Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 SD TA 2014

I. Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Makanan pokok bangsa Indonesia selain beras adalah sebagai berikut,  kecuali .... 
a. sagu
b. kedelai 
c. jagung 
d. gaplek

2. Dalam menulis karangan sebaiknya dibuat lebih dulu kerangka karangan yang berguna untuk ....
a. menarik pembaca
b. pedoman untuk menulis karangan 
c. pendahuluan karangan
d. gambaran karangan

3. Sumber tema yang paling mudah ditulis adalah .... 
a. pendapat
b. penelitian
c. pengalaman 
d. khayalan

4. Di bawah ini merupakan jenis-jenis surat resmi, kecuali ....
a. surat tugas 
b.  surat edaran
c.  surat pengumuman 
d.  surat izin

5. Bagian yang membedakan antara surat undangan resmi dan surat undangan tidak resmi adalah sebagai berikut kecuali....
a. salam pembuka
b. kepala surat 
c.  perihal surat 
d.  tembusan

6. Surat undangan resmi menggunakan bahasa .... 
a.  daerah
b. tidak baku
c. baku
d. asing

7. Segala keterangan waktu, tempat, ruang dan suasana dalam cerita disebut ....
a. tema b. tokoh c.  latar d.  alur

8. Amanat atau pesan yang diperoleh setelah mendengarkan cerita Malin Kundang adalah ....
a. anak berani dengan orang tua 
b.  tidak mau mengabdi orang tua 
c.  kutukan dari orang tua
d. kita harus menghormati dan menghargai orang tua

9. Tokoh cerita Pinokio adalah .... 
a.  Pinokio dan Peri Biru
b. Cenderela dengan Pinokio 
c.  Bawang Putih dan Peri Biru 
d.  Cenderela dan Peri Biru

10.  Pada waktu membaca kamus gerak mata yang benar adalah.... 
a.  horisontal
b. vertikal
c.  sig-sag 
d. spiral

11. Anita : “Hei, Shanti sedang apa kau?” Shanti : “Aku sedang membaca majalah.” Anita : “Ayo, pergi ke rumah Vina!”
Shanti : “Mau apa ke sana?”
Anita : “Aku mau pinjam buku IPA.”
Shanti : “Ayo kuantar nanti di sana kita bisa ngobrol-ngobrol asyikkan!”
Kutipan di atas berbentuk...... 
a.  percakapan
b. narasi
c. bait
d. paragraf

12. Cara meningkatkan kecepatan membaca dengan cara sebagai berikut kecuali .... 
a.  meningkatkan konsentrasi membaca
b. metode gerak mata yang benar
c. menghilangkan kebiasaan membaca bersuara 
d.  buku yang dibaca menarik

13. Suatu cara untuk mengumpulkan dan memperoleh informasi dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada informan/narasumber disebut ....
a.  membaca
b. percakapan 
c. dialog
d. wawancara

14. Agar memperoleh hasil wawancara yang baik perlu mempersiapkan hal-hal berikut ini, kecuali ....
a. menguasai masalah yang akan ditanyakan 
b.  menyiapkan pakaian yang baik
c. menyiapkan daftar pertanyaan
d. menyusun pertanyaan yang mengandung unsur 5 W + 1 H

15. Penulisan hasil wawancara perlu menggunakan bahasa .... 
a.  baku
b. asing
c. daerah
d. tidak baku

16. Surya pergi bertamasya ke pantai kemudian terpisah dengan keluarganya.
Sebaiknya saya segera .... 
a.  menangis yang keras
b. lapor kepada satpam
c. mencari keluarga
d. berteriak-teriak menangis

17. Setiap anak kecil wajib mengenali ....
a. identitas orang tua, alamat rumah, nomor telepon 
b.  identitas kakak, nomor telepon, alamat rumah
c. identitas diri, nama orang tua, alamat, nomor telepon
d. identitas diri, nama-nama keluarga, alamat, nomor telepon

18. Anak yang mampu mengekspresikan   perasaannya dan memiliki rasa pengenalan terhadap bahaya dan mampu bertindak saat membutuhkan pertolongan disebut ....
a. pemberani
b. penakut
c. percaya diri d. pasrah

19. Salah satu paparan yang berisi tentang informasi disebut .... 
a.  undangan
b. surat kabar 
c. berita
d. majalah

20. Cara menemukan masalah utama berita yang dibaca dalam teks berita dapat ditentukan dengan panduan pertanyaan yang berupa ....
a. mengapa, apa, siapa, di mana, kapan, berapa
b. bilamana, berapa, kapan, di mana, mengapa, apa 
c.  apa, bilaman, kapan, di mana, berapa, mengapa
d. apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana

21. Unsur yang membangun dari dalam cerita disebut .... 
a.  unsur intrinsik
b. unsur ekstrinsik
c. unsur amanat 
d.  unsur latar

22. Daftar nama dalam buku telepon disusun secara .... 
a.  lama kenalan
b. urut angka nomor telepon
c. alfabelis
d. secara acak

23. Kegiatan membaca yang dilakukan secara seksama untuk menelaah isi dan bahasa termasuk membaca ....
a. intensif
b. memindai 
c.  dalam hati 
d. indah

24. Pada waktu membaca surat kabar untuk menemukan acara televisi secara cepat dengan cara membaca ....
a. dalam hati 
b. indah
c. intensif
d. memindai

25.  Suatu cara berkomunikasi penulis dalam menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan disebut .... 
a.   wawancara
b.  berita
c.  surat
d.  laporan

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Bagaimanakah cara memberikan saran terhadap suatu persoalan atau peristiwa?
2. Bagaimanakah kreteria surat undangan yang baik?
3. Hadiah-hadiah berikut ini diberikan kepada siapa?
a. Kalpataru b. Adipura
4. Kemajuan teknologi terjadi di segala bidang. Sebutkan lima hasil teknologi yang dapat digunakan dalam rumah tangga beserta kegunaannya?
5. Hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam melaporkan hasil wawancara?
6. Apa akibatnya seorang anak menyaksikan tayangan televisi sampai larut malam?
7. Buatlah pertanyaan yang menggunakan kata tanya apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana yang berhubungan dengan kebakaran?
8. Bagaimana teknik membaca cepat yang baik?
9. Jelaskan apa fungsi laporan hasil pengamatan?
10. Bagaimana cara membuat sebuah kesimpulan sebuah cerita!

Glosarium

abadi : kekal, tidak berkesudahan aktivitas : kegiatan
alur : plot atau urutan cerita
analisis : penyelidikan terhadap suatu peristiwa
bencana : sesuatu yang menyebabkan kesusahan, kerugian, atau penderitaan cermat : teliti
citraan : cara membentuk citra mental pribadi atau gambaran sesuatu deteksi : usaha menemukan dan menentukan keberadaan
diksi : pemilihan kata yang tepat
distikon : puisi yang setiap baitnya terdiri atas 2 baris epilog : percakapan akhir sebagai penutup pertunjukan erosi : pengikisan tanah akibat air hujan
fenomena : gejala alam flach back : sorot balik
fungsional : dilihat dari segi fungsi
global : secara umum dan keseluruhan humor : lucu
identifikasi : tanda kenal diri, bukti diri ilmiah : bersifat ilmu
informasi : keterangan
interaksi : saling melakukan aksi intonasi : lagu kalimat
komunikator : orang yang menyampaikan pesan konotasi : makna tidak sebenarnya
kubah : atap yang melengkung menyerupai setengah bulatan lafal : cara orang atau kelompok mengucapkan bunyi bahasa level : tingkatan atau lapisan
makmur : banyak hasil, serba kecukupan monolog : percakapan seorang diri
orator : orang yang ahli pidato progresif : alur maju
proses : urutan peristiwa dalam perkembangan sesuatu radius : jarak dari pusat keliling lingkaran
status : keadaan atau kedudukan dalam masyarakat teladan : perbuatan yang patut ditiru
tokoh : pelaku dalam cerita
Previous
Next Post »
Thanks for your comment