Soal, Kunci dan Kisi-Kisi Soal IPS Kelas 3 SD UAS I Semester I 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN  PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran            : IPS
Kelas                           : III (Tiga)



I.        Berilah tanda silang (X) pada salah saru huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!

1.    Lingkungan alam adalah ….
a. lingkungan yang dibuat oleh manusia
b. lingkungan yang dibuat secara gotong royong
c. Lingkungan yang terjadi secara alami
d. Lingkungan yang dibuat oleh masyarakat.

2.    Gambar di bawah ini yang merupakan lingkungan alam adalah ….

a.                                                               c.



b.                                                               d.


3.    Di bawah ini yang termasuk lingkungan alam buatan adalah ….
a. Rumah dan Jembatan                        c. Sungai dan Gunung
b. Bukit dan Sawah                                             d. Pantai dan Pasar

4.    Gambar di bawah ini yang menunjukkan perilaku manusia yang merusak lingkungan buatan adalah….

a.                                                                                                  c.


b.                                                                          d.

5.    Bila kita ingin membuang sampah, namun tidak ada tempat sampah maka sikap kita sebaiknya ….
a. Membuang sampah ditempat kita berbeda
b. Meletakan sampah di dalam vas bunga
c. Menyimpan sampah sampai menemukan tempat sampah
d. Menyembunyikan sampah dibawah pohon yang rindang

6.    Gambar yang menunjukkan letak suatu  tempat disebut ….
a. Atlas                                                     c. Mata Angin
b. Globe                                                   d. Denah

7.   
R. TAMU
Ruang
Ruang
Dapur
Tidur
Makan





Garasi
Ruang
Ruang
WC/KM
Tidur
Tidur


 
 





Berdasarkan denah rumah di atas, letak garasi berada disebelah ... ruang tamu
a. Barat                                                    c. Selatan
b. Utara                                                    d. Timur

8.    Gambaran suatu tempat, baik sebagian maupun seluruhnya pada bidang datar disebut ….
a. Globe                                                   c. Denah
b. Peta                                                     d. Atlas

9.      Di bawah ini yang termasuk salah satu ruangan rumah adalah ….
a. Kamar Tidur                                        c. Ruang kelas
b. Kantor                                                  d. Perpustakaan

10.  Salah satu contoh bagian dari ruangan sekolah adalah ….
a. Ruang tidur                                          c. Ruang kelas
b. Ruang makan                          d. Dapur

11.  Kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama disebut ....
a. Kerja paksa                                         c. Kerja keras
b. Kerja sama                                          d. Kerja cepat

12.  Gambar di bawah ini yang merupakan bentuk kerjasama dilingkungan rumah adalah …

a.                                                              c.






b.                                                               d.








13.  Salah satu contoh bentuk kerjasama dilingkungan sekolah adalah ….
a. Mancuci Baju                                      c. Membangun Jembatan
b. Melaksanakan piket                            d. Merapikan tempat tidur

14.  Salah satu contoh bentuk kerjasama dilingkungan kelurahan/desa adalah ….
a. Melaksanakan Piket                            c. Membangun Jembatan
b. Membantu ibu merapikan rumah        d. Merapikan  tempat tidur

15.  Dibawah ini yang termasuk manfaat kerjasama dilingkungan rumah adalah ….
a. Meningkatkan rasa kekeluargaan      
b. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan
c. Menambah keakraban antar anggota masyarakat
d. Menghilangkan rasa deskriminasi


II.        Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar !
16.  Rumah gedung, jembatan, dan masjid adalah contoh lingkungan buatan yang dibuat oleh ....
17.  Lingkungan alam yang berfungsi sebagai paru-paru dunia adalah ....
18.  Manyapu lantai dan membersihkan kaca termasuk cara memelihara lingkungan ....
19.  Alat untuk menentukan arah mata angin disebut....
20.  Bila kita pergi kesuatu tempat, tetapi kita belum tahu alamatnya maka sebaiknya kita membawa ....
21.  Ruang kelas, perpustakaan, dan UKS adalah bagian dari denah ...
22.  Berat sama dipikul, ringan sama di .....
23.  Kerjasama sebaiknya dilandasi dengan rasa ....
24.  Kerja bakti antara guru dan siswa merupakan bentuk kerjasama dilingkungan ....
25.  Gotong royong dimasyarakat adalah pekerjaan yang dilakukan bersama-sama tanpa mangharapkan ....  

III.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar !
26. Sebutkan 3 contoh lingkungan alam !
  Jawab :
                
           

27. Sebutkan 3 cara untuk memelihara sungai!
      Jawab:
 




28. Buatlah denah tempat duduk kelas 3!
      Jawab:
 




29.Sebutkan 3 manfaat kerja sama dilingkungan rumah!
      Jawab:
 




30.Sebutkan 3 contoh kerjasama dilingkungan kelurahan/desa!
      Jawab:











IPS KELAS 3
IPS
KUNCI JAWABAN

I.       Pilihan Ganda


1.    c
2.    b
3.    a
4.    d
5.    c

6.    d
7.    c
8.    b
9.    a
10.  c
11.  b
12.  d
13.  b
14.  c
15.  a
II.     Isian


16.  Manusia
17.  Hutan
18.  Rumah
19.  Kompas
20.  denah
21.  sekolah
22.  di jinjing
23.  persatuan dan kesatuan
24.  sekolah
25.  imbalan, upah



III.     Uraian


26.  Gunung, laut, hutan, sungai
27.  1. Membuang sampah jangan disungai
2. Tidak membuang limbah pabrik kesungai
3. Tidak menangkap ikan dengan peledek
4. Mengambil sampah yang ada disungai
5. Tidak membuang limbah rumah tangga di sungai

28.  l.jpg
Pintu kelas
 



















Kebijakan guru (masing-masing sekolah)

29.  1. Pekerjaan cepat selesai
2. Melatih disiplin
3. Melatih kemandirian
4. meningkatkan rasa kekeluargaan

30.  1. Kerja bakti membersihkan desa
2. Kerjasama menjaga keamanan desa dengan siskamling
3. Kerja bakti memperbaiki jalan desa
4. Bergotong royong membangun balai desa


NO


STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

MATERI

URAIAN MATERI

INDIKATOR

NO SOAL

BENTUK SOAL
1
1.    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
Lingkungan sekitar
-       Menjelaskan tentang pengertian lingkungan alam
-       Menunjukkan contoh gambar lingkungan alam
-       Menyebutkan contoh-contoh lingkungan alam buatan
-     Siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan alam
-     Siswa dapat menunjukkan contoh gambar lingkungan alam
-     Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh lingkungan alam buata.
1



2



3
Pilihan Ganda



Pilihan Ganda



Pilihan Ganda

1.    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.2 Memlihara lingkungan alam buatan di sekitar rumah
Lingkungan sekitar
-       Menunjukkan contoh gambar yang merusak lingkungan alam buatan
-       Menyebutkan contoh cara memelihara lingkungan alam
-       Siswa dapat menunjukkan contoh gambar yang merusak lingkungan alam buatan
-       Siswa dapat menyebutkan contoh cara memelihara lingkungan
4





5
Pilihan Ganda





Pilihan Ganda
2
1.    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
Denah dan Peta lingkungan rumah dan sekolah
-       Menjelaskan pengetian denah
-       Menunjukan contoh gambar denah rumah
-       Menjelaskan pengertian peta
-       Menyebutkan contoh denah rumah
-       Menyebutkan contoh denah ruang sekolah
-       Siswa dapat menjelaskan pengertian denah
-       Siswa dapat menunjukan contoh gambar denah ruang rumah
-       Siswa dapat menjelaskan pengertian peta
-       Siswa dapat menyebutkan contoh denah rumah
-       Siswa dapat menyebutkan contoh denah ruang sekolah
6


7



8


9


10

Pilihan Ganda


Pilihan Ganda



Pilihan Ganda


Pilihan Ganda


Pilihan Ganda

3
1.    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.4 Melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
Kerja sama
-       Menjelaskan pengertian kerjasama

-       Menunjukan contoh gambar kerjsama dilingkungan rumah
-       Menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan sekolah

-       Menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan kelurahan/desa

-       Menyebutkan manfaat kerjasama dilingkungan rumah
-     Siswa dapat menjelaskan pengertian kerjasama

-     Siswa dapat menunjukkan contoh gambar kerjasama dilingkungan rumah.

-     Siswa dapat menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan sekolah


-     Siswa dapat menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan kelurahan /desa

-     Siswa dapat menyebutkan manfaat kerjasama dilingkungan rumah
11



12




13





14





15
Pilihan Ganda



Pilihan Ganda




Pilihan Ganda





Pilihan Ganda





Pilihan Ganda



16
1.   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
Lingkungan sekitar
-       Menjelaskan siapa yang menciptakan lingkungan alam buatan
-       Siswa dapat menyebutkan yang membuat lingkungan alam buatan.
16
Isian
17
Rumah dan Sekolah


-       Menyebutkan manfaat lingkungan alam
-       Siswa dapat menyebutkan manfaat lingkungan alam
17
Isian
18
1.   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.2  Memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
Lingkungan Sekitar
-       Menyebutkan contoh cara memelihara lingkungan rumah
-       Siswa dapat menyebutkan contoh cara memelihara lingkungan rumah
18
Isian
19
1.   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
Denah dan Peta lingkungan rumah dan sekolah

-       Menjelaskan pengertian Mata Angin
-       Siswa dapat menyebutkan nama alat  penunjuk arah Mata Angin
19
Isian
20



-       Menyebutkan manfaat denah
-       Siswa dapat menyebutkan manfaat denah
20
Isian
21



-       Menyebutkan contoh denah ruang sekolah
-       Siswa dapat menyebutkan contoh denah runag sekolah
21
Isian
22
1.   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah
1.4 Melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
Kerjasama
-       Menjelaskan istilah lain kerjasama
-       Siswa dapat menjelaskan (pepatah) yang berhubungan dengan kerjasama
22
Isian
23



-       Menjelaskan pentingnya kerjasama
-       Siswa dapat menyebutkan landasan kerjasama
23
Isian
24



-       Menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan sekolah
-       Siswa dapat menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan sekolah
24
Isian
25



-       Menyebutkan syarat melakukan kerjasama
-       Siswa dapat menyebutkan salah satu syarat melakukan kerjasama
25
Isian
26
1.   Memakai lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
Lingkungan Sekitar
-       Menyebutkan contoh lingkungan alam
-       Siswa dadpat menyebutkan 3 contoh lingkungan alam
26
Uraian
27
1.    Memakai lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
Lingkungan Sekitar
-       Menyebutkan cara memelihara sungai
-       Siswa dapat menyebutkan memlihara sungai
27
Uraian
28
1.    Memakai lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
Denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
-       Menyebutkan contoh denah ruangan yang ada disekolah
-       Siswa dapat  membuat denah tempat duduk siswa kelas 3
28
Uraian
29
1.   Memakai lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
1.4 Melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa
Kerjasama
-       Menjelaskan pengertian kerjasama
-       Siswa dapat  membuat 3 manfaat kerjasama dilingkungan rumah
29
Uraian
30



-       Menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan kelurahan/desa
-       Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kerjasama dilingkungan kelurahan/desa
30
Uraian
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
KELAS III
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Previous
Next Post »
Thanks for your comment