Kisi, Soal & Kunci Jawaban B. Indonesia Kelas 5 SD UAS Semester I tahun 2013/2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 


SATUAN PENDIDIKAN                   :  SEKOLAH DASAR
MATA PELAJARAN                         :  BAHASA INDONESIA
KELAS                                                :  V ( LIMA )
KURIKULUM                                    :  KTSP
ALOKASI WAKTU                            :  120 MENIT
JUMLAH SOAL                                 :  50 BUTIR
BENTUK SOAL                                 : I.    PILIHAN GANDA 35 BUTIR, NO 1 S.D 35
                                                              II.   ISIAN 10 BUTIR, NO 36 S.D 45
                                                              III. URAIAN 5 BUTIR, NO 46 S.D 50





NO

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

MATERI

URAIAN MATERI

INDIKATOR

NOMOR SOAL

BENTUK
SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Mendengarkan
1.1   Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa
Memberikan tanggapan

Memberikan tanggapan terhadap penjelasan narasumber

Siswa dapat membuat kalimat tanggapan terhadap penjelasan narasumbr dengan bahasa yang santun.

1
PG





Siswa dapat menyebutkan cara menanggapi penjelasan narasumber dengan kalimat yang runtut,
2
PG



Kata Tanya mengapa dan bagaimana
Membuat kalimat tanya dengan kata tanya mengapa dan bagaimana.
Siwa  dapat menyebutkan kata tanya yang jawabannya berupa penjelasan tentang cara melakukan sesuatu
3
PG
2
Berbicara
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Cara memberikan tanggapan

Memberikan tanggapan yang berupa saran

Memberikan tanggapan yang berupa saran

4
PG




Memberikan tanggapan terhadap masalah
Siswa dapat memberikan tanggapan/saran dengan alasan yang logis
5
PG
3
Membaca
3.1Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Teks percakapan

Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat

Siswa dapat menyebutkan cara membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

6
PG





Siswa dapat menyebutkan isi percakapan.
7
PG




Melengkapi teks percakapan dengan kalimat tanya
Siswa dapat menggunakan kalimat tanya untuk melengkapi percakapan
8
PG





Siswa dapat menulis teks dialog dengan benar
9
PG
4
Menulis
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
Butir-butir pengalaman

Mengembangkan butir-butir pokok pengalaman

Siswa dapat mengembangkan butir-butir pokok pengalaman menjadi cerita.
10
PG





Siwa dapat menyebutkan pokok-pokok permasalahan yang mendasari cerita.
11
PG





Siswa dapat menyebutkan sumber ide mengarang.
12
PG





Siswa dapat menyusun kalimat menjadi sebuah karangan.
13
PG
5
Mendengarkan

1.2 Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengar
Teks Cerita

Mendaftar nama-nama tokoh dan menulis watak tokoh, amanat.
Siswa dapat menyebutkan tokoh dalam cerita.
14
PG





Siswa dapat menjelaskan amanat/pesan yang terkandung dalam cerita
15
PG





Siswa dapat menyebutkn sifat/watak dari tokoh.
16
PG
6
Berbicara

2.2Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa yang runtut,baik dan benar
Obyek pengamatan

Siswa dapat menentukan langkah-langkah pengamatan.
17
PG



Pokok-pokok hasil pengamatan

Cara menjelaskan  hasil pengamatan.
Siswa dapat menjelaskan cara menceritakan hasil pengamatan
18
PG
7
Membaca

3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit.
Teks bacaan
Membaca teks bacaan.
Siswa dapPGat menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan.
19
PG





Siswa dapat menyebutkan gagasan utama dalam paragraph.
20
PG





Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis paragraf.
21
PG
8
Menulis

4.2Menulis surat undangan( ulang tahun,acara agama,kegiata sekolah,kenaikan kelas,dll)dengan kalimat yang efektif dan memperhatikan penggunaan bahasa.
Menulis surat undangan
Contoh undangan tidak resmi
Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur surta undangan tidak resmi dengan benar.
22
PG





Siswa dapat menentukan bagian-bagian surat undangan .
23
PG



Jenis-jenis surat

Bahasa yang digunakan dalam membuat surat
Siswa dapat menyebutkan bahasa yang baik digunakan dalam menulis suratundangan pribadi.
24
PG





Siswa dapat mnyebutkan bahasa yang digunakan dalam surat dinas..
25
PG
9
Berbicara

2.3 Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,nelayan,pedagang dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Wawancara
Hal-hal yang harus di persiapkan dalam wawan cara
Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan wawancara.
26
PG




Menjelaskan pelaku wawancara
Siswa dapat menyebutkan pelaku wawancara.
27
PG





Siswa dapat menyebutkan narasumber yang tepa dalam wawancara.
28
PG



Kata tanya
Membuat kata tanya dengan apa, siapa, kapan.
Siswa dapat membuat kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya kapan.
29
PG
10
Membaca

3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Teks puisi

Membaca teks puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Siswa dapat menyebutkan isi puisi.
30
PG






Siswa dapat mengekspresikan gerak tubuh dan wajah yang sesuai dengan maknakata dalam puisi
31
PG




Fungsi tanda jeda.
Siswa dapat menyebutkan arti tanda jeda.
32
PG
11
Menulis
4.3Menulis dialog sederhana anatara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
Teks dialog
Membaca teks dalog.
Siswa dapat menentukan topik dialog.
33
PG





Siswa dapat menentukan tokoh dialog.
34
PG





Siswa dapata menentukan sinonim kata dialog.
      35
PG




NO

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

MATERI

URAIAN MATERI

INDIKATOR

NOMOR SOAL

BENTUK
SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Mendengarkan
1.1   Mendanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa
Memberikan tanggapan

Memberikan tanggapan terhadap penjelasan narasumber

Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap narasumber dengan bahasa yang santun.

36
Isian
2
Membaca
3.1Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Teks percakapan

Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat

Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam membaca teks percakapan.
37
Isian




Penggunaan tanda petik dalam teks percakapan
Siswa dapat menulis tanda petik dengan benar.
38
Isian
3
Menulis
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
Butir-butir pengalaman

Mengembangkan butir-butir pokok pengalaman

Siswa dapat menentukan langkah sebelum membuat karangan.
39
Isian
4
Mendengarkan

1.2 Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengar
Teks Cerita


Pengertian tokoh utama
Siswa dapat menjelaskan pengertian tokoh utama.
40
Isian
5
Berbicara

2.2Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa yang runtut,baik dan benar
Menyampaikan hasil pengamatan.
Penggunaan bahasa dalam menyampaikan hasil pengamatan
Siswa dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menyampaikan hasil pengamatan
41
Isian
6
Membaca

3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit.
Teks bacaan

Membaca teks bacaan untuk menentukan pikiran utama.
Siswa dapat menyebutkan letak pikiran utama setiap paragraf.
42
Isian
7
Menulis

4.2Menulis surat undangan( ulang tahun,acara agama,kegiata sekolah,kenaikan kelas,dll)dengan kalimat yang efektif dan memperhatikan penggunaan bahasa.
Surat undangan
Pengertian surat
Siswa dapat menyebutkan pengertian surat undangan
43
Isian




Undangan ulang  tahun
Siswa dapat menyebutkan contoh surat pribadipada undangan ulang tahun.
44
Isian
8
Menulis
4.3Menulis dialog sederhana anatara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
Teks dialog
Teks dialog di awali dengan penulisan nama
Siswa dapat menulis langkah awal penulisan teks dialog.
45
Isian







NO

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

MATERI

URAIAN MATERI

INDIKATOR

NOMOR SOAL

BENTUK
SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Berbicara

2.3 Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,nelayan,pedagang dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Wawancara
Pengertian narasumber
Siswa dapat menjelaskan pengertian narasumber.


46
Uraian
2
Membaca
3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Teks puisi


Pengertian lafal,intonasi,ekspresi
Siswa dapat menjelaskan pengertian lafal,intonasidan ekspresi.
47
Uraian
3
Berbicara
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Menanggapai persoalan




Memberikan tanggapan yang berupa saran

Siswa dapat memberikan tanggapan yang sesuai permasalahan berupa saran dengan benar.
48
Uraian
4
Menulis
4.2Menulis surat undangan( ulang tahun,acara agama,kegiata sekolah,kenaikan kelas,dll)dengan kalimat yang efektif dan memperhatikan penggunaan bahasa.
Surat undangan





Membuat surat undangan pribadi
Siswa dapat menyebuat surat undangan pengajian dengan benar.
49
Uraian
5
Berbicara

2.3 Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,nelayan,pedagang dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Wawancara
Wawncara dengan penjual bakso
Siswa dapat membuat pertanyaan dengan kata tanya untuk melakukan wawancara dengan penjual bakso.
50
Uraian















ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013/ 201

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas               : V (Lima)

PETUNJUK UMUM :
1.      Tulislah namamu di sudutkanan atas pada lembar jawaban !
2.      Bacalah setiap soal dengan seksama !
3.      Kerjakan lebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah !
4.      Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada pengawas !

        I.   Beriilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

 

1.      Tanaman padi Pak Harun kurus dan kelihatan tak terawat.
Tanggapan yang tepat atas penjelasan nara sumber di atas adalah….
a.       Sebaiknya kita biarkan saja
b.      Kita beritahu Pak Harun agar tanamannya dipupuk
c.       Kita pupuk tanpa memberitahu Pak Harun
d.      Semua merasa kasihan sama Pak Harun

2.      Tanggapan terhadap suatu persoalan disertai alasan….
a.       sederhana                                                 c.  santun
b.      halus                                                         d.  logis

3.      …   tanaman padi Pak Harun kelihatan kurus?

Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut di atas adalah….
a.       Mengapa                                                   c.  Bagaimana
b.      Siapa                                                         d.  Dimana

4.         “Pada musim kemarau ini,air sungai menyurut. Jika semua orang ingin mengairi sawahnya setiap hari, tentu saja air itu tidak mencukupi. Jika tidak diatur, setiap hari ada warga yang bertengkar berebut air.”

Tanggapan yang tepat atas penjelasan narasumber di atas adalah…
a.       Sebaiknya tanaman tidak perlu diairi sehingga tidak terjadi perbuatan air
b.      Oleh karena air sulit didapat, pada musim kemarau petani tidak perlu menanam apapun
c.       Pengairan sawah dilakukan secara bergiliran, agar tidak terjadi perbutan air
d.      Berebut air sudah menjadi tradisi, jadi tidak perlu dipikirkan lagi

5.       Aji tidak masuk sekolah lagi karena orang tuanya tidak mampu membiayai.

Tanggapan yang tepat terhadap permasalahan di atas adalah….
a.       Aji harus menerima kenyataan itu dengan tabah.
b.      Aji harus tetap sekolah dan orang tuanya harus bertanggung jawab.
c.       Orang tua Aji berdemo saja ke sekolah agar anaknya diperbolehkan masuk.
d.      Sebaiknya orang tua Aji minta surat keterangan tidak mampu kepada Kepala Desa agar Aji dibebaskan dari semua biaya dan tetap bisa sekolah.

6.      Jika mendapatkan tanda koma ( , ) dalam teks percakapan berarti…
a.       berhenti                                                    c.   diucapkan dengan nada tinggi
b.      berhenti sebentar                                      d.  diucapkan dengan nada menurun



7.      Mira    :”Teknologi saat ini sangat canggih. Internet membantu kita menjelajah ilmu.”
Nava   :”Menjelajah ilmu?Apakah maksudnya?”
Mira    :”Maksudnya melalui internet kita dapat memperoleh berbagai ilmu.”
Nava   :”Wah,berarti internet itu banyak manfaatnya.”
Mira    :”Tentu,tetapi kita harus dapat menggunakan dengan baik.”

Isi teks percakapan di atas adalah….
a.       teknologi canggih
b.      penjelajah ilmu
c.       pemanfaatan internet
d.      menciptakan ilmu

8.      Saiful  : “ …cara meringkas buku?”
 Abil     :  “Bacalah buku dan tentukan gagasan utama setiap bab.”

Kata yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah….
a.       Apakah
b.      Mengapa
c.       Bagaimana
d.      Kapan

9.      Penulisan teks  dialog berikut yang benar adalah….
a.       Ayu          :  “Tasnya baru nih! beli dimana,Yu?
Anton       :  “Di mol,Ton.”
b.      Ayu          ;  “Tasnya baru nih! beli di mana,yu?”
Anton       ;  “Di mol,ton.”
c.       Ayu          :  “Tasnya baru nih! Beli di mana Yu?”
Anton       :  “Di mol, Ton.”
d.      Ayu          :  “Tasnya baru nih! Beli di mana,Yu?”
Anton       :  “Di mol,Ton.”

10.   Butir-butir pokok pengalaman yang kita tulis dapat dikembangkan menjadi sebuah….
a.       latar                                              c.  judul
b.      cerita                                            d.  tema

11.   Pokok permasalahan yang mendasari cerita disebut….
a.       kerangka karangan                                   c.  judul
b.      tema                                             d.  latar

12.   Sumber ide mengarang yang tidak pernah habis adalah….
 a.   pendapat                                      c.  pengamatan
 b.   khayalan                                      d.  pengalaman

13. 1)   Mira anak orang kaya.
       2)  Baik teman sekolah,maupun teman bermain.
  3)  Namun, ia tak sombong.
       4)  Banyak teman yang senang kepadanya.

       Kaliamat di atas dapat disusun menjadi karangan dengan urutan ….
a.       1,3,4,2                 b.  1,2,3,4        c.  2,1,4,3                    d.  3,2,1,4

Perhatikan cerita tersebut untuk sola nomor 14 dan 15
  Kancil dengan angkuh mengatakan bahwa ia adalah binatang yang paling cepat larinya. Tak ada 
satu pun binatang di hutan yang dapat mengalahkannya berlari. Namun dengan kesabaran siput, kancil dapat dikalahkan oleh siput dalam lomba lari.
        14. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah….
a.       kancil dan buaya                          c.  kancil dan siput
b.      siput dan buaya                            d.  kancil dan binatang

15. Amanat atau pesan yang terkandung pada cerita soal nomor 14 adalah….
       a.   Janganlah kita menjadi sombong
       b.  Yang lemah pasti kalah
      c.   Siput mengalahkan kancil dengan kesabaran
      d.   Siput mengalahkan kancil dengan lomba lari      
16.  Sangkuriang menyanggupi kedua permintaan Dayang Sumbi. Dia berjanji akan menyelesaikannya 
sebelum fajar menyingsing. Dengan kesaktian yang dimilikinya, Sangkuriang lalu mengerahkan                teman-temannyadari bangsa jin untuk membantumenyelesaikan tugasnya tersebut. Diam-diam
       Dayang Sumbi mengintip hasil kerja dari Sangkuriang. Betapa terkejutnya dia karena Sangkuriang
       hampir menyelesaikan semua syarat yang diberikan Dayang Sumbi sebelum fajar.

Sifat  tokoh  dalam cerita tersebut di atas adalah….
a.   sabar               b.  pemberani   c.   cerdik                     d.  sombong

17.  Sebelum melakukan pengamatan, kita harus menentukan sesuatu yang akan diamati yang disebut….
a.  obyek pengamatan                                          c.  kerangka pengamatan
 b.  catatan pengamatan                                        d.  topik pengamatan

18.  Mencatat pokok-pokok hasil pengamatan memudahkan kita dalam menceritakan hasil….
a.  pengamatan                                                     c.  karangan
b.  penulisan                                                         d.  pekerjaan

Bacalah untuk soal nomor 19, 20 dan 21 !
Salah satu masalah pemerintah kita adalah rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. Hal itu dapat ditemukan, misalnya, di Kampung Bajo, Kecamatan Kaledupa,Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.                  Air tidak tersedia dengan layak. Kondisi rumah masih jauh dari standar kesehatan. Sanitasi                                       tidak medukung.Semua itu menjadi indikasi rendahnya tingkat kesehatan lingkungan atau masyarakat                 Kampung Bajo.

19.  Berdasarkan bacaan di atas, salah satu masalah pemerintah kita adalah….
a.  rendahnya tingkat kesehatan masyarakat
b.  kemiskinan warga masyarakat Bajo
c.  pendidikan anak-anak Bajo
d. teknologi tepat guna bagi warga Bajo

20.  Gagasan utama dalam paragraf di atas adalah….
a.  Kampung Bajo memiliki taraf kesehatan lingkungan yang rendah                 
b.  Kemiskinan warga masyarakat Bajo
c.  Air di Kampung Bajo tidak tersedia dengan layak
d.  Salah satu masalah pemerintah kita adalah rendahnya tingkat kesehatan masyarakat

21.  Berdasarkan letak kalimat utama dalam paragraf di atas, kalimat utama tersebut termasuk jenis
paragraf….
a.           induktif                     b.  deskriptif                c.  deduktif                  d.  deduktif induktif

Perhatikan undangan berikut ini untuk soal nomor 22,23 !
Undangan     1
              
               Buat Ani
               di tempat 2
              
               Sobat-sobatku semua yang baik … kamu datang ya pada acara
               ulang tahun adikku, besok
               hari,tanggal               : Minggu, 10 November 2013
               waktu                                    : 09.00
               tempat                       : rumahku, Jalan Kaleng No. 13 Adimulyo, Kebumen     3
              
               Sempatkan untuk datang, ya….

                                                                                                Salam manis,

                                                                                                 ttd          4
                                                                                                Intan

     22.   Urutan unsur-unsur surat di atas yang ditandai nomor 1,2,3,4 adalah….
a.       Alamat, judul, isi, pengirim                                                         
b.      Judul, alamat, isi, pengirim          
c.       Isi, alamat, judul, pengirim
d.      Judul, isi, alamat, pengirim          
23.  Surat di atas termasuk ….
a.       surat undangan resmi                               c.  surat undangan pribadi
b.      pengumuman                                           d.  surat pemberitahuan

24. Bahasa yang digunakan dalam menulis surat undangan adalah….
              a.   baik dan benar
              b.  sopan dan jelas
              c.  singkat dan jelas
              d.  sopan, jelas, singkat, dan mudah dipahami

25. Dalam surat dinas, bahasa yang digunakan adalah….
              a.  baku                                              c.  lisan
b.  tidak baku                                      d.  campuran


26.  Hal-hal berikut ini tidak dilakukan sebelum wawancara dengan narasumber adalah….
a.  berlatih wawancara dengan narasumber
b.  menentukan topik wawancara
c.  membuat daftar pertanyaan
d.  membuat janji dengan nara sumber

27. Wawancara terjadi antara ….
a.  pendialog dengan penjawab
b.  saya dengan penjawab
c.  pewawancara dengan narasumber
d.  pewawancara dengan saya

28.  Narasumber yang tepat untuk mengetahui cara menjaga kesehatan hewan adalah….
a.  nelayan                        b.  dokter hewan          c.  pedagang hewan     d.  dokter umum

29.  “Sejak kapan Bapak memulai usaha ini?”
 Kata tanya kapan pada pertanyaan di atas digunakan untuk menanyakan….
a.   tempat                        b. waktu                       c.  alasan                      d. cara 

30.  Matahariku
       Tebarkan sinar kuningmu
       Sunggingkan seyum cerahmu
       Sambut hari penuh cinta bersamamu

       Puisi di atas berisi….
a.    harapan                        b.  tanggapan               c.  kedamaian              d.  keindahan

31. Meresapi isi puisi denga penuh perasaan disebut….
     a.  penghayatan                                           c.  berorientasi
     b.  ekspresi                                                  d.  olah vocal

32. Membaca puisi harus memperhatikan jeda. Jeda artinya….
         a.  mimik atau wajah                                           c.  pemenggalan
         b.  lagu kalimat                                                   d.  ucapan


               Perhatikan dialog tersebut untuk soal nomor 33, 34 !

         Dimas     : “Lihat rumah itu. Rata dengan tanah.”
         Angga     : “Mana…?Mana? Aku tidak melihatnya?”
         Dimas     : “Itu, tinggal puing-puing saja.”
         Angga     : “Benar. Aku sudah melihat.Wah,sungguh tragis bencana ini.”
        
33. Topik  dalam dialog di atas adalah….
        a.  rumah rata dengan tanah                    
        b.  tinggal puing-puing saja                                  
        c.  sungguh tragis bencana itu
        d.  rumah hancur akibat bencana

34. Dialog di atas dilakukan oleh….
        a.  Dimas                                                  c.  Dimas dan Angga
        b.   Angga                                                 d.  Dimas dan temannya

35. Dialog sama artinya dengan….
         a.  berkomentar                                       c.  berbicara
         b.  bercakap-cakap                                  d.  bercerita

II.  Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar pada lembar jawaban yang tersedia !

36. Memberi tanggapan sebaiknya menggunakan bahasa yang …. 
37. Membaca teks percakapan perlu memperhatikan….
38. Kalimat dalam teks percakapan ditulis di antara tanda….
39. Sebelum mengarang harus membuat….
40. Tokoh yang menggerakkan cerita dari awal hingga akhir disebut….
41. Dalam menyampaikan hasil pengamatan bahasa yang digunakan adalah bahasa yang….
42. Pikiran utama yang terletak di akhir paragraf disebut….
43. Surat yang isinya mengharap kehadiran seseorang disebut….
44. Undangan ulang tahun merupakan contoh surat ….
45. Penulisan teks dialog diawali dengan menuliskan ….

    III.   Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar pada lembar jawaban yang     
tersedia !
46. Apakah yang dimaksud dengan narasumber?
47. Apakah yang dimaksud dengan lafal, intonasi, dan ekspresi?
48. Indra senang bermain game.Ia sering lupa waktu jika sudah bermain.
      Berilah tanggapan sesuai permasalahan tersebut!
49.Buatlah sebuah surat undangan pribadi dengan ketentuan sebagai berikut!
      a. Tujukan undanganmu kepada teman sebangkumu!
      b. Tentukan hari, tanggal, dan waktu sesuai keinginanmu!
      c. Acaranya pengajian di rumahmu!
        50. Buatlah 3 pertanyaan untuk mewawancarai pedagang bakso!










Bahasa Indonesia UAS I Kelas V  Tahun 2013/2014 Kunci Jawaban
Previous
Next Post »
Thanks for your comment