Soal dan Kisi UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 UAS 2 TA 2013/2014

I. Berilah Tanda Silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang paling tepat

Bacalah cerita pengalaman berikut !
Hari itu kami sekeluarga pergi ke Surabaya untuk menengok saudara. Kami naik kereta api Kerta Jaya dari Blitar. Saat sampai di stasium Malang, Kereta api yang kami tumpangi berhenti lama seklai untuk menunggu jam pemberangkatan. Tiba-tiba Dino adiku yang masih kecil bertanya pada Ibuku “Kereta apinya, kok, berhenti lama sekali, apa rodanya kempis ? oarang yang mendengar pernayaan Dina, tertawa. Setelah dijelaskan bahwa roda kereta api terbuat dari besi dan tak bisa kempis, barulah Dino mengerti.

Pertanyaan Nomor 1 – 5 berdasarkan pengalaman tersebut.
1. Kemanakah keluarga itu pergi ?
a. Blitar c. Malang
b. Surabaya d. Madiun

2. Kereta api apakah yang mereka tumpangi ?
a. Kereta Jaya c. Kesra Jaya
b. Kerta Jaya d. Kerta Jasa

3. Apakah yang terjadi ketika mereka tiba di Stasiun Malang
a. Kami sekeluarga makan dahulu
b. Kami semua istirahat sambil makan
c. Kereta api berhenti lama sekali untuk menunggu jam pemberangkatan
d. Kami menegok keluar stasiun

4. Apakah pertanyaan Dino kepada ibunya ?
a. Apa kereta api mogok ? c. Apa rodanya kempis ?
b. Apa masinisnya tidur ? d. Apa penumpangnya tidur ?

5. Apa judul yang tepat untuk cerita tersebut ?
a. Roda kereta api c. Orang tertawa karena adiku
b. Pergi ke Surabaya d. Stasiun Kereta Api Malang

6. Mereka tidak tahu..... nama orang baru itu
a. apa c. siap
b. apabila d. kalau

7. Kata ulang yang menyatakan banyak ialah
a. gelap gulita c. warna-warni
b. bolak balik d. besar-besar

8. Belum juga berubah perangainya, walaupun telah dinasehati ...
a. kali-berkali c. kali-kali
b. berkali-kali d. sekali-kali

9. karena kesakitan, Nana berteriak ...
a. wow c. aduh
b. wah d. ih

10. Sigit beradik kepada Rais
a. mengenal adik c. bersama adik
b. membawa adik d. memanggil adik

11. .... Menulis ringkasan buku ?
a. Siapakah c. Bagaimana
b. Apakah d. Dimanakah

12. Anak yang hemat selalu menyisihkan uang jajannya untuk di tabung. 
Lawan kata yang dicetak miring ialah ....
a. kikir c. boros
b. pelit d. tidak suka jajan

13. Makanan yang enak-enak dihidangkan di atas meja.
Semua tamu dari luar kota dipersilahkan makan.
Kedua kalimat tersebut dibagungkan dengan bantuan kata sambung ....
a. karena c. kemudian
b. sehingga d. maka

14. Kalimat majemuk yang berikut ini ialah ....
a. Anton anak yang rajin dan terpandai di kelasnya
b. Kemarin ayah dan ibu pergi mengunjungi nenek
c. Dudi mengemasi bukunya ketika saya datang
d. Ayah pergi ke kantor dan ibu pergi ke pasar

15. Hobiku mengumpulkan resep makanan, setiap kali kakak membeli majalah, aku minta pada kakak lembar resep makanannya, resep-resep itu kugunting dan kukumpulkan menjadi satu, kadang-kadang akupun mencoba resep itu.
Kalimat utama pragraf itu ialah ...
a. Setiap kali kakak membeli majalah, aku minta pada kakak lembar resep makanannya.
b. Resep-resep itu kugunting dan kukumpulkan menjadi satu
c. Kadang-kadang akupun mencoba resep itu
d. Hobiku mengumpulkan resep makanan

16. Arman : “Segala macam cdara telah dilakukan, tetapi belum juga berhasil.”
Yayan : (Sambil mendekat) “Apakah kamu menyerah ?”
Arman : “Tidak ! aku akan tetap berusaha”
Sikap yang perlu ditiru dari tokoh drama itu ialah ...
a. Setia c. Putus Asa
b. Sombong d. Pantang Menyerah

17. Diatas panggung, wawan berjalan sambil membungkukan badannya, ia memakai peci, kumis dan janggutnya yang putih. Dia melangkah ke depan sambil memegang tongkat.
Tokoh yang diperankan wawan ialah ...
a. Pemuda c. Bayi
b. Kakek d. Ayah

18. Hal-hal yang tidak perlu disampaikan dalam meringkas isi cerita ialah ...
a. Mengetahui pengaran aslinya
b. Meringkas isi cerita dalam beberapa kalimat
c. Mengenal tokoh utama dalam cerita
d. Mengetahui gagasan pokok isi cerita

19. Hal-hal yang tidak perlu diperhatikan dalam membaca laporan pengamatan ialah ...
a. Tempat pengamatan. c. Tujuan pengamatan
b. Waktu pengamatan d. Biaya pengamatan

20. Setiap pagi ia berjalan
Menuju sekolah
Untuk menuntut ilmu
Walau seorang tunanetra
Dia tak putus asa
Oh, Tuhan tolonglah Dia
Jadikanlah Manusia 
Berguna bagi Bangsa dan Negara

Puisi tersebut menceritakan ...
a. Seorang Tentara c. Seoarang Tunanetra
b. Seorang Putra Bangsa d. Seorang Siswa

21. Seni membafca puisi dinamakan ...
a. Proklamasi c. Deklamasi
b. Argumentasi d. Dekskripsi

22. Rino amat pandai mengambil hati kawan sebangkunya. Kawannya itu tidak jadi marah.
Arti mengambil hati ialah ...
a. Mengajak c. Merayu
b. Menipu d. Melayani

23. Ikutilah lomba mengarang cerita ! Peserta dibagi menjadi dua kelompok, segera daftarkan dirimu ke panitia lomba.
Kalimat seperti itu sering kita temui dalam ...
a. Petunjuk penggunaan obat c. Pengumuman
b. Petunjuk penggunaan alat elektronik d. Surat Pribadi

24. “Ayo kita mematuhi peraturan sekolah ini”, Kata Pak Guru
Murid-murid mengatakan “Siap Pak !”.
a. Melanggar c. Mentaati
b. Melaksanakan d. Menanti

25. Silahkan kamu datang saja ke rumah Tuan Johan, Tuan itu beruang banyak. Awalan ber- pada kata yang di cetak miring bermakna ...
a. Mengenakan c. Memberi
b. Memiliki d. Membuat

26. Ciptakan karya seni sendiri 
Tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut ialah ....
a. ( ? ) c. ( ! )
b. ( “ ) d. ( - )

27. “Ibu mengapa cepat seklai berita itu tersiar ?” Kata Yadi
Kalimat tersebut menunjukan Yadi merasa...
a. Sedih c. Heran
b. Gembira d. Kagum

28. Orang yang berbaju putih itu adalah Pamanku.
Arti Imbuhan ber-pada Kalimat tersebut adalah ...
a. Memiliki c. Memakai
b. Melakukan pekerjaan d. Memiliki sifat

29. Sungguh mega bangunanmu
Indah dan menggugah
Siapapun memandang akan terpesona
Kau salah satu tujuh keajaiban dunia
Kebanggaan bangsa Indonesia
Kutipanpuisi tersebut menceritakan 
a. Monas c. Prastasi
b. Candi Borobudur d. Musium

30. Dia baru saja tiba di sekolah 
Kata di sekolah merupakan keterangan ....
a. Waktu c. Kegiatan
b. Cara d. Tempat


II. Jawalah Pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat!
31. Limbah Pabrik yang dibuang ke sungai dapat mengakibatkan polusi ...
32. Engkau antarkan aku ke sekolah
Engkau tak pernah mengaku lelah
Engkau lindungi kakiku
Engakau tangkis serbuan debu
“Engkau” yang dimaksud dalam puisi ini adalah ...
33. Cerita mengenai asal usul suatu daerah adalah ....
34. Tempat dan waktu terjadinya peristiwa dalam cerita tersebut ... 
35. Pencemaran udara sangat (bahaya) manusia
Penulisan kata dalam kurung seharusnya ...
36. Dengan tenang ia (masuk) bola ke gawang
Kata yang berada di dalam kurung seharusnya ....
37. Dengan susah payah akhirnya ia menemukan rumah temannya di jakarat
Latar dari penggalan cerita di atas adalah ...
38. Lingungan yang kumuh tidak nyaman untuk di tinggali
Sinonim kumuh adalah ....
39. Tanya jawab dengan seseorang yang dimintai keterangan atau pendapat menenai suatu hal di sebut ...
Mengenai suatu hal disebut ....
40. Membeli barang dnegan tidak lunas disebut...


III. Jawalah Pertanyaan di bawah ini dengan Singkat dan tepat!
41. Demi untuk mencapai cita-citanya, dia rela untuk tidak melihat program televisi sore hari.
Kembangkan menjadi sebuah paragraf
42. Buat kalimat majemuk tunggai di bawah ini !
- Aminah bangun kesiangan
- Aminah terlambat ke sekolah
43. Pak Guru berkata, “Kalian harus belajar dengan giat !”
Buatlah kalimat tidak langsung
44. Buatlah kalimat perintah dengan menggunakan tanda seru (!)
45. Buatlah kalimat tanya sesuai dnegan jawaban yang tersedia !
Tarif angkutan umum untuk anak sekolah yaitu Rp. 700








KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran       :    Bahasa Indonesia
Kelas                      :    V (Lima)
Waktu                    :    90 menit
Jumla Soal              :    PG      Isian      Uraian  

No.
Standar Kompetensi Kelulusan
Uraian Kompetensi
Smt
Indikator Soal
1
2
3
4
5
1.
Mendengarkan :
Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, bercerita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar serta karya sastra berbentuk dongen, puisi,c erita,d rama, pantun dan cerita rakyat.
1. Menjelaskan teks percakapan

I
·     Menyebutkan pertanyaan teks percakapan
·     Menyebutkan isi teks percakapan

2. Menjelaskan teks pesan

I
·     Menyebutkan isi pesand alam beberapa kalimat

3. Sistematika laporan
I
·     Menyebutkan laporan dengan tahapan

4. Puisi
I
·     Menyebutkan isi puisi
2
Berbicara :
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam
5. menjelaskan teks cacaan jadwal pelajaran
II
·     Mencatat isi teks dalam bacaan
·     Menjawab pertanyaan isi teks

6. Meringkas isi bacaan
7. Perasaan faktual
II
·     Menyebutkan hal-hal dalam teks
·     Menuliskan catatan ke dalam beberapa
1
2
3
4
5

Kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekiotar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongen, pantun, drama dan puisi


kalimat


II
·     Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan
·     Mendaftar fakta disekitar




3
Membaca :
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita dan drama

8. Menjelaskan cerita anak

9. Menjelaskan cerita anak bentuk dialog
10. Meringkas isi cerita

II

II

II
·     Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan
·     Mendaftar fakta sekitar
·     Mengidentifikasi pokok-pokok cerita
·     Menjawab pertanyaan isi dialog
·     Mencatat hal-hal penting dalam cerita
·     Meringkas cerita
1
2
3
4
5
4
Menulis :
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan dan isi informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi dan pantun.
11. Menjelaskan teks puisi

·     Menjawab pertanyaan isi puisi
·     Mencatat hal-hal penting dalam puisi

12. Menjelaskan teks cerita

·     Mendaftar nama-nama tokoh dan menuliskannya
·     Menyebutkan latar cerita
·     Menjelaskan cerita bagian awal, tengah, akhir menjadi lengkap
·     Menentukan judul cerita
·     Menjawab pertanyaan isi cerita

13. Menjelaskan teks bacaan

·     Menjelaskan garis besar isi dua teks
·     Membandingkan isi dua teks


Previous
Next Post »
Thanks for your comment