Prediksi UKK Kelas 1 SD Bahasa Indonesia Semester 2 UAS II TA 2013/2014

I. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1.     Alta datang terlambat ke kelas. Alta mengucapkan ………..
a. Bu saya mau masuk kelas
b. Maaf Bu saya mau duduk
c. Maaf Bu saya terlambat

2.     Meja belajar saya berantakan. Saya segera ……………
a. merapikan
b. mengepel
c. menyapu

3.     Panggilan untuk ayah dari ibu adalah ………..
a. kakek
b. paman
c. kakak

4.     Allen menjadi juara lomba gambar. Ibu …………….. pada Allen.
a. benci
b. marah
c. bangga

5.     minum – susu – alta – cokelat
         susunan kalimat yang benar adalah ………..
a. susu cokelat alta minuman
b. alta cokelat susu minum
c. alta minum susu cokelat

6.     tuti dan tati pandai menyanyi
         tati dan teti pandai menari
         anak yang pandai menyanyi dan menari adalah …………..
a. tuti
b. tati
c. teti

7.     agnes : permisi saya mau bertanya
         allea : iya silahkan
         agnes : ………………
         allea : di jalan nuri nomor 3
         Kalimat yang sesuai untuk titik-titik di percakapan tersebut adalah ……….
a. kemana rumah Alta
b. dari mana rumah Alta
c. di mana rumah Alta

8.     Ivan melihat Bimo jatuh dari sepeda. Sebaiknya Ivan ……………. Bimo
a. menonton
b. menolong
c. memarahi

9.     Erik mematahkan pensil Adi. Erik mengucapkan ………..
a. wah pensilmu cepat patah ya
b. pensilmu untukku saja ya
c. maaf aku mematahkan pensilmu

10.   Ayah memberi uang kepada Rafi. Rafi menabung uang dari Ayah. Sifat Rafi……
a. boros
b. hemat
c. pemurah

11.   Pagi hari Ani berangkat ke sekolah. Rani bertemu bu guru di jalan. Rani mengucapkan……
a. selamat pagi
b. selamat siang
c. selamat sore

12.   ……….. membuang sampah sembarangan
a. mari
b. jangan
c. silahkan

13.   Saya ditolong teman. Saya mengucapkan ………….kepadanya
a. selamat
b. maaf
c. terima kasih

14.   Halaman Tia bersih.  Tia rajin…………
a. menyapu
b. mengelap
c. menyiram

15.   Benda ini terbuat dari bambu dan kertas. Benda ini dimainkan dengan benang. Benda ini terbang tertiup angin. Benda ini adalah …………
a. topeng
b. mobil mobilan
c. layang-layang

16.   Rafi rindu nenek di kampong. Rafi menulis surat …………. Nenek
a. dari
b. dengan
c. untuk

17.   Berikut ini yang merupakan kalimat tanya adalah ……………..
a. hati hati kalau berjalan
b. kapan kamu pergi ke bogor
c. rifki sedang membaca buku

18.   Susi juara lomba menyanyi. Saya mengucapkan …………..
a. selamat
b. terima kasih
c. mohon maaf

19.   Musim kemarau tiba. Hujan jarang turun. Tanah petani menjadi …………….
a. tandus
b. gembur
c. subur

20.   Hore aku mendapat nilai sepuluh. Kalimat tersebut adalah ungkapan……….
a. gembira
b. sedih
c. kagum

21.   Aku benda yang terbuat dari kayu. Aku digunakan sebagai tempat duduk. Aku adalah ………
a. jendela
b. meja
c. kursi

22.   Kaleng kaleng bekas berserakan, nyamuk banyak bersarang, apalagi dimusim hujan.  Kondisi lingkungan itu ………..
a. sehat
b. segar
c. kumuh

23.   Anak yang rajin belajar menjadi pandai. Anak yang malas belajar menjadi …………
a. pintar
b. bodoh
c. cerdik

24.   Adik laki laki dari Ayah adalah ………..
a. kakak
b. paman
c. bibi

25.   Kerbau menolong ular. Akan tetapi ular hendak menggigit kerbau. Untung kancil datang menolong kerbau. Sifat ………….. tidak boleh ditiru.
a. kerbau
b. ular
c. kancil

II. Pasangkan kalimat dengan kata di samping !
1.     Orang yang mengajari membaca dan menulis di sekolah                   a. polisi
2.     Orang yang mengatur lalu lintas                                                               b. pedagang
3.     Orang yang menangkap ikan di laut                                                        c. sopir
4.     Orang yang menjalankan bis kota                                                           d. guru
5.     Orang yang menjual barang barang                                                         e. nelayan
Previous
Next Post »
Thanks for your comment