Latest Updates

Soal UTS I Kelas 5 SD Matematika TA 2013/2014

MATA PELAJARAN :  MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :  V / 1
MATERI :  BILANGAN BULAT
SUB MATERI :  PEMBULATAN BILANGAN
WAKTU :  15 MENIT





Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !!





1. Hasil pembulatan sampai satu tempat desimal bilangan 12, 34 — 28,29 — 9,783 dan 16,456 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 12,3 — 28,3 — 9,8 dan 16,5

b. 12,34 — 28,29 — 9,78 dan 16,46

c. 12,3 — 28,3 — 9,78 dan 16,46

d. 12,4 — 28,3 — 9,8 dan 16,5





2. Hasil pembulatan sampai dua tempat desimal bilangan 7,621 — 12,774 — 66,819 dan 100,865 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 7,62 — 12,77 — 66,82 dan 100,86

b. 7,6 — 12,8 — 66,8 dan 100,9

c. 7,62 — 12,77 — 66,82 dan 100,87

d. 7,62 — 12,77 — 66,81 dan 100,86





3. Hasil pembulatan sampai satuan terdekat dari bilangan 12,27 — 21,9 — 30,49 dan 81,36 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 12 — 21 — 30 dan 81

b. 12,3 — 21,9 — 30,5 dan 81,4

c. 12,3 — 22 — 30,5 dan 81,4

d. 12 — 22 — 31 dan 81





4. Hasil pembulatan sampai ratusan terdekat dari bilangan 664 — 250 — 739 dan 877 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 600 — 200 — 700 dan 800

b. 700 — 300 — 700 dan 900

c. 700 — 200 — 700 dan 900

d. 700 — 300 — 800 dan 900





5. Hasil pembulatan sampai ribuan terdekat dari bilangan 2001 — 7500 — 6921 dan 4444 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 2000 — 8000 — 7000 dan 4000

b. 2000 — 7000 — 6000 dan 4000

c. 2000 — 7000 — 7000 dan 4000

d. 2000 — 8000 — 7000 dan 5000




Kunci Jawaban :






1. a



2. c



3. d



4. b



5. a

Catatan Kunci Jawaban :
1. PEMBULATAN adalah manaksir bilangan ke nilai terdekat
2. Dalam pembulatan, angka 5 atau lebih dibulatkan KE ATAS dan angka kurang dari 5 dibulatkan KE BAWAH

3. Pembulatan sampai satu tempat desimal artinya jumlah bilangan dibelakang tanda , (koma) hanya ada satu angka


Contoh :

-> 66,21 dibulatkan menjadi 66,2

-> 21,55 dibulatkan menjadi 21,6

-> 76,69 dibulatkan menjadi 76,7
4. Pembulatan sampai dua tempat desimal artinya jumlah bilangan dibelakang tanda , (koma) hanya ada dua angka


Contoh :

-> 45,212 dibulatkan menjadi 45,21

-> 90,575 dibulatkan menjadi 90,58

-> 6,6149 dibulatkan menjadi 6,62
5. Pembulatan sampai satuan terdekat artinya tidak ada tanda , (koma) di belakang bilangan (bilangan di belakang koma dibulatkan ke angka satuan / angka terakhir)



Contoh :

-> 12,9 dibulatkan menjadi 13

-> 100,22 dibulatkan menjadi 100

-> 7,55 dibulatkan menjadi 8
6. Pembulatan bilangan ke puluhan terdekat artinya bilangan puluhan (dua angka paling belakang) dibulatkan


Contoh :

-> 61, 62, 63 dan 64 dibulatkan menjadi 60

-> 75, 76, 77, 78 dan 79 dibulatkan menjadi 80

-> 546, 547, 548 dan 549 dibulatkan menjadi 550
7. Pembulatan bilangan ke ratusan terdekat artinya bilangan ratusan (tiga angka paling belakang) dibulatkan


Contoh :

-> 501, 529, 540 dibulatkan menjadi 500

-> 750 dibulatkan menjadi 800

-> 855, 876, 890 dibulatkan menjadi 900
8. Pembulatan bilangan ke ribuan terdekat artinya bilangan ribuan (empat angka paling belakang) dibulatkan


Contoh :

-> 8600, 8760, 8901 dibulatkan menjadi 9000

-> 2500 dibulatkan menjadi 3000

-> 1250, 1300, 1499 dibulatkan menjadi 1000













0 Response to "Soal UTS I Kelas 5 SD Matematika TA 2013/2014"

Post a Comment

Follow by Email