Soal, Kisi IPA Kelas 1 SD UAS I dan Kunci Jawaban TA 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran           :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                            :   I  (satu)
Hari / Tanggal             :  
Waktu                           :  

Petunjuk Umum :
1.   Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2.   Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama !
3.   Kerjakanlah lebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4.   Telitilah kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan kepada Bapak / Ibu guru !

I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang paling tepat !
1.                                      gambar bagian tubuh di samping disebut ....
                                              
a.
tangan
b.
jari
c.
kaki

2.     kita bisa melihat bulan pada malam hari menggunakan ....

a.
mata
b.
hidung
c.
telinga

3.     bagian tubuh yang digunakan untuk menggigit adalah ....

a.
kaki
b.
gigi
c.
lidah

4.                                                  gambar bagian tubuh di samping yang ditunjukkan anak panah  dibersihkan dengan cara ....

a.
disampho
b.
disikat
c.
disisir

5.     manusia bisa mendengarkan musik menggunakan ....

a.
mulut
b.
rambut
c.
telinga

6.                                      pada gambar di samping adalah cara untuk membersihkan ....

a.
kaki
b.
tangan
c.
badan
7.     pada saat kita merasa haus, maka kita segera minum ....
      
a.
minyak
b.
gula
c.
air

8.                                      gambar makanan di samping adalah contoh nama ....

a.
lauk
b.
buah
c.
sayuran

9.     melindungi tubuh dari udara dingin menggunakan ....

a.
baju
b.
sepatu
c.
topi

10.                                       alat pada gambar di samping berguna untuk membersihkan ....

a.
rambut
b.
kuku
c.
telinga

11.      sampah  kering yang menumpuk segera di ....

a.
bakar
b.
siram
c.
cangkul

12.                                       alat pada gambar di samping digunakan untuk membersihkan ....

a.
halaman
b.
lantai
c.
meja

13.                                       pada gambar di samping adalah cara menjaga kesehatan ....

a.
Lidah
b.
gigi
c.
pipi

14.      lingkungan sekitar rumah supaya rindang ditanami ....

a.
padi
b.
pepohonan
c.
rumput

15.                                       gambar di samping adalah cara menjaga kesehatan ....

a.
mata
b.
kaki
c.
tubuh





II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

16.      membersihkan halaman rumah dengan cara di ....
17.      pada saat kita bernafas, kita menghirup ....
18.      hewan penyebab penyakit yang suka hidup di air menggenang adalah ....
19.      saluran air yang tersumbat oleh sampah dapat mengakibatkan ....
20.      pepohonan yang rindang menyebabkan udara terasa ....
21.      meja dan kursi di kelas terbuat dari ....
22.      memelihara burung di tempatkan di dalam ....
23.      tanaman supaya tumbuh subur perlu diberi ....
24.      bunga melati berwarna ....
25.      bagian tubuh yang dapat membedakan rasa asin dan manis adalah ....

III.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
26.      sebutkan 3 benda yang terbuat dari tanah liat !
jawab :
a.
............................................................................................................

b.
............................................................................................................
c.
............................................................................................................

27.      sebutkan 3 rasa benda di bawah ini sesuai dengan gambar !
a.                                        b.                                    c.


sambal
 

cuka
 

garam
 
 




jawab :
a.
............................................................................................................

b.
............................................................................................................
c.
............................................................................................................

28.      sebutkan 3 bentuk benda di bawah ini sesuai dengan gambar !
Donut: a.                                        b.                                   c.


bola
 

cincin
 

gelas
 
 




jawab :
a.
............................................................................................................

b.
............................................................................................................
c.
............................................................................................................



29.      sebutkan 3 kegunaan benda di bawah ini !
a.    pensil
b.    sapu
c.    kursi
jawab :
a.
............................................................................................................

b.
............................................................................................................

c.
............................................................................................................

30.      sebutkan makanan 4 sehat 5 sempurna !
jawab :
a.
............................................................................................................

b.
............................................................................................................

c.
............................................................................................................

d.
............................................................................................................

e.
............................................................................................................






KISI-KISI SOAL UAS 1 MAPEL ILMU PENGETAHUAN ALAM
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 KELAS 1 

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Indikator
No. Soal
Bentuk Soal
1.
Mengenal anggota tubuh dan kegunaanya serta perawatanya.
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaanya serta cara perawatanya.
Bagian-bagian tubuh kegunaanya dan cara perawatanya.
-          Nama anggota tubuh : rambut, kepala, mata, hidung, telinga, mulut, gigi, tangan, kaki.
-          Kegunaan anggota tubuh :
a.      Rambut : menutup kepala
b.      Mata untuk melihat
c.       Hidung untuk bernafas
d.      Telinga untuk mendengar
e.      Mulut untuk berbicara
f.        Tangan untuk memegang
g.      Kaki untuk berjalan
Ø  Disajikan gambar anggota tubuh, siswa dapat menyebutkan bagian anggota tubuh.
Ø  Disajikan kalimat, siswa dapat mnyebutkan kegunaan bagian tubuh.
Ø  Disajikan gambar anggota tubuh, siswa dapat menyebutkan cara merawat anggota tubuh.
1
3
25

