ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial ( IPS )
Kelas : V (Lima)
Hari/tanggal :
Waktu : 120 menit
Petunjuk Umum:
1.
Tulislah
namamu di sudut kanan atas!
2.
Bacalah
setiap pertanyaan dengan saksama!
3.
Kerjakanlah
terlebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah!
4.
Telitilah
kembali sebelum kamu menyerahkan kepada Bapak/Ibu gurumu!
I. Berilah tanda
silang (x)
pada huruf a,
b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
1. Yang termasuk kerajaan
Hindu adalah ....
a. Kerajaan Tarumanegara c.
Kerajaan Sriwijaya
b. Kerajaan Kaling d.
Kerajaan
Ternate dan Tidore
2. Kerajaan-kerajaan Budha
diantaranya ….
a. Kerajaan Tarumanegara
dan Sriwijaya c. Kerajaan Kaling dan Sriwijaya
b. Kerajaan Kaling dan
Kutai d. Kerajaan
Ternate dan Tidore
3. Kerajaan Samudra Pasai
terletak di ....
a. Palembang c. Kalimantan Timur
b. Aceh d. Banten
4. Di
bawah ini yang termasuk prasasti peninggalan agama Hindu yaitu ....
a. prasasti
lebak c. prasasti
kedukan bukit
b. prasasti
telaga batu d.
prasasti
talang tuo
5. Prasasti …
termasuk peninggalan agama Buddha.
a. telaga batu c. Kebon kopi
b. tugu d. Pasir awi
6. Raja
Mulawarman tokoh sejarah Hindu Buddha dari kerajaan ….
a. Sriwijaya c.
Singosari
b. Kutai d. Tarumanegara
7. Sultan Agung Hanyokrokusumo tokoh sejarah
Islam dari kerajaan …
a. Samudra Pasai c. Demak
b. Banten d. Mataram
8. Kenampakan
wilayah Indonesia terdiri dari kenampakan ....
a. alam c. alam dan buatan
b. alam,
buatan dan biasa d.
Alam,
buatan dan kekayaan
9. Flora (tumbuhan)
di Indonesia dikelompokan menjadi
....
a. 3 c. 5
b. 4 d. 6
10. Garis
weber adalah garis untuk memisahkan
habitat fauna tipe Australia dengan fauna tipe ….
a. Australia c. Asia
b. peralihan d. Asia Australia
11. Keadaan
rata-rata suhu udara tekanan udara, curah hujan, angin sinar matahari, pada
tempat tertentu dalam waktu relatif
singkat disebut ....
a. iklim c. cuaca
b. musim d. angin
12. Yang memiliki ciri panas dan
curah hujan yang tinggi sepanjang tahun disebut ….
a. Iklim c. cuaca
b . iklim tropis d. iklim musim
13. Provinsi Sulawesi,
Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, dan NTB merupakan wilayah
waktu Indonesia Bagian ....
a. barat c.
tengah
b. timur d.
barat
dan tengah
14. Yang ditetapkan sebagai
penentu waktu internasional adalah kota negara ....
a. Amirika c.
Belanda
b. Inggris d.
Eropa
15. Jika
di Jakarta jam 07.00 WIB, di Denpasar jam … WITA
a.
08.00
c. 10.00
b.
09.00 d. 11.00
16. Tiap-tiap daerah waktu
yang berdekatan langsung (WIT
dengan WITA) selisihnya ... jam .
a.
5 c.
3
b. 2 d.
1
17. Garis
… membelah bumi menjadi belahan barat atau Bujur Barat (BB) dan belahan timur
atau bujur timur (BT).
a. lintang c.
bujur
lintang
b. bujur d.
bujur-bujur
18. Di Indonesia terdapat
kurang lebih ... suku bangsa .
a. 200 c.
300
b. 100 d.
50
19. Salah satu suku bangsa
dari Nanggroe Aceh Darusasalam yaitu
....
a. suku Kluet c.
suku
Laut
b. suku Nias d.
suku
Kubu
20. Salah
satu suku bangsa dari Jawa Timur yaitu
….
a. Madura c.
Bali
b. Samin d.
Badui
21. Kebudayaan daerah akan ... budaya nasional.
a. memperburuk c.
menandingi
b.menyaingi d.
memperkaya
22. Sikap kita terhadap
budaya daerah harus saling ….
a. menghormati c.
menjelekan
b. membandingkan d.
mengabaikan
23. Unsur
dari kebudayaan nasional adalah kebudayaan ....
a. internasional c.
asing
b. daerah d.
suku
bangsa
a. Lampung c.
Aceh
b. Riau d. Banten
25. Kumpulan
keluarga/kerabat yang sangat luas disebut ....
a. kekerabatan c.
suku
bangsa
b. kekeluargaan d.
budaya
bangsa
rakyat dari daerah ….
a. Riau c. Palembang
b. Medan d. Aceh
27. Sebagian besar penduduk Indonesia
bekerja sebagai petani, sehingga Indonesia disebut negara ….
a. maritim c. agama
b. kolonial d.
Agraris
a. produksi c.
konsumsi
b. distribusi d.
rehabilitasi
29. Sandang,
pangan, dan papan termasuk kebutuhan
....
a. primer c. tersier
b. sekunder d.
tambahan
30. Pemerintah menghargai usaha yang
dilakukan setiap orang. Penghargaan yang diberikan pemerintah kepada orang yang berhasil dalam usaha dan
menyerap banyak tenaga kerja dinamakan ….
a. Upakarti c.
Adipura
b. Kalpataru d.
Adipura
Kencana
31. Kita harus menghormati guru. Guru
termasuk usaha dalam bidang ….
a. pendidikan c.
jasa
b.pengetahuan d.
perdagangan
32. Salah
satu usaha di bidang agraris adalah ….
a. kerajinan tangan c.
berdagang
b. berkebun d. pariwisata
33. Jika harga jual
lebih tinggi dari pada harga beli, maka pedagang itu dikatakan mendapat ....
a. kelebihan c.
Kerajinan
b. kekurangan d.
Laba
34. Yang termasuk Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) yaitu ….
a. PT KAI c. firma (Fa)
b. CV d. koperasi
35. Industri
sedang adalah industri yang memiliki jumlah tenaga kerja ....
a. 1 - 5 orang c.
20
- 100 orang
b. 6 - 19 orang d.
100
- 200 orang
II. Isilah titik-titik di bawah
ini dengan jawaban yang benar
!
36. Kerajaan
Hindu pertama di Indonesia adalah kerajaan ....
37. Kitab
Negara Kartagama yang terdapat nama Pancasila dikarang oleh ....
38. Kerajaan
nusantara pertama Sriwijaya
sedangkan Kerajaan nusantara kedua adalah ....
39. Sekumpulan
bukit yang membentuk barisan disebut
....
40. Angin
muson disebut juga ....
41. Sungai
digunakan sebagai tempat jual beli atau pasar terapung, yang terdapat di
provinsi ….
42. Garis khayal
yang melingkari bumi, seolah membelah bumi menjadi belahan bagian utara dan
membelah
bumi bagian selatan disebut garis ....
43. Tari maengket
berasal dari daerah ....
44. Ciri-ciri
industry besar jumlah tenaga kerja di atas ...
orang
45. Pihak
atau orang yang melakukan distribusi disebut ....
III. Jawablah
pertanyaan berikut pada tempat yang disediakan dengan benar!
46. Sebutkan 3 kerajaan
Hindu di Indonesia !
_______
47. Sebutkan
3 tokoh sejarah Hindu Buddha di Indonesia !
_______
48. Apa
yang dimaksud dengan gunung, tanjung, dan sungai
?
_______
49. Sebutkan 3 suku bangsa yang ada provinsi
Nusa Tenggara Barat !
_______
50. Apa
yang dimaksud dengan Intensifikasi, ekstensifikasi, dan diversifikasi ?
_______
Download Kunci Jawaban DISINI
KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER I (UAS I) SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
V (Lima)
Kurikulum :
KTSP
Alokasi Waktu :
120 menit
Jumlah Soal :
50 butir
Bentuk Soal :
I. Pilihan Ganda 25 butir soal Nomor
Soal 1 s.d 35
II.
Isian Singkat 10 Butir Soal Nomor 36 s.d 45
III. Uraian 5 Butir Soal Nomor 46 s.d 50
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
JENIS SOAL
|
1
|
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional
dari masa Hindu- Buddha dan Islam di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan kerajaan Hindu di Indonesia
|
1
|
PILGAN
|
2
|
Siswa dapat menyebutkan kerajaan Buddha di Indonesia
|
2
|
PILGAN
|
|
3
|
Siswa dapat menyebutkan kerajaan Islam di Indonesia
|
3
|
PILGAN
|
|
4
|
Siswa dapat
menyebutkan prasasti
peninggalan agama Hindu di Indonesia
|
4
|
PILGAN
|
|
5
|
Siswa dapat
menyebutkan prasasti
peninggalan agama Buddha di Indonesia
|
5
|
PILGAN
|
|
6
|
Meceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Buddha dan Islam di
Indonesia
|
Siswa dapat
menyebutkan tokoh
sejarah kerajaan Hindu- Buddha di
Indonesia
|
6
|
PILGAN
|
7
|
Siswa dapat
menyebutkan tokoh
sejarah kerajaan Islam di Indonesia
|
7
|
PILGAN
|
|
8
|
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah
waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
Siswa dapat menjelaskan kenampakan alam yang ada di Indonesia
|
8
|
PILGAN
|
9
|
Siswa dapat menjelaskan flora
yang ada di Indonesia
|
9
|
PILGAN
|
|
10
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian garis
weber dengan benar
|
10
|
PILGAN
|
|
11
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari cuaca dengan benar
|
11
|
PILGAN
|
|
12
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian tentang iklim tropis dengan benar
|
12
|
PILGAN
|
|
13
|
Siswa dapat menyebutkan daerah pembagian waktu di Indonesia
|
13
|
PILGAN
|
|
14
|
Siswa dapat menyebutkan tempat penentuan waktu internasional dengan benar
|
14
|
PILGAN
|
|
15
|
Siswa dapat memberikan contoh selisih waktu
di Indonesia dengan benar
|
15
|
PILGAN
|
|
16
|
Siswa dapat menjelaskan selisih waktu di Indonesia dengan benar
|
16
|
PILGAN
|
|
17
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian tentang garis bujur dengan benar
|
17
|
PILGAN
|
|
18
|
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
Siswa dapat
menyebutkan jumlah suku
bangsa yang ada di Indonesia
|
18
|
PILGAN
|
19
|
Siswa dapat
menyebutkan salah satu
contoh suku bangsa yang ada di provinsi
Aceh
|
19
|
PILGAN
|
|
20
|
Siswa dapat
menyebutkan salah satu
contoh suku bangsa yang ada di
provinsi Jawa Timur
|
20
|
PILGAN
|
|
21
|
Siswa dapat
menyebutkan sumber
kebudayaan nasional yang ada di
Indonesia
|
21
|
PILGAN
|
|
22
|
Siswa dapat bersikap menghargai dengan budaya asing
|
22
|
PILGAN
|
|
23
|
Siswa dapat
menyebutkan salah satu
contoh unsure dari kebudayaan nasional
|
23
|
PILGAN
|
|
24
|
Siswa dapat menjelaskan gambar pakaian adat dan rumah adat yang ada di samping !
|
24
|
PILGAN
|
|
25
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian suku bangsa dengan benar
|
25
|
PILGAN
|
|
26
|
Siswa dapat menjelaskan gambar pertunjukan rakyat
|
26
|
PILGAN
|
|
27
|
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian agraris dengan benar
|
27
|
PILGAN
|
28
|
Siswa dapat menjelaskan gambar kegiatan orang memindah barang
|
28
|
PILGAN
|
|
29
|
Siswa dapat menyebutkan tingkat kebutuhan manusia
|
29
|
PILGAN
|
|
30
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian istilah upakarti dengan benar
|
30
|
PILGAN
|
|
31
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh kegiatan di bidang jasa
|
31
|
PILGAN
|
|
32
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh usaha di bidang agraris
|
32
|
PILGAN
|
|
33
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian istilah
laba dengan benar
|
33
|
PILGAN
|
|
34
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh Badan Usaha Milik Negara
(BUMN)
|
34
|
PILGAN
|
|
35
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh ciri-ciri industry
sedang/menengah
|
35
|
PILGAN
|
|
36
|
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional
dari masa Hindu- Buddha dan Islam di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan kerajaan Hindu tertua di Indonesia
|
36
|
ISIAN
|
37
|
Siswa
mampu menceritakan karya
sastra peninggalan agama Hindu
|
37
|
ISIAN
|
|
38
|
Siswa dapat menyebutkan kerajaan nusantara kedua.
|
38
|
ISIAN
|
|
39
|
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah
waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian pegunungan dengan benar.
|
39
|
ISIAN
|
40
|
Siswa dapat menyebutkan persamaan angin muson dengan
benar
|
40
|
ISIAN
|
|
41
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh sungai sebagai tempat jual
beli atau pasar terapung
|
41
|
ISIAN
|
|
42
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian garis lintang dengan benar
|
42
|
ISIAN
|
|
43
|
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
Siswa dapat menjelaskan asal tari maeket
|
43
|
ISIAN
|
44
|
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh ciri-ciri industry besar
|
44
|
ISIAN
|
45
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian istilah distributor dengan benar
|
45
|
ISIAN
|
|
46
|
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional
dari masa Hindu- Buddha dan Islam di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan 3 kerajaan Hindu di Indonesia
|
46
|
URAIAN
|
47
|
Meceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Buddha dan Islam di
Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan 3 tokoh sejarah Hindu-Buddha di Indonesia
|
47
|
URAIAN
|
48
|
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah
waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian istilah
gunung, tanjung, dan sungai dengan benar
|
48
|
URAIAN
|
49
|
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan 3 suku bangsa yang ada di NTB
|
49
|
URAIAN
|
50
|
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian istilah intensifikasi,
ekstensifikasi dan diversifikasi dengan benar
|
50
|
URAIAN
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon