ULANGAN SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013
/2014
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas :
V ( lima )
Hari / Tanggal :
Waktu :
Petunjuk Umum :
1.
Tulislah namamu
di sudut kanan atas !
2.
Bacalah setiap
pertanyaan dengan seksama !
3.
Kerjakanlah
lebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4.
Telitilah
kembali jawaban sebelum kamu serahkan kepada Bapak/Ibu Guru !
I.
Isilah titik –
titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.
475 + 350 = 350 + n; n = ….
2.
Hasil taksiran terbaik kepuluhan terdekat dari
18 X 21 adalah ….
3.
Faktor prima dari 42 adalah ….
4.
Faktorisasi prima dari 84 adalah ….
5.
FPB dari 60 dan 24 adalah ….
6.
KPK dari 42 dan 70 adalah ….
7.
6 X 92 + ( -56 X ( - 72 ) ) = ….
8.
Hasil dari 24 X 15 : 5 = ….
9.
+ = ….
10. Hasil dari adalah ….
11. Pukul 09.00
malam dapat ditulis pukul ….
12. 2,5 jam = … menit
13. 5 lustrum + 5
windu = … tahun
14. Jika sekarang pukul
08.15 maka 45 menit yang akan datang adalah pukul ….
15. 2 tahun – 15
bulan = … hari
16. 7 jam 27 menit
30 detik – 3 jam 40 menit 12 detik = ….
17. 15 bulan + 2
minggu + 29 hari = … hari
18. Segitiga
siku–siku sudut ABC = ,
sudut ACB = ,
maka sudut BAC adalah … derajat
19. Sudut yang
dibentuk dari pukul 02.30 besarnya … derajat
20. 19 dam + 17 m =
… dm
21. 12 m/menit = … dm/menit
22. 72 km/jam
= …
dam/detik
23. Dalam waktu 5
jam mobil dapat menempuh 200 km. Kecepatan mobil adalah … km/jam
24. Jarak Kota A ke Kota B adalah 175 km. Sebuah mobil
menempuh jarak tersebut dengan kecepatan
70 km/jam. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak Kota A ke Kota B adalah ….
25. Gambar Trapesium
15 cm
Luas
bangun disamping adalah ….
18 cm
30
cm
26. Gambar Layang -
Layang
Luas bangun disamping adalah ….
10
cm
25 cm
27. Sebuah Trapesium memiliki luas 240 .
Jika panjang sisi sejajar adalah 26 cm dan 14 cm tinggi Trapesium adalah ….
28. Luas sebuah Layang – Layang adalah 320 . jika panjang diagonal 1 adalah 80 cm, maka
panjang diagonal 2 adalah ….
29. Panjang sisi suatu kubus adalah 6 cm. volume kubus
adalah ….
30. Sebuah balok memiliki panjang 12 cm, lebar 13 cm dan
tinggi 14 cm. volume balok adalah ….
II.
Jawablah
pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan benar !
31. Tentukan taksiran rendah, tinggi dan terbaik kepuluhan
terdekat 83 X 36 !
Jawab : ___________________________________________________________________
32. Berapa hasil dari ( - 64 + ( - 9 ) X 4 ) : ( - 25 ) ?
Jawab : ___________________________________________________________________
33. Tiga tahun yang lalu umur Reni adalah 13 tahun. Berapa
umur Reni 5 tahun yang akan datang ?
Jawab : ___________________________________________________________________
34. Dian sekeluarga menggunakan komputer secara
bergantian. Dian mengetik selama 1 jam 25 menit. Adik membuat gambar selama 2
jam 13 menit. Ayah membuat surat selama 45 menit. Berapa total waktu penggunaan
komputer keluarga Dian ?
Jawab : ___________________________________________________________________
35. Dua buah kota jaraknya 150 km. jarak tersebut ditempuh
dengan mobil dalam 5 jam. Berapa kecepatan mobil tiap jam ?
Jawab : ___________________________________________________________________
36. Seorang pelari menempuh lintasan sepanjang 10 km
dengan kecepatan 2,5 km/jam. Berapa waktu yang diperlukan untuk sampai ke garis
finih ?
Jawab : ___________________________________________________________________
37. Pak Pardi mempunyai papan berbentuk trapesium dengan
panjang sisi yang sejajar 50 cm dan 64 cm. tentukan tinggi trapesium jika
luasnya 1.368 ?
Jawab : ___________________________________________________________________
38. Sahrul akan membuat layang – layang dengan panjang
diagonal 32 cm dan 28 cm. tentukan luas kertas yang dibutuhkan Sahrul untuk
membuat laying – laying tersebut ?
Jawab : ___________________________________________________________________
39. Tentukan panjang balok bila volumenya 378 liter,
tinggi 7 dm dan lebar 6 dm !
Jawab : ___________________________________________________________________
40. Volume kubus 1.728 .
Tentukan panjang rusuknya !
Jawab : ___________________________________________________________________
KUNCI JAWABAN
I. ISIAN
1. 475 16.
3 jam 47 menit 18 detik
2. 380 17.
493 hari
3. 2,3,7 18.
4. X 3 X 7 19.
5. 12 20.
2.070 dm
6. 210 21.
120 dm/menit
7. 4.584 22.
2
8. 72 23.
40 km/jam
9. 145 24.
2,5 km
10. 13 25.
180
11. 21.00 26.
125
12. 150 27.
12 cm
13. 65 tahun 28.
8 cm
14. 09.00 29.
216.000
15. 280 hari 30.
2.184
II. URAIAN
31. Taksiran
rendah 80 X 30 = 2.400
Taksiran tinggi 90 X 40 = 3.600
Taksiran terbaik 80 X 40 = 3.200
32. ( -64 + (
-36 ) ) : ( -25 ) = ( -100 ) : ( -25 ) = 4
33. Umur
sekarang 13 + 3 = 16 tahun
Umur 5 tahun lagi 16 + 5 = 21 tahun
34. 1 jam 25
menit + 2 jam 13 menit + 45 menit = 4 jam 23 menit
J 150
35. K = =
= 30 km/jam.
W 5
J 10
36. W = =
= 4 jam.
K 2,5
L
1.368 1.368
37. t = X 2 = = = 24 cm
(a+b)
( 50 + 64 ) 114
38. L = ½ X X = ½ X 32 X 28 = ½ X 896 = 448
v 378 378
39. p = = = = 9 dm
( txl)
( 7 x 6 ) 42
KISI – KISI
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN
PELAJARAN 2013 / 2014
SATUAN PENDIDIKAN :
SEKOLAH DASAR
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :
V / I
ALOKASI WAKTU :
90 MENIT
JUMLAH SOAL :
40 BUTIR
BENTUK SOAL :
I ISIAN : 30 BUTIR NO
1 - 30
II URAIAN : 10
BUTIR N0 31 – 40
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1.
|
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
2.
Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam peme cahan masalah.
3.
Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.
Menghitung
volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
2.
Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam peme cahan masalah.
3.
Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4.
Menghitung
volume kubus dan balok dan menggunaknnya dalam pemecahan masalah.
|
1.1
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat – sifatnya,
pembulatan dan penaksiran.
1.2
Menggunakan
faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB.
1.3
Melakukan
operasi hitung campuran bilangan bulat.
1.4
Menghitung
perpangkatan dan akar sederhana.
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggu nakan
notasi 24 jam.
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu.
2.3 Melakukan pengukuran sudut.
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan.
3.1 Menghitung Trapesium dan Layang –
Layang.
3.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan
dengan luas bangun datar.
4.1
Menghitung
volume kubus dan balok.
1.1
Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat – sifatnya, pembulatan
dan penaksiran.
1.3 Melakukan
operasi hitung campuran
bilangan bulat.
2.2 Melakukan operasi hitung
satuan waktu.
2.5 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan
dengan waktu, jarak dan
kecepaatan.
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan luas bangun datar.
4.1 Menghitung volume kubus dan
balok.
|
Operasi Hitung
Bilangan Bulat
Pengukuran
Luas Bangun
Datar Sederhana
Volume Kubus
Dan Balok
Operasi Hitung
Bilangan Bulat
Pengukuran
Luas Bangun
Datar Sederhana
Volume Kubus
Dan Balok
|
Ø Menggunakan sifat komutatif untuk melakukan operasi
bilangan bulat.
Ø Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan.
Ø Menentukan faktor prima.
Ø Menentukan faktorisasi prima.
Ø Menentukan FPB dua bilangan.
Ø Menentukan KPK dua bilangan.
Ø Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
perkalian dan penjumlahan.
Ø Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
perkalian dan pembagian.
Ø Menentukan perpangkatan.
Ø Menentukan akar sederhana.
Ø Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam.
Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan
waktu, jam, menit.
Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan
waktu, lustrum, windu, tahun.
Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
dalam sehari – hari.
Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan
waktu, tahun, bulan, hari.
Ø Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu,
jam, menit, detik.
Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan
waktu bulan, minggu, hari.
Ø Menentukan besar suatu sudut.
Ø Menaksir besar suatu sudut.
Ø Menentukan satuan jarak.
Ø Menunjukkan hubungan antara satuan jarak dan waktu.
Ø Menunjukkan hubungan antara satuan jarak dan waktu.
Ø Menentukan kecepatan apabila diketahui jarak dan
waktu.
Ø Menentukan waktu apabila diketahui jarak dan
kecepatan.
Ø Menentukan luas bangun trapesium.
Ø Menentukan luas bangun layang – layang.
Ø Menentukan tinggi bangun trapesium.
Ø Menentukan salah satu panjang diagonal layang –
layang.
Ø Menentukan volume kubus.
Ø Menentukan volume balok.
Ø Menentukan taksiran rendah, taksiran tinggi,
taksiran terbaik dari dua bilangan.
Ø Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
penjumlahan, perkalian, pembagian.
Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan
waktu tahun.
Ø Menentukan lama kegiatan yang melibatkan satuan
waktu jam dan menit.
Ø Menentukan kecepatan.
Ø Menentukan waktu.
Ø Menentukan tinggi bangun trapesium.
Ø Menentukan luas bangun layang – layang.
Ø Menentukan panjang balok.
Ø Menentukan panjang rusuk kubus.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
|
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Maaf bila soal banyak yang cacat, untuk yang soal ini kami memiliki aslinya!
Jika anda membutuhkan kirimkan ke Contact Me...
atau hubungi Contact Person Kami di SINI.
sdnArjsr
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon