ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
VI (Enam)
Hari/Tanggal :
Waktu :
07.30
s.d 09.00 WIB
PETUNJUK UMUM
1.
Tulislah
namamu di sudut kanan atas pada lembar jawaban!
2.
Bacalah
setiap soal dengan seksama!
3.
Kerjakan
terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah!
4.
Telitilah
kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada pengawas!
I.
Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang kamu anggap paling
benar pada lembar jawaban!
1. Secara administrasi wilayah Indonesia terdiri
atas pemerintah ....
a. Pusat dan daerah c. Provinsi dan kabupaten
b. Pusat dan nasional d. Kecamatan dan kelurahan
2. Provinsi yang terbentuk pada awal kemerdekaan
adalah ....
a. Kalimantan, Banten c. Jawa Tengah, DKI Jakart a
b. Jawa Tengah, Jawa Barat d. Sumatra, NAD
3. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang
terbentuk pada awal kemerdekaan dengan ibu kota ....
a. Bandung c.
Semarang
b. Surabaya d.
Jakarta
4. Otonomi daerah diatur dengan Undang-Undang
nomor ....
a. 21 Tahun 1999 c.
23 Tahun 1999
b. 22 Tahun 1999 d.
24 Tahun 1999
5. Pada tahun 1959 provinsi Sunda Kecil dimekarkan
menjadi provinsi ...
a. Bali, NTB, NTT c.
Banten, NTB, NTT
b. NTB, NTT, Sumatra d. Jambi, Riau, Aceh
6. Provinsi yang belum pernah mengalami pemekaran
adalah ....
a. Jawa Tengah c.
Jawa Timur
b. Jawa Barat d.
Sulawesi
7. Pada tahun 2000 provinsi Jawa Barat dimekarkan
menjadi provinsi ....
a. Bangka Belitung c.
NTB
b. Aceh d.
Banten
8. Suatu negara yang wilayahnya terdiri dari
banyak pulau disebut negara ....
a. Agraris c.
Kepulauan
b. Maritim d.
Pertanian
9. Pemerintah Indonesia menetapkan wilayah
perairan laut dengan Deklarasi Juanda pada tanggal ....
a. 12 Oktober 1957 c.
13 Desember 1957
b. 13 Nopember 1957 d. 13 Desember 1967
10. Wilayah perairan Indonesia ditetapkan selebar
....
a. 12 mil c.
3 mil
b. 200 mil d.
13 mil
11. Jalur laut yang berjarak 12 mil laut daru garis
dasar ke laut lepas dinamakan ....
a. Landas kontinen c.
Zona laut teritorial
b. ZEE d.
Garis batas
12. Landas kontinen laut Indonesia adalah ....
a. 12 mil c.
200 mil
b. 150 mil d.
200 m
13. Salah satu usaha pelestarian laut adalah ....
a. Pembuangan limbah c. Pelarangan merusak terumbu
karang
b. Penggunaan bahan peledak d. Pengambilan karang laut
14. Secara geografis Indonesia terletak di ....
a. Asia Tenggara c.
Asia Timur
b. Asia Barat d.
Asia Selatan
15. Gunung Pagon merupakan gunung tertinggi di
negara ....
a. Malaysia c.
Vietnam
b. Brunai Darussalam d. Laos
16. Sungai terpanjang di Brunei Darussalam adalah
....
a. Sungai Irawadi c.
Sungai Chau Phraya
b. Sungai Mekong d.
Sungai Belait
17. Gunung tertinggi di Malaysia adalah ....
a. Pagon c.
Kinabalu
b. Puncak Jaya d.
Do’i Inthanon
18. Tanah Genting Kra terdapat di ....
a. Malaysia c.
Thailand
b. Singapura d.
Pilipina
19. Secara umum masalah-masalah sosial yang
dihadapi negara di kawasan Asia Tenggara adalah ....
a. Kependudukan c.
Pencemaran
b. Politik d.
Keamanam
20. Pendiri negara Singapura adalah ....
a. Jan Pieterszoon Coen c. Daendels
b. Van Den Bosch d.
Sir Thomas Stamford Raffles
21. Singapura merupakan salah satu negara Industri
dengan hasil produksi ....
a. Alat pertanian c.
Alat kesehatan
b. Alat transportasi d. Alat perang
22. Indonesia secara geografis terletak di antara 2
samudra, yaitu ....
a. Samudra Hindia dan Laut Merah c. Samudra Hindia dan Pasifik
b. Samudra pasifik dan Laut Arthik d. Samudra Hindia dan Laut Jawa
23. Pada saat pesta rakyat Vietnam mengenakan
pakaian tradisional ....
a. Ao Dai c.
Long Dress
b. Kebaya d.
Kimono
24. Di Asia Tenggara negara yang tidak mempunyai
wilayah perairan adalah ....
a. Myanmar c.
Thailand
b. Vietnam d.
Malaysia
25. Benua Asia secara astronomis terletak antara
....
a. 13o LU – 76o24 LU c. 11o
LU – 75o41 LU
b. 11o 16’LU – 77o41 LU d. 12o LU
– 82o LU
26. Benua yang terbesar di dunia adalah benua ....
a. Amerika c.
Asia
b. Australia d.
Afrika
27. Yang termasuk negara-negara di Asia Barat
adalah ....
a. Arab Saudi, Taiwan, Tajikhistan c. Iran, Malaysia, Irak
b. Irak, Arab Saudi, Nepal d. Arab Saudi, Iran, Irak
28. Sebutan bagi negara-negara di Asia Barat adalah
negara ....
a. Gurun Pasir c.
Timur Jauh
b. Arab d.
Timur Tengah
29. Perhatikan
peta berikut! Negara Thailand ditunjukkan pada angka ....
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
|
30. Tajmahal merupakan peninggalan bersejarah di
negara ....
a. Malaysia c.
Indonesia
b. India d.
Kamboja
31. Sungai terpanjang di dunia adalah sungai ....
a. Nil c.
Missisipi
b. Meleong d.
Ohio
32. Benua Eropa secara astronomis terletak antara
....
a. 71o 8’ LU – 36o24 LU c. 76o LU
– 63o LU
b. 73o LU – 36oLU d. 77o
LU – 36o LU
33. Berikut adalah salah satu negara yang berada di
Asia Selatan yaitu ....
a. Kuwait c.
Bangladesh
b. Kazakhstan d.
Uzbekhistan
34. Benua terkecil di dunia adalah ....
a. Asia c.
Australia
b. Eropa d.
Afrika
35.
|
Perhatikan
peta di samping!
Negara
yang ditunjuk dengan huruf A adalah ....
a. Tripoli
b. Cape Town
c. Tunisia
d. Rabat
|
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban
yang benar!
36. Pada awal kemerdekaan, jumlah provinsi yang
terbentuk ada .... provinsi.
37. Salah satu negara di Asia Tenggara yang pernah
menjadi provinsi di Indonesia adalah negara ....
38. Provinsi termuda di Indonesia beribukota di
....
39. ASEAN berdiri pada tanggal ....
40. Negara di Asia Tenggara yang belum pernah
dijajah oleh bangsa lain adalah ....
41. Pada tahun 2000 provinsi Riau dimekarkan
menjadi provinsi ....
42. Kopi merupakan hasil uatama dari negara ....
43. Mata
uang negara yang ditandai dengan huruf B adalah ....
44. Laut yang menghubungkan antara Benua Asia dan
Afrika adalah ....
45. Air terjun Niagara terletak di negara ....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
46. Sebutkan 3 negara yang berbatasan langsung
dengan Indonesia!
47. Tuliskan 3 hal yang dapat merusak kelestarian
wilayah laut Indonesia!
48. Sebutkan 2 kota-kota besar atau penting di
Amerika Serikat!
49. Sebutkan 3 di antara tokoh pendiri ASEAN!
50. Jelaskan pembagian wilayah di Benua Asia!
Download Kunci Jawaban DISINI
KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kurikulum : KTSP
Kelas : VI
Alokasi Waktu :
90 menit
Jumlah Soal : 50 butir soal
Bentuk Soal : a. Pilihan Ganda : 35 butir soal
b. Isian : 10 butir soal
c. Uraian : 5
butir soal
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Kelas/ Semester
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Bentuk Soal
|
|||
1.
|
1.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial negara
– negara di Asia Tenggara,
serta benua – benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan
Sistim administra
si wilayah Indone
sia
|
Sistim administrasi wilayah
Indonesia terdiri dari pemerintah pusat dan daerah
|
VI / 1
|
Siswa dapat menjelaskan
Sistim administrasi wilayah
Indonesia
|
1
|
PG
|
|||
2
|
1.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial negara
– negara di Asia Tenggara,
serta benua – benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan jum
lah propinsi di Indo
nesia dan ibu kotanya
|
Provinsi – provinsi yang terbentuk pada awal kemerdakaan adalah Sumatra,
Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Sunda Kecil, dan
maluku.
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan provinsi – provinsi yang terbentuk pada awal
kemerdakaan
|
2
|
PG
|
|||
3
|
1.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial negara
– negara di Asia Tenggara,
serta benua – benua.
|
1.1
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan jum
Lah propinsi di Indonesia dan ibu
kotanya
|
Nama ibu kota propinsi pada awal kemerdekaan antara lain Jawa Tengah ibu
kotanya Semarang dll.
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu ibukota propinsi pada awal kemerdekaan
|
3
|
PG
|
|||
4
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
Dasar hukum pemekaran propinsi di
indonesia
|
Dasar hukum pemekaran propinsi di indonesia undang-undang no 22 tahun
1999
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan Undang-undang yang mengatur otonomi daerah untuk
pemekaran propinsi
|
4
|
PG
|
|||
5
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan sistem pemerintahan Indonesia
|
Pemekaran propinsi Sunda kecil
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan pemekaran dari propinsi Sunda kecil
|
5
|
PG
|
|||
6
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
Provinsi yang belum pernah mengalami pemekaran adalah Provinsi jawa Timur
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan provinsi yang belum pernah mengalami pemekaran
|
6
|
PG
|
|||
7
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
Pemekaran propinsi dari Jawa Barat
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan pemekaran dari propinsi Jawa Barat
|
7
|
PG
|
|||
8
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan sistim administrasi wilayah indonesia
|
Pengertian negara kepulauan
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan pengertian negara kepulauan
|
8
|
PG
|
|||
9
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan wilayah laut Indonesia
|
Deklarasi Juanda
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan tanggal dan tahun diumumkannya Deklarasi Juanda
|
9
|
PG
|
|||
10
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan wilayah laut
Indonesia
|
1.
Wilayah perairan Indonesia
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan wilayah perairan indonesia
|
10
|
PG
|
|||
11
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan wilayah laut indonesia
|
Zona laut teritorial
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan pengertian zona laut teritorial
|
11
|
PG
|
|||
12
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendiskripsikan
perkembangan sistim administrasi wilayah indonesia
|
Perkembangan wilayah laut indonesia
|
Batas Landas kontinen
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan batas landas kontinen laut indonesia
|
12
|
PG
|
|||
13
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1.Mendiskripsikan
perkembangan sistim administrasi wilayah indonesia
|
Perkembangan wilayah laut indonesia
|
Usaha Pelestarian Laut Indonesia
|
VI / 1
|
Siswa dapat menjelaskan salah satu usaha pelestarian laut indonesia
|
13
|
PG
|
|||
14
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara tetangga
|
Letak geografis Indonesia
|
Secara geografis Indonesia terletak dikawasan Asia Tenggara
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan letak Indonesia secara geografis
|
14
|
PG
|
|||
15
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara tetangga
|
Kenampakan Alam Brunei Darussalam
|
Gunung tertinggi di Brunei Darussalam
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama gunung tertinggi di Brunei Darussalam
|
15
|
PG
|
|||
16
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara tetangga
|
Kenampakan Alam Brunei Darussalam
|
Sungai terpanjang di Brunei Darussalam
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama sungai di Brunei Darussalam
|
16
|
PG
|
|||
17
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara tetangga
|
Kenampakan Alam Negara Malaysia
|
Gunung di Malaysia
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama gunung di malaysia
|
17
|
PG
|
|||
18
|
1.Memahami perkembangan
wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua – benua.
|
1.2Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara tetangga
|
Kenampakan alam di Malaysia
|
Kenampakan alam di Malaysia adalah Tanah genting kra
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu kenampakan alam di Malaysia
|
18
|
PG
|
|||
19
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara tetangga
|
Gejala sosial Indonesia dan Negara Tetangga
|
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan masalah sosial yang dihadapi oleh Indonesia dan
negara tetangga
|
19
|
PG
|
|||
20
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara tetangga
|
Pendiri negara Singapura
|
Negara Singapura didirikan oleh Sir Thomas Stamford Raffles
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama tokoh pendiri Negara Singapura
|
20
|
PG
|
|||
21
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara tetangga
|
Hasil industri Singapura
|
Singapura merupakan negara industri yang mengekspor mesin alat
tranportasi
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan hasil perindustrian di singapura
|
21
|
PG
|
|||
22
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara
tetangga
|
Letak geografis indonesia
|
Letak geografis Indonesia adalah diantara 2 samudra dan 2 benua, yaitu
Benua Asia dan Australia serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik
|
VI / 1
|
Siswa dapat menjelaskan letak geografis Indonesia
|
22
|
PG
|
|||
23
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.Membandingkan kenampakan alam dan
keadaan Sosial Negara-negara tetangga
|
Pakaian tradisional Vietnam
|
Vietnam mempunyai pakaian tradisional yang biasa dipakai saat pesta yaitu Ao Dai
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama pakaian tradisional yang dipakai pada waktu
pesta
|
23
|
PG
|
|||
24
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2.Membandingkan kenampakan alam dan
keadaan sosial Negara-negara tetangga
|
Kenampakan alam negaraLaos
|
Negara diwilayah Asia Tenggara yang wilayahnya berupa daratan
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan negara yang tidak mempunyai wilayah perairan
|
24
|
PG
|
|||
25
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Benua Asia
|
Letak Benua Asia
|
Siswa dapat menyebutkan letak benua Asia secara astronomis
|
25
|
PG
|
||||
26
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Benua – benua di dunia
|
Benua terbesar didunia
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama benua yang terbesar di dunia
|
26
|
PG
|
|||
27
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Benua Asia
|
Negara yang termasuk diwilayah Asia Barat
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan beberapa negara yang masuk wilayah Asia Barat
|
27
|
PG
|
|||
28
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Benua Asia
|
Sebutan Asia Barat
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama sebutan bagi Asia Barat
|
28
|
PG
|
|||
29
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Negara – negara di Asia Tenggara
|
Negara – negara di Asia Tenggara adalah :
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama negara di Asia Tenggara yang berada dalam
peta
|
29
|
PG
|
|||
30
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Peninggalan bersejarah
|
Peninggalan – peninggalan bersejarah terkenal di dunia adalah:
a. Piramida dan Sphink di mesir
b. Tembok besar China di China
c. Candi borobudur di Indonesia
d. Taj mahal di India
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan tempat keberadaan Tajmahal
|
30
|
PG
|
|||
31
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Sungai terpanjang di dunia
|
Sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama sungai terpanjang di dunia
|
31
|
PG
|
|||
32
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Letak Benua Eropa
|
Benua Eropa terletak diantara 71 LU-36 LU dan 66 BT-9 BB
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan letak Benua Eropa
|
32
|
PG
|
|||
33
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Negara – negara di Asia Selatan
|
Negara – negara di Asia Selatan adalah India, Pakistan, Bangladesh, Sri
lanka, Nepal, dan Bhutan
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu negara di Asia Selatan
|
33
|
PG
|
|||
34
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Benua – benua di Dunia
|
Benua terkecil di dunia adalah Australia
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama benua terkecil di dunia
|
34
|
PG
|
|||
35
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua – benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Negara- negara di Benua Afrika
|
Negara – negara pada peta adalah:
A : Afrika Selatan beribukota Pretoria dan Cape Town
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama ibukota negara yang ditunjukkan dalam peta
|
35
|
PG
|
|||
36
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Perubahan wilayah provinsi di Indonesia
|
Pada awal kemerdekaan Indonesia terdiri dari 8 provinsi yaitu Sumatra,
kalimantan, Sunda Kecil, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi dan
Maluku
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan jumlah provinsi di Indonesia pada awal
kemerdekaan
|
36
|
isian
|
|||
37
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Provinsi – Provinsi di Indonesia
|
Provinsi di Indonesia yang lepas dari NKRI
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama propinsi yang lepas dari NKRI
|
37
|
isian
|
|||
38
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Propinsi –propinsi di indonesia
|
Propinsi termuda di Indonesia adalah propinsi Sulawesi Barat
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama ibukota propinsi termuda
|
38
|
isian
|
|||
39
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara
tetangga
|
Organisasi negara – negara di Asia Tenggara
|
Organisasi negara – negara di Asia Tenggara adalah ASEAN yang berdiri
pada tanggal 8 Agustus 1967 ditandai
dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan tanggal berdirinya ASEAN
|
39
|
isian
|
|||
40
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara
tetangga
|
Keadaan sosial negara –
negara di Asia Tenggara
|
Negara Thailand adalah satu – satunya negara di Asia Tenggara yang tidak
pernah dijajah oleh bangsa asing
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama negara di Asia Tenggara yang tidak pernah
dijajah oleh bangsa asing
|
40
|
isian
|
|||
41
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara
tetangga
|
Perubahan wilayah provinsi di Indonesia
|
Pada tahun 2002 provinsi Riau dimekarkan menjadi Kepulauan Riau
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan pemekaran dari provinsi Riau
|
41
|
isian
|
|||
42
|
1.Memahami perkembangan
wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua – benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Hasil utama negara Brazil
|
Hasil utama negara Brazil adalah kopi
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan hasil utama negara Brazil
|
42
|
isian
|
|||
43
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Negara – negara di Asia Timur
|
Negara – negara di Asia Timur adalah Jepang, RRC, Korea Utara, Korea
Selatan dan Taiwan sebagaimana yang ditunjukkan dalam peta
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan mata uang negara yang ditunjukkan pada peta
|
43
|
isian
|
|||
44
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Batas – batas benua
|
Benua Asia dan Afrika dipisahkan oleh Laut Merah dan Terusan Suez
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan nama laut yang menghubungkan Benua Asia dan Benua
Afrika
|
44
|
isian
|
|||
45
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Kenampakan alam di Amerika
|
Kenampakan alam di Amerika berupa laut, sungai, danau, gunung, dataran
tinggi, salah satunya adalah air terjun Niagara yang terletak di Amerika
Serikat
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan negara tempat air terjun Niagara terletak
|
45
|
isian
|
|||
46
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara
tetangga
|
Negara – negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia
|
Negara – negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia adalah
Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan 2 negara yang berbatasan langsung dengan
Indonesia
|
46
|
Uraian
|
|||
47
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Pelestarian wilayah laut Indonesia
|
Hal – hal yang dapat merusak kelestarian sumber daya laut adalah :
Membuang sampah di laut, menangkap ikan dengan bom, jaring trawl atau pukat
harimau ; penambangan pasir di pantai ; perusakan terumbu karang dan rumput
laut.
|
VI / 1
|
Siswa dapat menjelaskan 3 hal yang
dapat merusak kelestarian wilayah laut Indonesia
|
47
|
Uraian
|
|||
48
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3Mengidentifikasi
benua – benua
|
Kota-kota penting di Amerika
|
Kota-kota penting di Amerika antara lain ;Washington DC,New York Boston
dll.
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan 2 kota penting di Amerika
|
48
|
Uraian
|
|||
49
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.2Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial Negara- Negara
tetangga
|
Tokoh – tokoh pendiri ASEAN
|
Tokoh – tokoh pendiri ASEAN adalah Adam Malik : Indonesia, Narsisco
Ramos: Filipina, S. Rajaratnam : Singapura, Tun Abdul Razak : Malaysia,
Thanat Khoman: Thailand.
|
VI / 1
|
Siswa dapat menyebutkan tokoh – tokoh pendiri ASEAN
|
49
|
Uraian
|
|||
50
|
1.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara di Asia Tenggara, serta benua –
benua.
|
1.3.Benua-benua di dunia
|
Pembagian wilayah benua Asia
|
Benua Asia dibagi menjadi
beberapa bagian antara lain : Asia Barat, Asia Timur, Asia Tenggara, dll
|
VI / 1
|
Siswa dapat menjelaskan pembagian wilayah benua Asia
|
50
|
Uraian
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon