KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER I TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH DASAR
MATA
PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS : V ( LIMA )
KURIKULUM : KTSP
ALOKASI
WAKTU : 120 MENIT
JUMLAH SOAL : 50 BUTIR
BENTUK SOAL : I. PILIHAN GANDA 35 BUTIR, NO 1 S.D 35
II. ISIAN 10 BUTIR,
NO 36 S.D 45
III. URAIAN 5 BUTIR, NO 46 S.D 50
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
URAIAN
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Mendengarkan
|
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani,
pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa
|
Memberikan tanggapan
|
Memberikan tanggapan terhadap penjelasan narasumber
|
Siswa dapat membuat kalimat tanggapan terhadap penjelasan narasumbr
dengan bahasa yang santun.
|
1
|
PG
|
Siswa dapat menyebutkan cara menanggapi penjelasan narasumber dengan
kalimat yang runtut,
|
2
|
PG
|
|||||
Kata
Tanya mengapa dan bagaimana
|
Membuat kalimat tanya dengan kata tanya mengapa dan bagaimana.
|
Siwa dapat menyebutkan kata tanya yang
jawabannya berupa penjelasan tentang cara melakukan sesuatu
|
3
|
PG
|
|||
2
|
Berbicara
|
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran
pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Cara memberikan tanggapan
|
Memberikan tanggapan yang berupa saran
|
Memberikan tanggapan yang berupa saran
|
4
|
PG
|
Memberikan tanggapan terhadap masalah
|
Siswa dapat memberikan tanggapan/saran dengan alasan yang logis
|
5
|
PG
|
||||
3
|
Membaca
|
3.1Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Teks percakapan
|
Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Siswa dapat menyebutkan cara membaca teks percakapan dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
|
6
|
PG
|
Siswa dapat menyebutkan isi percakapan.
|
7
|
PG
|
|||||
Melengkapi teks percakapan
dengan kalimat tanya
|
Siswa
dapat menggunakan kalimat tanya untuk melengkapi percakapan
|
8
|
PG
|
||||
Siswa dapat menulis teks dialog dengan benar
|
9
|
PG
|
|||||
4
|
Menulis
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan
pilihan kata dan penggunaan ejaan
|
Butir-butir pengalaman
|
Mengembangkan butir-butir
pokok pengalaman
|
Siswa dapat mengembangkan butir-butir pokok pengalaman menjadi
cerita.
|
10
|
PG
|
Siwa dapat menyebutkan pokok-pokok permasalahan yang mendasari
cerita.
|
11
|
PG
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan sumber ide mengarang.
|
12
|
PG
|
|||||
Siswa dapat menyusun kalimat menjadi sebuah karangan.
|
13
|
PG
|
|||||
5
|
Mendengarkan
|
1.2 Mengidentifikasi unsure cerita tentang
cerita rakyat yang didengar
|
Teks
Cerita
|
Mendaftar nama-nama tokoh dan
menulis watak tokoh, amanat.
|
Siswa dapat menyebutkan tokoh dalam cerita.
|
14
|
PG
|
Siswa dapat menjelaskan amanat/pesan yang terkandung dalam cerita
|
15
|
PG
|
|||||
Siswa dapat menyebutkn sifat/watak dari tokoh.
|
16
|
PG
|
|||||
6
|
Berbicara
|
2.2Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan
bahasa yang runtut,baik dan benar
|
Obyek
pengamatan
|
Siswa dapat menentukan langkah-langkah pengamatan.
|
17
|
PG
|
|
Pokok-pokok hasil pengamatan
|
Cara
menjelaskan hasil pengamatan.
|
Siswa dapat menjelaskan cara menceritakan hasil pengamatan
|
18
|
PG
|
|||
7
|
Membaca
|
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang
dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit.
|
Teks bacaan
|
Membaca teks bacaan.
|
Siswa dapPGat menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan.
|
19
|
PG
|
Siswa dapat menyebutkan gagasan utama dalam paragraph.
|
20
|
PG
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis paragraf.
|
21
|
PG
|
|||||
8
|
Menulis
|
4.2Menulis
surat undangan( ulang tahun,acara agama,kegiata sekolah,kenaikan
kelas,dll)dengan kalimat yang efektif dan memperhatikan penggunaan bahasa.
|
Menulis surat undangan
|
Contoh undangan tidak resmi
|
Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur surta undangan tidak resmi dengan
benar.
|
22
|
PG
|
Siswa dapat menentukan bagian-bagian surat undangan .
|
23
|
PG
|
|||||
Jenis-jenis surat
|
Bahasa yang digunakan dalam
membuat surat
|
Siswa dapat menyebutkan bahasa yang baik digunakan dalam menulis
suratundangan pribadi.
|
24
|
PG
|
|||
Siswa dapat mnyebutkan bahasa yang digunakan dalam surat dinas..
|
25
|
PG
|
|||||
9
|
Berbicara
|
2.3 Berwawancara sederhana dengan
nara sumber (petani,nelayan,pedagang dll) dengan memperhatikan pilihan kata
dan santun berbahasa.
|
Wawancara
|
Hal-hal
yang harus di persiapkan dalam wawan cara
|
Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum
melakukan wawancara.
|
26
|
PG
|
Menjelaskan
pelaku wawancara
|
Siswa dapat menyebutkan pelaku wawancara.
|
27
|
PG
|
||||
Siswa dapat menyebutkan narasumber yang tepa dalam wawancara.
|
28
|
PG
|
|||||
Kata
tanya
|
Membuat
kata tanya dengan apa, siapa, kapan.
|
Siswa dapat membuat kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya
kapan.
|
29
|
PG
|
|||
10
|
Membaca
|
3.3
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Teks puisi
|
Membaca
teks puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Siswa dapat menyebutkan isi puisi.
|
30
|
PG
|
Siswa dapat mengekspresikan gerak tubuh dan wajah yang sesuai dengan
maknakata dalam puisi
|
31
|
PG
|
|||||
Fungsi
tanda jeda.
|
Siswa dapat menyebutkan arti
tanda jeda.
|
32
|
PG
|
||||
11
|
Menulis
|
4.3Menulis
dialog sederhana anatara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta
perannya.
|
Teks
dialog
|
Membaca
teks dalog.
|
Siswa
dapat menentukan topik dialog.
|
33
|
PG
|
Siswa
dapat menentukan tokoh dialog.
|
34
|
PG
|
|||||
Siswa
dapata menentukan sinonim kata dialog.
|
35
|
PG
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
URAIAN
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Mendengarkan
|
1.1 Mendanggapi penjelasan narasumber (petani,
pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa
|
Memberikan tanggapan
|
Memberikan tanggapan terhadap penjelasan narasumber
|
Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap narasumber dengan bahasa
yang santun.
|
36
|
Isian
|
2
|
Membaca
|
3.1Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Teks percakapan
|
Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam membaca teks
percakapan.
|
37
|
Isian
|
Penggunaan tanda petik dalam teks percakapan
|
Siswa dapat menulis tanda petik dengan benar.
|
38
|
Isian
|
||||
3
|
Menulis
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan
pilihan kata dan penggunaan ejaan
|
Butir-butir pengalaman
|
Mengembangkan butir-butir
pokok pengalaman
|
Siswa dapat menentukan langkah sebelum membuat karangan.
|
39
|
Isian
|
4
|
Mendengarkan
|
1.2 Mengidentifikasi unsure cerita tentang
cerita rakyat yang didengar
|
Teks
Cerita
|
Pengertian tokoh utama
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian tokoh utama.
|
40
|
Isian
|
5
|
Berbicara
|
2.2Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan
bahasa yang runtut,baik dan benar
|
Menyampaikan hasil pengamatan.
|
Penggunaan bahasa dalam menyampaikan hasil pengamatan
|
Siswa dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam
menyampaikan hasil pengamatan
|
41
|
Isian
|
6
|
Membaca
|
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang
dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit.
|
Teks bacaan
|
Membaca teks bacaan untuk
menentukan pikiran utama.
|
Siswa dapat menyebutkan letak pikiran utama setiap paragraf.
|
42
|
Isian
|
7
|
Menulis
|
4.2Menulis
surat undangan( ulang tahun,acara agama,kegiata sekolah,kenaikan
kelas,dll)dengan kalimat yang efektif dan memperhatikan penggunaan bahasa.
|
Surat undangan
|
Pengertian surat
|
Siswa
dapat menyebutkan pengertian surat undangan
|
43
|
Isian
|
Undangan
ulang tahun
|
Siswa
dapat menyebutkan contoh surat pribadipada undangan ulang tahun.
|
44
|
Isian
|
||||
8
|
Menulis
|
4.3Menulis
dialog sederhana anatara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta
perannya.
|
Teks
dialog
|
Teks
dialog di awali dengan penulisan nama
|
Siswa
dapat menulis langkah awal penulisan teks dialog.
|
45
|
Isian
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
URAIAN
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Berbicara
|
2.3 Berwawancara sederhana dengan
nara sumber (petani,nelayan,pedagang dll) dengan memperhatikan pilihan kata
dan santun berbahasa.
|
Wawancara
|
Pengertian narasumber
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian narasumber.
|
46
|
Uraian
|
2
|
Membaca
|
3.3
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Teks puisi
|
Pengertian lafal,intonasi,ekspresi
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian lafal,intonasidan ekspresi.
|
47
|
Uraian
|
3
|
Berbicara
|
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran
pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Menanggapai persoalan
|
Memberikan tanggapan yang berupa saran
|
Siswa dapat memberikan tanggapan yang sesuai permasalahan
berupa saran dengan benar.
|
48
|
Uraian
|
4
|
Menulis
|
4.2Menulis
surat undangan( ulang tahun,acara agama,kegiata sekolah,kenaikan
kelas,dll)dengan kalimat yang efektif dan memperhatikan penggunaan bahasa.
|
Surat undangan
|
Membuat surat undangan
pribadi
|
Siswa dapat menyebuat surat undangan pengajian dengan
benar.
|
49
|
Uraian
|
5
|
Berbicara
|
2.3 Berwawancara sederhana dengan
nara sumber (petani,nelayan,pedagang dll) dengan memperhatikan pilihan kata
dan santun berbahasa.
|
Wawancara
|
Wawncara dengan penjual bakso
|
Siswa dapat membuat pertanyaan dengan kata tanya untuk melakukan
wawancara dengan penjual bakso.
|
50
|
Uraian
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN
PELAJARAN 2013/ 201
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas :
V (Lima)
PETUNJUK
UMUM :
1. Tulislah namamu di sudutkanan atas pada lembar jawaban
!
2. Bacalah setiap soal dengan seksama !
3. Kerjakan lebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih
mudah !
4. Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada
pengawas !
I. Beriilah tanda silang (X) pada salah satu
huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !
1. Tanaman padi Pak Harun kurus dan kelihatan tak
terawat.
Tanggapan yang tepat atas penjelasan nara sumber di atas adalah….
a. Sebaiknya kita biarkan saja
b. Kita beritahu Pak Harun agar
tanamannya dipupuk
c. Kita pupuk tanpa memberitahu
Pak Harun
d. Semua merasa kasihan sama
Pak Harun
2. Tanggapan terhadap suatu
persoalan disertai alasan….
a. sederhana c. santun
b. halus d. logis
3. … tanaman padi Pak Harun kelihatan kurus?
Kata tanya yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut di atas adalah….
a. Mengapa c. Bagaimana
b. Siapa d. Dimana
4. “Pada musim kemarau ini,air sungai menyurut.
Jika semua orang ingin mengairi sawahnya setiap hari, tentu saja air itu tidak
mencukupi. Jika tidak diatur, setiap hari ada warga yang bertengkar berebut
air.”
Tanggapan yang
tepat atas penjelasan narasumber di atas adalah…
a. Sebaiknya tanaman tidak
perlu diairi sehingga tidak terjadi perbuatan air
b. Oleh karena air sulit
didapat, pada musim kemarau petani tidak perlu menanam apapun
c. Pengairan sawah dilakukan
secara bergiliran, agar tidak terjadi perbutan air
d. Berebut air sudah menjadi
tradisi, jadi tidak perlu dipikirkan lagi
5. Aji tidak masuk sekolah lagi karena orang
tuanya tidak mampu membiayai.
Tanggapan yang tepat terhadap permasalahan di atas
adalah….
a. Aji harus menerima kenyataan
itu dengan tabah.
b. Aji harus tetap sekolah dan
orang tuanya harus bertanggung jawab.
c. Orang tua Aji berdemo saja
ke sekolah agar anaknya diperbolehkan masuk.
d. Sebaiknya orang tua Aji
minta surat keterangan tidak mampu kepada Kepala Desa agar Aji dibebaskan dari
semua biaya dan tetap bisa sekolah.
6. Jika mendapatkan tanda koma
( , ) dalam teks percakapan berarti…
a. berhenti c. diucapkan dengan nada tinggi
b. berhenti sebentar d. diucapkan dengan nada menurun
7. Mira :”Teknologi saat ini sangat canggih. Internet membantu kita
menjelajah ilmu.”
Nava :”Menjelajah ilmu?Apakah maksudnya?”
Mira :”Maksudnya melalui internet kita dapat
memperoleh berbagai ilmu.”
Nava :”Wah,berarti internet itu banyak
manfaatnya.”
Mira :”Tentu,tetapi kita harus dapat menggunakan
dengan baik.”
Isi teks percakapan di atas adalah….
a. teknologi canggih
b. penjelajah ilmu
c. pemanfaatan internet
d. menciptakan ilmu
8. Saiful : “ …cara meringkas buku?”
Abil :
“Bacalah buku dan tentukan gagasan utama setiap bab.”
Kata yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah….
a. Apakah
b. Mengapa
c. Bagaimana
d. Kapan
9. Penulisan teks dialog berikut yang benar adalah….
a. Ayu : “Tasnya baru nih!
beli dimana,Yu?
Anton :
“Di mol,Ton.”
b. Ayu ; “Tasnya baru nih!
beli di mana,yu?”
Anton ; “Di mol,ton.”
c. Ayu : “Tasnya baru nih!
Beli di mana Yu?”
Anton :
“Di mol, Ton.”
d. Ayu : “Tasnya baru nih!
Beli di mana,Yu?”
Anton :
“Di mol,Ton.”
10. Butir-butir pokok pengalaman yang kita tulis
dapat dikembangkan menjadi sebuah….
a. latar c. judul
b. cerita d. tema
11. Pokok permasalahan yang mendasari cerita
disebut….
a. kerangka karangan c. judul
b. tema d. latar
12. Sumber ide mengarang yang tidak pernah habis
adalah….
a.
pendapat c. pengamatan
b.
khayalan d. pengalaman
13. 1) Mira
anak orang kaya.
2) Baik teman sekolah,maupun teman bermain.
3) Namun, ia tak sombong.
4) Banyak teman yang senang kepadanya.
Kaliamat di atas dapat disusun menjadi karangan dengan urutan ….
a. 1,3,4,2 b. 1,2,3,4 c. 2,1,4,3 d. 3,2,1,4
Perhatikan
cerita tersebut untuk sola nomor 14 dan 15
Kancil dengan angkuh mengatakan
bahwa ia adalah binatang yang paling cepat larinya. Tak ada
satu
pun binatang di hutan yang dapat mengalahkannya berlari. Namun dengan kesabaran
siput, kancil dapat dikalahkan oleh siput dalam lomba lari.
14. Tokoh
utama dalam cerita di atas adalah….
a. kancil dan buaya c. kancil dan siput
b. siput dan buaya d. kancil dan binatang
15. Amanat atau pesan yang terkandung pada cerita soal nomor 14 adalah….
a. Janganlah kita menjadi sombong
b.
Yang lemah pasti kalah
c.
Siput mengalahkan kancil dengan kesabaran
d. Siput mengalahkan
kancil dengan lomba lari
16. Sangkuriang menyanggupi kedua permintaan
Dayang Sumbi. Dia berjanji akan menyelesaikannya
sebelum fajar menyingsing.
Dengan kesaktian yang dimilikinya, Sangkuriang lalu mengerahkan teman-temannyadari bangsa jin
untuk membantumenyelesaikan tugasnya tersebut. Diam-diam
Dayang Sumbi mengintip hasil kerja dari
Sangkuriang. Betapa terkejutnya dia karena Sangkuriang
hampir menyelesaikan semua syarat yang diberikan Dayang Sumbi
sebelum fajar.
Sifat tokoh dalam cerita tersebut di atas adalah….
a. sabar b. pemberani c. cerdik d. sombong
17. Sebelum melakukan pengamatan, kita harus
menentukan sesuatu yang akan diamati yang disebut….
a. obyek pengamatan c. kerangka pengamatan
b. catatan
pengamatan d.
topik pengamatan
18. Mencatat pokok-pokok hasil pengamatan
memudahkan kita dalam menceritakan hasil….
a. pengamatan c.
karangan
b. penulisan d. pekerjaan
Bacalah untuk soal nomor 19, 20 dan
21 !
Salah satu masalah pemerintah kita adalah rendahnya tingkat kesehatan
masyarakat. Hal itu dapat ditemukan, misalnya, di Kampung Bajo, Kecamatan
Kaledupa,Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Air tidak tersedia dengan
layak. Kondisi rumah masih jauh dari standar kesehatan. Sanitasi tidak
medukung.Semua itu menjadi indikasi rendahnya tingkat kesehatan lingkungan atau
masyarakat Kampung Bajo.
19. Berdasarkan bacaan di atas,
salah satu masalah pemerintah kita adalah….
a. rendahnya tingkat kesehatan
masyarakat
b. kemiskinan warga masyarakat
Bajo
c. pendidikan anak-anak Bajo
d. teknologi tepat guna bagi warga Bajo
20. Gagasan utama dalam paragraf
di atas adalah….
a. Kampung Bajo memiliki taraf
kesehatan lingkungan yang rendah
b. Kemiskinan warga masyarakat
Bajo
c. Air di Kampung Bajo tidak
tersedia dengan layak
d. Salah satu masalah pemerintah
kita adalah rendahnya tingkat kesehatan masyarakat
21. Berdasarkan letak kalimat
utama dalam paragraf di atas, kalimat utama tersebut termasuk jenis
paragraf….
a.
induktif b. deskriptif c. deduktif d. deduktif induktif
Perhatikan undangan berikut ini untuk soal nomor 22,23
!
Undangan 1
Buat Ani
di tempat 2
Sobat-sobatku semua yang baik … kamu datang ya pada
acara
ulang tahun adikku, besok
hari,tanggal : Minggu, 10 November 2013
waktu : 09.00
tempat : rumahku, Jalan Kaleng No. 13
Adimulyo, Kebumen 3
Sempatkan untuk datang, ya….
Salam
manis,
ttd 4
Intan
22.
Urutan unsur-unsur surat di atas yang ditandai nomor 1,2,3,4 adalah….
a. Alamat, judul, isi, pengirim
b. Judul, alamat, isi, pengirim
c. Isi, alamat, judul, pengirim
d. Judul, isi, alamat, pengirim
23. Surat di atas termasuk ….
a. surat undangan resmi c. surat undangan pribadi
b. pengumuman d.
surat pemberitahuan
24. Bahasa yang digunakan
dalam menulis surat undangan adalah….
a. baik dan
benar
b. sopan dan
jelas
c. singkat dan
jelas
d. sopan, jelas,
singkat, dan mudah dipahami
25. Dalam surat dinas, bahasa yang digunakan
adalah….
a. baku c. lisan
b. tidak baku d. campuran
26. Hal-hal
berikut ini tidak dilakukan sebelum wawancara dengan narasumber adalah….
a. berlatih
wawancara dengan narasumber
b. menentukan
topik wawancara
c. membuat
daftar pertanyaan
d. membuat
janji dengan nara sumber
27. Wawancara terjadi antara ….
a. pendialog
dengan penjawab
b. saya
dengan penjawab
c.
pewawancara dengan narasumber
d.
pewawancara dengan saya
28. Narasumber yang tepat untuk mengetahui cara
menjaga kesehatan hewan adalah….
a. nelayan b. dokter hewan c. pedagang hewan d. dokter umum
29. “Sejak
kapan Bapak memulai usaha ini?”
Kata tanya
kapan pada pertanyaan di atas digunakan untuk menanyakan….
a. tempat b. waktu c. alasan d.
cara
30. Matahariku
Tebarkan sinar kuningmu
Sunggingkan seyum cerahmu
Sambut hari penuh cinta bersamamu
Puisi di atas berisi….
a. harapan b. tanggapan c. kedamaian d. keindahan
31.
Meresapi isi puisi denga penuh perasaan disebut….
a.
penghayatan c. berorientasi
b.
ekspresi d. olah vocal
32. Membaca puisi harus memperhatikan jeda. Jeda artinya….
a. mimik atau wajah c. pemenggalan
b. lagu kalimat d.
ucapan
Perhatikan dialog tersebut untuk soal nomor 33, 34 !
Dimas : “Lihat rumah itu. Rata dengan tanah.”
Angga : “Mana…?Mana? Aku tidak melihatnya?”
Dimas : “Itu, tinggal puing-puing saja.”
Angga : “Benar. Aku sudah melihat.Wah,sungguh
tragis bencana ini.”
33.
Topik dalam dialog di atas adalah….
a. rumah rata dengan tanah
b. tinggal puing-puing saja
c. sungguh tragis bencana itu
d. rumah hancur akibat bencana
34. Dialog
di atas dilakukan oleh….
a. Dimas c.
Dimas dan Angga
b. Angga d. Dimas dan temannya
35.
Dialog sama artinya dengan….
a.
berkomentar c. berbicara
b.
bercakap-cakap d. bercerita
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar
pada lembar jawaban yang tersedia !
36.
Memberi tanggapan sebaiknya menggunakan bahasa yang ….
37.
Membaca teks percakapan perlu memperhatikan….
38.
Kalimat dalam teks percakapan ditulis di antara tanda….
39.
Sebelum mengarang harus membuat….
40.
Tokoh yang menggerakkan cerita dari awal hingga akhir disebut….
41.
Dalam menyampaikan hasil pengamatan bahasa yang digunakan adalah bahasa yang….
42. Pikiran
utama yang terletak di akhir paragraf disebut….
43. Surat
yang isinya mengharap kehadiran seseorang disebut….
44. Undangan
ulang tahun merupakan contoh surat ….
45. Penulisan
teks dialog diawali dengan menuliskan ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan benar pada lembar jawaban yang
tersedia !
46. Apakah
yang dimaksud dengan narasumber?
47. Apakah
yang dimaksud dengan lafal, intonasi, dan ekspresi?
48. Indra
senang bermain game.Ia sering lupa waktu jika sudah bermain.
Berilah tanggapan sesuai permasalahan
tersebut!
49.Buatlah
sebuah surat undangan pribadi dengan ketentuan sebagai berikut!
a. Tujukan undanganmu kepada teman
sebangkumu!
b. Tentukan hari, tanggal, dan waktu
sesuai keinginanmu!
c. Acaranya pengajian di rumahmu!
50. Buatlah 3 pertanyaan untuk mewawancarai pedagang bakso!
Bahasa Indonesia UAS I Kelas V Tahun 2013/2014 Kunci Jawaban
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon