ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas : III (Tiga)
I.
Berilah tanda silang (X) pada salah
saru huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1.
Lingkungan
alam adalah ….
a.
lingkungan yang dibuat oleh manusia
b.
lingkungan yang dibuat secara gotong royong
c.
Lingkungan yang terjadi secara alami
d.
Lingkungan yang dibuat oleh masyarakat.
2.
Gambar
di bawah ini yang merupakan lingkungan alam adalah ….
a.
c.
b.
d.
3.
Di
bawah ini yang termasuk lingkungan alam buatan adalah ….
a. Rumah dan Jembatan c.
Sungai dan Gunung
b.
Bukit dan Sawah d.
Pantai dan Pasar
4.
Gambar
di bawah ini yang menunjukkan perilaku manusia yang merusak lingkungan buatan
adalah….
a.
c.
b. d.
5. Bila kita ingin membuang sampah, namun
tidak ada tempat sampah maka sikap kita sebaiknya ….
a. Membuang sampah ditempat kita
berbeda
b. Meletakan sampah di dalam vas
bunga
c.
Menyimpan sampah sampai menemukan tempat sampah
d.
Menyembunyikan sampah dibawah pohon yang rindang
6. Gambar yang menunjukkan letak
suatu tempat disebut ….
a.
Atlas c.
Mata Angin
b. Globe d. Denah
7.
|
Berdasarkan denah rumah di atas,
letak garasi berada disebelah ... ruang tamu
a. Barat c. Selatan
b.
Utara d.
Timur
8. Gambaran suatu tempat, baik sebagian
maupun seluruhnya pada bidang datar disebut ….
a.
Globe c.
Denah
b.
Peta d.
Atlas
9. Di bawah ini yang termasuk salah satu
ruangan rumah adalah ….
a. Kamar Tidur c. Ruang
kelas
b. Kantor d. Perpustakaan
10. Salah
satu contoh bagian dari ruangan sekolah adalah ….
a. Ruang tidur c.
Ruang kelas
b. Ruang makan d. Dapur
11. Kegiatan
yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama disebut ....
a. Kerja paksa c.
Kerja keras
b. Kerja sama d.
Kerja cepat
12. Gambar
di bawah ini yang merupakan bentuk kerjasama dilingkungan rumah adalah …
a. c.
b. d.
13. Salah satu contoh bentuk kerjasama
dilingkungan sekolah adalah ….
a.
Mancuci Baju c.
Membangun Jembatan
b.
Melaksanakan piket d.
Merapikan tempat tidur
14. Salah satu contoh bentuk kerjasama
dilingkungan kelurahan/desa adalah ….
a. Melaksanakan Piket c.
Membangun Jembatan
b.
Membantu ibu merapikan rumah d. Merapikan
tempat tidur
15. Dibawah ini yang termasuk manfaat
kerjasama dilingkungan rumah adalah ….
a. Meningkatkan rasa kekeluargaan
a. Meningkatkan rasa kekeluargaan
b. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan
c.
Menambah keakraban antar anggota masyarakat
d. Menghilangkan rasa deskriminasi
II.
Isilah
titik-titik dibawah ini dengan benar !
16. Rumah
gedung, jembatan, dan masjid adalah contoh lingkungan buatan yang dibuat oleh
....
17. Lingkungan
alam yang berfungsi sebagai paru-paru dunia adalah ....
18. Manyapu
lantai dan membersihkan kaca termasuk cara memelihara lingkungan ....
19. Alat
untuk menentukan arah mata angin disebut....
20. Bila
kita pergi kesuatu tempat, tetapi kita belum tahu alamatnya maka sebaiknya kita
membawa ....
21. Ruang
kelas, perpustakaan, dan UKS adalah bagian dari denah ...
22. Berat
sama dipikul, ringan sama di .....
23. Kerjasama
sebaiknya dilandasi dengan rasa ....
24. Kerja
bakti antara guru dan siswa merupakan bentuk kerjasama dilingkungan ....
25. Gotong
royong dimasyarakat adalah pekerjaan yang dilakukan bersama-sama tanpa mangharapkan
....
III.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar !
26. Sebutkan 3 contoh lingkungan alam !
Jawab :
27.
Sebutkan 3 cara untuk memelihara sungai!
Jawab:
28.
Buatlah denah tempat duduk kelas 3!
Jawab:
29.Sebutkan 3 manfaat kerja sama dilingkungan rumah!
Jawab:
30.Sebutkan 3 contoh kerjasama dilingkungan
kelurahan/desa!
Jawab:
IPS KELAS 3
IPS
KUNCI JAWABAN
I.
Pilihan
Ganda
|
|
|
||||
1.
c
2.
b
3.
a
4.
d
5.
c
|
6.
d
7.
c
8.
b
9.
a
10. c
|
11. b
12. d
13. b
14. c
15. a
|
||||
II.
Isian
|
|
|
||||
16. Manusia
17. Hutan
18. Rumah
19. Kompas
20. denah
|
21. sekolah
22. di
jinjing
23. persatuan
dan kesatuan
24. sekolah
25. imbalan,
upah
|
|
||||
III.
Uraian
|
|
|
||||
26. Gunung,
laut, hutan, sungai
27. 1.
Membuang sampah jangan disungai
2. Tidak
membuang limbah pabrik kesungai
3. Tidak
menangkap ikan dengan peledek
4. Mengambil
sampah yang ada disungai
5. Tidak
membuang limbah rumah tangga di sungai
28.
Kebijakan
guru (masing-masing sekolah)
29. 1.
Pekerjaan cepat selesai
2. Melatih
disiplin
3. Melatih
kemandirian
4.
meningkatkan rasa kekeluargaan
30. 1.
Kerja bakti membersihkan desa
2. Kerjasama
menjaga keamanan desa dengan siskamling
3. Kerja
bakti memperbaiki jalan desa
4. Bergotong
royong membangun balai desa
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
URAIAN
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.1
Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
|
Lingkungan sekitar
|
-
Menjelaskan
tentang pengertian lingkungan alam
-
Menunjukkan
contoh gambar lingkungan alam
-
Menyebutkan
contoh-contoh lingkungan alam buatan
|
- Siswa
dapat menjelaskan pengertian lingkungan alam
-
Siswa
dapat menunjukkan contoh gambar lingkungan alam
-
Siswa
dapat menyebutkan contoh-contoh lingkungan alam buata.
|
1
2
3
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
|
|
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.2
Memlihara lingkungan alam buatan di sekitar rumah
|
Lingkungan sekitar
|
-
Menunjukkan
contoh gambar yang merusak lingkungan alam buatan
-
Menyebutkan
contoh cara memelihara lingkungan alam
|
-
Siswa
dapat menunjukkan contoh gambar yang merusak lingkungan alam buatan
-
Siswa
dapat menyebutkan contoh cara memelihara lingkungan
|
4
5
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
|
2
|
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.3
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
|
Denah
dan Peta lingkungan rumah dan sekolah
|
-
Menjelaskan
pengetian denah
-
Menunjukan
contoh gambar denah rumah
-
Menjelaskan
pengertian peta
-
Menyebutkan
contoh denah rumah
- Menyebutkan
contoh denah ruang sekolah
|
-
Siswa
dapat menjelaskan pengertian denah
-
Siswa
dapat menunjukan contoh gambar denah ruang rumah
-
Siswa
dapat menjelaskan pengertian peta
-
Siswa
dapat menyebutkan contoh denah rumah
-
Siswa
dapat menyebutkan contoh denah ruang sekolah
|
6
7
8
9
10
|
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
|
3
|
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.4
Melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
Kerja
sama
|
- Menjelaskan
pengertian kerjasama
- Menunjukan
contoh gambar kerjsama dilingkungan rumah
- Menyebutkan
contoh kerjasama dilingkungan sekolah
- Menyebutkan
contoh kerjasama dilingkungan kelurahan/desa
- Menyebutkan
manfaat kerjasama dilingkungan rumah
|
- Siswa
dapat menjelaskan pengertian kerjasama
- Siswa
dapat menunjukkan contoh gambar kerjasama dilingkungan rumah.
- Siswa
dapat menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan sekolah
- Siswa
dapat menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan kelurahan /desa
- Siswa
dapat menyebutkan manfaat kerjasama dilingkungan rumah
|
11
12
13
14
15
|
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
|
16
|
1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerja sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.1
Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
|
Lingkungan
sekitar
|
- Menjelaskan
siapa yang menciptakan lingkungan alam buatan
|
- Siswa
dapat menyebutkan yang membuat lingkungan alam buatan.
|
16
|
Isian
|
17
|
Rumah
dan Sekolah
|
|
|
- Menyebutkan
manfaat lingkungan alam
|
- Siswa
dapat menyebutkan manfaat lingkungan alam
|
17
|
Isian
|
18
|
1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerja sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.2
Memelihara lingkungan alam dan buatan
disekitar rumah
|
Lingkungan
Sekitar
|
-
Menyebutkan
contoh cara memelihara lingkungan rumah
|
-
Siswa
dapat menyebutkan contoh cara memelihara lingkungan rumah
|
18
|
Isian
|
19
|
1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerja sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.3
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
|
Denah
dan Peta lingkungan rumah dan sekolah
|
- Menjelaskan
pengertian Mata Angin
|
-
Siswa
dapat menyebutkan nama alat penunjuk
arah Mata Angin
|
19
|
Isian
|
20
|
|
|
|
-
Menyebutkan
manfaat denah
|
- Siswa
dapat menyebutkan manfaat denah
|
20
|
Isian
|
21
|
|
|
|
- Menyebutkan
contoh denah ruang sekolah
|
- Siswa
dapat menyebutkan contoh denah runag sekolah
|
21
|
Isian
|
22
|
1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerja sama di sekitar rumah dan sekolah
|
1.4
Melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
Kerjasama
|
- Menjelaskan
istilah lain kerjasama
|
- Siswa
dapat menjelaskan (pepatah) yang berhubungan dengan kerjasama
|
22
|
Isian
|
23
|
|
|
|
- Menjelaskan
pentingnya kerjasama
|
- Siswa
dapat menyebutkan landasan kerjasama
|
23
|
Isian
|
24
|
|
|
|
- Menyebutkan
contoh kerjasama dilingkungan sekolah
|
- Siswa
dapat menyebutkan contoh kerjasama dilingkungan sekolah
|
24
|
Isian
|
25
|
|
|
|
- Menyebutkan
syarat melakukan kerjasama
|
- Siswa
dapat menyebutkan salah satu syarat melakukan kerjasama
|
25
|
Isian
|
26
|
1. Memakai lingkungan dan melaksanakan kerja
sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.1
Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
|
Lingkungan
Sekitar
|
- Menyebutkan
contoh lingkungan alam
|
- Siswa
dadpat menyebutkan 3 contoh lingkungan alam
|
26
|
Uraian
|
27
|
1.
Memakai lingkungan dan melaksanakan
kerja sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.2
Memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
|
Lingkungan
Sekitar
|
- Menyebutkan
cara memelihara sungai
|
- Siswa
dapat menyebutkan memlihara sungai
|
27
|
Uraian
|
28
|
1. Memakai lingkungan dan melaksanakan kerja
sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.3
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
|
Denah
dan peta lingkungan rumah dan sekolah
|
- Menyebutkan
contoh denah ruangan yang ada disekolah
|
- Siswa
dapat membuat denah tempat duduk siswa
kelas 3
|
28
|
Uraian
|
29
|
1. Memakai lingkungan dan melaksanakan kerja
sama disekitar rumah dan sekolah
|
1.4
Melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa
|
Kerjasama
|
- Menjelaskan
pengertian kerjasama
|
- Siswa
dapat membuat 3 manfaat kerjasama
dilingkungan rumah
|
29
|
Uraian
|
30
|
|
|
|
- Menyebutkan
contoh kerjasama dilingkungan kelurahan/desa
|
- Siswa
dapat menyebutkan contoh-contoh kerjasama dilingkungan kelurahan/desa
|
30
|
Uraian
|
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
KELAS III
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon