Soal PKn Kelas 6 SD dan Kunci Jawaban Kisi UAS I TA 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

                                                    Mata pelajaran              :     Pendidikan Kewarganegaraan
                                                   Kelas                              :     VI (enam)
                                                   Hari/tanggal                   :     …………………
                                                    Waktu                            :     90 Menit

PETUNJUK UMUM :
1.Tulislah namamu di sudut kanan atas pada lembar jawab!
2. Bacalah setiap soal dengan seksama!
3. Kerjakan lebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah!
4. Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada pengawas!
 


                                                                                                                                                      
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang kamu anggap paling benar pada lembar jawaban!

1.   Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai . . . .
a.
dasar negara
c.
pandangan hidup bangsa
b.
ideologi negara
d.
cita-cita nasional

2. 
    Tokoh di atas adalah orang yang mengemukakan pendapatnya tentang dasar negara, nama tokoh
    tersebut adalah . . . .
a.
Mr. Muh.Yamin
c.
Ir,Soekarno
b.
Mr. Soepomo
d.
Muh. Hatta
3.  1. Persatuan
     2. Kekeluargaan
     3. Mufakat dan demokrasi
     4. Musyawarah
     5. Keadilan sosial
   Tokoh pengusul dasar negara tersebut di atas adalah . . . .
a.
Mr. Muh.Yamin
c.
Ir,Soekarno
b.
Mr. Soepomo
d.
Muh. Hatta
4. Ir. Soekarno mengusulkan rumusan dasar negara pada tanggal . . . .
a.
29 Mei 1945
c.
31 Mei 1945
b.
30 Mei 1945
d.
1 Juni 1945
5. Urutan sila-sila dari Pancasila yang dipakai sampai saat ini sesuai yang tercantum dalam . . . .
a.
usulan Ir. Soekarno
c.
Piagam Jakarta
b.
usulan Mr. Soepomo
d.
pembukaan UUD 1945
6. Tidak ada anggota yang merasa kalah dalam musyawarah proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, meskipun pendapat-pendapat di antara mereka tidak disetujui. Hal tersebut merupakan nilai  . . . .
a.
rendah hati
c.
berjiwa besar
b.
mufakat
d.
kerja keras

7.  Perbedaan antara rumusan Pancasila yang berlaku sampai saat ini dengan rumusan yang terdapat
  dalam Piagam Jakarta terdapat pada sila . . . .
a.
kesatu
c.
ketiga
b.
kedua
d.
keempat
8. Berikut ini adalah nilai-nilai juang para tokoh dalam proses perumusan Pancasila, kecuali . . . .
a.
bersatu dalam perbedaan
c.
berbeda-beda tetapi satu cita-cita
b.
nilai kebersamaan
d.
mengharap pamrih

9Perbuatan yang mencerminkan musyawarah untuk mufakat di lingkungan sekolah adalah . . . .
a.
membersihkan kelas
c.
memilih ketua kelas
b.
belajar kelompok
d.
mengadakan kerja bakti
10. Nilai juang dari para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
    untuk dilaksanakan seorang pelajar . . . .
a.
banyak menonton acara TV
c.
giat dan rajin belajar
b.
 menonton film-film luar negeri
d.
suka mengikuti berita
11. Hasil keputusan musyawarah yang baik akan mencerminkan . . . .
a.
kemenangan satu pendapat
c.
kemenangan pendapat kelompok
b.
kemenangan orang terpandai
d.
kemenangan anggota musyawarah
12. Sikap yang perlu dikembagkan dalam musyawarah adalah . . . .
a.
menghargai pendapat orang lain
c.
memaksakan pendapat kepada orang lain
b.
menolak pendapat orang lain
d.
mempengaruhi pendapat orang lain.
13. Sebagai siswa yang memiliki sikap tanggung jawab, terhadap hasil-hasil keputusan musyawarah
     seharusnya  . . . .
a.
Melaksanakan meskipun tidak sependapat
c.
Melaksanakan jika sesuai pendapat
b.
Tidak perlu melaksanakan
d.
Melaksanakan dengan syarat-syarat
14.Nilai kebersamaan yang tercermin pada sidang-sidang Panitia Sembilan dalam proses perumusan
     Pancasila sebagai dasar negara adalah . . . . 
a.
adanya banyak perbedaan pendapat
c.
adanya dua golongan saling mengemukakan pendapat
b.
tidak adanya perbedaan pendapat
d.
disepakatinya suatu jalan tengah untuk mengatasi perbedaan pendapat
15. Saling tenggang rasa terhadap perbedaan-perbedaan pendapat dalam musyawarah merupakan
     cermin dari nilai . . . .
a.
rendah hati
c.
mufakat
b.
toleransi
d.
bertanggung jawab
16. Contoh nilai kebersamaan yang perlu kita kembangkan dalam kehidupan di sekolah adalah . . . .
a.
kerja sama dalam ujian
c.
saling membantu dalam tugas piket
b.
 berpegang kepada pendapat sendiri
d.
saling membantu berdasar suku/agama
17. Untuk mencapai cita-cita kita harus belajar dengan tekun.Nilai juang yang tepat dilaksanakan adalah . . .
a.
 rendah hati
c.
mufakat
b.
 kerja keras
d.
rela berkorban

18. Terhadap segala hal yang di dalamnya mengandung kepentingan bersama,hendaknya . . . .
a.
rendah hati
c.
toleransi
b.
musyawarah
d.
kerja keras

19. Saat memberikan suara, seorang pemilihan dalam Pemilu tidak boleh mewakilkan kepada orang lain
      Hal tersebut merupakan pengertian dari pelaksanaan asas  . . . .
a.
umum
c.
bebas
b.
langsung
d.
rahasia
20. Badan atau  lembaga yang menyelenggarakan Pemilu di Indonesia adalah . . . .
a.
DPR
c.
DPRD
b.
MPR
d.
KPU

21. Badan ini dalam Pemilu bertugas meneruskan laporan tentang pelanggaran dalam pelaksanaan
      Pemilu. Badan tersebut adalah . . . .
a.
 Pemantau Pemilu
c.
KPU
b.
Pengawas Pemilu
d.
PPK
22. Dalam Pilkada, kegiatan berikut ini termasuk tahapan persiapan . . . .
a.
 pendaftaran pemilih
c.
pembentukan panitia pengawas
b.
kampanye
d.
pendaftaran calon kepala daerah

23.Pemilu presiden dan wakil presiden secara langsung pertama kali dilaksanakan pada tahun . . . .

a.
1992
c.
2004
b.
1999
d.
2009
24. Kegiatan peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan programnya disebut . . . .
a.
mobilisasi
c.
simpatisan
b.
orasi
d.
kampanye
25.Pejabat di bawah ini yang pengangkatannya melalui pilkada adalah . . . .
a.
camat
c.
bupati
b.
kapolres
d.
lurah
26. Lembaga di bawah ini  yang tugasnya memilih presiden dan wakil presiden adalah . . . .
a.
MA
c.
DPR
b.
MPR
d.
BPK
27. Lembaga negara yang mempunyai wewenang memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum
      adalah . . . .
a.
KY
c.
MA
b.
DPR
d.
MK
28.Salah satu tugas DPR antara lain . . . .
a.
mengangkat presiden
c.
mengangkat menteri
b.
membuat undang-undang
d.
memeriksa keuangan
29.  Lembaga negara yang mempunyai wewenang mengusulkan pengangkatan hakim agung adalah . . .
a.
KY
c.
MA
b.
DPR
d.
MK
30. Hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah yang diduga bertentangan
     dengan peraturan perundang-undangan, disebut . . . .
     
a.
inisiatif
c.
angket
b.
interpelasi
d.
budget
31. Pemerintahan pusat terdiri atas  . . . .
a.
Presiden dan wakil presiden
c.
DPR dan MPR
b.
Presiden dan DPR
d.
MPR dan BPK
32.Dalam melaksanakan tugasnya, para menteri harus bertanggungjawab kepada . . . . 
a.
DPR
c.
MA
b.
MPR
d.
Presiden
33.Pemerintah daerah diberi hak, wewenang, dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus sendiri
     daerahnya. Hal ini disebut . . .
a.
demokrasi
c.
otonomi daerah
b.
sentralisasi
d.
potensi daerah
34. Berikut ini termasuk urusan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, yaitu . . . .
a.
politik luar negeri
c.
perbaikan jalan desa
b.
kerjasama antardaerah
d.
pembuatan saluran irigasi daerah
35.Hak pemerintah daerah yaitu . . . .
a.
mengembangkan kehidupan yang demokratis
c.
mengembangkan sistem jaminan sosial
b.
memungut pajak dan retribusi daerah
d.
menyediakan fasilitaspelayanan kesehatan

II. ISILAH TITIK-TITIK BERIKUT INI DENGAN JAWABAN YANG BENAR!
36.  Panitia kecil yang mengesahkan Piagam Jakarta dikenal dengan nama . . . .
37. Tokoh yang mengusulkan perubahan pada butir pertama dasar negara pada Piagam
     Jakarta ialah . . . .
38. Pancasila disahkan menjadi dasar negara Indonesia pada tanggal . . . .
39  Lembaga negara yang anggotanya berasal dari wakil rakyat daerah provinsi adalah . . . .
40.Hak Presiden untuk memberikan penghapusan, pengurangan hukuman dan penggantian hukuman
     disebut . . . .
41. Pilkada dan Pemilu merupakan bagian dari pelaksanaan . . . .
42. Pemilu di tanah air Indonesia diadakan setiap . . . sekali.
43. Setiap pemilih menentukan pilihannya sesuai keinginan sendiri tanpa tekanan dan paksaan dari
      siapapun, disebut asas . . . .
44. Lembaga negara yang bertugas mengawasi para hakim adalah . . . .
45. Dalam pemerintahan daerah gubernur membuat perda bersama . . .
           
III. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR!
46. Sebutkan konsep dasar negara yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno!
47. Sebutkan tiga fungsi DPR!
48. Sebutkan tiga asas pemilu di Indonesia yang kau ketahui!
49. Sebutkan tiga lembaga negara yang termasuk lembaga yudikatif!
50. Sebutkan tiga tugas dan wewenang MPR!                                 








KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER I SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Satuan Pendidikan       :          Sekolah Dasar
Mata Pelajaran             :          Penddidikan Kewarganegaraan
Kelas                            :          VI(Enam)
Kurikulum                    :          KTSP
Alokasi Waktu             :          90 Menit
Jumlah Soal            :   50 Soal
Bentuk Soal                 :          I.   Pilihan Ganda 35 butir, nomor 1 s/d 35
                                                II. Isian 10 butir, nomor 36 s/d 45
                                                III. Uraian 5 butir, nomor 46 s/d 50



NO
SK
KD
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
NO SOAL
BENTUK SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8
1
1.Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia
Siswa dapat menyebutkan fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia


1




Pilihan Ganda




Tokoh perumus Pancasila Moh. Yamin
Disajikan gambar tokoh perumus Pancasila siswa dapat menentukan nama tokoh perumus Pancasila
2





Gagasan dasar negara menurut Mr.Soepomo yaitu: persatuan ,kekeluargaan, mufakat atau demokrasi, musyawarah,keadilan sosial
-Siswa menentukan pengusul dasar negara dengan gagasan:
 persatuan ,kekeluargaan, mufakat atau demokrasi, musyawarah,keadilan sosial
3





Ir. Soekarno mengemukakan gagasan dasar negara pada tanggal1 juni 1945
-Siswa dapat menyebutkan  saat Ir Soekarno mengusulkan dasar negara
4





Rumusan Pancasila yang sah pada pembukaan UUD 1945
Siswa dapat menunjukkan rumusan Pancasila yang sah
5





Nilai –nilai yang dapat diteladani dari tokoh perumus Pancasila:
musyawarah,menghargai perbedaan,toleransi,rendah hati,berjiwa besar,kerja keras
- siswa dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dari para perumus Pancasila
6






- siswa dapat menyebutkan perbedaan rumusan Panasila yang ada di Piagam Jakarta dengan yang berlaku sekarang
7





Mengharap pamrih adalah contoh sikap yang tidak menunjukan nilai juang para perumus Pancasila
Siswa dapat menyebutkan yang bukan nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
8





Sikap yang mencerminkan musyawarah mufakat di sekolah  al. Memilih ketua kelas
Siswa dapat menentukan sikap yang mencerminkan musyawarah mufakat di lingkungan sekolah
9





Nilai juang yang dapat diteladani oleh seorang pelajar yaitu belajar dengan giat
Siswa dapat menyebutkan nilai juang yang dapat diteladani oleh seorang pelajar
10





Hasil musyawarah yang baik merupakan kemenangan semua anggota musyawarah
Siswa dapat menyebutkan hasil keputusan musyawarah yang baik
11





Nilai yang dapat dikembangkan dalam musyawarah al. Menghargai pendapat orang lain
Siswa dapat menyebutkan nilai yang dapat dikembangkan dalam musyawarah
12





Sikap yang harus dilakukan dalam musyawarah adalah melaksanakan meskipun berbeda pendapat
Siswa dapat menentukan sikap yang tanggungjawab terhadap hasil keputusan bersama
13



1.2.  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Proses perumusan Pancasila
Nilai kebersamaan yang tercermin pada sidang panitia sembilan yaitu disepakatinya jalan tengah dalam mengatasi masalah
Siswa dapat menyebutkan nilai kebersamaan yang tercermin dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara pada sidang panitia sembilan
14





Sikap tenggang rasa al.toleransi
Siswa dapat menentukan sikap nilai tenggang rasa
15





Nilai kebersamaan yang dapat dikembangkan di sekolah al.saling membantu dalam piket
Siswa dapat menyebutkan nilai kebersamaan yang dapat dikembangkan di sekolah
16



1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharí-hari
Meneladani nila-nilai perjuangan
Nilai juang sebagai pelajar dalam mencapai cita-cita a.l kerja keras
Siswa dapat menyebutkan nilai juang dalam mencapai cita-cita
17





Sikap yang dapat dikembangkan untuk kepentingan bersama adalah musyawarah/mufakat
- Menentukan sikap yang dapat dikembangkan untuk kepentingan bersama
18



2.1. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada.
§  Pemilihan Umum di Indonesia.
§  Arti dan asas Pemilihan Umum.
§  Pelaksanaan Pemilu.
§  Proses Pemilu presiden dan wakil.
§  Komisi Pemilihan Umum.
§  Ketentuan Kampanye
§  Pemilihan Kepala Daerah
Asas pemilu a.l: langsung yang artinya tidak boleh diwakilkan
 Siswa dapat menjelaskan asas pemilu langsung
19




§  Pemilihan Umum di Indonesia.
§  Arti dan asas Pemilihan Umum.


Lembaga penyelenggara pemilu yaitu KPU, KPUD
Siswa dapat menyebutkan lembaga penyelenggara pemilu
20




Pelaksanaan Pemilu
Badan yang melaporkan pelanggaran pemilu yaitu panwaslu
Siswa dapat menyebutkan badan yang meneruskan laporan tentang pelanggaran pemilu
21



2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah.
§  Pemilihan Umum di Indonesia.
Proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada.
Tahapan pemilu al. Pendaftaran calon pemilih
Siswa dapat menyebutkan tahapan dalam pemilu
22





Pemilu secara langsung di Indonesia dimulai tahun 2004
Siswa dapat menjelaskan kapan waktu diadakannya pemilu secara langsung
23





Salah satu kegiatan peserta pemilu adalah kampanye
-siswa dapat menyebutkan kegiatan peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih
24





Pejabat negara yang dipilih melalui pilkada  adalah gubernur, bupati
Siswa dapat menyebutkan pejabat pemerintah yang pengangkatannya melalui pilkada
25



2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945
§  Lembaga-lembaga Negara.

Tugas MPR a.l memilih presiden
-siswa dapat menunjukkankan lembaga negara yang tugasnya antara lain memilih presiden dan wakil presiden
26





Lembaga negara pemutus perselisihan pemilu yaitu KY
-siswa dapat menunjukan lembaga negara yang mempunyai wewenang memutus perselisihan hasil pemilu
27





Tugas DPR a.l membuat UU
-siswa dapat menyebutkan tugas DPR
28





Lembaga pengusul pemgangkatan hakim agung yaitu MK
Siswa dapat menunjukan lembaga negara yang mempunyai wewenang mengusulkan pengangkatan hakim agung
29





Hak DPR antara lain hak angket
-siswa dapat menyebutkan hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan
30



2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah.
§  Pemerintahan Pusat dan Daerah.
§  Sistem Pemerintahan Pusat.
Hubungan Pemerintah Pusat dan
Pemerintah pusat yaitu presiden dan wakil presiden
Siswa dapat menjelaskan pemerintah pusat
31




§  Lembaga-lembaga Negara.

Para menteri bertanggungjawab kepada presiden
Siswa dapat menyebutkan tanggungjawab tugas menteri
32





Hak daerah yaitu otonomi daerah
Siswa dapat menjelaskan hak daerah, wewenang dan kewajiban untuk mengatur/mengurus daerahnya sendiri
33



2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah.
§  Pemerintahan Pusat dan Daerah.
§  Sistem Pemerintahan Pusat.
Hubungan Pemerintah Pusat dan
Kewenangan pemerintah pusat a.l politik luar negeri
Siswa dapat menjelaskan kewenangan  pemerintah pusat
34





Hak pemerintah pusat antara lain memungut pajak retribusi
Siswa dapat menjelaskan hak pemerintah derah
35



1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
Piagam Jakarta disahkan oleh Panitia kecil
Siswa dapat menjelaskan yang mengesahkan piagam Jakarta
36
Isian




Tokoh yang mengusulkan perubahan pada sila kesatu pada piagam Jakarta yaitu Moh Hatta
Siswa dapat menentukan nama tokoh yang mengusulkan perubahan pada sila kesatu pada piagam Jakarta
37





Pancasila disahkan sebagai dasar negara pada tanggal 18-8-1945
-Siswa dapat menyebutkan waktu disahkannya Pancasila sebagai dasar negara
38



2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945
§  Lembaga-lembaga Negara.

Lembaga negara yang berasal  dari masing-masing provinsi yaitu DPD
Siswa dapat menunjukan lembaga negara yang berasal dari wakil rakyat daerah provinsi
39





Hak presiden untuk mengurangi hukuman yaitu grasi
Siswa dapat menyebutkan hak presiden untuk mengurangi hukuman
40





Pilkada dan pemilu adalah sarana demokrasi Pancasila
Siswa dapat menyebutkan sarana pelaksanaan demokrasi
41





Pelaksanaan pemilu di Indonesia yaitu lima tahun sekali
-Siswa dapat  meyebutkan pelaksanaan pemilu di Indonesia

42





Asas bebas artinya tidak ada tekanan/paksaan
Siswa dapat menjelaskan maksud asas pemilu bebas
43



2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945
§  Lembaga-lembaga Negara.

Lembaga negara pengawas kehakiman KY
-Siswa dapat  menunjukan lembaga negara pengawas hakim
44





Pejabat pembuat pera yaitu: gubernur dan DPRD
-siswa dapat menyebutkan lembaga daerah pembuat perda
45



1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara
Gagasan dasar negara menurut Ir. Soekarno: kebangsaan Indonesia,Internasionalisme, mufakat/demokrasi, kesejateraan sosial, Ketuhanan Yang Maha Esa
Siswa dapat menyebutkan konsep dasar negara yang dikemukakan Ir. Soekarno
46
Uraian




Fungsi DPR yaitu : legislasi,anggaran , pengawasan
-Siswa dapat menyebutkan fungsi DPR
47





Asas pemilu luber
Siswa dapat menyebutkan asas pemilu
48



2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945
§  Lembaga-lembaga Negara.

Lembaga yudikatif MA,MK,KY
-Siswa dapat menyebutkan lembaga negara yudikatif
49





Tugas MPR:mengubah dan menetapkan Uud, memilih presiden dan wakil presiden, memutuskan usul DPR berdasasrkan putusan MK
-siswa dapat menjelaskan tugas MPR
50

Download Kunci Jawaban DISINI

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
January 16, 2014 at 3:14 PM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
admin
Thanks for your comment