2
5

4
6
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Isian

Pil. Ganda
Pil. Ganda

Pil. Ganda
Pil. Ganda

1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat.
Kebutuhan untuk tumbuh sehat dan kuat
-          Kebutuhan tubuh adalah : makanan, minuman, air, udara, pakaian, dan lingkungan sehat.
-          Kegunaan makanan adalah untuk mendapatkan tenaga, tumbuh sehat dan kuat.
-          Kegunaan udara : untuk bernafas.
-          Kegunaan air : minim, mandi, mencuci, menyiram tanaman.
-          Kegunaan pakaian : untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin.
Ø  Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan makanan yang menyehatkan tubuh.
Ø  Siswa dapat menyebutkan kegunaan air, udara, dan pakaian.
8
30


7
9
17
Pil. Ganda
Uraian


Pil. Ganda
Pil. Ganda
Isian
1.3 Membiasakan hidup sehat.
Berolah raga, beristirahat, tidur, makan teratur.
-          Membersihkan anggota tubuh secara teratur.
-          Berolah raga secara teratur.
-          Beristirahat secara teratur.
-          Makan yang teratur.
Ø  Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan cara menjaga kesehatan tubuh.
10
13
15
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda

2.
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.
Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.
-          Menjaga lingkungan rumah dan sekolah dengan cara menyapu, membuang sampah di tempat sampah, mengepel lantai, membersihkan sekolah, menanam tumbuhan, dan merawat hewan piaraan.
Ø  Siswa dapat menyebutkan cara menjaga kebersihan lingkungan.
Ø  Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan alat kebersihan.
Ø  Siswa dapat menyebutkan cara menjaga lingkungan agar tetap bersih.
11
14


12


16
Pil. Ganda
Pil. Ganda


Pil. Ganda


Isian
2.2 Membedakan lingungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
Perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat.
-          Ciri-ciri lingkungan sehat yaitu :
a.      Udara bersih terasa segar.
b.      Banyak dituumbuhi tanaman.
c.       Tidak ada sampah.
d.      Tidak ada air menggenang.
-          Ciri-ciri lingkungan tidak sehat :
a.      Udara terasa panas.
b.      Banyak sampah berserakan.
c.       Tumbuhan jarang yang tumbuh.
d.      Banyak air yang menggenang.
Ø  Siswa dapat menyebutkan akibat dari lingkungan yang bersih/sehat.
Ø  Siswa dapat menyebutkan akibat dari membuang sampah sembarangan.
Ø  Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat.
18



19



20
Isian



Isian



Isian
2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan piaraan, dan lingkungan sehat.
Cara merawat tanaman, hewan piaraan, dan lingkungan sehat.
-          Cara merawat tanaman adalah : disiram, dipupuk, disiangi rumputnya
-          Cara merawat hewan adalah : diberi makan, diberi minuman, dibersihkan kandangnya.
Ø  Siswa dapat menyebutkan cara merawat tanaman.
Ø  Siswa dapat menyebutkan cara merawat hewan piaraan.
23


22
Isian


Isian
3.
Mengenal berbagai dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda.
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
Sifat, perubahan dan kegunaan benda.
-          Bentuk benda : bulat, lingkaran, tabung, segitiga, bundar.
-          Ukuran benda : besar, sedang, kecil.
-          Warna benda : merah, putih, hijau, kuning, biru, jingga dan lain-lain.
-          Bau benda : wangi dan busuk.
-          Rasa benda : asin, pedas, manis, pahit.
Ø  Disajikan gambar benda, siswa dapat menyebutkan bentuk benda.
Ø  Siswa dapat menyebutkan warna suatu benda.
Ø  Siswa dapat menyebutkan rasa suatu benda.
28



24


27
Uraian



Isian


Uraian
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.
Perubahan bentuk benda di sekitar kita.
-          Contoh perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu :
1.      Tanah liat berubah menjadi batu bata, genteng, kendi, dan pot.
2.      Kayu berubah bentuk menjadi meja, pintu, almari, bangku, jendela, papan tulis.
3.      Benang berubah bentuk menjadi kain, baju, celana.
Ø  Siswa dapat menyebutkan benda yang berubah bentuk karena perlakuan tertentu.
26

21
Uraian

Isian
3.3  Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
Kegunaan benda di sekitar.
-          Contoh kegunaan benda di sekitar kita.
·         Bangku untuk duduk.
·         Almari untuk menyimpan pakaian.
·         Papan tulis untuk menulis.
·         Tas untuk menyimpan alat sekolah.
·         Kapur untuk menulis
·         Dan lain-lain.
Ø  Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan kegunaan benda di sekitar.
29
Uraian



















Previous
Next Post »
Thanks for your comment