ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN 2013 / 2014
Mata pelajaran :
Bahasa indonesia
Kelas : II (Dua)
Hari/
Tanggal :
Waktu : 07.30
s.d 08.30 WIB
Petunjuk Umum :
1.
Tulislah
namamu di sudut kanan atas !
2.
Bacalah
setiap pertanyaan dengan seksama !
3.
Kerjakan
terlebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4.
Telitilah
kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan kepada bapak/ibu guru !
I. Berilah tanda silang pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling
benar !
Kucing
yang Lucu
Kucing ...
Suaramu merdu
Setiap kamu lapar
Pasti mengatakan ``meong``
Kau sungguh lucu sekali
1.
Tokoh
dalam puisi di atas adalah ....
a.
kambing c. ayam
b.
kucing d. burung
2.
Jika
lapar kucing mengatakan ....
a. meong c.
kukuruyuk
b. mbe d. emo
3.
Widi : ...
kamu tidak masuk sekolah ?
Sekar : Karena aku sakit.
Kata tanya yang tepat
untuk melengkapi pertanyaan di atas adalah ....
a.
Apa c. Mengapa
b.
Bagaimana d. Siapa
4.
Tina membantu ibu memasak.
Kalimat tanya yang sesuai dengan jawaban di atas adalah
....
a.
Siapa
yang membantu ibu ?
b.
Di
mana Tina membantu ibu ?
c.
Mengapa
Tina membantu ibu ?
d.
Kapan
Tina membantu ibu ?
Hujan
Hampir setiap hari hujan turun
Hujan terus menerus dapat menyebabkan banjir
5.
Jika
hujan terus menerus akan ....
a.
longsor c. tsunami
b.
gempa
bumi d. banjir
6.
Sebelum
pergi ke sekolah Toni ... pada orang tuanya.
a.
minta
uang c. mandi
b.
berpamitan d. sarapan
7.
Urutan
kalimat di bawah ini yang runtut adalah ....
1.
Ibu
menggoreng ikan lele
2.
Agung
dan Noval mendapat ikan lele
3.
Agung
dan Noval sedang memancing
4.
Agung
dan Noval makan bersama
a.
1-2-3-4 c. 2-3-4-1
b.
3-2-1-4 d.
4-3-2-1
Bangun tidur
Waktu pagi hari
Burung riang bernyanyi
Menyambut mentari
Indah berseri
Badan segar riang hati
8.
Isi
puisi di atas adalah ....
a.
malas
bangun pagi
b.
senangnya
bernyanyi
c.
senangnya
bangun pagi
d.
menyambut
mentari
9.
Setiap
hari Tina bangun pukul 05.00
Setelah merapikan tempat tidur Tina segera mandi.
Cerita di atas menunjukkan ....
a.
kegiatan
sehari hari.
b.
Pengalaman
c.
peristiwa
d.
kejadian
10.
Urutkan
gambar di bawah ini sehingga menjadi cerita yang padu ....
a.
A-B-C c. A-C-D
b.
C-A-B d. D-C-A
11.
ida dan tika naik bus ke surabaya
Penulisan huruf kapital yang benar adalah ....
a.
Ida
dan tika naik bus ke Surabaya
b.
Ida
dan Tika Naik Bus ke surabaya
c.
Ida
dan Tika naik bus ke Surabaya
d.
Ida
dan Tika naik bus ke surabaya
12.
Tanda
berhenti saat membaca puisi disebut ....
a.
intonasi c. ekspresi
b.
lafal d. jeda
Untuk soal nomor 13 dan 14
Hari Minggu Dani dan Dimas bertamasya di pantai
Dani dan Dimas membuat istana dari pasir.
Mereka sangat senang bermain di pasir.
13.
Dani
dan Dimas sedang bertamasya di ....
a.
pantai c. kebun binatang
b.
pegunungan d. taman
14.
Dani
dan Dimas sedang membuat ....
a.
istana
dari pasir c rumah- rumahan dari pasir
b.
bola
dari pasir d. bunga dari pasir
15.
Setiap
hari Senin Toni mengikuti upacara bendera.
Toni berangkat sekolah pukul enam lebih tiga puluh menit.
Penulisan angka jam di atas yang benar adalah ....
a.
06.00 c. 06.30
b.
07.00 d. 06.15
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
16.
Setiap
hari aku datang ke tempatmu.
Kau tempat menimba ilmu.
Puisi di atas bercerita tentang ....
17.
Tokoh yang jahat dalam cerita `` Bawang Merah
dan bawang Putih `` adalah ....
18.
...
yang sakit gigi ?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas
adalah ....
19.
Kata
tanya yang digunakan untuk menanyakan tempat adalah ....
20.
Bahannya
terbuat dari bulu unggas, digunakan untuk membersihkan meja dan kursi, benda
itu adalah ....
21.
Alangkah ...
hatiku mempunyai banyak teman.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah
....
22.
nenek
– ke - rumah – pergi – kami
Susunan kata acak menjadi kalimat yang benar adalah ....
23.
Kegiatan yang dilakukan seperti gambar
di samping adalah ....
24.
ida
menyaksikan kecelakaan lalu lintas.
Penulisan kata yang dicetak tebal yang benar adalah ....
25.
Jangan
buang sampah sembarangan
Tanda baca yang tepat untuk mengakhiri kalimat di atas
adalah ....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jabawan yang benar !
26.
Tulislah
3 kegiatan setelah bangun tidur !
Jawab :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
27.
Buatlah
3 kalimat berdasarkan gambar!
Jawab :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
28.
setiap
hari reni menyiram bunga di halaman.
Perbaikilah penulisan kalimat di atas dengan menggunakan
huruf kapital !
Jawab :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
29.
Tulislah
dengan huruf tegak bersambung !
Ana dan Sinta bermain di halaman.
Jawab :
30.
Lengkapilah
cerita di bawah ini !
Belajar Renang
Dimas ingin pandai ...
setiap hari ... Dimas belajar berenang di kolam renang
umum bersama ...
. Dimas berenang menggunakan
... Sekarang Dimas
sudah ... berenang.
... tidak memakai pelampung
lagi.
-
minggu - Dimas
-
pandai - berenang
-
ayah - pelampung
KISI-KISI SOAL
ULANGAN AKHIR SESESTER 1
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : II (dua)/ I (satu)
Alokasi Waktu : 90 Menit
Jumlah Soal : 25
Bentuk soal : I. Pilihan ganda
II. Isian
III. Uraian
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Bentuk soal
|
1
|
1 menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek1
|
1.1 Menyebutkan
kembali dengan
kata-kata atau kalimat sendiri
teks pendek
|
Teks pendek
|
Disajikan teks
pendek:
- Siswa dapat
menyebutkan nama-nama
tokoh dalam bacaan
- Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang
diceritakan
|
1
2
|
Pilihan ganda
|
|
2
|
2.
mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan
bertanya, bercerita dan deklamasi
|
2.1 Bertanya
kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan
kata yang tepat dan santun
berbahasa
|
- Siswa dapat
menggunakan kata tanya
- Siswa dapat
membuat pertanyaan
berdasarkan jawaban yang tersedia
|
3
4
|
|||
3
|
3. Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
|
3.1
Menyimpulkan isi teks pendek yang
dibaca dengan membaca lancar
|
Teks pendek
|
- Siswa dapat
menjawab pertanyaan isi
bacaan
|
5
|
||
4
|
4. menulis
permulaan melengkapi cerita dan dikte
|
4.1 Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat
|
Kalimat
rumpang
|
- Siswa dapat
melengkapi kalimat rumpang
dengan kata yang benar
- Disajikan
kalimat acak, siswa dapat
menyusun kalimat
hingga menjadi cerita
yang padu
|
6
7
|
||
5
|
1. Memahami
tels pendek dan puisi anak yang dilisankan
|
1.2
Mendeskripsikan isi puisi
|
Puisi anak
|
- Siswa dapat
menemukan isi puisi
|
8
|
||
6
|
2.
mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan
bertanya, bercerita dan deklamasi
|
2.2
Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang
lain
|
Kegiatan sehari
hari
|
- Siswa dapat
menyebutkan kegiatan yang
dilakukan sehari-hari
- Siswa dapat
mengurutkan kegiatan yang
dilakukan sehari hari berdasarkan gambar
|
9
10
|
||
7
|
4. menulis
permulaan melengkapi cerita dan dikte
|
4.2 Menulis
kalimat sederhana yang diiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
|
Huruf kapital
|
- Siswa dapat
menggunakan huruf kapital
dalam kalimat
|
11
|
||
8
|
2.
mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan
bertanya, bercerita dan deklamasi
|
2.3
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
|
Puisi anak
|
- Siswa dapat
menyebutkan tanda-tanda pada
puisi
|
12
|
||
9
|
3. Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
|
3.1
Menyimpulkan isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar
|
Teks pendek
|
Teks rumpang
|
- Siswa dapat melengkapi
dengan kata yang
tepat pada teks
rumpang yang disediakan
- Siswa dapat
menentukan peristiwa yang
terjadi dalam bacaan
|
13
14
|
|
10
|
4. menulis
permulaan melengkapi cerita dan dikte
|
4.2 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
|
Tanda titik
dalam penulisan angka jam
|
- Siswa dapat
menuliskan angka jam dengan
benar
|
15
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Bentuk soal
|
1
|
1 menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek1
|
1.2
Mendiskripsikan isi puisi
|
Puisi anak
|
- Disajikan
puisi anak: Siswa dapat
menemukan isi puisi
- Siswa dapat menyebutkan tokoh yang ada
dalam puisi
|
16
17
|
isian
|
|
2
|
2.
mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan
bertanya, bercerita dan deklamasi
|
2.1 Bertanya
kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan
kata yang tepat dan santun
berbahasa
|
Kata tanya
|
Apa, siapa, kapan, dll
|
- Siswa dapat
menyebutkan kata Tanya yang
tepat pada
kalimat rumpang yang disediakan
- Siswa dapat
menggunakan kata tanya
|
18
19
|
|
3
|
3. Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
|
3.1
Menyimpulkan isi teks pendek
yang dibaca dengan membaca
lancar
|
Teks pendek
|
Diskripsi nama alat kebersihan
|
- Disajikan diskripsi alat kebersihan, sd
menyebutkan nama
alat tersebut.
|
20
|
|
4
|
4. menulis permulaan
melengkapi cerita dan dikte
|
4.1 Melengkapi
cerita sederhana
dengan kata yang tepat
|
Hal rumpang
|
- Siswa dapat
melengkapi kalimat dengan
Kata yang tepat
- Siswa dapat
menyusun kata acak menjadi
kalimat yang padu
|
21
22
|
||
5
|
2. mengungkapkan
pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita dan deklamasi
|
2.2
Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang
lain
|
Kegiatan sehari
hari
|
- Siswa dapat
menyebutkan kegiatan yang
dilakukan sesuai gambar
|
23
|
||
6
|
4. menulis
permulaan melengkapi cerita dan dikte
|
4.2 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
|
Huruf kapital
|
- Siswa dapat
menggunakan huruf kapital
dalam kalimat
- Siswa dapat
menggunakan tanda baca
dalam kalimat
|
24
25
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Bentuk soal
|
1
|
2.
mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan
bertanya, bercerita dan deklamasi
|
2.2
Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang
lain
|
Teks pendek
|
Kegiatan sehari-hari
|
-Siswa dapat
menuliskan 3 kegiatan
sehari-
hari
|
26
|
Uraian
|
2
|
4. menulis
permulaan melengkapi cerita dan dikte
|
4.1 Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat
|
Kalimat
|
- Siswa dapat membuat 3 kalimat berdasarkan
gambar
|
27
|
||
3
|
4. menulis
permulaan melengkapi cerita dan dikte
|
4.2 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
|
Teks pendek
|
Huruf capital, huruf tegak bersambung
|
- Siswa dapat
menggunakan huruf kapital
dalam kalimat
- Siswa dapat
menulid kalimat dengan huruf
tegak bersambung
|
28
29
|
|
4
|
4. menulis
permulaan melengkapi cerita dan dikte
|
4.1 Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat
|
Cerita rumpang
|
- Siswa dapat
melengkapi cerita rumpang
dengan kata yang tersedia
|
30
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon