I. Berilah Tanda Silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang paling tepat!
1. Awal kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia adalah untuk ....
a. menjajah c. berdagang
b. wisata d. mengusir inggris
2. Menghadapi perlawanan dari Imam Bonjol, Belanda ....
a. tidak menemui kesulitan c. mengerahkan separuh kekuatan
b. kewalahan dan tidak berdaya d. merasa senang dan bahagia
3. Ketika berlangsung perang Paderi, Belanda berpihak kepada kaum ...
a. Paderi c. Tani
b. Adat d. Bangsawan
4. Pangeran Antasari pahlawan yang berasal dari daerah ....
a. Pontianak c. Banjarmasin
b. Samarinda d. Palangkaraya
5. Tanam Paksa mengakibatkan ....
a. Pemerintah Belanda mengalami kerugian c. banyak sekolah yang di bangun di Indoensia
b. Rakyat Indonesia memperoleh kemerdekaan d. perdagangan di kuasai Belanda
6. Perang Dipenogoro meletus karena Belanda ...
a. Menyerang dipenogoro dengan tiba-tiba c. membuat jalan di atas tanah milik Diponogoro tanpa izin
b. Menindas rakyat dnegan sewenang-wenang d. Mengabaikan keinginan Dipenogoro
7. Cita-cita Pangeran Dipenogoro adalah ....
a. Menegakan keadilan berdasarkan agama Islam c. Menguasai pulau Jawa dan sekitarnya
b. mengusir Belanda dari Bumi Nusantara d. Menyatukan seluruh wilayah Nusantara
8. Pejuang wanita yang berasal dari Aceh bernama ....
a. Christina Martha Tiahahu c. Herlina Kasim
b. Cut Nyak Dien d. Dewi Sartika
9. Kongres I dikatakan gagal karena ...
a. Adanya kongres Pemuda II c.
b. Tidak melahirkan suatu ikrat atau janji para pemuda
c. Adanya anggota konres yang masih menonjolkan kedaerahannya.
d. Belum disetujuinya pembentukan organisasi yang bernama Jong Indonesia
10. Peristiwa sumpah pemuda telah menggugah hati rakyat Indonesia untuk mewujudkan ...
a. Rasa kegotongroyongan bangsa c. rasa benci terhadap penjajah Belanda
b. Rasa persatuan dan kesatuan bangsa d. rasa kebangsaan Indonesia
11. Hasil keputusan kongres pemuda II dikenal dengan nama ...
a. Proklamasi Kemerdekaan c. Sumpah Pemuda
b. Janji Pemuda d. Panji Pemuda
12. Kongres Pemuda II diselenggarakan di kota ...
a. Bandung c. Surabaya
b. Jakarta d. Medan
13. Organisasi bentukan Jepang yang menggantikan Gerakan 3A adalah ...
a. PUTERA c. SYUISINTAI
b. HEIHO d. SAINENDAN
14. Organisasi bentukan Jepang yang diperuntukan membantu tugas kepolisian Jepang adalah ...
a. Keibodan c. Sainendan
b. Sendandu d. Syuisintai
15. Untuk memepersiapkan kemerdekaan Indonesia, Jepang membentuk ....
a. PETA c. PUTERA
b. HEIHO d. BPUPKI
16. Supriyadi adalah pemimpin PETA yang berasal dari ....
a. Singaparna c. Medan
b. Blitar d. Aceh
17. BPUPKI diketuai oleh ....
a. Ir. Soekarno c. Drs. M. Hatta
b. dr. K.R.T. Radjiman d. Ki Hajar Dewantara
18. Anggota BPUPKI berjumlah ..... orang
a. 50 c. 65
b. 60 d. 75
19. Selama pendudukan Jepang di Indonesia, rakyat mengalami ....
a. Sedikit kemajuan dibandingkan selama penjajahan Belanda.
b. Mengalami hal yang sama dengan penjajahan Belanjda
c. Masih lebih baik dibandingkan dnegan masa penjajahan Portugal
d. Mengalami penderitaan yang luar biasa lahir dan batin
20. Perlawanan K.H. Zaenal Mustofa terjadi karena menolak ....
a. Membungkukan badan kepada Kaisar Jepang c. Kedatangan bangsa Belanda
b. Kedatangan bangsa Jepang d. Diterapkan semobyan 3A
21. Pancasila sebagai dasar negara diuraikan oleh Bung Karno dalam pidatonya di depan sidang BPUPKI pada tanggal ....
a. 1 Juni 1942 c. 1 Juni 1944
b. 1 Juni 1943 d. 1 Juni 1945
22. Kerja paksa yang diterapkan Jepang disebut ...
a. kerja bakti c. rodi
b. tanam paksa d. romusha
23. Kerja paksa yang diberlakukan Jepang berguna untuk kepentingan ....
a. rakyat Indonesia c. tentara sekutu
b. rakyat Jepang d. rakyat Belanda
24. Keanekaragaman suku bangsa di Indonesia akan memperkaya kebudayaan ...
a. pribadi c. daerah
b. kelompok d. nasional
25. Suku bangsa yang berasal dari Kalimantan Barat adalah ....
a. Dayak c. Sasak
b. Melayu d. Bugis
26. Sejenis alat musik dari Papua adalah ....
a. Derdek c. Babun
b. Tifa d. Seruling
27. Profesi sebagai montir di bengkel mobil adalah jenis usaha...
a. Jasa c. Produksi
b. Dagang d. Langsung
28. Sebuah toko di pasar induk melayani pembelian barang-barang dalam jumlah banyak dan harga yang lebih murah adalah ....
a. Pedagang eceran c. Grosir
b. Pedagang pasar d. Pedagang borongan
29. Pedagang eceran melakukan penjualan kepada ...
a. Produksen c. Distributor
b. Agen d. Konsumen
30. Orang atau perusahaan yang melakukan kegiatan produksi disebut ....
a. Konsumen c. Industriwan
b. Produsen d. Distributor
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
31. Untuk menguasai perdagangan di Indonesia, Belanda mendirikan kongsi yang bernama ....
32. Tanam paksa pada masa penjajahan Belanda disebut ....
33. Tokoh pahlawan wanita dari Maluku adalah ....
34. Kumpulan isi surat-surat RA. Kartini berjudul ...
35. RA. Kartini lahir pada tanggal ....
36. Hari Sumpah Pemuda kita peringati setiap tanggal ....
37. PUTERA singkatan dari
38. Tokoh PUTERA adalah .....
39. BPUPKI singkatan dari ....
40. Hasil kerja BPUPKI adalah ....
III. Essay!
41. Apakah tujuan pemerintah Belanda dalam menerapkan sistem tanam paksa ?
42. Jelaskan tujuan pendudukan tentara Jepang di Indonesia ?
43. Peristiwa apakah yang mendorong bangsa Indonesia untuk meraik kemerdekaan tanpa menunggu pemberian dari Jepang ?
44. Usaha-usaha apakah yang dilakukan oleh bangsa Indoensia untuk merebut kemerdekaan ?
45. Bagaimanakah menurut kamu untuk mengisi kemerdekaan supaya kita selalu dapat menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa ?
KISI-KISI SOAL ULANGAN
KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : V (Lima)
Waktu : 90 menit
Jumla Soal : PG Isian Uraian
No.
|
Standar Kompetensi
Kelulusan
|
Uraian Kompetensi
|
Smt
|
Indikator Soal
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1.
|
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa
dilingkungan kabuapten kota dan provinsi.
|
1. Keragaman suku bangsa dan budaya Idonesia.
|
I
|
·
Mengidentifikasi keragaman suku
yang terdapat di Indonesia
·
Menunjukan pada peta persebaran
daerah asal bangsa di Indonesia
·
Mengembangkan sikat menghormati
keragaman antar bangsa
|
|
2
|
Mengenal sumber daya alam kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
2. Kegiatan ekonomi di Indonesia
|
|
·
Menyebutkan jenis usaha
perekonomian dalam masyarakat
·
Memberikan contoh cara
menghargai kegiatan setiap orang dalam berusaha
·
Memberi contoh kegiatan
produksi, distribusi dan konsumsi di Indonesia.
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
3
|
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman
suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
3. Perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang
|
II
|
·
Menjelaskan kedatangan Belanda
di Indonesia.
·
Menjelaskan sistem kerja paksa
dan penarikan pajak yang memberatkan rakya
·
Menjelaskan perjuangan para
tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
·
Menjelaskan pendudukan Jepand di
Indonesia
·
Menjelaskan sebab dan akibat
pengerahan tenaga Romusa oleh Jepang terhadap pendudukan Indonesia
·
Menjelaskan perjuangan para
tokoh dalam upaya mengusir penjajah Jepang
|
|
4
|
Menghargai peranan tokoh perjuang dalam mempersiapkan dan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
4. Perjuangan persiapan kemerdekaan Indonesia
|
II
|
·
Menjelaskan beberaha usaha dalam
mempersiapkan kemerdekaan
·
Menjelaskan perlunya perumusan
dasar negara sebelum kemerdekaan
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi beberapa tokoh
Pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
·
Menunjukansikat menghargai jasa
para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
|
|
|
|
5. Proklamasi Kemerdekaan
|
II
|
·
Menjelaskan peristiwa penting
yang terjadi di sekitar proklamasi
·
Mendeskripsikan jasa dan peranan
tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
·
Membuat riwayat singkat tentang
tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi
·
Memberikan contoh cara
menghargai jasa-jasa kemerdekaan
|
|
|
|
6. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan
|
II
|
·
Menjelaskan kedatangan sekutu di
indonesia
·
Menjelaskan peristiwa-peristiwa
di.
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
daerah
dalam rangka mempertahankan kemderdekaan
·
Menjelaskan peranan beberapa
tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
·
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon