KISI-KISI PENYUSUNAN NASKAH SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
SD / MI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :IV
Alokasi Waktu :90 menit
Jumlah Soal :
50 soal
Bantuk Soal :
1. Pilihan Ganda = 35
2. Isian =
10
3. Uraian =
5
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
Bentuk Soal
|
1.
|
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa, di
lingkungan kabupaten, kota dan provinsi.
|
1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten, kota, provinsi dengan
menggunakan skala sederhana).
|
- Peta
- Komponen peta
- Gambar simbol
-
- Skala peta
|
- Pengertian peta.
- Pengertian komponen peta.
- Pengertian gambar simbol.
- Contoh skala peta angka.
|
- Menjelaskan pengertian peta.
- Menjelaskan pengertian komponen.
- Gambar simbol peta lingkungan.
- Contoh skala peta angka
|
1
2
3
4
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
1.2 Mendeskipsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi serta hubungannya dengan dengan keragaman sosial budaya.
|
- Skala
- Kenampakan alam
- Kenampakan alam
- Pantai
- Mata pencaharian
- Akibat peristiwa alam
|
- Pengertian skala
- Contoh kenampakan alam
- Pengertian kenampakan alam
- Tentang pantai
- Mata pencaharian lingkungan
- Akibat peristiwa alam
|
- Menjelaskan pengrtian skala
- Contoh kenampakan alam di lingkungan setempat
- Pengertian kenampakan alam
- Menjelaskan pengertian tentang pantai
- Menjelaskan hubungan kenampakan alam dengan keragaman sosial tentang mata
pencaharian lingkungan setempat
- Menjelaskan peristiwa alam dan akibatnya
|
5
6
7
8
9
10
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
Bentuk Soal
|
|
|
1.3 Menunjukan jenis dan penyebaran sunber daya alam serta pemanfaatannya
untuk kegiatan ekonomi di lngkingan setempat.
|
- Akibat prilaku manusia
- SDA yang dapat diperbaharui
- Sifat/pengertian sumber daya alam
- Sumber daya alam hewan
- Hasil hutan
- Manfaat obat malaria
- Manfaat kelapa sawit
- Kelestarian hutan
- Bahan baku kertas
|
- Prilaku/ulah manusia
- Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
- Sifat/pengertian sumber daya alam
- Sumber daya alam hewan
- Hasil hutan
- Manfaat obat malaria
- Manfaat kelapa sawit
- Kelestarian hutan
- Bahan baku kertas
|
- Menjelaskan akibat prilaku manusia terhadap lingkungan
- Menyebut salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui
-
Menjelasakan
sifat/pengertian sumber daya alam
-
Pengertian sumber
daya alam hewan
-
Contoh hasil hutan untuk membuat mebel
- Menyebutkan salah satu contoh manfaat obat
- Menyebutkan salah satu contoh manfaat perkrbunan
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber daya alam
- Menjelaskan sumber daya alam melalui pembuatan kertas dengan bahan baku
|
11
12
13
14
15
16
17
18
19
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
|
- Bhineka Tunggal Ika
- Keragaman suku bangsa
- Lagu daerah
- Menghargai keragaman agama
- Budaya daerah
|
- Pengertian Bhineka Tunggal Ika
- Keragaman suku bangsa
- Lagu daerah
- Menghargai keragaman agama
- Budaya daerah
|
- Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
- Menjelaskan keragaman suku bangsa dalam persatuan dan kesatuan
- Menyebutkan contoh lagu daerah
- Cara menghargai keragaman agama
-
Contoh sikap menghargai terhadap budaya lain
|
20
21
22
23
24
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
||
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
Bentuk Soal
|
|
|
1.5 menghargai berbagai peninggalan sejarah
di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestarianya.
|
-
Peninggalan sejarah berupa tulisan
-
Letak candi Prambanan
-
Manfaat peninggalan sejarah dalam pendidikan
-
Cara melestarikan peninggalan sejarah
|
-
Peninggalan sejarah berupa tulisan
-
Letak candi Prambanan
-
Manfaat peninggalan sejarah dalam pendidikan
-
Cara melestarikan peninggalan sejarah
|
- Mengidentifikasi jenis peninggalan sejarah berupa tulisan
- Menyebutkan letak peninggalan sejarah berupa candi Prambanan
- Manfaat peninggalan sejarah dalam suatu bidang
- Melestarikan peninggalan sejarah
|
25
26
27
28
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
1.6 meneladani
kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkunganya
|
- Pahlawan
- Sikap pahlawan
- Pahlawan proklamator
- Pahlawan pendidikan Ki Hajar Dewantara
- Tanggal hari kemerdekaan
- Semangat seorang pelajar
- Cinta tanah air
|
- Pengertian pahlawan
- Sikap pahlawan
- Pahlawan proklamator
- Pahlawan pendidikan Ki Hajar dewantara
- Tanggal hari kemerdekaan
- Semangat seorang pelajar
- Cinta tanah air
|
- Menjelaskan pengertian pahlawan
- Menjelaskan contoh arti penting sikap kepahlawanan
- Menyebutkan pahlawan proklamator
- Menyebutkan tanggal/hari kelahiran pahlawan nasional
- Menyebutkan tanggal kemerdekaan Indonesia
- Menjelaskan sikap sebagai seorang siswa dalam meneladani semangat
kepahlawanan
- Menjelaskan pengertian sikap cinta tanah air
|
29
30
31
32
33
34
35
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
||
2
|
1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan
menggunakan sekala sederhana
|
- Kumpulan peta
- Simbol gambar peta
|
- Kumpulan peta
- Simbol peta
|
- Pengertian kumpulan peta
- Contoh salah satu gambar peta lingkungan
|
36
37
|
Isian
Isian
|
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
Bentuk Soal
|
|
|
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi serta hubungan dengan keragaman sosial budaya
|
- Akibat perilaku manusia
- Pegunungan
- Jenis sumber daya alam
|
- Akibat perilaku manusia terhadap lingkungan
- Pegunungan
- Jenis sumber daya alam
|
- Menjelaskan akibat perilaku manusia terhadap lingkungan
- Pengertian kenampakan alam pegunungan
- Jenis sumber daya alam bahan baku ban mobil
|
38
39
40
|
Isian
Isian
Isian
|
1.3 Menunjukan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatnnya
untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
|
- Sumber daya alam
- Cara melestarikan sumber daya alam
|
- Sumber daya alam
- Cara melestarikan sumber daya alam
|
- Pengertian sumber daya alam
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber daya alam
|
41
42
|
Isian
Isian
|
||
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
|
- Semboyan Bhineka Tunggal Ika
- Gambar rumah adat
|
- Semboyan Bhineka Tunggal Ika dari bahasa Sansekerta
- Gambar rumah adat
|
- Menjelaskan pengertian semboyan Bhineka Tunggal Ika berasal dari bahasa
Sansekerta
- Rumah adat dari daerah
|
43
44
|
Isian
Isian
|
||
1.5 menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat
(kabupaten/kota dan provinsi) dan menjaga kelestariannya
|
- Peninggalan sejarah
|
- Peninggalan sejarah
|
- Menyebutkan salah satu jenis peninggalan sejarah berupa tulisan
|
45
|
Isian
|
||
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya
|
- Pahlawan nasional
|
- Pahlawan nasional
|
- Menyebutkan 3 pahlawan nasional
|
46
|
Uraian
|
||
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
Bentuk Soal
|
3.
|
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, dan provinsi)
dengan menggunakan skala sederhana
|
- Komponen peta
|
- Komponen peta
|
- Menyebutkan 3 (tiga) komponen peta
|
47
|
Uraian
|
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di llingkungan sekitar kabupaten/kota
dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya
|
- Peristiwa alam
|
- Peristiwa alam
|
- Menyebutkan 3 (tiga) peristiwa alam
|
48
|
Uraian
|
||
1.3 Menunjukan jenis dan pesebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya
untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
|
- Hasil pertanian
|
- Hasil pertanian
|
- Menyebutkan 3 (tiga) sumber daya alam hasil pertanian
|
49
|
Uraian
|
||
1.4 Menghargai berbagai peninggalan sejarah ai lingkungan sekitar
(kabupaten/kota, provinsi) serta menjaga kelestariannya
|
- Cara menjaga kelestarian lingkungan
|
- Cara menjaga kelestarian lingkungan
|
- Menyebutkan 3 (tiga) cara menjaga kelestarian lingkungan
|
50
|
Uraian
|
Soal IPS Kelas 4 SD Semester 1 UTS 1 TA 2014/2015
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon