KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN TENGAH
SEMESTER 2 KELAS II
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Jenis Sekolah : SD/MI
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : II/2
Jumlah Soal : 35 butir
Bentuk Soal : I.
Pilihan Ganda : 20 butir
II.
Isian : 10 butir
III. Uraian
: 5 butir
NO
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Jenis Soal
|
Nomor Soal
|
||
1
|
2
|
· Mengenal
berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
kegunaannya
· Memahami peristiwa alam
dan pengaruh matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
· Mengidentifikasikan
sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan
sekitar.
· Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang
dan sore hari.
· Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Sumber energi dan
kegunaannya
· Pengaruh
sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
· Kegunaan
panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Siswa
menyebutkan salah satu sumber energi
·
Disajikan
gambar, siswa menentukan alat yang
menghasilkan cahaya
·
Siswa
menentukan energi yang dihasilkan oleh suatu alat
·
Disajikan
gambar, siswa menunjukkan alat yang menghasilkan panas
·
Siswa
memberikan contoh alat yang menghasilkan bunyi
·
Siswa
dapat menentukan pemanfaatan suatu alat
·
Siswa
menentukan sumber energi yang tidak akan habis
·
Siswa
menentukan sumber energi listrik
·
Disajikan
gambar, siswa menunjukkan energi yang dihasilkan oleh salah satu alat yang
ada di rumah
·
Siswa
menentukan sumber energi dari suatu alat
·
Disajikan
tabel, siswa memilih pasangan yang tepat untuk alat dan energi yang
dihasilkannya
·
Memberikan
contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari dalam rumah tangga.
· Siswa menunjukkan cara
menghemat energi listrik
· Siswa menjelaskan manfaat
menghemat energi
· Siswa menyebutkan salah satu
sumber energi yang banyak digunakan
· Siswa
menentukan alat yang sumber energinya dari listrik
· Siswa menentukan sumber
energi yang tepat untuk suatu
benda/alat
· Siswa menyebutkan kegunaan dari
energi cahaya
·
Siswa
menunjukkan waktu yang baik untuk berolah raga
·
Menceritakan
panas matahari di siang hari
· Siswa menentukan letak bayangan
suatu benda
· Siswa menunjukkan kedudukan
matahari di siang hari
· Siswa menyebutkan waktu
matahari terbenam
·
Siswa
membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
· Menghubungkan sumber energi
dengan energi yang dihasilkan
· Siswa
menyebutkan alat alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
· Siswa memberi alasan penggunaan
sumber energi listrik
· Siswa
menyebutkan sumber energi yang tidak dapat habis
· Siswa
menyebutkan alat rumah tangga yang menghasilkan cahaya
· Siswa menjelaskan cara
menghemat energi
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Isian
Isian
Isian
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon