ULANGAN
AKHIR SEMESTER I
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (enam)
Hari/tanggal : …………………
Waktu : 90
Menit
PETUNJUK UMUM :
1.Tulislah
namamu di sudut kanan atas pada lembar jawab!
2.
Bacalah setiap soal dengan seksama!
3.
Kerjakan lebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah!
4.
Telitilah
kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada pengawas!
I. Berilah tanda silang (X)
pada huruf A, B, C atau
D pada jawaban yang kamu anggap paling benar pada lembar
jawaban!
1.
Pancasila adalah fondasi
sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian
Pancasila berfungsi sebagai . . . .
a.
|
dasar negara
|
c.
|
pandangan hidup bangsa
|
b.
|
ideologi negara
|
d.
|
cita-cita nasional
|
2.
Tokoh di atas
adalah orang yang mengemukakan pendapatnya tentang dasar negara, nama tokoh
tersebut adalah
. . . .
a.
|
Mr. Muh.Yamin
|
c.
|
Ir,Soekarno
|
b.
|
Mr. Soepomo
|
d.
|
Muh. Hatta
|
3.
1. Persatuan
2.
Kekeluargaan
3. Mufakat dan demokrasi
4. Musyawarah
5. Keadilan
sosial
Tokoh pengusul
dasar negara tersebut di atas adalah . . . .
a.
|
Mr. Muh.Yamin
|
c.
|
Ir,Soekarno
|
b.
|
Mr. Soepomo
|
d.
|
Muh. Hatta
|
4.
Ir. Soekarno mengusulkan rumusan dasar negara pada tanggal
. . . .
a.
|
29 Mei 1945
|
c.
|
31 Mei 1945
|
b.
|
30 Mei 1945
|
d.
|
1 Juni 1945
|
5.
Urutan sila-sila dari Pancasila yang dipakai sampai saat
ini sesuai yang tercantum dalam . . . .
a.
|
usulan Ir. Soekarno
|
c.
|
Piagam Jakarta
|
b.
|
usulan Mr. Soepomo
|
d.
|
pembukaan UUD 1945
|
6. Tidak ada anggota yang merasa
kalah dalam musyawarah proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara,
meskipun pendapat-pendapat di antara mereka tidak disetujui. Hal tersebut
merupakan nilai . . . .
a.
|
rendah hati
|
c.
|
berjiwa besar
|
b.
|
mufakat
|
d.
|
kerja keras
|
7. Perbedaan antara rumusan Pancasila yang berlaku sampai saat ini dengan
rumusan yang terdapat
dalam Piagam Jakarta terdapat pada sila . . . .
a.
|
kesatu
|
c.
|
ketiga
|
b.
|
kedua
|
d.
|
keempat
|
8. Berikut ini adalah nilai-nilai juang para tokoh dalam
proses perumusan Pancasila, kecuali .
. . .
a.
|
bersatu dalam perbedaan
|
c.
|
berbeda-beda tetapi satu cita-cita
|
b.
|
nilai kebersamaan
|
d.
|
mengharap pamrih
|
9. Perbuatan yang mencerminkan musyawarah untuk mufakat di lingkungan sekolah
adalah . . . .
a.
|
membersihkan kelas
|
c.
|
memilih ketua kelas
|
b.
|
belajar kelompok
|
d.
|
mengadakan kerja bakti
|
10. Nilai juang dari para tokoh yang
berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
untuk dilaksanakan seorang pelajar . . . .
a.
|
banyak menonton acara TV
|
c.
|
giat dan rajin belajar
|
b.
|
menonton
film-film luar negeri
|
d.
|
suka mengikuti berita
|
11. Hasil keputusan musyawarah yang
baik akan mencerminkan . . . .
a.
|
kemenangan satu pendapat
|
c.
|
kemenangan pendapat kelompok
|
b.
|
kemenangan orang terpandai
|
d.
|
kemenangan anggota musyawarah
|
12. Sikap yang perlu dikembagkan dalam musyawarah adalah
. . . .
a.
|
menghargai pendapat orang lain
|
c.
|
memaksakan pendapat kepada orang lain
|
b.
|
menolak pendapat orang lain
|
d.
|
mempengaruhi pendapat orang lain.
|
13. Sebagai siswa yang memiliki sikap
tanggung jawab, terhadap hasil-hasil keputusan musyawarah
seharusnya
. . . .
a.
|
Melaksanakan meskipun tidak sependapat
|
c.
|
Melaksanakan jika sesuai pendapat
|
b.
|
Tidak perlu melaksanakan
|
d.
|
Melaksanakan dengan syarat-syarat
|
14.Nilai kebersamaan
yang tercermin pada sidang-sidang Panitia Sembilan dalam proses perumusan
Pancasila sebagai dasar negara adalah . . . .
a.
|
adanya banyak perbedaan
pendapat
|
c.
|
adanya dua golongan saling
mengemukakan pendapat
|
b.
|
tidak adanya perbedaan pendapat
|
d.
|
disepakatinya suatu jalan
tengah untuk mengatasi perbedaan pendapat
|
15. Saling tenggang
rasa terhadap perbedaan-perbedaan pendapat dalam musyawarah merupakan
cermin dari nilai . . . .
a.
|
rendah hati
|
c.
|
mufakat
|
b.
|
toleransi
|
d.
|
bertanggung jawab
|
16. Contoh nilai kebersamaan yang
perlu kita kembangkan dalam kehidupan di sekolah adalah . . . .
a.
|
kerja sama dalam
ujian
|
c.
|
saling membantu
dalam tugas piket
|
b.
|
berpegang kepada pendapat sendiri
|
d.
|
saling membantu
berdasar suku/agama
|
17. Untuk mencapai cita-cita kita harus belajar dengan tekun.Nilai juang yang
tepat dilaksanakan adalah . . .
a.
|
rendah hati
|
c.
|
mufakat
|
b.
|
kerja keras
|
d.
|
rela berkorban
|
18. Terhadap segala hal yang di
dalamnya mengandung kepentingan bersama,hendaknya . . . .
a.
|
rendah hati
|
c.
|
toleransi
|
b.
|
musyawarah
|
d.
|
kerja keras
|
19. Saat memberikan suara, seorang
pemilihan dalam Pemilu tidak boleh mewakilkan kepada orang lain
Hal
tersebut merupakan pengertian dari pelaksanaan asas . . . .
a.
|
umum
|
c.
|
bebas
|
b.
|
langsung
|
d.
|
rahasia
|
20. Badan atau lembaga yang menyelenggarakan Pemilu di
Indonesia adalah . . . .
a.
|
DPR
|
c.
|
DPRD
|
b.
|
MPR
|
d.
|
KPU
|
21. Badan ini dalam Pemilu bertugas
meneruskan laporan tentang pelanggaran dalam pelaksanaan
Pemilu. Badan tersebut adalah . . . .
a.
|
Pemantau Pemilu
|
c.
|
KPU
|
b.
|
Pengawas Pemilu
|
d.
|
PPK
|
22. Dalam Pilkada, kegiatan berikut
ini termasuk tahapan persiapan . . . .
a.
|
pendaftaran pemilih
|
c.
|
pembentukan
panitia pengawas
|
b.
|
kampanye
|
d.
|
pendaftaran calon
kepala daerah
|
23.Pemilu presiden dan wakil presiden secara langsung pertama kali
dilaksanakan pada tahun . . . .
a.
|
1992
|
c.
|
2004
|
b.
|
1999
|
d.
|
2009
|
24. Kegiatan peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan
programnya disebut . . . .
a.
|
mobilisasi
|
c.
|
simpatisan
|
b.
|
orasi
|
d.
|
kampanye
|
25.Pejabat di bawah ini yang pengangkatannya melalui pilkada adalah . . . .
a.
|
camat
|
c.
|
bupati
|
b.
|
kapolres
|
d.
|
lurah
|
26.
Lembaga di bawah ini
yang tugasnya memilih presiden dan wakil presiden adalah . . . .
a.
|
MA
|
c.
|
DPR
|
b.
|
MPR
|
d.
|
BPK
|
27. Lembaga negara yang mempunyai wewenang memutus perselisihan tentang hasil
pemilihan umum
adalah . . .
.
a.
|
KY
|
c.
|
MA
|
b.
|
DPR
|
d.
|
MK
|
28.Salah satu tugas DPR antara lain . . . .
a.
|
mengangkat presiden
|
c.
|
mengangkat menteri
|
b.
|
membuat undang-undang
|
d.
|
memeriksa keuangan
|
29. Lembaga negara yang
mempunyai wewenang mengusulkan pengangkatan hakim agung adalah . . .
a.
|
KY
|
c.
|
MA
|
b.
|
DPR
|
d.
|
MK
|
30.
Hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan
pemerintah yang diduga bertentangan
dengan
peraturan perundang-undangan, disebut . . . .
a.
|
inisiatif
|
c.
|
angket
|
b.
|
interpelasi
|
d.
|
budget
|
31. Pemerintahan pusat
terdiri atas . . . .
a.
|
Presiden dan wakil presiden
|
c.
|
DPR dan MPR
|
b.
|
Presiden dan DPR
|
d.
|
MPR dan BPK
|
32.Dalam melaksanakan tugasnya, para menteri harus bertanggungjawab kepada . .
. .
a.
|
DPR
|
c.
|
MA
|
b.
|
MPR
|
d.
|
Presiden
|
33.Pemerintah daerah diberi hak, wewenang, dan kewajiban untuk mengatur dan
mengurus sendiri
daerahnya. Hal ini disebut . . .
a.
|
demokrasi
|
c.
|
otonomi daerah
|
b.
|
sentralisasi
|
d.
|
potensi daerah
|
34. Berikut ini termasuk urusan yang
menjadi kewenangan pemerintah pusat, yaitu . . . .
a.
|
politik luar
negeri
|
c.
|
perbaikan jalan
desa
|
b.
|
kerjasama
antardaerah
|
d.
|
pembuatan saluran
irigasi daerah
|
35.Hak pemerintah daerah yaitu . . . .
a.
|
mengembangkan kehidupan yang demokratis
|
c.
|
mengembangkan sistem jaminan sosial
|
b.
|
memungut pajak dan retribusi daerah
|
d.
|
menyediakan fasilitaspelayanan kesehatan
|
II. ISILAH TITIK-TITIK BERIKUT INI DENGAN JAWABAN YANG BENAR!
36. Panitia kecil yang mengesahkan Piagam Jakarta dikenal dengan nama . . . .
37. Tokoh yang mengusulkan perubahan pada butir pertama
dasar negara pada Piagam
Jakarta
ialah . . . .
38. Pancasila disahkan menjadi dasar negara Indonesia pada
tanggal . . . .
39 Lembaga negara yang
anggotanya berasal dari wakil rakyat daerah provinsi adalah . . . .
40.Hak Presiden untuk memberikan penghapusan, pengurangan hukuman dan
penggantian hukuman
disebut . . .
.
41. Pilkada dan Pemilu merupakan
bagian dari pelaksanaan . . . .
42. Pemilu di tanah air Indonesia
diadakan setiap . . . sekali.
43. Setiap pemilih menentukan pilihannya sesuai keinginan sendiri tanpa tekanan
dan paksaan dari
siapapun, disebut asas . . . .
44. Lembaga negara yang
bertugas mengawasi para hakim adalah . . . .
45. Dalam pemerintahan daerah gubernur membuat perda
bersama .
. .
III.
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR!
46. Sebutkan konsep dasar negara yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno!
47. Sebutkan tiga fungsi DPR!
48. Sebutkan tiga asas pemilu di Indonesia yang kau ketahui!
49.
Sebutkan tiga lembaga negara yang termasuk lembaga
yudikatif!
50.
Sebutkan tiga tugas dan wewenang MPR!
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER I SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Penddidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI(Enam)
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu : 90
Menit
Jumlah Soal : 50
Soal
Bentuk Soal : I. Pilihan
Ganda 35 butir, nomor 1 s/d 35
II.
Isian 10 butir, nomor 36 s/d 45
III.
Uraian 5 butir, nomor 46 s/d 50
NO
|
SK
|
KD
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
1.Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
1.1. Mendiskripsi-kan
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
|
Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara
Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia
|
1
|
Pilihan Ganda
|
Tokoh perumus Pancasila Moh. Yamin
|
Disajikan gambar tokoh perumus Pancasila siswa dapat menentukan nama tokoh perumus Pancasila
|
2
|
|||||
Gagasan dasar negara menurut Mr.Soepomo yaitu: persatuan ,kekeluargaan,
mufakat atau demokrasi, musyawarah,keadilan sosial
|
-Siswa menentukan pengusul
dasar negara dengan gagasan:
persatuan ,kekeluargaan, mufakat
atau demokrasi, musyawarah,keadilan sosial
|
3
|
|||||
Ir. Soekarno mengemukakan gagasan dasar negara pada tanggal1 juni 1945
|
-Siswa dapat menyebutkan saat Ir Soekarno mengusulkan dasar negara
|
4
|
|||||
Rumusan Pancasila yang sah pada pembukaan UUD 1945
|
Siswa dapat menunjukkan rumusan Pancasila yang sah
|
5
|
|||||
Nilai –nilai yang dapat diteladani dari tokoh perumus Pancasila:
musyawarah,menghargai perbedaan,toleransi,rendah hati,berjiwa besar,kerja
keras
|
- siswa dapat menentukan nilai yang dapat
diteladani dari para perumus Pancasila
|
6
|
|||||
- siswa dapat menyebutkan perbedaan rumusan
Panasila yang ada di Piagam Jakarta dengan yang berlaku sekarang
|
7
|
||||||
Mengharap pamrih adalah contoh sikap yang tidak menunjukan nilai juang
para perumus Pancasila
|
Siswa dapat menyebutkan yang bukan nilai juang dalam proses perumusan
Pancasila
|
8
|
|||||
Sikap yang mencerminkan musyawarah mufakat di sekolah al. Memilih ketua kelas
|
- Siswa dapat menentukan sikap yang mencerminkan
musyawarah mufakat di lingkungan sekolah
|
9
|
|||||
Nilai juang yang dapat diteladani oleh seorang pelajar yaitu belajar
dengan giat
|
- Siswa dapat menyebutkan nilai juang yang dapat diteladani oleh
seorang pelajar
|
10
|
|||||
Hasil musyawarah yang baik merupakan kemenangan semua anggota musyawarah
|
- Siswa dapat menyebutkan hasil keputusan
musyawarah yang baik
|
11
|
|||||
Nilai yang dapat dikembangkan dalam musyawarah al. Menghargai pendapat
orang lain
|
- Siswa dapat menyebutkan nilai yang dapat
dikembangkan dalam musyawarah
|
12
|
|||||
Sikap yang harus dilakukan dalam musyawarah adalah melaksanakan meskipun
berbeda pendapat
|
- Siswa dapat menentukan sikap yang
tanggungjawab terhadap hasil keputusan bersama
|
13
|
|||||
1.2.
Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
Proses perumusan Pancasila
|
Nilai kebersamaan yang tercermin pada sidang panitia sembilan yaitu
disepakatinya jalan tengah dalam mengatasi masalah
|
- Siswa dapat menyebutkan nilai kebersamaan yang
tercermin dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara pada sidang panitia
sembilan
|
14
|
|||
Sikap tenggang rasa al.toleransi
|
- Siswa dapat menentukan sikap nilai tenggang rasa
|
15
|
|||||
Nilai kebersamaan yang dapat dikembangkan di sekolah al.saling membantu
dalam piket
|
- Siswa dapat menyebutkan nilai kebersamaan yang dapat
dikembangkan di sekolah
|
16
|
|||||
1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharÃ-hari
|
Meneladani nila-nilai perjuangan
|
Nilai juang sebagai pelajar dalam mencapai cita-cita a.l kerja keras
|
- Siswa dapat menyebutkan nilai juang dalam mencapai
cita-cita
|
17
|
|||
Sikap yang dapat dikembangkan untuk kepentingan bersama adalah
musyawarah/mufakat
|
- Menentukan sikap yang dapat
dikembangkan untuk kepentingan bersama
|
18
|
|||||
2.1. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada.
|
§ Pemilihan Umum di
Indonesia.
§ Arti dan asas Pemilihan
Umum.
§ Pelaksanaan Pemilu.
§ Proses Pemilu presiden
dan wakil.
§ Komisi Pemilihan Umum.
§ Ketentuan Kampanye
§ Pemilihan Kepala Daerah
|
Asas pemilu a.l: langsung yang artinya tidak boleh diwakilkan
|
- Siswa dapat menjelaskan
asas pemilu langsung
|
19
|
|||
§ Pemilihan Umum di
Indonesia.
§ Arti dan asas Pemilihan
Umum.
|
Lembaga penyelenggara pemilu yaitu KPU, KPUD
|
- Siswa dapat menyebutkan
lembaga penyelenggara pemilu
|
20
|
||||
Pelaksanaan Pemilu
|
Badan yang melaporkan pelanggaran pemilu yaitu panwaslu
|
- Siswa dapat menyebutkan badan yang meneruskan
laporan tentang pelanggaran pemilu
|
21
|
||||
2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi
pemerintahan pusat dan daearah.
|
§ Pemilihan Umum di
Indonesia.
Proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada.
|
Tahapan pemilu al. Pendaftaran calon pemilih
|
- Siswa dapat menyebutkan tahapan dalam pemilu
|
22
|
|||
Pemilu secara langsung di Indonesia dimulai tahun 2004
|
- Siswa dapat menjelaskan kapan waktu diadakannya pemilu secara
langsung
|
23
|
|||||
Salah satu kegiatan peserta pemilu adalah kampanye
|
-siswa dapat menyebutkan kegiatan peserta pemilu untuk meyakinkan para
pemilih
|
24
|
|||||
Pejabat negara yang dipilih melalui pilkada adalah gubernur, bupati
|
- Siswa dapat menyebutkan pejabat pemerintah yang
pengangkatannya melalui pilkada
|
25
|
|||||
2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara
Sesuai UUD 1945
|
§ Lembaga-lembaga Negara.
|
Tugas MPR a.l memilih presiden
|
-siswa dapat menunjukkankan
lembaga negara yang tugasnya antara lain memilih presiden dan wakil presiden
|
26
|
|||
Lembaga negara pemutus perselisihan pemilu yaitu KY
|
-siswa dapat menunjukan lembaga
negara yang mempunyai wewenang memutus perselisihan hasil pemilu
|
27
|
|||||
Tugas DPR a.l membuat UU
|
-siswa dapat menyebutkan tugas
DPR
|
28
|
|||||
Lembaga pengusul pemgangkatan hakim agung yaitu MK
|
- Siswa dapat menunjukan lembaga negara yang mempunyai wewenang
mengusulkan pengangkatan hakim agung
|
29
|
|||||
Hak DPR antara lain hak angket
|
-siswa dapat menyebutkan hak DPR
untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah yang diduga
bertentangan dengan peraturan perundang-undangan
|
30
|
|||||
2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi
pemerintahan pusat dan daearah.
|
§ Pemerintahan Pusat dan
Daerah.
§ Sistem Pemerintahan
Pusat.
Hubungan Pemerintah Pusat dan
|
Pemerintah pusat yaitu presiden dan wakil presiden
|
Siswa dapat menjelaskan pemerintah
pusat
|
31
|
|||
§ Lembaga-lembaga Negara.
|
Para menteri bertanggungjawab kepada presiden
|
Siswa dapat menyebutkan tanggungjawab tugas menteri
|
32
|
||||
Hak daerah yaitu otonomi daerah
|
Siswa dapat menjelaskan hak daerah, wewenang dan kewajiban untuk
mengatur/mengurus daerahnya sendiri
|
33
|
|||||
2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan
pusat dan daearah.
|
§ Pemerintahan Pusat dan
Daerah.
§ Sistem Pemerintahan
Pusat.
Hubungan Pemerintah Pusat dan
|
Kewenangan pemerintah pusat a.l politik luar negeri
|
Siswa dapat menjelaskan kewenangan
pemerintah pusat
|
34
|
|||
Hak pemerintah pusat antara lain memungut pajak retribusi
|
Siswa dapat menjelaskan hak pemerintah derah
|
35
|
|||||
1.1. Mendiskripsi-kan
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
|
Piagam Jakarta disahkan oleh Panitia kecil
|
Siswa dapat menjelaskan yang mengesahkan piagam Jakarta
|
36
|
Isian
|
||
Tokoh yang mengusulkan perubahan pada sila kesatu pada piagam Jakarta
yaitu Moh Hatta
|
- Siswa dapat menentukan nama tokoh yang mengusulkan
perubahan pada sila kesatu pada piagam Jakarta
|
37
|
|||||
Pancasila disahkan sebagai dasar negara pada tanggal 18-8-1945
|
-Siswa
dapat menyebutkan
waktu disahkannya Pancasila sebagai dasar negara
|
38
|
|||||
2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara
Sesuai UUD 1945
|
§ Lembaga-lembaga Negara.
|
Lembaga negara yang berasal dari
masing-masing provinsi yaitu DPD
|
- Siswa dapat menunjukan lembaga negara yang
berasal dari wakil rakyat daerah provinsi
|
39
|
|||
Hak presiden untuk mengurangi hukuman yaitu grasi
|
Siswa dapat menyebutkan hak
presiden untuk mengurangi hukuman
|
40
|
|||||
Pilkada dan pemilu adalah sarana demokrasi Pancasila
|
- Siswa dapat menyebutkan sarana pelaksanaan demokrasi
|
41
|
|||||
Pelaksanaan pemilu di Indonesia yaitu lima tahun sekali
|
-Siswa
dapat meyebutkan pelaksanaan pemilu di
Indonesia
|
42
|
|||||
Asas bebas artinya tidak ada tekanan/paksaan
|
- Siswa dapat menjelaskan maksud asas pemilu bebas
|
43
|
|||||
2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara
Sesuai UUD 1945
|
§ Lembaga-lembaga Negara.
|
Lembaga negara pengawas kehakiman KY
|
-Siswa
dapat menunjukan lembaga negara
pengawas hakim
|
44
|
|||
Pejabat pembuat pera yaitu: gubernur dan DPRD
|
-siswa dapat menyebutkan lembaga
daerah pembuat perda
|
45
|
|||||
1.1. Mendiskripsi-kan
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
|
Gagasan dasar negara menurut Ir. Soekarno: kebangsaan
Indonesia,Internasionalisme, mufakat/demokrasi, kesejateraan sosial,
Ketuhanan Yang Maha Esa
|
Siswa dapat menyebutkan konsep dasar
negara yang dikemukakan Ir. Soekarno
|
46
|
Uraian
|
||
Fungsi DPR yaitu : legislasi,anggaran , pengawasan
|
-Siswa dapat menyebutkan fungsi DPR
|
47
|
|||||
Asas pemilu luber
|
Siswa dapat menyebutkan asas pemilu
|
48
|
|||||
2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara
Sesuai UUD 1945
|
§ Lembaga-lembaga Negara.
|
Lembaga yudikatif MA,MK,KY
|
-Siswa dapat menyebutkan lembaga negara
yudikatif
|
49
|
|||
Tugas MPR:mengubah dan
menetapkan Uud, memilih presiden dan wakil presiden, memutuskan usul DPR
berdasasrkan putusan MK
|
-siswa dapat menjelaskan tugas
MPR
|
50
|
1 comments:
Click here for commentsShow Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon