I. Berilah
Tanda Silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang paling tepat
1. Gaya dapat menyebabkan, kecuali ...
a. benda diam menjadi bergerak c. bentuk dan ukuran benda berubah
b. benda menjadi panas d. arah gerak benda berubah
2. Ban mobil berbuat bergerigi
untuk ...
a. memperkecil gaya gerak c. memperbesar gaya gesek
b. mempercepat laju kendaraan d. mencegah terjadi tabrakan
3. Contoh gaya gesek yang
menguntungkan adalah ...
a. ban sepeda yang sudah lama dipakai menjadi
gundul.
b. mesin kendaraan menjadi aur
c. alas kaki dibuat kasar
d. semua jawaban benar
4. Kegiatan berikut yang
disebabkan oleh gaya gravitasi adalah ...
a. jarum menempel pada magnet c. Leo sedang menendang bola
b. mangga jatuh dari tangkainya d. tali busur di tarik
5. Sebuah bena didekatkan
dengan paku payung, paku payung tertari oleh benda tersebut, benda tersebut
adalah ...
a. almunium c. baja
b. kayu d. magnet
6. Contoh penggunaan gaya
pegas dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
a. bermain layang-layang c. menendang bola
b. kompas d. menggunakan ketepel
7. Besar gaya gravitasi dapat
ditentukan oleh ...
a. jenis benda c. bentuk benda
b. ukuran benda d. berat benda
8. Berikut ini termasuk jenis
pesawat sederhana adalah ...
a. pengukit c. katrol
b. bena miring d. papan luncur
9. Pesawat sederhana berikut
merupakan contoh pengukit adalah ...
a. kapak c. eskalator
b. sekrup d. gunting
10. Berikut ini tidak termasuk
bagian-bagian pengukit adalah ...
a. titik beban c. titik kuasa
b. titik tumpu d. titik balik
11. Jalan di pegunungan biasanya
berkelok-kelok ini termasuk pesawat sederhana jenis ...
a. pengukit c. katrol
b. bidang miring d. roda
12. Untuk mempermudah mengambil
air dari sumur, sebaiknya harus menggunakan ...
a. pengukit c. roda
b. bidang miring d. katrol
13. Cahaya memiliki sifat dapat
...
a. merambat lurus c. dibiaskan
b. dipantulkan d. semua jawaban benar
14. Benda-benda berikut iyang
dapat tembus cahaya ialah ...
a. kertas, karton c. bola
b. kayu, besi d. seng
15. Ketika berenang, kaki
terlihat lebih pendek, ini menunjukan bahwa cahaya ...
a. dapat dipantulkan c. menembus benda bening
b. dapat dibiaskan d. merambat lurus
16. Jika cahaya datang dari zat
kurang rapat menunjukan cahaya yang lebih rapat cahaya akan ...
a. dibiaskan mendekati garis normal c. dipantulkan kembali
b. dibiaskan menjauhi garis normal d. merambat lurus
17. Berikut ini yang merupakan
bagian terluar lapisan atmosfir adalah ...
a. troposfer c. stratosfer
b. eksosfer d. mesosfer
18. Lapisan bumi yang merupakan
pusat bumi adalah ...
a. atmosfer c. kerak bumi
b. manter
bumi d. inti bumi dalam
19. Jenis batuan yang terjadi jika
batu kapur mengalami perubahan suhu dan tekanan tinggi adalah ...
a. batu pualam c. batu granit
b. batu sabak d. batu serpih
20. Termasuk jenis tanah yang
berat, sulit dilalui air, jika basah tanah menjadi sangat lengket merupakan
ciri tanah ...
a. berhumus c. berpasir
b. berkapur d. liat
21. Batu yang termasuk jenis
batuan sedimen atau batuan endapatn adalah ...
a. batu granit c. batu gamping
b. batu basai d. batu pualam
22. Air di permukaan bumi, jika
terkena panas matahari akan berubah menajdi ...
a. uap air c. hujan
b. awan d. butiran air
23. Air di permukaan bumi
mengalami penguapan karena menerima ...
a. tiupan angin c. panas bumi
b. panas matahari d. terpaan ombak
24. Gempa bumi yang disebabkan
oleh gunung meletus di sebut gempa ....
a. tektonik c. vulkanik
b. mekanik d. hopotonik
25. Pembuatan teras di lereng
bukit agar tanah tidak longsor diterjang air hujan disebut ...
a. sengkedan c. penghijauan
b. reboisasi d. hutan kota
26. Zat hijau daun disebut ...
a. kloroplas c. plastika
b. klorofil d. epidermis
27. Pada proses fotosintesis
tumbuhan menghasilkan ...
a. zat makanan c. air dan mineral
b. karbon dioksida d. garam mineral
28. Sagu dan tebu menyimpan
cadangan makanan di ...
a. batang c. daun
b. akar d. buah
29. Bunglon akan sulit diamati
jika berada di pohon karena ...
a. ukuran sama dengan pohon c. ekornya seperti batang pohon
b. bentuknya sama dengan pohon d. warnanya tubuhnya sama dengan pohon
30. Mawar melindungi diri dari
gangguan musuhnya dengan ....
a. warna bunga menarik c. bunga yang harum
b. batang berduri d. kelenjar duri
II. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar !
31. Peritstiwa fotosintesis
selain dibantu oleh cahaya matahari, juga dapat dibantu dengan ...
32. Klorofil terdapat di dalam
....
33. Ketika dikejar mangsanya,
cumi-cumi akan mengeluarkan ...
34. sesuatu yang menyebabkan
benda bergerak adalah ...
35. Buah durian yang matang jatuh
dari tangkainya, merupakan contoh gaya ...
36. Sumber cahaya yang paling
utama bagi bumi adalah ...
37. Cahaya matahari sebenarnya
terdiri atas .... warna
38. Tanah yang cocok untuk
membuat kerajinan tangan seperti pot bunga adalah ...
39. Jika tidak ada air, makhluk
hidup akan ...
40. Bencana alam yang dpat kita
cegah adalah ...
III. Essay
41. Tuliskan dua cara untuk
menghemat air !
42. Tuliskan dua bencana alam
serta akibat negatif bagi manusia !
43. Tuliskan dua usaha yang dapat
dilakukan manusia untuk mencegah banjir !
44. Jelaskan tahap-tahap daur air
!
45. Sebutkan manfaat air yang
kamu ketahui !
KISI-KISI SOAL ULANGAN
KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas : V (Lima)
Waktu : 90 menit
Jumla Soal : PG
Isian Uraian
No.
|
Standar Kompetensi
Kelulusan
|
Uraian Kompetensi
|
Smt
|
Indikator Soal
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1.
|
Melakukan pengamatan terhadap gejala-gejala alam dan menceritakan
hasil pengamatan secara lisan
|
1. Menjelaskan
tumbuhan hijau
|
I
|
·
Menjelaskan porses tumbuhan
hijau membuat makanan nya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya
lainnya.
·
Menunjukan tempat tumbuhan
menyimpan cadangan makanan
·
Mengidentifikasi bagian tumbuhan
yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya
·
Menjelaskan pentingnya tumbuhan
hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
2.
|
Memahami bagian-bagian tumbuhan, manusia dan hewan serta fungsinya
dan perubahan pada makhluk hidup.
|
2. Menjelaskan penyesuaian makhluk hidup dengan
lingkungannya.
|
II
|
·
Memberikan contoh hewan
menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan
melindungi diri dari musuh.
·
Mendefinisikan ciri khusus pada
beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya.
|
|
3.
|
Memahami berbagai sifat benda hubungannya dengan penyusunnnya,
perubahan wujud benda dan keguaannya
|
3. Menjelaskan gaya gravitasi
|
II
|
·
Membandingkan kecepatan jatuh
dua buah benda dari ketinggian tertentu
·
Menyimpulkan bahwa gaya
gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
|
|
4.
|
Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya.
|
4. Menjelaskan gaya gesekan
|
II
|
·
Menjelaskan berbagai cara
memperkecil atau memperbesar gaya gesekan
·
Menjelaskan manfaat dan kerugian
yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
5.
|
Memahami mahatahari sebagai pusat tata surtya, kenampakan dan
perubahan permukaan bumi dan hubungan peristiwa alam
|
5. Menjelaskan gaya magnet
|
II
|
·
Mengelompokan benda-benda yang
bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
·
Memberi contoh penggunaan gaya
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
dengan kegiatan manusia.
|
|
|
magnetis
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
5. Pesawat sederhana
|
|
·
Mengidentifikasi berbagai jenis
pesawat sederhana
·
Menggolongkan berbagai alat
rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, roda dan poros.
·
Mengidentifikasi kegiatan yang
menggunakan pesawat sederhana.
|
|
|
|
6. Cahaya dansifat-sifatnya
|
|
·
Menjelaskan sifat cahaya
·
Mendeskripsikan sifat-sifat
cahaya yang mengenai cermindatar dan cermin cekung
·
Menunjukan bukti bahwa cahaya
putih terdiri atas berbagai warna.
|
|
|
|
7. Menjelaskan pembentukan tanah dan jenis-jenis tanah
|
|
·
Menyebutkan jenis-jenis batuan
·
Menjelaskan kegunaan batuan
·
Menjelaskan proses pembentukan
tanah karena pelapukan
·
Mengidentifikasi komposisi
tanah, misalnya pasir
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
jenis-jenis tanah.
|
|
|
|
8. Menjelaskan struktur bumi dan matahari
|
II
|
·
Menjelaskan lapisan-lapisan bumi
·
Menjelaskan bahwa matahari
terdiri dari sebagian besar gas panas
·
Menjelaskan kegunaan air
·
Menggambarkan proses daur air
·
Mengidentifikasi kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
·
Melakukan pembiasaan cara
menghemat air
·
Menjelaskan dampak dari
peristiwa alam
·
Menjelaskan cara mencegah banjir
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon