KISI – KISI SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Ilmu
Pendidikan Alam (IPA)
Kelas : III (tiga)
Jumlah Soal :
Pilihan Ganda : 25
butir
Isian
: 10 butir
Uraian
: 5 butir
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
JENIS SOAL
|
1
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan
kebutuhan hidup makhluk hidup
|
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
-
Memahami bahwa makhluk hidup
memerlukan makan, bergerak, mengalmai pertumbuhan, berkembang biak dan
bernapas
|
-
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup dan membedakan antara makhluk hidup
dan makhluk tak hidup
|
1
|
PG
|
2
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
hidup makhluk hidup
|
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
-
Menyebutkan alat pernapasan makhluk
hidup
|
-
Siswa dapat menyebutkan alat
pernapasan makhluk hidup
|
2
|
PG
|
3
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.2
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
|
Kebutuhan
makhluk hidup
|
-
Menjelaskan fungsi makanan bagi makhluk
hidup
|
-
Mencari informasi tentang kebutuhan
manusia,hewan dan tumbuhan untuk mempertahankan hidup
|
3
|
PG
|
4
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.2
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
|
Kebutuhan
makhluk hidup
|
-
Menjelaskan makanan yang berasal dari
tumbuhan
|
-
Siswa menyebutkan macam-macam makanan
|
4
|
PG
|
5
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.2
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
|
Penggolongan
makhluk hidup
|
-
Menyebutkan penggolongan makhluk hidup
berdasarkan tulang daunnya
|
-
Siswa dapat membedakan tumbuhan
berdasarkan tulang daunnya
|
5
|
PG
|
6
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.2
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
|
Penggolongan
makhluk hidup
|
-
Menyebutkan penggolongan makhluk hidup
berdasarkan cara berkembang biak
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi persamaan
hewan berdasarkan cara berkembang biak
|
6
|
PG
|
7
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.2
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
|
Penggolongan
makhluk hidup
|
- Mengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
- Siswa
dapat membedakan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
7
|
PG
|
8
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
-
Memahami pertumbuhan makhluk hidup
|
-
Siswa dapat mengetahui pertumbuhan melalui pengamatan
|
8
|
PG
|
9
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup (tumbuhan)
|
-
Siswa menjelaskan perkembangan dari
perubahan tumbuhan melalui pengamatan
|
-
Mengidentifikasi perubahan tumbuhan
melalui pengamatan
|
9
|
PG
|
10
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup (tumbuhan)
|
-
Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan
manusia secara normal
|
-
Mengidentifikasi pertumbuhan manusia
secara normal
|
10
|
PG
|
11
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Kebutuhan
makhluk
|
-
Menyebutkan makanan bergizi seimbang
serta manfaatnya
|
-
Siswa dapat mengidentifikasikan makanan
bergizi seimbang bagi tubuh
|
11
|
PG
|
12
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Kebutuhan
makhluk
|
-
Menjelaskan bahan tambahan makanan
seperti bahan pengawet makanan, penyedap makanan,pewarna makanan
|
-
Siswa dapat menjelaskan zat yang bisa
membuat makanan tahan lama
|
12
|
PG
|
13
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Penggolongan
makhluk hidup
|
- Menjelaskan
istirahat, rekreasi, dan olah raga
untuk meningkatkan kesehatan
|
-
Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan tubuh
|
13
|
PG
|
14
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Penggolongan
makhluk hidup
|
- Menjelaskan
istirahat, rekreasi, dan olah raga
untuk meningkatkan kesehatan
|
-
Siswa dapat mempengaruhi keadaan tubuh
kita setelah bekerja
|
14
|
PG
|
15
|
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
pengalaman
|
Ciri-ciri
lingkungan sehat
|
-
Siswa menceritakan kondisi lingkungan
yang sejuk
|
-
Mendiskripsikan lingkungan yang sejuk
|
15
|
PG
|
16
|
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
pengalaman
|
Ciri-ciri
lingkungan sehat
|
-
Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
|
-
Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
|
16
|
PG
|
17
|
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.2
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap keselamatan
|
Kondisi
lingkungan sehat
|
-
Siswa melaksanakan tugas piket di
kelas
|
-
Membedakan kondisi lingkungan yang
sehat dan tidak sehat
|
17
|
PG
|
18
|
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.2
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap keselamatan
|
Kondisi
lingkungan sehat
|
-
Siswa dapat memberikan contoh usaha
yang termasuk tindakan mengurangi pencemaran udara
|
-
Membedakan kondisi lingkungan udara
yang sehat dan sejuk
|
18
|
PG
|
19
|
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.3
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
Pengaruh
lingkungan terhadap kesehatan
|
-
Memahami pengaruh lingkungan tidak
sehat terhadap kesehatan
|
-
Mendeskripsikan lingkungan yang
berpengaruh terhadap kesehatan
|
19
|
PG
|
20
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan seperti benda
padat, cair dan gas
|
Sifat-sifat
benda padat dan benda cair
|
-
Siswa membuat sifat benda padat
|
-
Siswa bisa mengetahui sifat-sifat
benda padat
|
20
|
PG
|
21
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang
dapat diamati akibat pembakaran,
pemanasan, dan diletakan di udara terbuka
|
Perubahan
sifat benda
|
-
Memahami perubahan sifat benda karena
dibakar
|
-
Menjelaskan berbagai perubahan sifat
benda akibat dari pemanasan
|
21
|
PG
|
22
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang
dapat diamati akibat pembakaran,
pemanasan, dan diletakan di udara terbuka
|
Perubahan
sifat benda
|
-
Memahami perubahan sifat benda padat
ke cair
|
-
Perubahan sifat benda padat ke cair
apabila dipanaskan
|
22
|
PG
|
23
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang
dapat diamati akibat pembakaran,
pemanasan, dan diletakan di udara terbuka
|
Perubahan
sifat benda
|
-
Menyebutkan benda yang terbuat dari
plastik
|
-
Menjelaskan kegunaan benda dari plstik
|
23
|
PG
|
24
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
|
Kegunaan
benda
|
-
Siswa menjelaskan kegunaan kayu
|
-
Menyebutkan kegunaan benda dari kayu
|
24
|
PG
|
25
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
|
Kegunaan
benda
|
-
Menyebutkan kegunaan benda dari kertas
|
-
Menjelaskan kegunaan benda dari kertas
|
25
|
PG
|
26
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan
kebutuhan hidup makhluk hidup
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
-
Memahami bahwa makhluk hidup bergerak
|
-
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup
|
26
|
Isian
|
27
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.2
Mengidentifikasi ciri-ciri dan
kebutuhan hidup makhluk hidup
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
- Menyebutkan
alat pernapasan makhluk hidup
|
- Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
27
|
Isian
|
28
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mengidentifikasi ciri-ciri dan
kebutuhan hidup makhluk hidup
|
Perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup
|
-
Siswa menjelaskan perkembangan pada
makhluk hidup
|
-
Mengidentifikasi perubahan pada makhluk hidup
|
28
|
Isian
|
29
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup
|
Kebutuhan
makhluk hidup
|
-
Menjelaskan makanan yang berasal dari
tumbuhan
|
-
Mencari informasi tentang kebutuhan
tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya
|
29
|
Isian
|
30
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup
|
Penggolongan
makhluk hidup
|
-
Menyebutkan penggolongan makhluk hidup
berdasarkan tulang daunnya
|
-
Siswa dapat membedakan tumbuhan
berdasarkan tulang daunnya
|
30
|
Isian
|
31
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan hidup makhluk hidup
|
Penggolongan
makhluk hidup
|
-
Menjelaskan istirahat,rekreasi dan
olah raga untuk meningkatkan kesehatan
|
-
Siswa dapat mengetahui keadaan tubuh
kita setelah bekerja
|
31
|
Isian
|
32
|
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
pengalaman
|
Kondisi
lingkungan tidak sehat
|
-
Memahami pengaruh lingkungan tidak
sehat terhadap kesehatan
|
-
Mendeskripsikan lingkungan kotor yang
berpengaruh terhadap kesehatan
|
32
|
Isian
|
33
|
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
pengalaman
|
Ciri-ciri
lingkungan sehat
|
-
Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
|
-
Mendeskripsikan lingkungan sehat
|
33
|
Isian
|
34
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan seperti benda
padat, cair dan gas
|
Sifat-sifat
benda cair ke gas
|
-
Siswa membuat sifat benda cair ke gas
|
-
Siswa bisa mengetahui sifat benda cair
ke gas
|
34
|
Isian
|
35
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan seperti benda
padat, cair dan gas
|
Kegunaan
benda
|
-
Menyebutkan benda dan kegunaan kertas
|
-
Menjelaskan kegunaan benda dari kertas
|
35
|
Isian
|
36
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.1 Memahami ciri-ciri dan kebutuhan hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
|
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
-
Memahami bahwa makhluk hidup
memerlukan makanan, bergerak, mengalami pertumbuhan, berkembang biak dan
bernapas
|
-
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup dan makhuk tidak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya
|
36
|
Uraian
|
37
|
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.3
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Kebutuhan
makhluk hidup
|
-
Menjelaskan bahan makanan seperti
bahan pewarna makanan
|
-
Siswa dapat mengerti bahan pewarna
buatan
|
37
|
Uraian
|
38
|
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
pengalaman
|
Ciri-ciri
lingkungan sehat
|
-
Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
|
-
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
lingkungan sehat
|
38
|
Uraian
|
39
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Perubahan
sifat benda
|
-
Mengetahui kelemahan dari bahan plastik
|
-
Siswa memahami kelemahan benda yang
terbuat dari plastik
|
39
|
Uraian
|
40
|
Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2
Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga)
|
Perubahan
sifat benda
|
-
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sifat benda
|
-
Siswa bisa mengetahui atau memahami
faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan benda
|
40
|
Uraian
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : III (tiga)
PETUNJUK UMUM :
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas!
2. Bacalah setiap soal dengan seksama!
3. Kerjakan lebih dahulu soal-soal yang kamu
anggap lebih mudah!
4. Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada bapak/ibu guru!
I.
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling benar!
1.
Berikut
ini yang bukan makhluk hidup. . . .
a. pohon
|
c. manusia
|
b. kuda-kudaan
|
d. burung
|
2.
Hewan
menghirup udara, hal ini menunjukkan bahwa makhluk hidup. . . .
a. Bernapas
|
c. berkembang biak
|
b. bergerak
|
d. memerlukan
makan
|
3.
Makanan
digunakan oleh makhluk hidup untuk. . . .
a. bernapas
|
c. sumber tenaga
|
b. berkembang biak
|
d. bergerak
|
4.
Gerakan
akar tumbuhan ke dalam tanah bertujuan untuk. . . .
a. menjauhi sinar matahari
|
c. mengokohkan berdirinya tumbuhan
|
b. memperoleh air dan zat hara
|
d. menghindari
bahaya dimakan binatang
|
5.
Bentuk
tulang daun pada tanaman jagung adalah.
. . .
a. melengkung
|
c. sejajar
|
c. menjari
|
d. menyirip
|
6.
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Kedua hewan di samping dapat dimasukkan dalam
satu golongan berdasarkan
a. penutup tubuhnya c. alat geraknya
|
b. makanannya d. cara berkembang biaknya
|
7.
Berdasarkan
jenis makanannya kucing dan harimau termasuk hewan. . . .
a. hervibora
|
c. amfibi
|
b. omnivora
|
d. karnivora
|
8.
Pertumbuhan
bayi biasanya diketahui melalui pengamatan. . . .
a. perangai
|
c. sikap dan sifat
|
b. tingkah laku
|
d. berat dan tinggi
|
9.
Pertumbuan
tumbuhan ditandai oleh perubahan-perubahan di bawah ini . . .
a. batang semakin tinggi
|
c. ukuran daun mengecil
|
b. daun semakin banyak
|
d. ukuran batang membesar
|
10. Pertumbuhan manusia normal dimulai dari. .
. .
a. bayi →
remaja → dewasa
|
c. bayi → dewasa → remaja
|
b. bayi →
anak-anak → dewasa
|
d. bayi → dewasa → tua
|
11. Kelompok makanan yang mengandung zat
vitamin dan mineral adalah. . . .
a. daging, roti, tempe, beras, ikan
|
c. bayam, mangga, sawi, jeruk, tomat
|
b. kentang, rambutan, beras, ikan
|
d. kecap, roti, wortel, kentang
|
12. Bahan tambahan yang bertujuan agar makanan
tahan lama adalah. . . .
a. zat pewarna
|
c. zat penyedap
|
b. zat pemanis
|
d. zat pengawet
|
13. Kegiatan yang paling cepat membuat tubuh lelah
adalah. . . .
a. berjalan
|
c. berlari
|
b. berdiri
|
d. tidur
|
14. Setelah bekerja, tubuh kita menjadi lelah.
Hal ini terjadi karena. . . .
a. tenaga kita terpakai untuk bekerja
|
c. tubuh kita kelebihan energi
|
b. energi kita bertambah setelah bekerja
|
d. tenaga kita tidak kurang
|
15. Penanaman pohon dapat berfungsi sebagai. .
. .
a. pengeringan udara
|
c. pengatur udara
|
b. pembersih udara
|
d. penggerak udara
|
16. Sampah yang bau dan berserakan akan
mengundang banyak lalat. Lalat-lalat yang hinggap pada makanan yang tidak
tertutup dapat menimbulkan penyakit. . . .
a. paru-paru
|
c. perut
|
b. mata
|
d. kulit
|
17. Jika akan masuk kelas, agar tidak banyak sampah sebaiknya. . . .
a. membuang sampah dimana saja
|
c.
membiarkan sampah beterbangan dimana-mana
|
b. membersihkan kelas sesuai jadwal piket
|
d. memasukan sampah ke kolong meja
|
18. Kita dapat menjaga udara di dalam ruangan agar
terasa sejuk dengan cara. . . .
a. menambah jumlah prabotan ruangan
|
c. menempatkan tumbuhan plastik
|
b. menempatkan tumbuhan hijau
|
d. mengeluarkan tumbuhan hijau
|
19. Apabila kita melewati tumpukan sampah yang
berbau tidak sedap, maka sebaiknya menutup. . . .
a. mulut
|
c. hidung
|
b. telinga
|
d. mata
|
20.
Di bawah ini merupakan
sifat benda padat. . . .
a. volume selalu berubah tetapi besarnya tetap
|
c. bentuk dan besar benda selalu
tetap
|
b. bentuk selalu berubah tetapi
besarnya tetap
|
d. bentuk berubah mengikuti wadahnya
|
21. Lilin yang dibakar akan berubah wujud dari.
. . . menjadi ...
a. cair – padat
|
c. padat - cair
|
b. cair – gas
|
d. padat - gas
|
22. Cokelat batang akan berubah bentuk menjadi
cair jika. . . .
a. dicairkan
|
c. diuapkan
|
b. dipanaskan
|
d. didinginkan
|
23. Alat untuk mengambil air mandi di bak
mandi adalah. . . .
a. panci
|
c. teko
|
b. kaleng
|
d. gayung
|
24. Alat seperti pada gambar di samping digunakan
untuk. . . .
a. memukul
|
c. memotong
|
b. menyanyi
|
d. menulis
|
25. Benda berikut yang bisa digunakan untuk
membungkus makanan adalah. . . .
a. kaca
|
c. kayu
|
b. kertas
|
d. plastik
|
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat!
26.
Burung
terbang melayang di udara. Hal itu menunjukkan salah satu ciri makhluk hidup. .
.
27.
Cacing
bernapas dengan menggunakan . . . .
28.
Pertumbuhan
dapat diartikan bertambahnya. . . ..
29.
Dari
dalam tanah, tumbuhan menyerap air dan . . . .
30.
Daun
singkong dan pepaya memiliki tulang daun . . . .
31.
Rekreasi
dilakukan untuk menghilangkan....
32.
Ciri-ciri
lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang ...
33.
Menghirup
udara yang tercemar secara terus-menerus dapat menyebabkan sesak....
34.
Bensin
dan minyak tanah jika dibakar akan mengalami perubahan....
35.
Kertas
tisu pada umumnya digunakan untuk menyerap....
III.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban
yang singkat dan benar!
36.
Sebutkan
3 ciri makhluk hidup!
Jawab :
37.
Sebutkan
3 contoh pewarna buatan dan kegunaannya!
Jawab :
38.
Sebutkan
3 ciri lingkungan sehat!
Jawab :
39.
Sebutkan
2 kelemahan dari bahan plastik!
Jawab :
40.
Sebutkan
3 faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan benda!
Jawab :
KUNCI JAWABAN
IPA KELAS 3
I.
Pilihan Ganda
1. B 11.
C 21.
A
2. A 12. D 22. B
3. C 13. C 23. D
4. B 14. A 24. D
5. C 15 B 25.
B
6. D 16. C
7. D 17. B
8. D 18. B
9. D 19. C
10. B 20. C
II.
Isian
26. Bergerak
27. Kulit
28. Besar, berat dan tinggi
29. Makanan
30. Menjari
31. Kejenuhan
32. Bersih dan terawat
33. Napas
34. Wujud
35. Keringat
III.
Uraian
36.
– Bernapas
-
Memerlukan makanan
-
Bergerak
( Kebijakan guru )
37.
– TORTARIN untuk pewarna kuning
-
VIOLET GB untuk warna unggu
-
SUSSET YELLOW untuk warna jingga ( Kebijakan guru )
38.
– Udara
bersih dan segar
-
Banyak di tanami tumbuhan hijau
-
Bersih dari sampah ( Kebijakan guru )
39.
– Mudah terbakar
-
Tidak tahan panas
40.
– Pemanasan
-
Pembusukan
-
Perkaratan ( Kebijakan guru )
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon