Kunci UKG SD 2014


1. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali …. 
A. sikap penulis 
B. panjang tulisan 
C. struktur sajian 
D. penggunaan bahasa 

2. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari: 
A. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup 
B. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan 
C. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan 
D. abstrak, bagian inti, penutup 

3.Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang 
A. rangkuman dan tindak lanjut 
B. simpulan umum 
C. rekomendasi penulis 
D. simpulan dan saran 

4. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh substansi karya tulis ilmiah, kecuali …. 
A. pendidikan 
B. kebudayaan 
C. pemulung 
D. informatika 

5. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali 
A. fakta atau kenyataan 
B. argumentasi 
C. teori yang diakui kebenarannya 
D. data empirik/hasil penelitian 

6. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiah dicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat 
A. resmi 
B. baku 
C. impersonal 
D. personal 

7. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunyai komponen …. 
A. daftar pustaka 
B. abstrak 
C. daftar tabel 
D. lampiran 

8. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih di mana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . . 
A. Heterofil 
B. Homofil 
C. Holomofil 
D. Homogen 

9. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . . 
A. Santosa S. Hamidjaja 
B. Mattew B. Milers 
C. Sumantri Mulyani 
D. Rabbin 

10. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ................................. 
A. Tahap pengetahuan (kowledge) 
B. Tahap bujukan (persuasion) 
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making) 
D. Tahap implementasi (implementation) 

11. Perkembangan motorik adalah.................... 
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh 
B. Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh 
C. Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot 
D. Hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak 

12. Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah 
A. Cerebral cortex 
B. Batang otak 
C. Cerebellum 
D. Basal ganglia 

13. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun 
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (sepertigunung atau bukit) 
B. Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar) 
C. Menggambar garis lurus 
D. Menggambar coret-coretan 

14. Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun 
A. Melompat-lompat dengan kaki bergantian 
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir 
C. Melompati parit 
D. Melompat dengan satu kaki 

15. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik 
A. Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh 
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya 
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak 
D. Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan 

16. Perkembangan sosial adalah 
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok 
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial 
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak 
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial 

17. Proses sosialisasi adalah................. 
A. Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial 
B. Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial 
C. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial 
D. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial 

18. Bagaimanakah gambaran orang yang sosial? 
A. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain 
B. Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat 
C. Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain 


D. Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi 
19. Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi anak? 
A. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama 
B. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya 
C. Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya 
D. Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap 

20. Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah 
A. Pengasuhan permissive-indulgent 
B. Pengasuhan otoritatif 
C. Pengasuhan permissive-indefferent 
D. Pengasuhan otoriter

jawabannya:
tulisan yang bercetak miring.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment