Soal Matematika Kelas 6 SD UAS I Kisi dan Kunci Jawaban TA 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Mata Pelajaran               : Matematika
Kelas                              : VI (Enam)
Hari/ Tanggal                 :
Waktu                            :

PETUNJUK UMUM:
1.        Tulislah namamu di sudut kanan atas pada lembar jawaban!
2.        Bacalah setiap soal dengan saksama!
3.        Kerjakanlah terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah!
4.        Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada Bapak/ Ibu Guru!

I.          Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.        (64+ n) + 66 = 64 + (46 + 66)  nilai n adalah ....
2.        76 x (80-17) = (76 x 80) – (76 x n )   nilai n adalah ....
3.        Hasil pengerjaan hitung (5.125 + 1.275) : (-8) x (-2) adalah ....
4.        Pak Budi membeli 8 paket pensil dengan harga Rp8.500,00 tiap paket. Setiap paket berisi 10 pensil. Pak Budi menjual tersebut secara eceran dengan harga Rp1.000,00 per pensil. Keuntungan yang diperoleh Pak Budi jika semua pensil habis terjual yaitu ....
5.        FPB dari 28, 48, dan 60 adalah ....
6.        KPK dari 24, 27, dan 36 adalah ....
7.        Adi memiliki kelereng merah 40 buah dan kelereng putih 72 buah. Kelereng-kelereng tersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa kaleng. Tiap kaleng berisi kelereng sama banyak. Jumlah kaleng yang dibutuhkan yaitu   ...    buah.
8.        233 = ....
9.        x = ....
10.    Umur Paman Bayu 4 windu 1 tahun, dan umur Kak Sari 3 lustrum 2 tahun. Selisih umur mereka yaitu ... tahun.
11.    4 jam 30 menit 21 detik
2 jam 45 menit 30 detik
a jam   b menit  c detik
Pengganti a, b, dan c berturut-turut adalah ....
12.    ½ hektar - 4 are + 3.000 m2=  ...  m2
13.    SD Tunas Jaya berdarmawisata menggunakan bus ke Pantai Suwuk. Jarak yang ditempuh 120 km. Kecepatan rata-rata bus 60km/jam dan mereka berangkat pukul 06.00. Mereka akan sampai di Pantai Suwuk pada pukul ....
14.    0,6 dm3/detik =  ...  cm3/detik
15.    30 mm3/detik = ... mm3/menit
16.    Fika mengisi air pada sebuah bak melalui kran, satu bak dapat memuat 750l air. Dalam waktu 30 menit, bak tersebut penuh terisi air. Debit air kran adalah ... l /menit.
17.    Volume kolam ikan Pak Bambang 21,6 m3. Kolam tersebut akan dipenuhi air menggunakan slang. Slang tersebut mampu mengalirkan air sebanyak 3.000 cm3/detik. Waktu yang diperlukan untuk mengisi kolam hingga penuh yaitu  ...  jam.
18.    Sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar 48 cm dan tinggi 22 cm.                                                
Luas trapesium tersebut adalah  ... cm2
19.   


 
                                            Luas lingkaran di samping adalah ... cm2

20.    Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 20 cm. Luas lingkaran tersebut adalah ... cm2
21.                                                           Luas bangun di bawah adalah ... cm2


22.    Luas bangun di bawah ini adalah ... cm2
23.    Luas bangun di bawah ini adalah ... cm2

24.    Sebuah prisma segitiga memiliki luas alas 54 cm2 dan tinggi prisma 18 cm. Volume prisma tersebut adalah ... cm3
25.                                                         Volume bangun di samping yaitu ... liter.


26.    Berikut ini data suhu badan pasien yang diukur tiap satu jam
37 0C     390C    380C    380C      380C     390C   
390C      400C    360C    380C      380C     370C   
Suhu badan tertinggi pasien tersebut  ... 0C
27.    Tabel hasil ulangan matematika siswa kelas VI SD Tunas Bangsa (untuk nomor 27-29)
Nilai
Banyak Anak
50
60
70
80
90
100
2
5
5
9
8
1
Jumlah siswa kelas VI SD Tunas Bangsa yang mengikuti ulangan matematika yaitu ... siswa.
28.    Selisih antara banyak siswa yang mendapat nilai tertinggi dan terendah adalah ... anak.
29.    Modus nilai ulangan ulangan matematika siswa kelas VI SD Tunas Bangsa yaitu ....
30.    Berikut nilai ulangan Tono
60 70  80  100  80
Rata-rata nilai ulangan Tono yaitu ....

II.          Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
31.    Kakek mempunyai dua petak ladang masing-masing ditanami cabai dan kacang panjang. Cabai dipanen setiap 4 hari sekali, sedangkan kacang panjang setiap 7 hari sekali. Jika pada tanggal 18 November 2013 cabai dan kacang panjang dipanen bersamaan, pada tanggal berapakah keduanya akan dipanen bersamaan lagi?
32.    Nina akan membuat beberapa buah gelang menggunakan 84 manik-manik hijau dan 90 manik-manik biru. Tiap gelang berisi manik-manik hijau dan biru sama banyak.
a.         Berapa jumlah gelang yang dapat dibuat Nina?
b.        Berapa jumlah manik-manik hijau pada setiap gelang?
c.         Berapa jumlah manik-manik biru pada setiap gelang?
33.    Hitunglah hasil dari  x    
                                         x
34.    Jarak kota A-B 350 km. Dedi berangkat pukul 08.45 naik mobil dari kota A menuju kota B dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Pada waktu bersamaan, Vano naik mobil dari kota B ke kota A dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Jika melalui jalan yang sama dan semuanya lancar, pada pukul berapakah mereka akan berpapasan?
35.    Toko Bu Dina menyediakan 48.000 cc minyak goreng. Bu Siti dan Bu Rahmi masing-masing membeli minyak goreng 2 liter dan 0,02 m3. Kemudian Bu Tatik juga membeli minyak goreng sehingga sisa minyak goreng Bu Dina 18 dm3. Berapa liter minyak goreng yang dibeli Bu Tatik?
36.    Sebuah halaman rumah berbentuk jajargenjang dengan panjang alas 4 m dan tinggi 5 m. Di tengah-tengah halaman tersebut dibuat kolam ikan dengan jari-jari 1 m. Berapa m2 luas halaman tanpa kolam ikan?
37.    Sebuah tabung memiliki diameter 80 cm dan tinggi 1 m. Tabung tersebut telah terisi air hingga ¼ bagian. Berapa cm3kah air yang dibutuhkan untuk memenuhi tabung tersebut?
38.    Kirana mempunyai karton berukuran 80 cm x 80 cm. Dia akan membuat ½ lingkaran dengan diameter 84 cm. Berapa cm2 karton yang tidak terpakai?
39.    Perhatikan diagram lingkaran di bawah ini!

 Diagram lingkaran di samping menggambarkan pekerjaan orang tua siswa kelas VI SD Tunas Bangsa. Jika jumlah seluruh siswa 40 anak, hitunglah jumlah siswa yang orang tuanya bekerja sebagai PNS; petani dan buruh; dan wiraswasta!
40.    Berikut ini data hasil panen tahun 2013 di Desa Sukamakmur!
Padi 25 ton, jagung 25 ton, ketela 30 ton, kedelai 10 ton

a.       Buatlah diagram batang dari tabel di atas!
b.      Jenis tanaman apakah yang paling banyak dipanen?
c.       Berapakah rata-rata hasil panen tahun 2013 di Desa Sukamakmur?











KISI-KISI UAS I TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/ smt               : VI/ satu
Jenis tes                  : Tertulis
Bentuk                    :  Isian 30
                                  Uraian 10

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk
No soal
1.    Melakukan pengerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
1.1 Menggunakan sifat-sifat pengerjaan hitung termasuk pengerjaan hitung campuran, FPB dan KPK
Bilangan
1.1.1    Menyelesaikan pengerjaan hitung menggunakan sifat komutatif
1.1.2    Menyelesaikan pengerjaan hitung menggunakan distributif
1.1.3    Menyelesaikan perhitungan dengan cepat pada pengerjaan hitung campuran
1.1.4    Menyelesaiakn soal cerita yang berhubungan dengan pengerjaan hitung campuran
1.1.5    Menentukan FPB dari tiga bilangan
1.1.6    Menentukan KPK tiga dua bilangan
1.1.7    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan FPB
1.1.8    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan KPK
Isian

Isian

Isian

Isian

Isian
Isian
Isian
Uraian
Uraian

1

2

3

4

5
6
7
32
31

1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
Bilangan
1.2.1  Menentukan hasil pangkat tiga
1.2.2  Menentukan hasil akar pangkat tiga
1.2.3  Menyelesaikan pengerjaan hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga (bilangan kubik)
Isian
Isian
Uraian

8
9
33
2.  Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.
2.1 Mengenal satuan debit.
Debit
2.1.1  Menggunakan hubungan tahun, windu, dan lustrum dalam perhitungan.
2.1.2  Menggunakan jam, menit, dan detik dalam perhitungan
2.1.3  Menggunakan hubungan waktu, kecepatan, dan jarak
2.1.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan hubungan waktu, kecepatan, dan jarak
2.1.5  Mengubah satuan debit jika satuan volume berbeda tetapi satuan waktu sama
2.1.6  Mengubah satuan debit jika satuan waktu berbeda tetapi satuan volume sama
Isian

Isian

Isian
Uraian

Isian

Isian

10

11

13
34

14

15


2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
Debit
2.2.1  Menentukan hubungan satuan luas
2.2.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  hubungan satuan volume
2.2.3  Menentukan debit jika waktu dan volume sudah diketahui
2.2.4  Menentukan waktu jika debit dan volume sudah diketahui
Isian
Uraian

Isian

Isian
12
35

16

17
3.  Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana.
Luas
3.1.1  Menentukan luas bangun datar sederhana
3.1.2  Menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.1.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep luas bangun datar
Isian
Isian

Uraian
18
21,22,23

36

3.2 Menghitung luas lingkaran
Luas
3.2.1  Menentukan luas lingkaran yang diketahui jari-jarinya
3.2.2  Menentukan luas lingkaran yang diketahui diameternya
3.2.3  Menggunakan konsep luas bangun datar yang merupakan bagian dari suatu lingkaran.
Isian
Isian

Uraian
20
19

38

3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
Volume
3.3.1  Menghitung volume prisma segitiga
3.3.2  Menghitung volume tabung
3.3.3  Menentukan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan volume tabung
Isian
Isian
Uraian
24
25
37
4.  Mengumpulkan dan mengolah data.
4.1 Mengumpulkan dan membaca data
Pengolahan Data
4.1.1  Menghitung dan mengolah data pada diagram lingkaran
Uraian

39


4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
Pengolahan Data
4.2.1  Membaca data

4.2.2 Membuat tabel
Isian
Uraian
Uraian
26,27, 28
40 a
40 b

4.3 Menafsirkan sajian data
Pengolahan Data
4.3.1  Menentukan nilai rata-rata

4.3.3  Menentukan nilai yang sering muncul
Isian
Uraian
Isian
30
40 c
29


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Thanks for your comment