CONTOH
KISI – KISI ULANGAN
TENGAH SEMESTER I
SEKOLAH DASAR TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN KEBUMEN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : II / 1
Alokasi
Waktu : 60 menit
Jumlah
Soal : 25 butir soal
Kurikulum
: KTSP
-
Pilihan Ganda : 10 butir soal
-
Isian : 10
butir soal
-
Uraian : 5 butir soal
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
1
|
1
|
Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta cara
perawatannya
|
1.1
|
Mengenal bagian tubuh dan kegunaan seta cara
perawatannya
|
Bagian – bagian anggota tubuh, kegunaan
serta cara perawatannya
|
Disajikan
sebuah gambar bagian tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan nama bagian tubuh
tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
1
|
Disajikan
sebuah gambar bagian tubuh manusia, siswa dapat menjelaskan kegunaan bagian
tubuh manusia tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
2
|
||||||
Disajikan
sebuah deskripsi tentang berbagai penyakit yang menyerang bagian tubuh
manusia, siswa dapat menjelaskan cara merawat bagian tubuh tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
3
|
||||||
|
|
|
1.2
|
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat dan kuat ( makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat )
|
Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat
|
Disajikan
ilustrasi tentang kondisi tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan hal yang
dibutuhkan untuk mengatasi kondisi tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
4
|
Disajikn
tabel tentang berbagai kebutuhan hidup manusia, siswa dapat mengidentifikasi
dua kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
|
Pilihan
Ganda
|
5
|
||||||
|
|
|
1.3
|
Membiasakan hidup sehat
|
Kebiasaan
hidup sehat
|
Disajikan
sebuah gambar tempat sampah, siswa dapat membiasakan membuang sampah di
tempat sampah
|
Pilihan
Ganda
|
6
|
Setelah
selesai melakukan kegiatan , siswa dapat membiasakan kebiasaan hidup sehat
|
Pilihan
Ganda
|
7
|
||||||
|
2
|
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat
|
2.1
|
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat
|
Perawatan dan
pemeliharaan kesehatan dan kebersihan lingkungan
|
Disajikan
ilustrasi tentang lingkungan yang kotor, siswa dapat menjelaskan cara
memelihara lingkungan agar tetap bersih
|
Pilihan
Ganda
|
8
|
Disajikan
beberapa tabel kegiatan manusia, siswa dapat mengenali kegiatan yang menjaga
kebersihan
|
Pilihan
Ganda
|
9
|
||||||
|
|
|
Disajikan
beberapa gambar benda, siswa dapat menunjukkan benda yang digunakan sebagai
alat kebersihan
|
Pilihan
Ganda
|
10
|
|||
2
|
1
|
Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta cara
perawatannya
|
1.1
|
Mengenal bagian tubuh dan kegunaan seta cara
perawatannya
|
Bagian – bagian anggota tubuh, kegunaan
serta cara perawatannya
|
Disajikan
sebuah gambar manusia, siswa dapat menyebutkan nama bagian tubuh yang
ditunjukkan dalam gambar
|
Isian
|
11
|
Disajikan
deskripsi keguanaan bagian tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan nama bagian
tubuh yang dideskripsikan
|
Isian
|
12
|
||||||
Siswa
dapat menyebutkan alat / benda yang digunakan untuk merawat bagian tubuh
|
Isian
|
13
|
||||||
1.2
|
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat dan kuat ( makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat )
|
Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat
|
Siswa
dapat menyebutkan kebutuhan manusia agar tidak merasa kedinginan atau
kepanasan
|
Isian
|
14
|
|||
Siswa
dapat menyebutkan sumber energi tubuh manusia
|
Isian
|
15
|
||||||
1.3
|
Membiasakan hidup sehat
|
Kebiasaan
hidup sehat
|
Siswa
dapat menjelaskan akibat sikap hidup tidak sehat
|
Isian
|
16
|
|||
|
|
|
|
|
|
Siswa
dapat membiasakan diri untuk tidur tidak larut malam
|
Isian
|
17
|
|
2
|
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat
|
2.1
|
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat
|
Perawatan dan
pemeliharaan kesehatan dan kebersihan lingkungan
|
Disajikan
sebuah gambar alat kebersihan, siswa dapat menyebutkan keguanaan alat
tersebut
|
Isian
|
18
|
Siswa
dapat membiasakan diri untuk menjaga kebersihan kelas
|
Isian
|
19
|
||||||
Siswa
dapat menjelaskan pentingnya lingkungan yang sehat
|
Isian
|
20
|
||||||
3
|
1
|
Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta cara
perawatannya
|
1.1
|
Mengenal bagian tubuh dan kegunaan seta cara
perawatannya
|
Bagian – bagian anggota tubuh, kegunaan
serta cara perawatannya
|
Siswa
dapat menyebutkan 3 bagian tubuh manusia yang berada di kepala
|
Uraian
|
21
|
Disajikan
beberapa bagian tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan keguanaan bagian tubuh
tersebut
|
Uraian
|
22
|
||||||
1.2
|
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat dan kuat ( makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat )
|
Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat
|
Siswa
dapat memberikan 3 buah contoh kebutuhan tubuh manusia agar tumbuh sehat
|
Uraian
|
23
|
|||
1.3
|
Membiasakan hidup sehat
|
Kebiasaan
hidup sehat
|
Siswa
dapat menyebutkan 3 kebiasaan hidup sehat yang dilakukan setelah bangun tidur
|
Uraian
|
24
|
|||
|
2
|
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat
|
2.1
|
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat
|
Perawatan dan
pemeliharaan kesehatan dan kebersihan lingkungan
|
Siswa
dapat melakukan tindakan yang tepat saat melihat lingkungan yang kotor
|
Uraian
|
25
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon