Soal dan Pembahasan Pencerminan Matematika Kelas 4 SD TA 2013/2014

Mulan adalah seorang gadis kelas IV yang memiliki tinggi 120 cm. Ia biasanya bercermin dengan jarak 80 cm di depan cermin. Ia akan berencana pergi ke tukang cermin untuk memesan sebuah cermin. Ia akan memesan sebuah cermin dengan tinggi minimal, akan tetapi apabila dia bercermin, dia akan tetap melihat keseluruhan badannya, dari ujung kaki sampai ujung kepala. Bantulah Mulan untuk menghitung panjang cermin yang akan ia pesan tersebut! Bantulah juga di mana ia akan meletakkan cermin tersebut apabila cermin tersebut sudah jadi nantinya! (Anggap posisi mata Mulan berada 9 cm di bawah bagian teratas tubuhnya)
Pemecahan Masalah
Pembahasan
Agar lebih mudah untuk mengerjakan soal di atas, kita ubah informasi soalnya menjadi gambar berikut.
Pembahasan Pemecahan Masalah
Perhatikan bahwa segitiga segitiga ABC sebangun dengan segitiga AEF. Sehingga perbandingan sisi alas dan tingginya sama. Dengan kata lain, BC : EF = AD : AH. Sehingga,  120 : EF = 160 : 80. Diperoleh EF = (120 × 80) : 160 = 60 cm. Jadi, panjang cermin yang akan dipesan oleh Mulan haruslah 60 cm.
Sekarang perhatikan segitiga AJB dan segitiga EIB. Kedua segitiga tersebut merupakan segitiga-segitiga yang sebangun. Sehingga, perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian sama. Dengan kata lain, AJ : EI = JB : IB. Atau 111 : EI = 160 : 80. Diperoleh EI = (111 × 80) : 160 = 55,5 cm. Jadi, apabila cermin tersebut telah jadi nantinya, ia harus memasang 5,55 cm di atas tanah.
Lihat materi lengkapnya DISINI.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment