : FINAL
Waktu : 10.15 - 11.00 WIB (45menit)

PETUNJUKUMUM
1. Mulailah dengan Basrnallah dan do'a.
2. Isilah Nama Peserta, Nomor Peserta, Daerah Asal dan Nama Sekolah pada tempat yang disediakan. (panitia tidak bertanggung jawab atas kehilangan nilai akibat ketidakvalidan data)
3. Bacalah soal dan tuliskan jawabanmu di tempat yang sudah disediakan. Sesuaikan jawabanmu dengan nomor soal dan tulislah dengan rapi agar mudah dibaca.
4. Tersedia waktu 45 menit untuk mengerjakan soal.
5. Periksa dan laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
6. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya.
7. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
8. Lembar soal boleh dicorat-coret.

ISIAN
l. Puasa yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah disebut puasa.. ..
2. Surah al-Fajr terletak pada urutan ke-89 dalam al-Qur'an. Surah yang berarti fajar ini terdiri dari .. ......... ayat.
3. Mufassir adalah sebutan bagi ulama ahli tafsir al-Qur'an. Siapakah ulama Indonesia yang mengarang tafsir al-Az har?
4. Ketika mim mati bertemu dengan huruf mim disebut Idgham Mitslain. Cara membacaflya ditahan 2-3 harakat Tapi jika mim mati bertemu dengan huruf Ba disebut......
5. Surga memiliki beberapa pintu, salah satunya adalah pintu Ar-Raryail. Pintu tersebut akan dimasuki orang-orang beriman yang gemar berpuasa. Siapakah malaikat penjaga pintu surga?
6. Di antara para Nabi dan Rasul ada yang hidup kaya dan menjadi penguasa, dan ada pula yang hidup miskin. Siapakah Nabi yang menjadi penguasa dan hidup sezaman dengan Ratu Saba'?
7. Nabi Ibrahim mempunyai dua istri, yaitu Sarah dan Hajar. Dari Hajar beliau dikaruniai seorang putra yaitu Ismail, sedangkan dari Sarah mendapat seorang putra bernama?
8. Para Nabi dan Rasul adalah manusia yang mulia pilihan Allah SWT. Sebagai utusan Allah, mereka menerima wahyu yang harus disampaikan kepada umatnya. Wahyu tersebut mereka terima dengan berbagai cara, salah satunya disampaikan langsung oleh Allah kepada Nabi-Nya tanpa perantara. Selain Nabi Muhammad SAW, siapakah Nabi yang pernah menerima wahyu dengan cara tersebut?
9. Nabi Musa AS lahir dan dibesarkan di Mesir. Tapi semasa muda, Musa AS pernah meninggalkan Mesir karena menghindari hukuman penguasa Mesir yang zalim. Apakah nama negeri yang disinggahi Musa AS selama masa pelarian tersebut?
10. Di arfiara para Rasul, ada lima Rasul yang memperoleh gelar ulul mempunyai keteguhan hati dan kesabaran yang luar biasa dalam menyampaikan dakwahnya. Mereka adalah Muhammad, Ibrahim, Musa, Isa, dan .......
ll. Muttafaq 'alaih adalah sebutan untuk hadis yang diriwayatkan oleh dua ulama hadis paling terkemuka. Salah seorang di antaranya adalah Imam Bukhari. Siapakah nama ulama yang satunya lagl?
12. Imam Bukhari adalah seorang ulama hadis terkemuka yang menulis kitab Shahih Bukhari. Selama belajar, Imam Bukhari berguru kepada ratusan ulama besar di masanya. Siapakah guru Imam Bukhari yang merupakan pendiri Madzhab Hanbali?
13. Idul Adha disebut juga Idul Qurban. Penamaan ini terkait dengan dianjurkannya berkurban pada hari raya tersebut, sebagai bentuk kesyukuran atas nikmat yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kurban bisa dilahrkan dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing, domba, sapi dan unta. Berkurban dengan kambing atau domba berlaku untuk satu orang, sedangkan berkurban dengan sapi atau unta berlaku untuk. ...orang.
14. Konstantinopel adalah ibukota Romawi Timur yang megah dan kuat. Kaum Muslimin zarnafl Sahabat berusaha untuk menaklukkannya. Namun, penaklukkan tersebut baru berhasil setelah beratus-ratus tahun, tepatnya pada abad ke-15 M. Penaklukan tersebut dilakukan dengan susah payah. Di antaranya pasukan Muslim harus menarik kapal perang menaiki bukit. Siapakah panglima pasukan Muslim, sang penakluk Konstantinopel yang kini disebut Istanbul itu?
15. Fir'aun adalah ruja zalim yang berkuasa di zaman Nabi Musa AS. Kezaliman Fir'aun didukung oleh dua orang yang sangat berpengaruh, yaitu seorang arsitek yang bernama Haman dan seorang kaya raya yang sombong bemama ........
16. Bolehkah atau tidak boleh shalat Maghrib diqashar?
17. Beberapa nama surah dalam al-Qur'an terkait dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masanya. Misalnya at-Taubah yang menjelaskan taubatnya tiga sahabat yang tidak ikut dalam perang Tabuk. Apakah nama SURAH yang juga merupakan nama perang yang terjadi di Madinah?
18. Ada pendapat yang mengatakan bahwa semua agama adalah benar. Benar atau salah pendapat ini?
19. Cendekiawan Muslim yang di Barat dikenal dengan sebutan Avicenna adalah ...
20. Seorang maternatikawan Muslim telah menulis buku berjudul al-Kitab al-Mukhtasar Ji Hisab al-Jabr wa'l-Muqabala (Buku Rangkuman untuk Kalkulasi dengan Melengkapkan dan Menyeimbangkan). Istilah Aljabar lahir dari buku tersebut. Buku ini diterbitkan pada tahun 830 M. Buku ini diterjemahkan juga ke dalam bahasa Latin pada abad ke-12. Siapakah pengarang buku Aljabar itu?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment