KISI
– KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2013 / 2014
Kelas : VI
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Bentuk Soal :
Pilihan ganda ( 35 )
Isian
( 10 )
Uraian (
5 )
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
1
2
3
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.1
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
dibacakan
|
Teks bacaan
|
Demam berdarah adalah penyakit yang
ditandai dengan gejala – gejala demam dan perdarahan. Penyakit ini disebabkan
oleh sejenis virus. Virus itu disebut virus Dengue.
Penularannya melalui gigitan nyamuk.
Nama nyamuk itu adalah aedes aegypti. Jadi, apabila ada orang yang
sedang sakit demam berdarah digigit oleh nyamuk itu, virus akan terhisap.
Selanjutnya orang yang sehat jika digigit nyamuk itu akan tertular demam
berdarah.
|
Disajikan teks
bacaan, siswa dapat menyebutkan penyebab penyakit demam berdarah dengan benar
|
1
|
PG
|
Disajikan teks
bacaan siswa dapat menyebutkan gagasan utama paragraf ke – 2 dengan benar
|
2
|
PG
|
|||||
Disajikan teks
bacaan siswa dapat menyebutkan salah satu gejala penyakit demam berdarah
dengan benar.
|
3
|
PG
|
|||||
4
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak ,
latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Tokoh dalam
cerita
|
Di sebuah hutan hidup seekor burung gagak dan burung
beo. Gagak merasa paling hebat dan kuat. Ia selalu mengejek beo kecil yang
tinggal di samping pondoknya. Beo tidak marah, ia juga tidak dendam pada
gagak itu.
|
Disajikan cerita,
siswa dapat menyebutkan nama tokoh dari cerita anak dengan benar
|
4
|
PG
|
5
|
Watak tokoh dalam
cerita
|
Disajikan cerita,
siswa dapat mengidentifikasi watak tokoh dari cerita anak dengan benar
|
5
|
PG
|
|||
6
|
Latar cerita
|
Disajikan cerita,
siswa dapat mengidentifikasi latar dari cerita anak dengan benar
|
6
|
PG
|
|||
7
|
Amanat cerita
|
Disajikan cerita,
siswa dapat mengidentifikasi amanat dari cerita anak dengan benar
|
7
|
PG
|
|||
8
|
Tema cerita
|
Disajikan cerita,
siswa dapat mengidentifikasi tema cerita anak dengan benar
|
8
|
PG
|
|||
9
|
2. Memberikan
informasi dan tanggapan secara lisan
|
2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan
menggunakan bahasa yang santun
|
Kalimat pujian
|
Kalimat pujian
sesuai gambar
|
Disajikan gambar,
siswa dapat membuat kalimat pujian disertai alasan dengan benar
|
9
|
PG
|
10
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
|
Pengertian rubrik
khusus
|
Rubrik khusus
adalah kolom yang berisi bahasan tentang sesuatu yang bersifat khusus
|
Siswa dapat
menjelaskan pengertian rubrik khusus dengan benar
|
10
|
PG
|
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
11
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar
|
Mengisi wesel pos
|
|
Disajikan
ilustrasi dan blangko wesel pos, siswa dapat mengisi wesel pos dengan benar
|
11
|
PG
|
12
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
Penggunaan tanda
titik
|
Penggunaan tanda
titik dua dalam dialog
Contoh :
Adi : “ Halo, bagaimana kabarmu ?”
Beni : “
Alhamdulillah baik. “
|
Disajikan dialog,
siswa dapat menggunakan tanda titik dua dalam dialog dengan benar
|
12
|
PG
|
13
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
Unsur yang harus
ada dalam laporan hasil pengamatan
|
Unsur yang harus
ada dalam laporan hasil pengamatan adalah : Nama kegiatan, obyek pengamatan,
lokasi pengamatan,pelaksana pengamatan,pendahuluan / pengantar dan hal – hal
yang diamati
|
Siswa dapat
menyebutkan Unsur yang harus ada dalam laporan hasil pengamatan dengan benar
|
13
|
PG
|
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
14
|
2. Memberikan
informasi dan tanggapan secara lisan
|
2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan
menggunakan bahasa yang santun
|
Kalimat kritikan
|
Kalimat kritikan
disertai alasan untuk teman yang mengejek seorang pengemis
|
Siswa dapat
mengkritik disertai alasan dengan benar
|
14
|
PG
|
15
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
Imbuhan me-
|
Penggunaan
imbuhan me-
a.
Jika digabungkan dengan kata
dasar yang bersuku satu, me- berubah menjadi menge-
Contoh : me + bom = mengebom
|
Siswa dapat
menggunakan imbuhan me- dengan benar
|
15
|
PG
|
16
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
Laporan kunjungan
rumpang
|
... . Hasil pengamatan menunjukkan bahwa air sungai
digunakan untuk MCK masyarakat yang tinggal di tepi sungai. Padahal, sungai
tersebut sudah tercemar limbah deterjen, sampah dan peternakan.
|
Disajikan laporan
kunjungan rumpang, siswa dapat melengkapi laporan kunjungan yang rumpang
dengan benar
|
16
|
PG
|
17
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
Laporan kunjungan
|
Pada tanggal 2 November 2013, siswa
kelas V dan VI SD Negeri Kayangan berkunjung ke Candi Prambanan, Yogyakarta.
Kendaraan yang digunakan adalah bus pariwisata. Lama perjalanan sekitar 4
jam. Candi Prambanan adalah tempat bersejarah yang harus dilestarikan
|
Disajilkan
laporan kunjungan, siswa dapat menjawab pertanyaan isi laporan dengan benar
|
17
|
PG
|
18
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar
|
Daftar riwayat
hidup
|
(1) Muhamad Ibrahim (2) tinggal di Gang Kedondong,
Suka Tani, Bandung. (3)Ia rajin sholat jamaah di masjid. (4) Lahir di Bandung
pada tanggal 6 Juli 1987. (5) Ia bergelar sarjana pendidikan.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama : ........................
Tempat/ tanggal lahir: ........................
Pendidikan :
.........................
Agama :
.........................
Alamat :
.........................
|
Disajikan
ilustrasi dan blangko daftar riwayat hidup, siswa dapat mengisi daftar
riwayat hidup dengan benar
|
18
|
PG
|
19
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.2
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
dibacakan
|
Arti kata
|
Arti kata dalam
kalimat
|
Disajikan
Penggalan teks, siswa dapat menyebutkan arti kata dengan benar
|
19
|
PG
|
20
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
|
Surat anak
|
Halo Kompas Anak, aku sering membaca Kompas
Anak. Aku ingin memberitahukan bahwa resep “lemon spider” yang ada di
kompas anak edisi 7 Januari 2013 pernah dimuat di majalah Girls nomor
10 terbitan 11 Desember 2012. Dalam majalah Girls tidak disebutkan
bahwa resep iti kiriman Saadilah Augigis.
Sekian suratku,
semoga Kompas Anak bertambah halamannya.
Aisyah,
SMPN 41 Jakarta
(Sumber: Kompas Anak,Minggu 27 Januari 2013 )
|
Disajikan surat
anak, siswa dapat menjawab pertanyaan isi surat anak dengan benar
|
20
|
PG
|
21
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
|
Isi rubrik khusus
|
Dalam rubrik
sastra terdapat karya sastra seperti : puisi, pantun dan cerita pendek.
|
Siswa dapat
menyebutkan isi rubrik khusus dengan benar.
|
21
|
PG
|
22
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
Puisi
|
Aku senang membaca buku
Karena buku sumber ilmu
Setiap hari aku sempatkan membaca buku
Agar ilmuku bertambah
Di buku aku temukan setumpuk ilmu
Dalam buku cerita ada kelucuan
Entah itu dalam gambar atau cerita
Buku, engkau sungguh berjasa
Bagiku dan bagi semua orang
Aku hanya ingin berpesan
Anggaplah buku sebagai teman
Terima kasih buku
|
Disajikan puisi,
siswa dapat merubah puisi menjadi prosa dengan benar
|
22
|
PG
|
23
|
Disajikan puisi,
siswa dapat menyebutkan makna sebuah kata dalam puisi
|
23
|
PG
|
||||
24
|
Disajikan puisi,
siswa dapat menyebutkan amanat dalam puisi dengan benar
|
24
|
PG
|
||||
25
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
Topik percakapan
|
Hendro: “ Kemana kamu kemarin, Sesar ? “
Sesar : “
Aku melihat pertunjukan lumba – lumba .“
Hendro: “ Dimana pertunjukan itu ? “
Sesar : “ Di alun – alun. “
Hendro: “ Wah, kamu pasti senang bisa melihat pertunjukan lumba –
lumba.”
|
Disajikan
percakapan, siswa dapat menyebutkan topik percakapan dengan benar
|
25
|
PG
|
26
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
Melengkapi dialog
yang belum lengkap
|
Ijah : “
Mengapa kamu tidak berangkat sekolah kemarin ?”
Jamilah: “ Saya sakit panas dan pusing .“
Ijah : ....
Jamilah: “ Alhamdulillah, saya sudah sembuh.”
|
Disajikan
percakapan, siswa dapat melengkapi dialog yang belum lengkap dengan benar
|
26
|
PG
|
27
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.3
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
dibacakan
|
Isi teks bacaan
|
Musim penghujan sudah berlangsung satu bulan. Curah
hujan pada musim penghujan kali ini benar – benar tinggi. Curah hujan yang
tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa bangunan
roboh. Bencana – bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat
harus waspada pada saat musim hujan.
|
Disajikan
penggalan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi teks bacaan dengan benar
|
27
|
PG
|
28
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.4
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
dibacakan
|
Tema cerita
|
Olahraga adalah upaya untuk menjaga dan memelihara
kesehatan tubuh. Berolahraga biasanya dilakukan di pagi hari karena udara pagi
hari masih terbebas dari polusi. Udara pagi dapat membuat oksigen yang masuk
ke paru – paru selalu bersih, sehingga badan terasa segar dan sehat.
|
Siswa dapat
menentukan tema cerita dengan benar
|
28
|
PG
|
29
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
Menulis laporan
|
Laporan kunjungan
SD Puspa ke Pasar Tumenggungan, Kebumen.
Tempat : Pasar
Tumenggungan, Kebumen
Tujuan :
Mengenal kegiatan yang terjadi di Pasar Tumenggungan, Kebumen.
Waktu : Sabtu, 9 November 2013
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
|
Disajikan data
laporan, siswa dapat menulis laporan dengan benar
|
29
|
PG
|
30
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
Menyunting /
membetulkan ejaan yang salah
|
Kegiatan persami dilaksanakan pada hari
Sabtu, 16 November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan. Upacara tersebut dilakukan di halaman sekolah. Setelah upacara
selesai, anggota pramuka mendirikan tenda.
|
Disajikan
laporan, siswa dapat menyunting laporan dengan benar
|
30
|
PG
|
31
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel pos, kartu pos, daftar
|
Formulir
pendaftaran
|
Diana adalah murid kelas
lima di SD Tegal Anyar. Ia dilahirkan di Desa Pagubugan tanggal 10 Juni 2002.
Kini ia tinggal di Desa Pagubugan,Cilacap.
|
Disajikan
ilustrasi dan formulir, Siswa dapat mengisi formulir pendaftaran dengan benar
|
31
|
PG
|
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
32
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak ,
latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Pengertian amanat
|
Amanat adalah
pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca
|
Siswa dapat
menyebutkan pengertian amanat dengan benar
|
32
|
PG
|
33
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak ,
latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Latar waktu
|
Latar waktu dalam
cerita adalah yang menunjukan waktu peristiwa terjadi
|
Disajikan
penggalan cerita, siswa dapat menyebutkan latar waktu cerita dengan benar
|
33
|
PG
|
34
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak ,
latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Perbedaan watak
tokoh
|
Adi bersahabat dengan
Beni. Suatu hari mereka bermain sepak bola bersama teman – teman sekelas.
Tiba – tiba bola yang ditendang salah satu temannya mengenai wajah Adi dan
Beni. Adi berkata kasar dan memukul temannya, Beni melerai dan menasehati
Adi.
|
Disajikan
penggalan cerita, siswa dapat menyebutkan Perbedaan watak tokoh dengan benar
|
34
|
PG
|
35
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
|
Bahasa tanggapan
|
Tanggapan yang
disampaikan harus menggunakan bahasa yang jelas dan santun
|
Siswa dapat
menjelaskan bahasa yang digunakan dalam manyampaikan tanggapan dengan benar
|
35
|
PG
|
36
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
|
Pengertian rubrik
kriminal
|
Rubrik kriminal
adalah rubrik yang berisi tentang berita kejahatan
|
Siswa dapat
menjelaskan pengertian rubrik khusus dengan benar
|
36
|
Isian
|
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
37
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
Penulisan nomor
surat
|
Penulisan nomor
surat : kode surat / nomor surat / tahun pembuatan surat
|
Siswa dapat
menulis nomor surat dengan benar
|
37
|
Isian
|
38
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
Kalimat majemuk
bertingkat
|
Menggunakan
kalimat majemuk bertingkat
|
Siswa dapat
menggunakan kalimat majemuk bertingkat dengan benar
|
38
|
Isian
|
39
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak ,
latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Watak tokoh
|
Sudin merasa iri, dirinya bekerja lebih
berat. Ia harus berkeliling ke berbagai desa untuk menawarkan tikar,
sementara Saman hanya duduk membuat tikar .
|
Siswa dapat
mengidentifikasi watak tokoh dari cerita anak dengan benar
|
35
|
|
40
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak ,
latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Latar cerita
|
“ Sarapan
istimewa liburan hari pertama sudah siap.cumi – cumi isi untuk Wina dan ayam
goreng untuk Sita ” bisik mama. Mata Wina dan Sita langsung terbuka lebar.
Mereka pun segera bangkit untuk pergi mandi.
|
Disajikan
penggalan cerita, siswa dapat mengidentifikasi latar dari cerita anak dengan
benar
|
40
|
Isian
|
41
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.5
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
dibacakan
|
Sinonim
|
Sinonim adalah
padan kata
Contoh : pandai =
pintar
|
Siswa dapat
menyebutkan sinonim dari kata dengan benar
|
41
|
Isian
|
42
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.6
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
dibacakan
|
Antonim
|
Antonim adalah
lawan kata
contoh : besar x
kecil
|
Siswa dapat
menyebutkan antonim dari kata yang ditentukan dengan benar
|
42
|
Isian
|
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
43
|
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak ,
latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Tokoh utama
|
Tokoh utama dalam
cerita disebut protagonis
|
Siswa dapat
menyebutkan nama lain tokoh utama dengan benar.
|
43
|
Isian
|
44
|
3. memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
Pengertian
membaca intensif
|
Membaca intensif
adalah membaca dengan sangat cermat dan hati – hati agar informasi yang ditulis
dapat dimengerti
|
Siswa dapat menjelaskan pengerian membaca intensif
|
44
|
Isian
|
45
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
Merubah puisi
menjadi bentuk prosa
|
Merubah puisi
menjadi bentuk prosa disebut parafrase
|
Siswa dapat
menyebutkan nama lain merubah puisi menjadi prosa dengan benar
|
45
|
Isian
|
46
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel pos, kartu pos, daftar
|
Mengisi slip
penarikan dari bank
|
Eri Pertiwi tinggal di
Jalan Kasuari/15, Kebumen. Pada tanggal 15 November 2013, ia mengambil uang sebanyak Rp. 300.000,00 dari
tabungan. Nomor rekeningnya adalah 3 -100-03247-2. Isilah slip penarikan bank
sesuai data tersebut!
SLIP
PENARIKAN
Validasi
Jenis rekening :
Jenis penarikan:
Tanggal :
No. Rekening :
Nama :
Harap dibayarkan atas beban rekening di atas sejumlah : Rp.
Terbilang : ........
Penerima
penarik
|
Disajikan
ilustrasi dan blanko slip penarikan, siswa dapat mengisi slip penarikan dari
bank dengan benar
|
46
|
Uraian
|
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
47
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
Memparafrasekan
kuisi
|
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu – malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi“.
|
Disajikan puisi,
siswa dapat merubahnya menjadi bentuk prosa dengan benar.
|
47
|
Uraian
|
48
|
4.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
Menyusun
percakapan
|
Menyusun
percakapan tentang kegiatan yang dilakukan pada saat liburan
|
Siswa dapat
menyusun percakapan tentang hal yang dilakukan pada saat liburan
|
48
|
Uraian
|
49
|
3.memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
sekilas
|
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
|
Cara menyampaikan
informasi yang benar
|
Tahapan
menyampaikan informasi yang benar adalah: mencatat pokok – pokok informasi,
merangkai pokok – pokok informasi, menceritakan dengan kalimat yang runtut,
jelas, dan mudah dipahami
|
Siswa dapat
menyebutkan tahapan menyampaikan informasi dengan benar
|
49
|
Uraian
|
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
50
|
2. Memberikan
informasi dan tanggapan secara lisan
|
2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan
menggunakan bahasa yang santun
|
Kalimat kritikan
berdasarkan gambar
|
Kalimat kritikan
yang sesuai dengan gambar:
Sebaiknya mereka
mengenakan helm dan tidak membonceng teman terlalu banyak karena sangat
berbahaya.
|
Disajikan gambar,
siswa dapat mengkritik disertai alasan dengan benar
|
50
|
Uraian
|
ULANGAN
AKHIR SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas :
VI
PETUNJUK UMUM
1. Tulislah namamu
di sudut kanan atas pada lembar jawaban !
2. Bacalah setiap
soal dengan seksama !
3. Kerjakan
terlebih dahulu soal – soal yang kamu anggap paling mudah !
4. Telitilah
kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada bapak / ibu guru !
I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c
atau d pada jawaban yang paling benar !
Bacaan berikut untuk soal nomor 1 – 3!
Demam berdarah adalah penyakit yang ditandai dengan gejala – gejala demam dan perdarahan. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis virus. Virus itu disebut virus Dengue.
Penularannya melalui gigitan nyamuk.
Nama nyamuk itu adalah aedes aegypti. Jadi, apabila ada orang yang
sedang sakit demam berdarah digigit oleh nyamuk itu, virus akan terhisap.
Selanjutnya orang yang sehat jika digigit nyamuk itu akan tertular demam
berdarah.
1.
Penyebab penyakit demam berdarah
adalah....
a. virus
|
c. bakteri
|
b. nyamuk
|
d. demam
|
2.
Gagasan utama paragraf kedua
adalah ....
a. Gigitan nyamuk
aedes aegypti
|
c. Penularan
demam berdarah
|
b. Gejala demam
berdarah
|
d. Penyebab demam
berdarah
|
3.
Gejala penyakit demam berdarah
adalah ....
a. perdarahan dan
flu
|
c. demam dan flu
|
b. perdarahan dan
demam
|
d. demam dan
muntah
|
Bacalah
bacaan di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 4 – 8 !
Di
sebuah hutan hidup seekor burung gagak dan burung beo. Gagak merasa paling
hebat dan kuat. Ia selalu mengejek beo kecil yang tinggal di samping pondoknya.
Beo tidak marah, ia juga tidak dendam pada gagak itu.
4.
Tokoh dalam penggalan cerita di
atas adalah ....
a. burung nuri
|
c. burung gagak
|
b. burung beo
|
d. Gagak dan Beo
|
5.
Watak Beo pada cerita tersebut
adalah ....
a. jujur
|
c. sabar
|
b. sombong
|
d. pendendam
|
6.
Latar penggalan cerita berada di
....
a. hutan
|
c. pohon
|
b. pondok
|
d. sarang
|
7.
Amanat yang terkandung dalam cerita
di atas adalah ....
a. Kita tidak
boleh berbohong
|
c. Jangan suka
marah kepada orang lain
|
b. Jangan dendam
kepada orang lain
|
d. Kita tidak
boleh sombong dan menghina
|
8.
Lingkungan yang bersih akan menjadikan
hidup lebih sehat. Agar lingkungan tetap bersih, kita harus rajin
membersihkannya. Lingkungan yang bersih akan lebih indah dipandang. Selain itu,
kita akan nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Jadi, jagalah lingkungan kita
agar hidup kita lebih sehat.
Tema
bacaan tersebut adalah ....
a. kebersihan
|
c. lingkungan
|
b. persahabatan
|
d. kesehatan
|
9.
Perhatikan gambar di bawah ini !
Kalimat pujian yang sesuai dengan gambar di atas adalah
....
a. Mereka semangat sekali, membersihkan taman dan
halaman rumah.
|
c. Wah, kalian hebat ! membersihkan dapur dan kamar
mandi bersama – sama.
|
b. Kalian memang kompak, bergotong royong membersihkan
dan merapikan rumah .
|
d. Saya salut pada mereka, tak kenal lelah merapikan
perpustakaan.
|
10. Kolom yang berisi bahasan
tentang sesuatu yang bersifat khusus disebut ....
a. Rubrik khusus
|
c. Tajuk rencana
|
b. Berita
|
d. Surat pembaca
|
11. Perhatikan ilustrasi di bawah ini !
Nadia
akan mengirimkan uang kepada adiknya Rizal Satria yang tinggal di Desa Suka
Mulya, Rt 4 Rw 10, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, kode pos 54363. Uang
sejumlah Rp. 500.000,00 untuk membeli buku dan sepatu.
Nomor
2 diisi dengan ....
a. Rizal Satria
|
c. lima ratus ribu rupiah
|
b. Rp. 500.000,00
|
d. untuk membeli buku dan sepatu
|
12. Fita ... “ Apakah kamu sudah
membaca koran hari ini, Yun?”
Yuni
... “ Belum. Memangnya, ada berita apa ?”
Fita
... “ Negara Filipina mengalami bencana
angin topan ”.
Tanda
baca yang tepat untuk mengisi percakapan di atas adalah ....
a. titik dua
|
c. sama dengan
|
b. garis miring
|
d. titik
|
13. (1) Lokasi pengamatan
(2)
Obyek pengamatan
(3)
Waktu Pengamatan
(4)
Tanda tangan pengamat
Hal – hal yang harus ada pada laporan hasil
pengamatan ditunjukkan oleh nomor ....
a. 2, 3 , 4
|
c. 1 , 2 , 3
|
b. 1, 3 , 4
|
d. 1, 2 , 4
|
14. Temanmu mengejek seorang
pengemis yang meminta – minta. Kalimat kritikan yang tepat untuk temanmu adalah
....
a. Kalau kamu
mengejek, dia sakit hati.
|
c. Jangan
mengejek pengemis, kasihan dia !
|
b. Janganlah mengejek pengemis, hidup mereka
menderita.
|
d. Menurutku sikapmu tidak terpuji, kalau tidak
memberi sedekah, lebih baik diam
|
15. Pada hari Sabtu, 9 November 2013
SD Maju Makmur (ada) lomba. Lomba diselenggarakan mulai pukul 09.00 – 11.00.
Kata
dalam tanda kurung seharusnya ....
a. adakan
|
c. mengadai
|
b. mengadakan
|
d. memadakan
|
16. Bacalah kutipan laporan pengamatan
berikut !
... . Hasil pengamatan menunjukkan bahwa air sungai
digunakan untuk MCK masyarakat yang tinggal di tepi sungai. Padahal, sungai
tersebut sudah tercemar limbah deterjen, sampah dan peternakan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
laporan di atas adalah ....
a. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang
kebersihan sungai Lukulo
|
c. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang
kebersihan Sungai Lukulo
|
b. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang
kebersihan Sungai lukulo
|
d. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang
kebersihan sungai lukulo
|
17.
Perhatikan kutipan laporan berikut ini !
Perhatikan kutipan laporan berikut ini !
Pada tanggal 2 November 2013, siswa kelas V dan VI SD
Negeri Kayangan berkunjung ke Candi Prambanan, Yogyakarta. Kendaraan yang
digunakan adalah bus pariwisata. Lama perjalanan sekitar 4 jam. Candi Prambanan
adalah tempat bersejarah yang harus dilestarikan.
Dimanakah letak Candi Borobudur ?
a. Yogyakarta
|
c. Yogjakarta
|
b. Jogjakarta
|
d. yogyakarta
|
18.
Muhamad Ibrahim (1) tinggal di Gang Kedondong, Suka
Tani, Bandung. (2)Ia rajin sholat jamaah di masjid(3). Lahir di Bandung pada
tanggal 6 Juli 1987(4). Ia bergelar sarjana pendidikan (5)
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama : ...................................
Tempat/ tanggal lahir :
...................................
Pendidikan :
...................................
Agama : ...................................
Alamat : ...................................
Urutan data yang tepat untuk melengkapi daftar riwayat hidup di atas
adalah .....
a. 1 – 4 – 3 – 5 – 2
|
c. 1 – 4 – 2 – 3 – 5
|
b. 1 – 4 – 5 – 3 – 2
|
d. 1 – 4 – 3 – 2 – 5
|
19. Anak – anak kelas 4 sampai kelas
6 bekerja bakti di halaman sekolah. Mereka menyiangi rumput dan menyapu
halaman
Arti
kata menyiangi adalah ....
a. menebangi
|
c. mencabuti
|
b. menanami
|
d. memotongi
|
20. Bacalah surat di bawah ini !
Halo Kompas Anak, aku sering membaca Kompas Anak. Aku ingin memberitahukan bahwa resep “lemon spider” yang ada di kompas anak edisi 7 Januari 2013 pernah dimuat di majalah Girls nomor 10 terbitan 11 Desember 2012. Dalam majalah Girls tidak disebutkan bahwa resep iti kiriman Saadilah Augigis.
Sekian suratku,
semoga Kompas Anak bertambah halamannya.
Aisyah,
SMPN 41 Jakarta
(Sumber: Kompas Anak,Minggu 27 Januari 2013 )
Di mana surat itu dimuat ?
a. Kompas Anak
|
c. Aisyah
|
b. Majalah Girls
|
d. Saadilah
Augigis
|
21. Dalam rubrik sastra terdapat
....
a. puisi, berita
kejahatan dan cerita pendek
|
c. cerita pendek,
puisi dan berita olah raga
|
b. cerita pendek,
puisi dan berita gosip
|
d. puisi, cerita
pendek dan pantun
|
Pusi
berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 22 – 25
Aku
senang membaca buku
Karena
buku sumber ilmu
Setiap
hari aku sempatkan membaca buku
Agar
ilmuku bertambah
Di
buku aku temukan setumpuk ilmu
Dalam
buku cerita ada kelucuan
Entah
itu dalam gambar atau cerita
Buku,
engkau sungguh berjasa
Bagiku
dan bagi semua orang
Aku
hanya ingin berpesan
Anggaplah
buku sebagai teman
Terima
kasih buku
22. Prosa yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ....
a. Buku adalah sumber ilmu. Bacalah buku pada waktu
senggang agar ilmu bertambah. Dengan membaca buku wawasan menjadi luas.
|
c. Lebih baik membaca buku karena menambah ilmu.
membaca buku meminjam di perpustakaan. Rajin membaca buku akan menambah ilmu.
|
b. Buku merupakan sumber ilmu. Membaca buku akan
menambah ilmu. Buku sangat berjasa bagi semua orang. Karena itu buku dapat
dianggap sebagai teman
|
d. Kegemaran membaca buku bisa dilakukan di waktu
senggang. Membaca buku bisa menambah ilmu dan pengetahuan.
|
23. Makna kata ilmu pada puisi di
atas adalah ....
a. informasi
|
c. wawasan
|
b. berita
|
d. pengetahuan
|
24. Amanat puisi di atas adalah ....
a. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah
ilmu
|
c. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah
teman
|
b. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah
pengalaman
|
d. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah
koleksi buku
|
25. Hendro : “ Kemana kamu
kemarin, Sesar ? “
Sesar : “ Aku melihat pertunjukan
lumba – lumba .“
Hendro : “ Dimana pertunjukan itu ? “
Sesar : “ Di alun – alun. “
Hendro : “ Wah, kamu pasti senang bisa
melihat pertunjukan lumba – lumba !”
Topik
percakapan tersebut adalah ....
a. Kemarin Hendro
pergi ke alun - alun
|
c.Sesar merasa
sangat senang
|
b. Sesar bermain
di alun - alun
|
d.Sesar melihat pertunjukan lumba - lumba
|
26. Ijah : “ Mengapa kamu tidak berangkat sekolah kemarin ?”
Jamilah : “ Saya sakit panas dan pusing .“
Ijah :
....
Jamilah : “ Alhamdulillah, saya sudah sembuh.”
Kalimat
untuk melengkapi dialog tersebut adalah ....
a. Apakah kamu
sudah minum obat ?
|
c. Bagaimana
keadaanmu sekarang ?
|
b. Apakah kamu
meminta ijin ?
|
d. Mengapa kamu
sakit panas dan pusing ?
|
27.
Musim penghujan sudah berlangsung satu bulan. Curah hujan pada musim penghujan kali ini benar – benar tinggi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa bangunan roboh. Bencana – bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat harus waspada pada saat musim hujan.
Musim penghujan sudah berlangsung satu bulan. Curah hujan pada musim penghujan kali ini benar – benar tinggi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa bangunan roboh. Bencana – bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat harus waspada pada saat musim hujan.
Isi
bacaan di atas adalah ....
a. Berbagai macam bencana terjadi melanda kehidupan
penduduk
|
c. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan bencana
banjir
|
b. Musim hujan mengakibatkan bencana tanah longsor
|
d. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan berbagai
macam bencana
|
28.
Olahraga adalah upaya untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Berolahraga biasanya dilakukan di pagi hari karena udara pagi hari masih terbebas dari polusi. Udara pagi dapat membuat oksigen yang masuk ke paru – paru selalu bersih, sehingga badan terasa segar dan sehat.
Olahraga adalah upaya untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Berolahraga biasanya dilakukan di pagi hari karena udara pagi hari masih terbebas dari polusi. Udara pagi dapat membuat oksigen yang masuk ke paru – paru selalu bersih, sehingga badan terasa segar dan sehat.
Tema
paragraf tersebut adalah ....
a. Waktu terbaik
berolahraga
|
c. Manfaat oksigen
|
b. Manfaat
berolahraga
|
d. Cara Menjaga tubuh
|
29. Laporan kunjungan SD Puspa ke Pasar
Tumenggungan, Kebumen
Tempat : Pasar Tumenggungan, Kebumen
Tujuan : Mengenal kegiatan yang terjadi di Pasar
Tumenggungan, Kebumen.
Waktu : Sabtu, 9 November 2013
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
Paragraf
laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
a. Pasar Tumenggungan menjual berbagai macam peralatan
rumah tangga dan kebutuhan pokok.
|
b. Pasar Tumenggungan berada di tengah kota. Letaknya
dekat dengan pegadaian, kantor polisi dan kantor – kantor pemerintahan
lainnya.
|
c. Pasar Tumenggungan sangat ramai. Banyak penjual dan
pembeli berdatangan, di sana terdapat berbagai macam kebutuhan rumah tangga
dan sembako.
|
d. Pasar Tumenggungan menjadi pusat perdagangan, di
sana dijual banyak batik, letaknya strategis.
|
30.
Bacalah kutipan laporan di bawah ini !
Bacalah kutipan laporan di bawah ini !
Kegiatan persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16
November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan. Upacara tersebut dilakukan di halaman sekolah. Setelah upacara
selesai, anggota pramuka mendirikan tenda.
Perbaikan
kalimat yang dicetak miring tersebut adalah ....
a. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16
november 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan.
|
b. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16
November 2013. Sebelum dimulai, mereka mengadakan upacara pembukaan.
|
c. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari sabtu / 16
November 2013. Sebelum dimulai, mereka mengadakan upacara pembukaan.
|
d. Kegiatan persami dilaksanakan pada hari Sabtu 16
November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan
|
31. Diana adalah murid kelas lima di
SD Tegal Anyar. Ia dilahirkan di Desa Pagubugan tanggal 10 Juni 2002. Ia
tinggal di gang Asem, Desa Pagubugan,Cilacap.
Pengisian
formulir pendaftaran yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah....
a. Formulir Pendaftaran Pramuka
Nama
Tempat, tanggal lahir
Asal Sekolah
Kelas
|
:
:
:
:
|
Diana
Pagubugan,10 Juni 2002
SD Tegal Anyar
V
|
b. Formulir Pendaftaran Pramuka
Nama
Tempat, tanggal lahir
Asal Sekolah
Kelas
|
:
:
:
:
|
Diana
Cilacap,10 Juni 2002
SD Tegal Anyar
V
|
c. Formulir Pendaftaran Pramuka
Nama
Tempat, tanggal lahir
Asal Sekolah
Kelas
|
:
:
:
:
|
Diana
Cilacap / 10 Juni 2002
SD Tegal Anyar
V
|
d. Formulir Pendaftaran Pramuka
Nama
Tempat, tanggal lahir
Asal Sekolah
Kelas
|
:
:
:
:
|
Diana
Tegal Anyar,10 Juni 2002
SD Tegal Anyar
V
|
32. Pesan yang ingin disampaikan
penulis kepada pembaca disebut ....
a. seting
|
c. latar
|
b. watak
|
d. amanat
|
33. Bacalah bacaan di bawah ini!
Eni memandangi foto ayahnya yang terpasang di dinding. Matanya berkaca – kaca mengingat semua kenangan bersama ayahnya. Sudah seminggu ayahnya meninggal akibat kecelakaan.
Latar
suasana cerita di atas adalah ....
a. sedih
|
c. bimbang
|
b. senang
|
d. gelisah
|
34. Bacalah penggalan cerita ini !
Adi bersahabat dengan Beni. Suatu hari mereka bermain sepak bola bersama teman – teman sekelas. Tiba – tiba bola yang ditendang salah satu temannya mengenai wajah Adi dan Beni. Adi berkata kasar dan memukul temannya, Beni melerai dan menasehati Adi.
Perbedaan
watak Adi dan Beni adalah ....
a. Beni pemarah
dan Adi sabar
|
c. Adi pemarah
dan Beni sabar
|
b. Beni pemarah
dan Adi pemarah
|
d. Adi sabar dan
Beni rendah hati
|
35. Pada saat memberikan tanggapan, kita
harus menggunakan bahasa yang ....
a. jelas dan
kasar
|
c. santun dan
kasar
|
b. jelas dan
santun
|
d. santun dan
rancu
|
II. Isilah titik – titik di bawah ini dengan
jawaban yang paling benar !
36.
Rubrik yang berisi berita – berita
kejahatan disebut rubrik ....
37.
Penulisan nomor surat : 121... 25
... 2013. Tanda baca yang tepat untuk mengisi nomor surat tersebut adalah ....
38.
Santi mencuci sayuran ... memasak sayur lodeh.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
39.
Sudin merasa iri, dirinya bekerja lebih berat.
Ia harus berkeliling ke berbagai desa untuk menawarkan tikar, sementara Saman
hanya duduk membuat tikar .
Watak Sudin adalah ....
40.
“ Sarapan istimewa liburan hari pertama sudah
siap, cumi – cumi isi untuk Wina dan ayam goreng untuk Sita ” bisik mama. Mata
Wina dan Sita langsung terbuka lebar. Mereka pun segera bangkit untuk pergi
mandi.
Latar waktu dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
41.
Banyak keluarga korban angin topan yang berduka
karena kehilangan anggota keluarga dan harta benda.
Sinonim kata berduka adalah ....
42.
Ia mengambil buku dan pensil dari dalam
tasnya.
Antonim kata mengambil adalah ....
43.
Tokoh utama dalam sebuah cerita disebut tokoh
....
44.
Membaca dengan sangat cermat dan
hati – hati agar informasi yang ditulis dapat dimengerti disebut membaca ....
45.
Merubah puisi menjadi bentuk prosa
disebut ....
III.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
46.
Eri Pertiwi tinggal di Jalan Kasuari/15,
Kebumen. Pada tanggal 15 November 2013, ia mengambil uang sebanyak Rp. 300.000,00 dari
tabungan. Nomor rekeningnya adalah 3
-100-03247-2. Isilah slip penarikan bank sesuai data tersebut!
SLIP PENARIKAN
Validasi
Jenis rekening : Tahapan Tapres Lainnya ........................
Jenis penarikan : Tunai Pemindahan
Tanggal :
No. Rekening :
Nama :
Harap dibayarkan atas beban
rekening di atas sejumlah : Rp.
Terbilang : .....................................................................................
........................ ......................
Penerima Penarik
47.
Ubahlah puisi berikut menjadi bentuk
prosa!
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu – malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi“.
48.
Buatlah percakapan dengan temanmu
tentang kegiatan yang dilakukan saat liburan !
49.
Jelaskan langkah – langkah menyampaikan
informasi !
50.
Buatlah kalimat kritikan
berdasarkan gambar di bawah ini !
Kunci Jawaban DISINI
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon