ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : I (satu)
Hari /
Tanggal :
Waktu :
Petunjuk
Umum :
1. Tulislah namamu
di sudut kanan atas !
2. Bacalah setiap
pertanyaan dengan seksama !
3. Kerjakanlah
lebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4. Telitilah
kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan kepada Bapak / Ibu guru !
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan
jawaban yang paling tepat !
1. gambar bagian
tubuh di samping disebut ....
a.
|
tangan
|
b.
|
jari
|
c.
|
kaki
|
2.
kita bisa
melihat bulan pada malam hari menggunakan ....
a.
|
mata
|
b.
|
hidung
|
c.
|
telinga
|
3.
bagian
tubuh yang digunakan untuk menggigit adalah ....
a.
|
kaki
|
b.
|
gigi
|
c.
|
lidah
|
4.
gambar
bagian tubuh di samping yang ditunjukkan anak panah dibersihkan dengan cara ....
a.
|
disampho
|
b.
|
disikat
|
c.
|
disisir
|
5.
manusia
bisa mendengarkan musik menggunakan ....
a.
|
mulut
|
b.
|
rambut
|
c.
|
telinga
|
6.
pada gambar di
samping adalah cara untuk membersihkan ....
a.
|
kaki
|
b.
|
tangan
|
c.
|
badan
|
7.
pada saat
kita merasa haus, maka kita segera minum ....
a.
|
minyak
|
b.
|
gula
|
c.
|
air
|
8.
gambar makanan di
samping adalah contoh nama ....
a.
|
lauk
|
b.
|
buah
|
c.
|
sayuran
|
9.
melindungi
tubuh dari udara dingin menggunakan ....
a.
|
baju
|
b.
|
sepatu
|
c.
|
topi
|
10.
alat pada gambar
di samping berguna untuk membersihkan ....
a.
|
rambut
|
b.
|
kuku
|
c.
|
telinga
|
11.
sampah kering yang menumpuk segera di ....
a.
|
bakar
|
b.
|
siram
|
c.
|
cangkul
|
12.
alat pada gambar
di samping digunakan untuk membersihkan ....
a.
|
halaman
|
b.
|
lantai
|
c.
|
meja
|
13.
pada gambar di
samping adalah cara menjaga kesehatan ....
a.
|
Lidah
|
b.
|
gigi
|
c.
|
pipi
|
14.
lingkungan
sekitar rumah supaya rindang ditanami ....
a.
|
padi
|
b.
|
pepohonan
|
c.
|
rumput
|
15.
gambar di samping
adalah cara menjaga kesehatan ....
a.
|
mata
|
b.
|
kaki
|
c.
|
tubuh
|
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat
!
16.
membersihkan
halaman rumah dengan cara di ....
17.
pada saat
kita bernafas, kita menghirup ....
18.
hewan
penyebab penyakit yang suka hidup di air menggenang adalah ....
19.
saluran
air yang tersumbat oleh sampah dapat mengakibatkan ....
20.
pepohonan
yang rindang menyebabkan udara terasa ....
21.
meja dan
kursi di kelas terbuat dari ....
22.
memelihara
burung di tempatkan di dalam ....
23.
tanaman
supaya tumbuh subur perlu diberi ....
24.
bunga
melati berwarna ....
25.
bagian
tubuh yang dapat membedakan rasa asin dan manis adalah ....
III.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
jawaban yang benar !
26.
sebutkan 3
benda yang terbuat dari tanah liat !
jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
b.
|
............................................................................................................
|
|
c.
|
............................................................................................................
|
27.
sebutkan 3
rasa benda di bawah ini sesuai dengan gambar !
a. b. c.
|
|
|
||||||
jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
b.
|
............................................................................................................
|
|
c.
|
............................................................................................................
|
28.
sebutkan 3
bentuk benda di bawah ini sesuai dengan gambar !
a. b. c.
|
|
|
||||||
jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
b.
|
............................................................................................................
|
|
c.
|
............................................................................................................
|
29.
sebutkan 3
kegunaan benda di bawah ini !
a.
pensil
b.
sapu
c.
kursi
jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
b.
|
............................................................................................................
|
|
c.
|
............................................................................................................
|
30.
sebutkan
makanan 4 sehat 5 sempurna !
jawab :
|
a.
|
............................................................................................................
|
b.
|
............................................................................................................
|
|
c.
|
............................................................................................................
|
|
d.
|
............................................................................................................
|
|
e.
|
............................................................................................................
|
KISI-KISI SOAL UAS 1 MAPEL ILMU PENGETAHUAN
ALAM
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 KELAS 1
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
1.
|
Mengenal anggota tubuh dan kegunaanya serta
perawatanya.
|
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaanya serta cara perawatanya.
|
Bagian-bagian tubuh kegunaanya dan cara
perawatanya.
|
-
Nama anggota
tubuh : rambut, kepala, mata, hidung, telinga, mulut, gigi, tangan, kaki.
-
Kegunaan
anggota tubuh :
a. Rambut : menutup kepala
b. Mata untuk melihat
c. Hidung untuk bernafas
d. Telinga untuk mendengar
e. Mulut untuk berbicara
f.
Tangan untuk
memegang
g. Kaki untuk berjalan
|
Ø Disajikan gambar anggota tubuh, siswa dapat
menyebutkan bagian anggota tubuh.
Ø Disajikan kalimat, siswa dapat mnyebutkan
kegunaan bagian tubuh.
Ø Disajikan gambar anggota tubuh, siswa dapat
menyebutkan cara merawat anggota tubuh.
|
1
3
25
2
5
4
6
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Isian
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat.
|
Kebutuhan untuk tumbuh sehat dan kuat
|
-
Kebutuhan tubuh
adalah : makanan, minuman, air, udara, pakaian, dan lingkungan sehat.
-
Kegunaan
makanan adalah untuk mendapatkan tenaga, tumbuh sehat dan kuat.
-
Kegunaan udara
: untuk bernafas.
-
Kegunaan air :
minim, mandi, mencuci, menyiram tanaman.
-
Kegunaan
pakaian : untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin.
|
Ø Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
makanan yang menyehatkan tubuh.
Ø Siswa dapat menyebutkan kegunaan air, udara,
dan pakaian.
|
8
30
7
9
17
|
Pil. Ganda
Uraian
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Isian
|
||
1.3 Membiasakan hidup sehat.
|
Berolah raga, beristirahat, tidur, makan
teratur.
|
-
Membersihkan
anggota tubuh secara teratur.
-
Berolah raga
secara teratur.
-
Beristirahat
secara teratur.
-
Makan yang
teratur.
|
Ø Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
cara menjaga kesehatan tubuh.
|
10
13
15
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
||
2.
|
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat.
|
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar
tetap sehat.
|
Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di
sekitar rumah dan sekolah.
|
-
Menjaga
lingkungan rumah dan sekolah dengan cara menyapu, membuang sampah di tempat
sampah, mengepel lantai, membersihkan sekolah, menanam tumbuhan, dan merawat
hewan piaraan.
|
Ø Siswa dapat menyebutkan cara menjaga
kebersihan lingkungan.
Ø Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
alat kebersihan.
Ø Siswa dapat menyebutkan cara menjaga
lingkungan agar tetap bersih.
|
11
14
12
16
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Isian
|
2.2 Membedakan lingungan sehat dengan
lingkungan tidak sehat.
|
Perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat.
|
-
Ciri-ciri
lingkungan sehat yaitu :
a. Udara bersih terasa segar.
b. Banyak dituumbuhi tanaman.
c. Tidak ada sampah.
d. Tidak ada air menggenang.
-
Ciri-ciri
lingkungan tidak sehat :
a. Udara terasa panas.
b. Banyak sampah berserakan.
c. Tumbuhan jarang yang tumbuh.
d. Banyak air yang menggenang.
|
Ø Siswa dapat menyebutkan akibat dari
lingkungan yang bersih/sehat.
Ø Siswa dapat menyebutkan akibat dari
membuang sampah sembarangan.
Ø Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
lingkungan sehat.
|
18
19
20
|
Isian
Isian
Isian
|
||
2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman,
hewan piaraan, dan lingkungan sehat.
|
Cara merawat tanaman, hewan piaraan, dan
lingkungan sehat.
|
-
Cara merawat
tanaman adalah : disiram, dipupuk, disiangi rumputnya
-
Cara merawat
hewan adalah : diberi makan, diberi minuman, dibersihkan kandangnya.
|
Ø Siswa dapat menyebutkan cara merawat
tanaman.
Ø Siswa dapat menyebutkan cara merawat hewan
piaraan.
|
23
22
|
Isian
Isian
|
||
3.
|
Mengenal berbagai dan kegunaannya melalui
pengamatan perubahan bentuk benda.
|
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
|
Sifat, perubahan dan kegunaan benda.
|
-
Bentuk benda :
bulat, lingkaran, tabung, segitiga, bundar.
-
Ukuran benda :
besar, sedang, kecil.
-
Warna benda :
merah, putih, hijau, kuning, biru, jingga dan lain-lain.
-
Bau benda :
wangi dan busuk.
-
Rasa benda :
asin, pedas, manis, pahit.
|
Ø Disajikan gambar benda, siswa dapat
menyebutkan bentuk benda.
Ø Siswa dapat menyebutkan warna suatu benda.
Ø Siswa dapat menyebutkan rasa suatu benda.
|
28
24
27
|
Uraian
Isian
Uraian
|
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah
bentuknya.
|
Perubahan bentuk benda di sekitar kita.
|
-
Contoh
perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu :
1. Tanah liat berubah menjadi batu bata,
genteng, kendi, dan pot.
2. Kayu berubah bentuk menjadi meja, pintu,
almari, bangku, jendela, papan tulis.
3. Benang berubah bentuk menjadi kain, baju,
celana.
|
Ø Siswa dapat menyebutkan benda yang berubah
bentuk karena perlakuan tertentu.
|
26
21
|
Uraian
Isian
|
||
3.3
Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
|
Kegunaan benda di sekitar.
|
-
Contoh kegunaan
benda di sekitar kita.
·
Bangku untuk
duduk.
·
Almari untuk
menyimpan pakaian.
·
Papan tulis
untuk menulis.
·
Tas untuk
menyimpan alat sekolah.
·
Kapur untuk
menulis
·
Dan lain-lain.
|
Ø Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
kegunaan benda di sekitar.
|
29
|
Uraian
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon