I. Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c atau ddi depan jawaban yang benar!
1.
Kegitan
manusia yang bisa menyebabkan bencana alam adalah ….
a. menebang pohon terus menerus
|
c. menanam pohon
|
b. membuang sampah pada tempatnya
|
d membuat taman kota
|
|
|
2.
Tempat
pengungsian korban bencana alam disebut ….
a. pusat bencana
|
c. tempat bencana
|
b. lokasi bencana
|
d. posko bencana
|
|
|
3.
Penyebab
tanah longsor adalah ….
a. getaran mesin
|
c. angin
|
b. hujan deras
|
d. panas matahari
|
|
|
4.
Penanggulangan
bencana alam dilakukan oleh ….
a. pemerintah
|
c. korban bencana alam
|
b. masyarakat
|
d. pemerintah dan masyarakat
|
|
|
5.
Upaya
mengurangi tanah longsor antara lain ….
a. menebang pohon di lereng
|
c. memperbaiki tata guna lahan
|
b. memperluas lahan gundul
|
d. memotong tebing
|
|
|
6.
Hal
yang harus dilakukan ketika terjadi banjir adalah ….
a. berjalan dekat saluran air
|
c. berendam dalam rumah yang
kebanjiran
|
b. berenang-renang
|
d. mengungsi ke daerah yang aman
|
|
|
7.
Bencana
alam datang ….
a. sedikit demi sedikit
|
c. tanpa bahaya
|
b. dengan pemberitahuan
|
d. tiba-tiba
|
|
|
8.
Bencana
alam harus dihadapi dengan ….
a. santai
|
c. siaga
|
b. senang
|
d. sedih
|
|
|
9.
Kantong
kresek dan sedotan terbuat dari bahan ….
a. kertas
|
c. kayu
|
b. plastik
|
d. kapas
|
|
|
10.
Barang
bekas dapat … sehingga menghasilkan uang.
a. di buang
|
c. di bakar
|
b. di timbun
|
d. di jual
|
|
|
11.
Hiasan
dari barang bekas adalah jenis usaha ….
a. menguntungkan
|
c. menimbulkan masalah
|
b. merugikan
|
d. menambah sampah
|
|
|
12.
Berikut
ini adalah manfaat melakukan pemanfaatan barang bekas yang dilakukan di
sekolah, kecuali ….
a. mengajarkan siswa agar terampil
|
c. melelahkan siswa
|
b. mendidik siswa hidup hemat
|
d. mengetahui kreativitas siswa
|
|
|
13.
Kertas bekas yang di olah lagi
menghasilkan ….
a. kertas sampah
|
c. kertas mahal
|
b. kertas baru
|
d. kertas daur ulang
|
|
|
14.
Hasil
karya dari barang bekas dapat di hias menggunakan ….
a. cat dan kuas
|
c. plastik
|
b. gunting
|
d. tas atau benang
|
|
|
15.
Hasil
karya dari kaleng bekas antara lain ….
a. buku catatan
|
c. hiasan bunga
|
b. pot bunga
|
d. besi rongsokan
|
|
|
16.
Hasil
karya yang dapat dihasilkan dari sedotan adalah ….
a. hiasan gantung
|
c. sampul buku
|
b. pot bunga
|
d.
vas bunga
|
|
|
17.
Teknologi
… mengubah barang bekas menjadi karya indah .
a. sulit
|
c. sederhana
|
b. rumit
|
d. canggih
|
|
|
18.
Memanfaatkan
barang bekas sebaiknya dilakukan ….
a. sewaktu-waktu
|
c. sesekali
|
b. rutin
|
d. tidak pernah
|
|
|
19.
Barang
yang ditampilkan pada pameran sekolah adalah hasil ….
a. anak-anak
|
c. kepala sekolah
|
b. guru
|
d. anak dan guru
|
|
|
20.
Yang
menata hasil karya anak dikelas adalah ….
a. guru
|
c. kepala sekolah
|
b. guru dan anak
|
d. penjaga sekolah
|
|
|
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban
yang benar!
21.
Sikap empati artinya adalah ….
22.
Jika temanmu terkena musibah kamu harus
….
23.
Langkah pertama jika terjadi bencana,
yang paling utama diselamatkan adalah ….
24.
Koran bekas bisa dimanfaatkan legi
menjadi ….
25.
Membuat hasil karya dari barang bekas
bermanfaat bagi ….
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon