Kisi, Soal & Kunci Jawaban UAS I IPA Kelas 3 SD Semester I 2013/2014

KISI – KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER I

Satuan Pendidikan                  :   Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran                        :   Ilmu Pendidikan Alam (IPA)
Kelas                                       :   III (tiga)
Jumlah Soal                             :           Pilihan Ganda :  25 butir
                                                            Isian                :  10 butir
                                                            Uraian             :    5 butir


NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
NO
SOAL
JENIS SOAL
1
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.1  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup

Ciri-ciri makhluk hidup
-       Memahami bahwa makhluk hidup memerlukan makan, bergerak, mengalmai pertumbuhan, berkembang biak dan bernapas
-       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan membedakan antara makhluk hidup  dan makhluk tak hidup
1





PG





2
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.1   Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup

Ciri-ciri makhluk hidup
-       Menyebutkan alat pernapasan makhluk hidup
-       Siswa dapat menyebutkan alat pernapasan makhluk hidup
2
PG
3
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
Kebutuhan makhluk hidup
-       Menjelaskan fungsi makanan bagi makhluk hidup



-       Mencari informasi tentang kebutuhan manusia,hewan dan tumbuhan untuk mempertahankan hidup

3
PG
4
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
Kebutuhan makhluk hidup
-       Menjelaskan makanan yang berasal dari tumbuhan
-       Siswa menyebutkan macam-macam makanan
4
PG

5
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
Penggolongan makhluk hidup
-       Menyebutkan penggolongan makhluk hidup berdasarkan tulang daunnya

-       Siswa dapat membedakan tumbuhan berdasarkan tulang daunnya

5
PG
6
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
Penggolongan makhluk hidup
-       Menyebutkan penggolongan makhluk hidup berdasarkan cara berkembang biak

-       Siswa dapat mengidentifikasi persamaan hewan berdasarkan cara berkembang biak

6
PG
7
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
Penggolongan makhluk hidup
-       Mengelompokan  hewan berdasarkan jenis makanannya
-       Siswa dapat membedakan hewan berdasarkan jenis makanannya
7
PG
8
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Ciri-ciri makhluk hidup
-       Memahami pertumbuhan makhluk hidup


-       Siswa dapat  mengetahui pertumbuhan  melalui pengamatan

8



PG
9
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Perubahan yang terjadi pada makhluk hidup (tumbuhan)
-       Siswa menjelaskan perkembangan dari perubahan tumbuhan melalui pengamatan
-       Mengidentifikasi perubahan tumbuhan melalui pengamatan
9
PG
10
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Perubahan yang terjadi pada makhluk hidup (tumbuhan)
-       Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan manusia secara normal
-       Mengidentifikasi pertumbuhan manusia secara normal
10
PG
11
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Kebutuhan makhluk
-       Menyebutkan makanan bergizi seimbang serta manfaatnya
-       Siswa dapat mengidentifikasikan makanan bergizi seimbang bagi tubuh
11
PG
12
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Kebutuhan makhluk
-       Menjelaskan bahan tambahan makanan seperti bahan pengawet makanan, penyedap makanan,pewarna makanan
-       Siswa dapat menjelaskan zat yang bisa membuat makanan tahan lama
12
PG
13
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Penggolongan makhluk hidup
-       Menjelaskan istirahat, rekreasi,  dan olah raga untuk meningkatkan kesehatan
-       Menjelaskan  hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh
13
PG

14
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Penggolongan makhluk hidup
-       Menjelaskan istirahat, rekreasi,  dan olah raga untuk meningkatkan kesehatan
-       Siswa dapat mempengaruhi keadaan tubuh kita setelah bekerja
14
PG
15
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap  kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengalaman
Ciri-ciri lingkungan sehat
-       Siswa menceritakan kondisi lingkungan yang sejuk
-       Mendiskripsikan lingkungan yang sejuk
15
PG
16
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap  kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengalaman
Ciri-ciri lingkungan sehat
-       Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
-       Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
16
PG
17
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap  kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap keselamatan
Kondisi lingkungan sehat
-       Siswa melaksanakan tugas piket di kelas
-       Membedakan kondisi lingkungan yang sehat dan tidak sehat
17
PG
18
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap  kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap keselamatan
Kondisi lingkungan sehat
-       Siswa dapat memberikan contoh usaha yang termasuk tindakan mengurangi pencemaran udara
-       Membedakan kondisi lingkungan udara yang sehat dan sejuk
18
PG
19
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap  kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Pengaruh lingkungan terhadap kesehatan
-       Memahami pengaruh lingkungan tidak sehat terhadap kesehatan
-       Mendeskripsikan lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
19
PG
20
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan seperti benda padat, cair dan gas
Sifat-sifat benda padat dan benda cair
-       Siswa membuat sifat benda padat
-       Siswa bisa mengetahui sifat-sifat benda padat
20
PG
21
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati  akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakan di udara terbuka
Perubahan sifat benda
-       Memahami perubahan sifat benda karena dibakar
-       Menjelaskan berbagai perubahan sifat benda akibat dari pemanasan
21
PG
22
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati  akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakan di udara terbuka
Perubahan sifat benda
-       Memahami perubahan sifat benda padat ke cair
-       Perubahan sifat benda padat ke cair apabila dipanaskan
22
PG
23
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati  akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakan di udara terbuka
Perubahan sifat benda
-       Menyebutkan benda yang terbuat dari plastik
-       Menjelaskan kegunaan benda dari plstik
23
PG
24
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
Kegunaan benda
-       Siswa menjelaskan kegunaan kayu
-       Menyebutkan kegunaan benda dari kayu
24
PG
25
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
Kegunaan benda
-       Menyebutkan kegunaan benda dari kertas
-       Menjelaskan kegunaan benda dari kertas
25
PG


26
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.1  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup

Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

-       Memahami bahwa makhluk hidup bergerak

-       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

26
Isian
27
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.2  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup

Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

-       Menyebutkan alat pernapasan makhluk hidup
-       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
27
Isian
28
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup

Perubahan  yang terjadi pada  makhluk  hidup
-       Siswa menjelaskan perkembangan pada makhluk hidup
-       Mengidentifikasi  perubahan pada makhluk hidup
28
Isian
29
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup

Kebutuhan makhluk hidup
-       Menjelaskan makanan yang berasal dari tumbuhan
-       Mencari informasi tentang kebutuhan tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya
29
Isian
30
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup

Penggolongan makhluk hidup
-       Menyebutkan penggolongan makhluk hidup berdasarkan tulang daunnya
-       Siswa dapat membedakan tumbuhan berdasarkan tulang daunnya
30
Isian
31
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup

Penggolongan makhluk hidup
-       Menjelaskan istirahat,rekreasi dan olah raga untuk meningkatkan kesehatan
-       Siswa dapat mengetahui keadaan tubuh kita setelah bekerja
31
Isian
32
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap  kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengalaman
Kondisi lingkungan tidak sehat
-       Memahami pengaruh lingkungan tidak sehat terhadap kesehatan
-       Mendeskripsikan lingkungan kotor yang berpengaruh terhadap kesehatan
32
Isian
33
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap  kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengalaman
Ciri-ciri lingkungan sehat
-       Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
-       Mendeskripsikan lingkungan sehat
33
Isian
34
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan seperti benda padat, cair dan gas
Sifat-sifat benda cair ke gas
-       Siswa membuat sifat benda cair ke gas
-       Siswa bisa mengetahui sifat benda cair ke gas
34
Isian
35
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan seperti benda padat, cair dan gas
Kegunaan benda
-       Menyebutkan benda dan kegunaan kertas
-       Menjelaskan kegunaan benda dari kertas
35
Isian
36
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.1  Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
Ciri-ciri makhluk hidup
-       Memahami bahwa makhluk hidup memerlukan makanan, bergerak, mengalami pertumbuhan, berkembang biak dan bernapas
-       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan makhuk tidak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya

36







Uraian




37
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.3 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat  dan olah raga)
Kebutuhan makhluk hidup
-       Menjelaskan bahan makanan seperti bahan pewarna makanan
-       Siswa dapat mengerti bahan pewarna buatan
37

Uraian
38
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap  kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengalaman
Ciri-ciri lingkungan sehat
-       Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
-       Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
38
Uraian
39
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat  dan olah raga)
Perubahan sifat benda
-       Mengetahui kelemahan dari bahan plastik
-       Siswa memahami kelemahan benda yang terbuat dari plastik
39
Uraian
 40
Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat  dan olah raga)
Perubahan sifat benda
-       Memahami faktor-faktor  yang mempengaruhi perubahan sifat benda
-       Siswa bisa mengetahui atau memahami faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan benda
40
Uraian





ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

                                    Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Kelas                              :  III (tiga)


PETUNJUK UMUM :
1.       Tulislah namamu di sudut kanan atas!
2.       Bacalah setiap soal dengan seksama!
3.       Kerjakan lebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah!
4.       Telitilah kembali jawabanmu  sebelum diserahkan kepada bapak/ibu guru!
                       

I.         Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling benar!

1.        Berikut ini yang bukan makhluk hidup. . . .
a.     pohon
c.  manusia
b.     kuda-kudaan
d. burung

2.        Hewan menghirup udara, hal ini menunjukkan bahwa makhluk hidup. . . .
a.     Bernapas
c.  berkembang biak
b.     bergerak
d. memerlukan makan

3.        Makanan digunakan oleh makhluk hidup untuk. . . .
a.    bernapas
c.  sumber tenaga
b.    berkembang biak
d.  bergerak

4.        Gerakan akar tumbuhan ke dalam tanah bertujuan untuk. . . .
a.    menjauhi sinar matahari
c.  mengokohkan berdirinya tumbuhan
b.  memperoleh air dan zat hara
d. menghindari bahaya dimakan binatang

5.        Bentuk tulang daun pada tanaman  jagung adalah. . . .
a.    melengkung  
c.  sejajar
c.     menjari
d.  menyirip

6.        Perhatikan gambar di bawah ini!
Kedua hewan di samping dapat dimasukkan dalam satu  golongan berdasarkan
a.    penutup tubuhnya     c. alat geraknya
b.    makanannya              d. cara berkembang biaknya



7.        Berdasarkan jenis makanannya kucing dan harimau termasuk hewan. . . .
a.     hervibora  
c.  amfibi
b.     omnivora
d.  karnivora



8.        Pertumbuhan bayi biasanya diketahui melalui pengamatan. . . .
a.    perangai  
c.  sikap dan sifat
b.    tingkah laku
d.  berat dan tinggi

9.        Pertumbuan tumbuhan ditandai oleh perubahan-perubahan di bawah ini . . .
a.    batang semakin tinggi  
c. ukuran daun mengecil
b.    daun semakin banyak
d.  ukuran batang membesar

10.    Pertumbuhan manusia normal dimulai dari. . . .
a. bayi → remaja → dewasa
c.  bayi → dewasa → remaja
b. bayi → anak-anak → dewasa
d.  bayi → dewasa → tua

11.    Kelompok makanan yang mengandung zat vitamin dan mineral adalah. . . .
a.  daging, roti, tempe, beras, ikan
c.  bayam, mangga, sawi,  jeruk, tomat
b.  kentang, rambutan, beras, ikan
d.  kecap, roti, wortel, kentang

12.    Bahan tambahan yang bertujuan agar makanan tahan lama adalah. . . .
a.  zat pewarna
c.  zat penyedap
b.  zat pemanis
d.  zat pengawet

13.    Kegiatan yang paling cepat membuat tubuh lelah adalah. . . .
a.  berjalan
c.  berlari
b.  berdiri
d.  tidur

14.    Setelah bekerja, tubuh kita menjadi lelah. Hal ini terjadi karena. . . .
a.  tenaga kita terpakai untuk bekerja
c.  tubuh kita kelebihan energi
b.  energi kita bertambah setelah bekerja
d.  tenaga kita tidak kurang

15.    Penanaman pohon dapat berfungsi sebagai. . . .
a.  pengeringan udara
c.  pengatur udara
b.  pembersih udara
d.  penggerak udara

16.    Sampah yang bau dan berserakan akan mengundang banyak lalat. Lalat-lalat yang hinggap pada makanan yang tidak tertutup dapat menimbulkan penyakit. . . .
a.  paru-paru
c.  perut
b.  mata
d.  kulit

17.    Jika akan masuk kelas,  agar tidak banyak sampah sebaiknya. . . .
a.  membuang sampah dimana saja
c.  membiarkan sampah beterbangan dimana-mana
b.  membersihkan kelas sesuai jadwal piket
d. memasukan sampah ke kolong meja

18.    Kita dapat menjaga udara di dalam ruangan agar terasa sejuk dengan cara. . . .
a.  menambah jumlah prabotan ruangan
c.  menempatkan tumbuhan plastik
b.  menempatkan tumbuhan hijau
d.  mengeluarkan tumbuhan hijau

19.    Apabila kita melewati tumpukan sampah yang berbau tidak sedap, maka sebaiknya menutup. . . .
a.  mulut
c.  hidung
b.  telinga
d.  mata

20.               



Di bawah ini merupakan sifat benda padat. . . .
a. volume selalu berubah tetapi besarnya tetap
c.  bentuk dan besar benda selalu tetap
b.  bentuk selalu berubah tetapi besarnya tetap
d.  bentuk berubah mengikuti wadahnya

21.    Lilin yang dibakar akan berubah wujud dari. . . . menjadi ...
a.  cair – padat
c.  padat - cair
b.  cair – gas
d.  padat - gas

22.    Cokelat batang akan berubah bentuk menjadi cair jika. . . .
a.  dicairkan
c.  diuapkan
b.  dipanaskan
d.  didinginkan

23.    Alat untuk mengambil air mandi di bak mandi adalah. . . .
a.  panci
c.  teko
b.  kaleng
d.  gayung

24.                                      Alat  seperti pada gambar di samping digunakan untuk. . . .

a.  memukul
c.  memotong
b.  menyanyi
d.  menulis

25.    Benda berikut yang bisa digunakan untuk membungkus makanan adalah. . . .
a.  kaca
c.  kayu
b.  kertas
d.  plastik


II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
26.         Burung terbang melayang di udara. Hal itu menunjukkan salah satu ciri makhluk hidup. . .
27.         Cacing bernapas dengan menggunakan . . . .
28.         Pertumbuhan dapat diartikan bertambahnya. . . ..
29.         Dari dalam tanah, tumbuhan menyerap air dan . . . .
30.         Daun singkong dan pepaya memiliki tulang daun . . . .
31.         Rekreasi dilakukan untuk menghilangkan....
32.         Ciri-ciri lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang ...
33.         Menghirup udara yang tercemar secara terus-menerus dapat menyebabkan sesak....
34.         Bensin dan minyak tanah jika dibakar akan mengalami perubahan....
35.         Kertas tisu pada umumnya digunakan untuk menyerap....

III.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!
36.  Sebutkan 3 ciri makhluk hidup!
            Jawab :  
                          
                          

37.  Sebutkan 3 contoh pewarna buatan dan kegunaannya!
Jawab :  
              
                          

38.  Sebutkan 3 ciri lingkungan sehat!
             Jawab :  
                           
              




39.  Sebutkan 2 kelemahan dari bahan plastik!

             Jawab : 
                          
                           

40.  Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan benda!
      Jawab :  
KUNCI JAWABAN
IPA KELAS 3


I.                   Pilihan Ganda
1.   B                              11.  C                                      21.  A
2.   A                              12.  D                                      22.  B
3.   C                              13.  C                                      23.  D
4.   B                              14.  A                                      24.  D
5.   C                              15   B                                      25.  B
6.   D                              16.  C
7.   D                              17.  B
8.   D                              18.  B
9.   D                              19.  C
10. B                              20.  C


II.                Isian
26.    Bergerak
27.    Kulit
28.    Besar, berat dan tinggi
29.    Makanan
30.    Menjari
31.    Kejenuhan
32.    Bersih dan terawat
33.    Napas
34.    Wujud
35.    Keringat


III.             Uraian
36.         –  Bernapas
-    Memerlukan makanan
-    Bergerak ( Kebijakan guru )
37.         –  TORTARIN untuk pewarna kuning
-    VIOLET GB untuk warna unggu
-    SUSSET YELLOW untuk warna jingga (  Kebijakan guru )
38.         –   Udara bersih dan segar
-     Banyak di tanami tumbuhan hijau
-     Bersih dari sampah ( Kebijakan guru )
39.         –   Mudah terbakar
-    Tidak tahan panas
40.         –   Pemanasan
-     Pembusukan

-     Perkaratan ( Kebijakan guru )
Previous
Next Post »
Thanks for your comment