ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN
2013 / 2014
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
K e l a s : IV ( Empat )
Hari / tanggal :
W a k t u :
Petunjuk umum :
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas pada lembar jawab!
2. Bacalah dengan teliti setiap soal yang akan kamu
kerjakan!
3. Kerjakan dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah!
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum kamu serahkan
kepada Bapak/ Ibu Guru!
I.
Berilah tanda
silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat !
Perhatikan denah di bawah ini. Untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2
|
1.
Berdasarkan
denah di atas, sebelah Selatan rumah makan terdapat ....
a.
Kantor
Kecamatan c.
Kantor Polisi
b.
Lapangan d.
Rumah sekar
2.
Bila Sekar akan
pergi ke SD Kartini ....
a.
Melalui Jl.
Mawar ke arah Selatan
b.
Melalui Jl.
Mawar ke arah Barat
c.
Melalui Jl.
Melati ke arah Utara
d.
Melalui Jl.
Anggrek ke arah Timur
3.
Jika kamu sudah
besar, sebaiknya tidak merokok ! karena merokok dapat menyebabkan berbagai
macam penyakit, antara lain kanker, paru-paru, jantung, dan darah tinggi.
Pokok pikiran di atas adalah ....
a.
Sebaiknya tidak
merokok
b.
Merokok dapat
menyebabkan berbagai penyakit
c.
Jika kamu sudah
besar, sebaiknya tidak merokok
d.
Berbagai macam
penyakit
4.
Dian “ Mengapa bahasa indonesia perlu
dipelajari?”
Soni “ Lho, itu kan
penting karena bahasa nasional kita.”
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat percakapan di atas
yaitu ....
a.
Koma (,) c.
Seru (!)
b. Titik
(.) d. Titik dua (:)
5.
Perhatikan
percakapan di bawah ini !
Ita : Kamu tadi naik bus
dari mana?
Rosi : Aku naik bus dari halte.
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat percakapan di atas
adalah ....
a.
Tanda
petik c. Titik dua
b.
Titik d. Tanda tanya
6.
Pak Miftah
adalah pakar dalam bidang pendidikan. Arti istilah pakar adalah ....
a.
Pandai c.
Ahli
b.
Pintar d.
Peneliti
7.
Aturan pakai
· Anak – anak
1-- 4 th = 3 X ½ sendok teh
4 th ke atas =
3 X 1 seddok teh
· Dewasa
3 X 1 sendok makan
Dosis yang tepat untuk anak yang berusia
3 tahun ketika minum obat penurun panas tersebut
Adalah ....
a.
3 X ½ sendok
makan c. 3 X
1 sendok makan
b.
3 X ½ sendok
teh d. 3 X 1 sendok teh
8.
1. Terdengar
nada sambung
2.
Menyampaikan pesan
3.
Menekan nomor telepon
4.
Menutup telepon
5.
Mengucapkan salam
Urutan
cara menelepon yang tepat adalah ....
a.
3-4-5-1-2 c.
3-1-5-2-4
b.
1-5-3-2-4 d.
1-3-4-5-2
9.
Bagian-bagian
surat terdiri dari ....
a.
Tempat dan
tanggal, isi surat, pembuka, penutup, perangko, amplop
b.
Alamat surat,
salam pembuka, isi surat, penutup, tanda tangan
c.
Perangko,
amplop, isi surat, salam penutup, tanda tangan
d. Tempat dan tanggal surat, alamat surat, salam pembuka, isi, salam
penutup, tanda tangan
pengirim
10.
Berakit-rakit
ke hulu, berenang-renang ke ....
a.
Sungai c. Hilir
b.
Tepian d.
Laut
11.
|
Gambar Candi Borobudur melambangkan ....
a.
Kebudayaan
tinggi Jawa Tengah
b.
Hidup dan
kehidupan masyarakat Jawa Tengah
c.
Ketuhanan
yang Maha Esa
d.
Perjuangan
kemerdekaan
|
12.
Magelang sering
dilanda musibah banjir lahar dingin. Antonim dari kata musibah adalah ....
a.
Bencana c.
Anugrah
b.
Tragedi d.
Malapetaka
13.
Apabila kita
akan mencari arti grafik di kamus, yang pertama kita cari adalah ....
a.
Huruf “g” yang diikuti “f”, kemudian “i” dan
seterusnya
b.
Huruf “g” yang
diikuti “a”, kemudian “k” dan seterusnya
c.
Huruf “g” yang
diikuti “r”, kemudian “a” dan seterusnya
d.
Huruf “g” yang
diikuti “r”, kemudian “f” dan seterusnya
14.
Cara
menggunakan alat pel dari kain yaitu ....
a.
Celupkan alat pel ke dalam air, peras,
gosok-gosokan ke lantai
b.
Gosok-gosokan
ke lantai, celupkan ke dalam air, peras
c.
Lantai disiram
air, alat pel digosok-gosokan, peras
d.
Lantai
digosok-gosok, dengan alat pel, disiram air
15.
Arti kata komunikasi
dalam Kamus Bahasa Indonesia adalah ....
a.
Pengiriman dan
penerima barang antar dua orang
b.
Pengiriman dan
penerima barang antar kota
c.
Pengiriman dan
penerima pesan antar kota
d.
Pengiriman dan penerima
pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan dipahami
16.
Vina akan ke
rumah Edo untuk meminjam buku catatan bahasa indonesia. Rumah Edo terletak di
sebelah Timur Jalan Belibis, berarti rumah Edo menghadap ke arah ....
a.
Barat c.
Selatan
b.
Timur d. Utara
17.
Aku adalah
kegiatan perekonomian yang dilakukan di sekolah berasaskan kekeluargaan dan
gotong royong. Anggotanya semua warga
sekolah. Keuntungan dibagi semua anggota.
Berdasarkan uraian di atas, tempat yang
dimaksud adalah ....
a.
Koperasi
Sekolah c. Perpustakaan Sekolah
b.
Kantin
Sekolah d. UKS
18.
1. Gantungkan
kertas di tempat yang akan diuji selama tiga hari
2.
Lihatlah, kertas dari ruangan mana yang paling kotor
3.
Sediakan kertas stiker atau kertas putih polos
4.
potong kertas dengan ukuran 15 cm X 15 cm
Urutan
kalimat di atas yang merupakan cara menggunakan stiker atau kertas untuk
mengukur kotor tidaknya udara di rumah yang benar adalah ....
a.
1-2-3-4 c.
3-4-1-2
b.
4-3-2-1 d.
3-1-2-4
19.
Kalimat yang
berisi petunjuk penggunaan alat adalah ....
a.
Alat ini bagus,
belilah sekarang
b.
Letakan buku di
atas meja, berilah sampul agar tetap bersih
c.
Tahukah kamu
bagaimana cara menggunakan alat ini?
d.
Masukan kertas
yang akan disatukan; kemudian tekan kedua belah besi stapler dengan kuat.
20.
Pada lambang
Koperasi Indonesia, arti lambang kapas dan padi adalah ....
a.
Persahabatan c.
Keadilan sosial
b.
Kemakmuran
rakyat d. Kepribadian rakyat Indonesia
Perhatikan
surat di bawah ini untuk menjawab soal no 21 – 22
Kebumen,
24 November 2013
Untuk
sahabatku, Mita
Di Palu
Halo Mita, apa kabar? Baik-baik saja
bukan? Aku di Kebumen baik-baik saja.
Mita,
aku ingin memberi kabar gembira. Kemarin, aku baru saja menerima piagam sebagai siswa teladan di sekolah. Saat
upacara bendera berlangsung, tiba-tiba aku dipanggil maju ke tengah lapangan
oleh Bapak Kepala Sekolah. Aku pikir akan dihukum, ternyata aku diberi piagam
siswa teladan. Aku senang sekali semua teman bertepuk tangan.
Ya
sudah, sekian dulu ya. Jangan lupa dibalas.
Sahabatmu
Vania
21.
Pada surat di
atas yang merupakan salam pembuka adalah ....
a.
Mita, aku ingin
memberi kabar gembira
b.
Aku senang sekali semua teman bertepuk tangan
c.
Ya sudah,
sekian dulu ya. Jangan lupa dibalas.
d.
Halo Mita, apa
kabar?
22.
Salah satu isi
surat di atas adalah ....
a.
Kebumen, 24
November 2013
b.
Untuk
sahabatku, Mita di Palu
c.
Aku baru saja
menerima piagam sebagai siswa teladan di sekolah
d.
Halo Mita, apa
kabar?
23.
Gunung Merapi
meletus tanggal 26 Oktober 2011.
Kalimat
tanya yang tepat untuk jawaban di atas adalah ....
a.
Kapan Gunung
Merapi meletus?
b.
Berapa kali
Gunung Merapi meletus?
c.
Siapa juru
kunci Gunung Merapi?
d.
Mengapa Gunung
Merapi meletus?
24.
Setiap minggu
pagi orang berbaris rapi di depan Balai Desa Sejahtera. Umumnya mereka
berpakaian kaos .... Adapula yang berjalan-jalan mengelilingi kampung secara
bergerombol. Setelah puas merekapun bubar dan pulang ke rumah masing-masing.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi cerita pada bagian tengah di atas adalah ....
a.
Mereka berasal
dari warga kampung
b.
Pemandangan itu
tejadi setiap minggu pagi
c.
Mereka
menggerakan badan sesuai irama musik
d.
Tua muda, besar
kecil, laki-laki perempuan, tanpa kecuali
25.
Pada lambang
DKI Jakarta, terdapat gambar tugu nasional. Maknanya adalah ....
a.
Tugu nasional
sebagai lambang kemakmuran
b.
Tugu nasional
sebagai lambang kota dan negara
c.
Tugu nasional
sebagai lambang perjuangan
d.
Tugu nasional
sebagai lambang kemegahan
26.
1. Masukan
socket pada stop kontak
2. Tekan tombol power pada
remot
3.
setelah TV menyala, pilihlah chanel sesuai selera
Petunjuk
di atas berarti ....
a.
Cara mematikan
TV c. Cara
memperbaiki TV
b.
Cara
menghidupkan TV d.
Cara menyimpan TV
27.
Kalimat di
bawah ini yang merupakan cara membuat mainan terompet adalah ....
a.
Hitunglah
dengan cepat c. Cobalah dengan segera
b.
Ambilah
terompet itu d. Cobalah terompet, letakan dimulut lalu tiup
28.
Pada lambang
daerah Kabupaten Kebumen terdapat burung lawet, maknanya adalah ....
a.
Burung lawet
merupakan burung langka
b.
Burung lawet
merupakan burung keramat
c.
Penghasilan
utama selain pajak adalah sarang burung lawet
d.
Burung lawet
merupakan burung khas daerah
29.
|
Gambar di samping merupakan gambar daerah ....
a.
Jambi
b.
Aceh
c.
Maluku
d.
Jakarta
|
30.
Para buruh
pelabuhan lebih cepat bekerja karena bantuan derek. Kata derek dibuat
kalimat yang tepat adalah ....
a.
Derek adalah
tambang untuk menarik muatan.
b.
Derek untuk
mengangkat, menurunkan muatan dari kapal.
c.
Derek tali
untuk mengikat muatan.
d.
Derek adalah
kereta membawa beras.
31.
Dahulu kala hiduplah seorang anak yatim
bernama La Moelu. Dia tinggal bersama ayahnya yang sudah tua sekali. Ibunya
telah lama meninggal dunia. Di samping yatim, dia juga miskin.
Pokok
pikiran dari paragraf tersebut adalah menceritakan latar belakang ....
a.
Ibu La
moelu c.
La Moelu
b.
Bapak La
moelu d.
Adik La Moelu
32.
Hari beranjak
malam. Angin bertiup kencang, .... Suara itu begitu menggelegar, seperti ribuan
pohon roboh. Ternyata di tebing utara pemukiman longsor. Tanah dan bebatuan
runtuh.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ....
a.
Terdengar petir
menyambar berkali-kali
b.
Tiba-tiba
terdengar suara yang sangat dahsyat
c.
Hujan turun
sangat deras dan lama sekali
d.
Malam itu aku
begitu ketakutan
33.
Taman Mini
Indonesia Indah memberikan gambaran luas tentang Indonesia dalam hasil budaya
dan berbagai musium terdapat di sana.
Pokok
pikiran paragraf di atas adalah ....
a.
Fungsi Taman
Mini Indonesia Indah c. Musium di tanah air
b.
Perkembangan
rumah adat d.
Keanekaragaman seni budaya
34.
Letak rumah
Arya di sebelah Timur kantor pertanian. Denah yang benar adalah ....
a.
|
c.
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|||||||||||
b.
|
|
|
|
|
|
|
|
d. d.
35.
Arti
kata gulma dalam KBBI adalah ....
a.
Hama
penyakit pada tanaman
b.
Rumput
pengganggu tanaman
c.
Salah
satu jenis tanaman yang dibudidayakan
d.
Hewan
pengganggu tanaman
II. isilah
titik-titik di bawah ini !
36.
Adimulyo
... 23 September 2013
Penulisan yang benar pada kalimat di atas adalah ....
37.
Untuk
sahabatku, Reza di Yogyakarta
Bagian surat di atas disebut ....
38.
Motor
, polisi, helms, tilang
Kata-kata di atas apabila diurutkan dalam kamus dengan urutan ....
39.
Sita membuat
bunga dari kertas
Sita
membuat bunga dari sedotan
Dua kalimat di atas jika kita gabung
menjadi ....
40.
Bukalah
tutup tempat baterai, masukan baterai, tutuplah penutupnya, pencetlah tombol
lampu menyala. Paragraf tersebut merupakan petunjuk menggunakan ....
Perhatikan
denah di bawah ini, untuk menjawab soal no 41 dan
42
41.
Apotek
terletak di antara ... dan ....
42.
Rumah
Dita di sebelah Utara ....
43.
Ramah
lingkungan berarti berbuat yang terbaik untuk ( ... ) kita tidak mencemari,
tidak merusak, dan mengganggu ekosistem yang ada. Kata tepat untuk mengisi (
... ) adalah ....
44.
Dokter
Puskesmas mengukur suhu tubuh nenek dengan ....
45.
Wina
: “ ....” Ini Wina?”
Risa : “
Selamat pagi, ada apa Wina?”
Wina : “ Tolong
sampaikan kepada teman-teman, saya terlambat datang karena saya nanti mengantar
ibu ke pasar.”
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah ....
III. Jawablah pertanyaan di bawah
ini dengan jawaban yang tepat dan jelas !
46.
Apakah arti
peribahasa “ Bagai katak di bawah tempurung”
Jawab :
47. Yogyakarta,
15 Desember 2013
Ibunda di Adimulyo,
Bagaimana
kabarnya? Sehat-sehat saja bukan? Maaf kemungkinan besar saya tidak bisa pulang
pada liburan Tahun Baru nanti, karena masih banyak tugas yang harus
diselesaikan, mohon do’anya semoga saya dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
Sekian dulu ya bu, lain kali kita sambung.
Salam hormat ananda
diva
Tulislah bagian surat yang merupakan
(a) tempat dan tanggal penulisan surat (b) salam pembuka (c) salam penutup.
Jawab : a.
.............................................................................
b.
.............................................................................
c.
.............................................................................
48. Perhatikan cerita di bawah ini !
Pada liburan panjang tahun lalu, Candra
diajak oleh kedua orang tuanya ke rumah nenek di (...) Mereka naik ( ... ) di
terminal. Mereka melewati perjalanan dengan penuh kebahagian, karena selama
diperjalanan mereka menikmati ( ... ) panorama alam desa.
Tulislah
kata-kata yang tepat untuk mengisi ( ...) pada cerita di atas !
Jawab : a. .............................................................................
b.
.............................................................................
c.
.............................................................................
49. Jelaskan
cara pemakaian obat tetes mata !
Jawab : a.
.............................................................................
b.
.............................................................................
c.
.............................................................................
50. Buatlah
tiga kalimat jika Arya ingin pergi ke Apotek Sehat !
Jawab : a. .............................................................................
b.
.............................................................................
c.
.............................................................................
KISI-KISI SOAL UKK TAHUN PELAJARAN 2012 /
2013
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : IV (Empat)
Kurikulum : KTSP
Jumlah Soal : 50
butir
1.
Pilihan Ganda : 35 butir soal
2.
Isian :
10 butir soal
3.
Uraian : 5 butir soal
KOMPETENSI DASAR (KD)/MATERI
|
INDIKATOR
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
||
PG
|
IS
|
UR
|
|||
1.1 Membuat gambar / denah berdasarkan
penjelasan yang didengar
Materi: Denah
|
§
Disajikan denah, siswa dapat menyebutkan
letak tempat pada denah
|
1
|
√
|
||
§
Disajikan kalimat, siwa dapat membuat gambar
denah dengah benar
|
34
|
√
|
|||
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat
yang runtut
Materi: Deskripsi tempat
|
§
Disajikan denah, siswa dapat mendeskripsikan
tempat sesuai dengan denah
|
2
|
√
|
||
§
Disajikan denah, siswa dapat menyebutkan
suatu tempat dalam denah dengan benar
|
41
|
√
|
|||
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang
(150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
Materi: Teks agak panjang
|
§
Disajikan teks, siswa dapat menyebutkan
pokok pikiran dengan benar
|
3
|
√
|
||
§
Disaikan teks, siswa dapat menyebutkan pokok
pikiran dengan benar
|
33
|
√
|
|||
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan
ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
Materi: Melengkapi percakapan
|
§
Disajikan percakapan, siswa dapat melengkapi percakapan
yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan( tanda titik dua dan
tanda petik )
|
5
|
√
|
||
§
Disediakan percakapan, siswa dapat
melengkapi tanda titik dua pada kalimat percakapan dengan benar.
|
4
|
√
|
|||
§
Disediakan percakapan, siswa dapat melengkapi
percakapan yang belum selesai dengan benar.
|
10
|
√
|
|||
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol
daerah / lambang korps
Materi: Lambang daerah
|
§
Disediakan logo Jateng, siswa dapat
menyebutkan lambang dengan benar
|
11
|
√
|
||
§
Disediakan simbol daerah siswa dapat
menyebutkan asal dari simbol tersebut dengan benar.
|
29
|
√
|
|||
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat
dengan bahasa yang baik dan benar
Materi: Petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya
|
§
Disajikan kalimat acak, siswa dapat
menjelaskan petunjuk penggunaan alat dengan benar.
|
18
|
√
|
||
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
Materi: Petunjuk penggunaan
|
§
Disediakan kalimat, siswa dapat menggunakan
alat dengan benar
|
14
|
√
|
||
4.2 Menuliskan petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara
membuat sesuatu
Materi: Petunjuk penggunaan
|
§
Disajikan beberapa kalimat, siswa dapat melakukan
sesuatu sesuai petunjuk dengan benar.
|
26
|
√
|
||
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menyebutkan dosis
|
7
|
√
|
|||
§
Cara meminum obat dengan bena, siswa dapat
menyebutkan cara pemakaian obat.
|
4
|
√
|
|||
1.3 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis
penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps
Materi : Lambang korps
|
§
Siswa dapat menyebutkan arti lambang-lambang
Korps dengan tepat
§
Disajikan lambang koperasi Indonesia, siswa
dapat menyebutkan arti dari lambang dengan benar
|
20
29
|
|||
2.3 Mendiskripsikan tempat sesuai dengan denah atau
gambar dengan kalimat yang runtut
Materi : Menceritakan tempat
|
§
Disajikan kalimat, siswa dapat
mendeskripsikan tempat sesuai dengan kalimat yang runtut
§
Disajikan denah, siswa dapat menyebabkan
letak tempat dengan benar
|
16
42
|
√
|
√
|
|
3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam
kamus / ensiklopedi melalui membaca,memindai
Materi : Kamus ensiklopedi
|
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menemukan
makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedi
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menyebutkan
antonim dari suatu kata dengan benar
§
Disajikan kata komunikasi, siswa dapat
menemukan makna dan informasi secara tepat
§
Disajikan kalimat, siswa dapat membuat
kalimat dengan kata yang sulit
§
Disajikan peribahasa, siswa dapat menemukan
arti peribahasa tersebut dengan benar
|
6
12
15
30
46
|
√
√
√
√
|
√
|
|
4.3 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau
penjelasan tentang cara membuat sesuatu
Materi : Petunjuk pembuatan dan penggunaan
|
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menyebutkan
cara membuat sesuatu dengan benar
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menggunakan
tanda baca koma dengan tepat
|
27
36
|
√
√
|
||
1.4 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis
penjelasan tentang simbol daerah atau lambang korps
Materi : Lambang daerah
|
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menyebutkan
makna gambar yang terdapat pada lambang kabupaten dengan benar
|
28
|
√
|
||
2.4 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan
bahasa yang baik dan benar
Materi : Petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya
|
§
Disajikan kalimat yang brisi petunjuk
penggunaan alat, siswa dapat menjelaskan cara menggunakannya dengan benar
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menjelaskan
cara penggunaan alat secara benar
|
19
40
|
√
√
|
||
3.4 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam
kamus / ensiklopedi melalui membaca memindai
Materi : Membaca memindai ensiklopedi
|
§
Disediakan peribahasa, siswa dapat
melengkapi peribahasa dengan benar
§
Disajikan kata, siswa dapat menemukan makna
dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedi dengan tepat
§
Disajikan kata, siswa dapat menyebutkan arti
maknanya dengan benar
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menyebutkan
makna kata dengan tepat
|
10
13
35
45
|
√
√
√
|
√
|
|
4.4 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang)
dengan menggunakan kata / kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang
padu
Materi : Cerita yang rumpang
|
§
Disajikan kaimat, siswa dapat membuat
kalimat tanya dengan benar
§
Disajikan kalimat yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapi kalimat tersebut dengan kalimat yang benar
§
Disediakan cerita yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapi ceita dengan benar
§
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat
mengisi teks yang hilang dengan benar
§
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat
melengkapi cerita dengan benar
|
23
24
32
43
48
|
√
√
√
|
√
|
√
|
1.5 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis
penjelasan tentang simbol daerah atau lambang korps
Materi : Lambang daerah
|
§
Siswa dapat menyebutkan makna dari gambar
lambang suatu daerah dengan benar
|
25
|
√
|
||
2.5 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau
gambar dengan kalimat yang runtut
Materi : Deskripsi tempat
|
§
Disajikan denah, siswa dapat menyebutkan
letak suatu tempat dengan benar
§
Disajikan denah, siswa dapat mendeskripsikan
suatu tempat dengan benar
|
41
50
|
√
|
√
|
|
3.5 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200
kata) dengan kalimat yang runtut
Materi : Teks agak panjang ( 150 – 200 kata )
|
§
Disajikan teks agak panjang, siswa dapat
menyebutkan nama tempat dengan benar
§
Disajikan teks agak panjang, siswa dapat
menemukan pikiran pokok dengan benar
|
||||
4.5 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan
ejaan ( huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll )
Materi : Surat
|
§
Disediakan surat, siswa menyebutkan
bagian-bagian surat dengan benar
§
Disediakan surat pribadi, siswa dapat
menyebutkan bagian salam pembuka dengan benar
§
Disajikan surat pribadi, siswa dapat
menyebutkan isi surat dengan benar
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menyebutkan
surat dengan benar
§
Disajikan kalimat, siswa dapat menggunakan
kata dengan tepat
§
Disajikan surat, siswa dapat menyebutkan
bagian- bagian surat dengan benar
|
9
21
22
42
44
47
|
√
√
√
|
√
√
|
√
|
KUNCI JAWABAN DISINI
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon