Cara Cepat Mendapat NISN Dengan Verval Peserta Didik

Selamat siang, selamat malam, selamat pagi, selamat sore para pejuang data “Operator sekolah” yang budiman yg selalu diberkahi dlm setiap perjuangannya. 
NISN merupakan data individu peserta didik (NISN) yang telah tervalidasi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Sperti diketahui NISN siswa di verval datanya berasal dr hasil sinkronisasi dapodikdas & PDSP. 

Mungkin ada yang menunggu, ko NISN kelas 1 blm keluar, sebagian NISN kelas 5 belum ada. Nah sekarang sudah ada pencerahan khususnya untuk Sekolah yg menantikan data NISN siswa karna berbagai keperluan (BSM, Administrasi, untuk klas 6 sbg syarat PPDB, dll). Oke gaperlu lama-lama, karna saya juga bukan ahli merangkai kata-kata 

Indah & Romantis apalagi saya malu soalnya yg bacanya juga cantik & ganteng. 

Baiklah Pertama-tama buka situs verval pd kemdikbud. 


selanjutnya, 
kita  login  Username  dan  Passwordnya  sama  dengan  kita  masuk  ke Aplikasi 
Dapodikdas cuman beda di chaptcha aja yg galau, soalnya suka gonta ganti huruf tiap 
login pasti beda lagi tuh hurufnya. 


Setelah login 
Kita akan berjumpa dengan Home dimana disana ada lingkaran Residu dan Referensi. Apa Residu.? Itu bias diartikan data siswa yg perlu dikoreksi/penyesuaian/verivikasi dan apa itu referensi.? Yaitu data NISN siswa yg sdh valid atau sudah cocok datanya antara di dapodik dan di database PDSP. Jadi NISN yg harus dipakai itu adalah data NISN yg ada di Referensi/PDSP (yang mengeluarkan NISN) 


Selanjutnya mari kita lanjut ke Tab Residu (Data Penampungan yg perlu verfikasi) 
Nah disana kita akan melihat data siswa yg tidak masuk ke Tab Referensi, berarti siswa yang belum mempunyai NISN atau Siswa mempunyai NISN tapi tidak sesuai datanya dengan di dapodik hasil sinkronisasi dan PDSP. 

Tapi sebelumnya, perlu kita ketahui istilah MATCH dan NOT MATCH yang ada di Tab Residu. 
1.Match berarti data sesuai/mirip dengan yg ada di database PDSP dan tidak perlu dikeluarkan NISN baru karna sdh terdaftar. 
2.No Match berate belum terdaftar di database PDSP & perlu dikeluarkan NISN baru. 
Oke, selanjutnya ke pembahasan lebih rinci tentang Not Match di Tab Residu 

Kita klik nama siswa lalu nanti akan ada lingkaran loading/please wait, untuk siswa baru 
(Kelas 1 SD & yg blm mendapatkan NISN dr sejak kelas 1) maka akan langsung muncul Not  Match  meski  dinataranya  akan  muncul  siswa-siswa  lain  (itu  dikarenakan  ada kemiripan nama dgn siswa di sekolah lain) & juga Not Data Display. Tp itu tdk masalah tinggal klik saja Not Match. Loh ko langsung klik Not Match ? Ia karna sudah dipastikan untuk siswa kelas 1 SD blm mempunyai NISN, juga bagi Siswa yg dr kelas 1 belum mendapatkan NISN atau juga siswa yg perasaan udah punya NISN tp muncul Not 
Match & di search pun ga ada yg sama. Ya tinggal klik saja Not Match. Oke..  
Selanjutnya tentang pembahasan Match di Tab Residu 

Nah, untuk yang ini adalah penyesuaian data yg sudah atau terdaftar di database PDSP. Pertama kita kita klik siswa (biasanya ini siswa kelas atas bukan siswa baru/kls 1). Jd ketika  kita  mengklik  nama  siswa  maka  akan  muncul  siswa  dan  search.  Untuk memastikan kita akan disuguhkan dgn nama-nama siswa tp bila tidak sesuai kita klik search lagi. Bila ditemukan namanya mirip sperti gambar diatas maka kita ceklis dulu lalu klik Match (yg artinya data sudah benar/akur/sesuai dan perlu dipindahkan ke refernsi dan sudah terdaftar mempunyai NISN) tp bila di search tdk muncul jua , itu berrati dipastikan belum mempunya NISN jd itu caranya harus meng’KLIK Not Match (untuk dibuatkan NISN). 
Biasanya yg Match ini, karna perbedaan nama sperti diatas: 
Di dapodik terdaftar Nur Alam Herlina Putri (karna di Aktenya namanya itu/harus lengkap) tapi di Database terdaftar Nur Alam Herlina P. Jadi bias disimpulkan yang terdaftar di database PDSP bila di Match maka data NISNnya akan menyesuaikan namanya dengan yg ada di dapodikdas. 
Ending, kita akan ke Tab Referensi. 
Bagi yang datanya di Tab Residu stelah di Matching atau Not Matching akan muncul di Tab Referensi yg datanya sudah Valid atau tak ada masalah. 
Akan muncul sperti gambar dibawah ini. 


Udah deh… cepetkan keluarnya… cieee… dapat NISN cieee… witwiw..  

Ehm.. Sebellumnya ditutup oleh pak lebe, ada beberapa hal yg perlu disampaikan. 
1. Teliti dan Cek kembali jangan rusuh, karna rusuh alias terburu-buru asal klik aja.. itu tak baik loh bagi kesehatan. Tadinya mu klik match malah not match jdnya doble tuh NISN siswanya.  
2. Untuk jenjang SMP & sekitarnya, mungkin akan ada perbandingan antara Residu lebih banyak daripada di Referensi (Tapi jangan deh kasian OPS nya takut puyeng) hehe 
3. Untuk perubahan nama, TTL, kan sudah dikunci tapi perlu perbaikan karna pas dicek di verval ada data yg ehm salahhhhhh….. ya solusinya cuman 1 yaitu entry ulang siswa lalu sinkronkan lewat aplikasi dapodikdas lalu cek di verval & kita Match kan lagi dgn data yg sudah terdaftar NISNnya. 
4. Untuk memudahkan NISN siswa yang belum ada masuk ke Aplikasi dapodikdas, yaitu bereskan verval hingga data residu 0 % lalu sinkronkan & generate prefill. Ya meski bias sih 1 persatu dimasukkan langsung secara manual ke aplikasi. hehe 
5. Ini  lebih  penting  !!!  Jangan  lupa  biaya  edit  verval  NISN  ke  Pak/Bu  KS  atau Bendahara. 
6. Sudah ah cape ngetiknya juga, leptopnya juga udah cemberut. Kalo leptop bisa ngomong pasti dia bilang “ Helllooowwww….. Elu tu yah, cuman bisanya pijit sana- sini, liatin layar gue, colok cabut colok cabut, mati nyala, elus sana sini… kapan elu nikahin guaaaaa……..”  Hehe.. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment