I. Bacalah Teks pengumuman ini dengan baik !
Bacalah Teks Pengumuman di bawah ini :
PENGUMUMANLomba Cerdas Cermah Antar Kelas
Dalam rangka memperingati hari Pendidikan nasional 2 Mei 2010, Mi Al Ikhlas akan mengadakan Lomba Cerdas Cermat antar Kelas. Lomba ini akan diselenggarakan pada :Hari : Sabtu Tanggal : 01 Mei 2010Jam : 08.30 s/d selesaiTempat : MI Al IkhlasUntuk itu bagi siwa yang berminat mengikuti lomba tersebut, mewakili kelas masing-masing, silahkan daftarkan diri pada Panitia.
Ketua Panitia
Moh. Reza, S.Pd
Jawablah pernyataan di bawah ini dengan memakai jawaban dari pengumuman di atas!
1. Siapa yang mengeluarkan pengumuman tersebut ?
2. Ditujukan kepada siapa pengumuman tersebut ?
3. Apa isi pengumuman tersebut ?
4. Pada hari apa dan tanggal berapa lomba di atas diselenggarakan
5. Siapa yang menjadi Panitia pada lomba diatas ?
II. Berilah Tanda Silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang paling tepat!
6. Paragraf dalam sebuah karangan, pengertiannya sama dengan ....
a. baris c. alinea
b. bait d. kalimat
7. Dalam sebuah paragraf biasanya berisi satu kalimat utama dan beberapa kalimat ....
a. inti c. pokok
b. penjelasan d. padu
8. Isi pantun terdapat dalam barisan ...
a. Pertama dan kedua c. Ketiga dan keempat
b. Kesatu dan ketiga d. Kedua dan ketiga
9. Berakit-rakit ke hulu.
Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
..................................
Isi pantun untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
a. bersenang-senang aman c. Bersenang-senang kemudian
b. bersenang-senang ke tepian d. Bersama-sama aman
10. Saat bertelepon sebaiknya menggunakan bahasa yang ...
a. jelas dan panjang lebar c. Keras dan cepat
b. keras membentak d. Jelas, singkat dan sopan
11. Penggunaan tanda pisah (-) pada kalimat berikut adalah benar, kecuali ....
a. Usia 3 – 5 tahun tidak boleh meminum obat ini c. Rapat diadakan pea pukul 15.00-17.00
b. Berapakah jarak Yogyakarta – Surabaya ? d. Sebutkan ciri-ciri benda itu !
12. Penulisan tanda koma (,) yang benar terdapat pada kalimat ....
a. Oh jadi kamu, yang mangambil barang-barang itu !
b. Oh, jadi, kamu, yang mangambil barang-barang itu !
c. Oh, jadi kamu, yang mangambil barang-barang itu !
d. Oh, jadi kamu yang mangambil barang-barang itu !
13. Hujan sore ini sangat lebat. Sinonim kata lebat adalah ...
a. banyak c. sering
b. deras d. lambat
14. Alat-alat yang dibutuhkan untuk mencatat pesan penelepon adalah ...
a. kertas, payung, pensil c. Pulpen, kalender, penghapus
b. bulpen, kertas, pisau d. Kertas, pensil, bulpen
15. Berikut bahasa yang kurang baik untuk membuat pengumuman adalah ...
a. jelas c. singkat
b. kedaerahan d. komunikatif
16. Kumumu di dalam semak
Jatuh melayang selaranya
Meski ilmu setinggi tegak
Tidak sembahyang apa gunanya
Pantun diatas termasuk jenis pantun
a. anak-anak c. Teka-teki
b. jenaka d. agama
17. 1. Ia juga memlihara ayam kampung
2. Jumlah ayamnya empat puluh ekor
3. Jika ayam itu dijual, hasilnya dpaat digunakan untuk biaya sekolahnya
4. Kegiatan Andi setiap hari tidak hanya bersekolah.
Susunan yang tepat dari kalimat-kalimat di atas adalah ...
a. 4,3,2,1 c. 4,1,2,3
b. 3,2,1,4 d. 1,2,3,4
18. Ditunjukan kepada seluruh calon transmigran, harap mengisi formulir pendaftaran
Pengumuman di atas ditujukan untuk ....
a. pendaftar c. Anggota baru
b. calon transmigran d. Calon pendaftaran
19. Anak-anak sekolah harus (taat) peratusan sekolah.
Kata dalam kurung seharusnya ....
a. menaati c. taati
b. ditaati d. taatkan.
20. Penulisan yang benar dalam kalimat dibawah ini adalah ...
a. Reza anak pertama pak Danu c. Reza anak pertama Pak danu
b. Reza anak pertama pak danu d. Reza anak pertama Pak Danu
III. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
21. Pagi-pagi sekali ayah pergi ...kantor
22. Dimas bukan anak yang bodoh, melainkan ....
Antoim dari kata bodoh adalah ...
23. Ayah sedang membaca koran.
Kata membaca jika diuraikan suku katanya menjadi ...
24. Batang lurus, tidak bercabang, daun lebar dan buah bertandan ...
Uraian tersebut merupakan deskripsi ....
25. Hani selalu mematuhi tata tertib sekolah
Kata dasar mematuhi adalah ....
26. Pantun berisi sesuatu yang lucu disebut ...
27. Pemberitahuan kepada khalayak umum disebut ...
28. Pandai- Reza-adalah-anak-keluarga-yang-di
Susunlah menjadi kalimat yang benar !
29. Ibu memotong kue.... pisau.
30. Deskripsikan tentang sebuah buku tulis
IV. Jawalah Pertanyaan di bawah ini dengan Benar!
31. Buatlah sebuah pantun anak-anak !
32. Tulislah ciri-ciri pantun !
33. Dimanakah letak kalimat utama pada sebuah paragraf ?
34. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata :
a. Pandai b. Rajin
35. Alamas : “ Hallo, selamat sore, Nabilahnya Ada ?”
Reza : “Nabilah tidak ada, sedang keluar, saya Reza kakaknya, Apa ada pesan ?
Almas : Oh, ya tolong sampaikan, Nabilah ditunggu di rumah kiki nanti jam 2 untuk belajar kelompok, Terimakasih!”
Apa pesan yang harus Reza sampaikan pada Nabilah pada percakapan di atas ?...
KISI-KISI SOAL ULANGAN
KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas : IV (Empat)
Waktu : 90 menit
Jumla Soal : PG
20 Isian 10 Uraian 5
No.
|
Standar Kompetensi
Kelulusan
|
Uraian Kompetensi
|
Smt
|
Indikator Soal
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1
|
Memehami
wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pengumuman, berita,
deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar serta karya sastra
berbentuk dongen, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
|
1. Teks Bacaan
|
I
|
·
Menggunakan tanda baca yang
tepat
·
Menjawab pertanyaan dari bacaan
|
|
|
2. Kata Depan
|
II
|
·
Menulis dengan kata depan
|
||
|
3. Teks pengumuman sekolah (menyampaikan kembali isi
pengumuman yang dibacakan)
|
II
|
·
Mengetahui isi pengumuman yang
cibaca
·
Menjawab pertanyaan tentang isi
pengumuman
|
||
2
|
Berbicara
Menggunakan
wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam
kegiatan perkenalan, tegur sapa,
|
4. Teks Pantun
|
II
|
·
Mengetahui isi pantun
·
Menjawab pertanyaan
·
Membuat pantun anak-anak yang
menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
·
Melengkapi isi pantun
|
|
|
Percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato,
deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi,
cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama dan puisi
|
5. Telepon, menyampaikan pesan yang diterima melalui
telepon.
6. Teks Pesan
7. Teks Cerita
|
II
II
II
|
·
Menyampaikan pesan yang di
dengar dari telepon secar lisan maupun tulisan
·
Mengetahui isi pesan dari
pengumuman
·
Menyampaikan pesan yang didengar
secar lisan maupun tulisan
|
|
3
|
Membaca
Menggunakan berbagai jenis bacaan untuk memahami wacana berupa
petunjuk teks, panjang dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi,
dongeng, pantun, percakapan, cerita dan drama.
|
8. Paragraf
|
II
|
·
Menemukan kalimat utama pada
tiap parafraf memalui membaca intensif
·
Menyusun paragraf menjadi sebuah
karangan
·
Menggunakan huruf kapital
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
9. Paragraf (Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf
melalui membaca intensif
|
II
|
·
Membaca teks
·
Mememukan kalimat utama
|
|
4
|
Menulis
Melakukan berbagai jenis kegi-atan menulis untuk mengung-kapkan
pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk kara-ngan sederhana, petunjuk,
surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan,
paragraf, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi dan
pantun
|
10. Teks pesan
|
II
|
·
Mendengarkan pesan
·
Menyampaikan pesan yang di
dengar
|
|
|
11. Teks Wacana
|
II
|
·
Mengetahui kata dasar
·
Mengetahui arti sinonim dan
antonim
|
||
|
12. Teks Deskripsi
|
II
|
·
Mendiskripsikan benda dengan
kalimat
·
Mengetahui deskripsi suatu benda
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon