SOAL UAS I IPA KELAS 4 SD SEMESTER I 2013/2014
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV ( Empat )
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu : 90 Menit
Jumlah Soal : 50 Butir
Bentuk Soal : I.
Pilihan Ganda 35 Butir Nomor 1
S.D 35
II.
Isian 10 Butir Nomor 36
S.D 45
III.Uraian 5 Butir Nomor 46
S.D 50
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
2. Memahami hubungan antara struktur bagian
tumbuhan dan fungsinya
3.Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
4. Memahami daur hidup berbagai jenis makhluk
hidup
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dengan
lingkungannya
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud
benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
2. Memahami hubungan antara struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
3.Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
4. Memahami daur hidup berbagai jenis makhluk
hidup
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dengan
lingkungannya
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud
benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
2. Memahami hubungan antara struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
3.Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
4. Memahami daur hidup berbagai jenis makhluk
hidup
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud
benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
|
1.1Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2
Menerapkan cara pemeliharaan kesehatan rangka tubuh
1.3
Mendeskripsikan hubungan antara panca indra dengan fungsinya
1.4 Menerapkan
cara memelihara kesehatan panca indra
2.1 Menjelaskan
hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2
Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan
hubungan antara bunga dengan fungsinya
3.1
Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
4.1
Mendeskripsikan daur hidup bebrapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya,kecoa,
nyamuk, kupu-kupu
4.2
Menunjukkan kepedulian terhadap hewan-hewan peliharaan, misalnya, kucing,ayam
dan ikan
5.1
Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas(simbiosis) dan hubungan “makan
dan dimakan” antarmakhluk hidup(rantai makanan)
5.2
Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
6.1
Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu
6.2 Mendeskripsikan
terjadinya perubahan wujud, cair →
padat → cair :
cair → gas
6.3 Menjelaskan
hubungan antara sifat bahan dan kegunaannya
1.1Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.3
Mendeskripsikan hubungan antara panca indra dengan fungsinya
1.4
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indra
2.1
Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.4
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
4.1
Mendeskripsikan daur hidup bebrapa hewan di lingkungan sekitar,
misalnya,kecoa, nyamuk, kupu-kupu
5.1
Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas(simbiosis) dan hubungan “makan
dan dimakan” antarmakhluk hidup(rantai makanan)
6.1
Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu
6.2
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud, cair → padat →
cair : cair → gas
1.1Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
2.3
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
4.1
Mendeskripsikan daur hidup bebrapa hewan di lingkungan sekitar,
misalnya,kecoa, nyamuk, kupu-kupu
6.1
Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu
|
-Rangka
manusia fungsi dan pemeliharaannya
-Alat indra
manusia fungsi dan pemeliharaannya
-Bagian-bagian
tumbuhan
-Jenis
makanan hewan
-Daur hidup
hewan
-Cara merawat
dan memelihara hewan peliharaan
-Saling
ketergantungan anatar makhluk hidup
-Benda padat,
cair, dan gas serta perubahan wujudnya
-Sifat bahan
dan kegunaannya
-Rangka
manusia fungsi dan pemeliharannya
-Alat indra
manusia fungsi dan pemeliharannya
-Bagian-bagian
tumbuhan
-Jenis
makanan hewan
-Daur hidup
hewan
-Saling
ketergantungan anatar makhluk hidup
-Benda padat,
cair, dan gas serta perubahan wujudnya
-Rangka
manusia fungsi dan pemeliharannya
-Bagian-bagian
tumbuhan
-Jenis
makanan hewan
-Daur hidup hewan
-Benda padat,
cair, dan gas serta perubahan wujudnya
|
-Fungsi
rangka
-Kegunaan
rangka
-Kelaianan
pada rangka
-Penyakit
pada rangka
-Fungsi bagian-bagian mata
-Fungsi telinga
-Memelihara kesehatan mata
-Fungsi hidung
-Jenis-jenis akar
-Fungsi akar
- Fungsi batang
-Jenis-jenis batang
-Bagian-bagian daun
-Susunan tulang pada daun
-Jenis batang
-Fungsi bunga
-Bagian-bagian bunga
-Makanan hewan
-Makanan hewan
-Makanan hewan
-Daur hidup hewan
-Metamorfosis
-Memelihara dan merawat hewan
-Jenis hewan peliharaan
-Simbiosis
-Rantai makanan
-Hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya
-Ciri benda padat
-Ciri benda cair
-Perubahan wujud benda
-Perubahan wujud benda
-Perubahan wujud benda
-Sifat bahan plastik
-Sifat bahan dan kegunannya
-Sifat bahan dan kegunannya
-Bagian rangka
-Penyakit alat indra
-Alat indra manusia
-Fungsi bagian-bagian
tumbuhan
-Fungsi bunga
- Makanan hewan
-Daur hidup hewan
-Ketergantungan antar makhluk hidup
-Ciri-ciri benda cair
-Terjadinya perubahan wujud benda
-Rangka kepala
-Fungsi bagian tumbuhan
-Makanan hewan
-Daur hidup hewan
-Sifat benda padat,cair dan gas
|
- Siswa dapat
menyebutkan fungsi rangka
- Siswa dapat
menyebutkan kegunaan rangka
- Siswa dapat
menyebutkan kelainan pada rangka
- Siswa dapat
menyebutkan penyakit pada rangka
- Siswa dapat
menyebutkan fungsi bagian-bagian
mata
-Siswa dapat menyebutkan fungsi telinga.
- Siswa dapat
menyebutkan cara memelihara kesehatan mata
- Siswa dapat
menyebutkan fungsi hidung
-Siswa dapat menyebutkan jenis akar pada tumbuhan berbiji belah
-Siswa dapat
menyebutkan fungsi akar
- Siswa dapat
menyebutkan fungsi batang
- Siswa dapat
menyebutkan tumbuhan yang berbatang kayu
- Siswa dapat
menyebutkan bagian-bagian daun
- Disajikan gambar siswa dapat menentukan susunan tulang
pada daun
- Siswa dapat
menyebutkan contoh tumbuhan yang berbatang, beruas, dan berongga
- Siswa dapat
menyebutkan fungsi bunga
- Disajikan gambar siswa dapat menentukan bagian-bagian bunga
- Siswa dapat
menyebutkan jenis makanan hewan
(kelinci)
- Siswa dapat
menyebutkan jenis burung pemakan
daging
- Siswa dapat
menyebutkan hewan pemakan tumbuhan
- Siswa dapat
menyebutkan daur hidup kupu-kupu
- Siswa dapat
menyebutkan contoh hewan bukan
serangga yang mengalami metamorfosis
- Siswa dapat
menyebutkan cara merawat hewan
peliharaan (kucing)
- Siswa dapat
menyebutkan contoh-contoh hewan
peliharaan
- Siswa dapat
menyebutkan pengertian
simbiosismutualisme
- Siswa dapat
menyebutkan urutan rantai makanan
- Siswa dapat
menyebutkan hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- Siswa dapat
menyebutkan contoh-contoh benda
padat
- Siswa dapat
menyebutkan ciri benda cair
- Siswa dapat
menyebutkan perubahan wujud benda dari cair ke gas
- Siswa dapat
menyebutkan perubahan wujud benda
dari gas menjadi cair
-Siswa dapat
menyebutkan perubahan wujud benda
dari cair ke padat
- Siswa dapat
menyebutkan sifat bahan plastik
- Siswa dapat
menyebutkan sifat bahan logam
- Siswa dapat
menyebutkan kegunaan bahan kaca
-Siswa dapat
menyebutkan bagian-bagian rangka
badan
- Siswa dapat
menyebutkan jenis penyakit mata
pada manusia
- Siswa dapat
menyebutkan alat indra pengecap
pada manusia
- Siswa dapat
menyebutkan fungsi daun
- Siswa dapat
menyebutkan fungsi putik pada
bunga
- Siswa dapat
menyebutkan hewan pemakan tumbuhan
dan hewan
-
Siswa dapat menyebutkan daur hidup kupu-kupu
-
Siswa dapat menyebutkan contoh simbiosis parasitisme
-
Siswa dapat menyebutkan ciri benda cair
-
Siswa dapat menyebutkan perubahan wujud benda padat
-
Siswa dapat menyebutkan tulang-tulang dalam rangka kepala
-
Siswa dapat menyebutkan fungsi akar pada tumbuhan (ketela pohon)
-
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan karnivor
-
Siswa dapat menyebutkan daur hidup hewan (lalat)
-
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda cair
|
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Isian
Isian
Isian
Isisan
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon