LATIHAN
SOAL UJI KOMPETENSI AWAL GURU SD TAHUN 2014
1.
Mengembangkan lingkungan keluarga
sebagai sumber belajar adalah dengan...
A. Menganjurkan siswa bertanya kepada tetangga untuk megerjakan pekerjaan
rumah
B. Memberi sejumlah soal yang harus dijawab oleh siswa dengan bantuan
ayahnya
C.
Mengerjakan
pekerjaan rumah dengan sumber yang diambil dari surat kabar
D. Membuat portofolio kelas dengan memanfaatkan majalah yang dimiliki
saudaranya
2.
Guru mengajarkan membaca nyaring
kepada anak kelas I. Cara yang ditempuh adalah guru memilih kata-kata lepas dan
menuliskannya menjadi seperti berikut.
na-ma
= nama
bu-ku
= buku
Langkah
selanjutnya, guru memberi contoh membaca huruf-huruf itu sesuai dengan
bunyinya.
Langkah-langkah
seperti ini merupakan implementasi dari metode...
A. Lembaga
B. Bunyi
C.
SAS
D. Global
3.
Siswa mempelajari huruf baru,
yakni f, n, k dan t. Sebelumnya, siswa sudah menguasai huruf a, e, u, o, i, b,
c, d, g, l, dan m. Kalimat-kalimat berikut ini yang paling sesuai sabagai bahan
latihan menulis siswa adalah...
A. Fotomu dipajang di dinding kamar.
B. Ibu pergi dan tidak kembali lagi.
C.
Adik melihat
film kartun.
D. Mamanya makan dan minum kopi.
4.
Pada tahap menulis permulaan,
aktivitas menulis yang dapat dilatihkan pada siswa kelas 1 adalah...
A. Membuat kalimat tanya dan kalimat berita
B.
Menulis
kata-kata berdasarkan gambar
C. Menulis 1 paragraf berdasarkan kejadian yang dialami sehari-hari
D. Dikte atau imla
5.
Pada tahap menulis awal, siswa
mulai menulis kalimat sederhana dengan huruf lepas. Tema yang sesuai untuk
menulis pada tahapan ini adalah...
A. Cita-cita, ulangan, dan liburan sekolah
B. Hobi, kesenangan dan pengalaman wisata
C.
Nama diri, umur,
dan tempat tinggal
D. Peringatan hari pahlawan
6.
Jika kompetensi dasar yang
diharapkan dicapai oleh siswa adalah “ siswa mampu menulis pengumuman dengan
bahasa yang komunikatif” dan indikatornya berupa “menulis pengumuman dengan
bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami, maka materi kebahasaan yang
harus disiapkan guru untuk mendukung kompetensi dasar tersebut adalah...
A. Afiks, kata depan, dan kalimat tunggal
B. Ungkapan dan gaya bahasa
C. Kata ulang dan kalimat sederhana
D.
Pilihan kata
(diksi) dan kalimat efektif
7.
Manakah diantara keempat rumusan
indikator hasil belajar di bawah ini yang memenuhi syarat ?
A. Siswa memahami faktor-faktor yang menyebabkan keberhasilan membaca
B.
Siswa dapat menjelaskan
proses membaca cepat
C. Siswa dapat menguasai proses terjadinya membaca cepat
D. Siswa menyadari bahwa penyebab kegagalan membaca adalah faktor
kemalasan
8.
Untuk mengetahui apakah seorang
siswa telah memahami soal cerita yang telah dibacanya, dapat dilakukan tindakan
pemeriksaan dengan cara berikut, kecuali siswa diminta...
A. Membentuk model sistematikanya
B.
Menentukan
jawaban yang masuk akal
C. Menyatakan kembali soal dengan kalimat sendiri
D. Memberikan konsep yang relevan untuk menyelasaikannya
9.
Wacana otentik yang sesuai untuk
pembelajaran menulis dengan kompetensi dasar menulis tegak bersambung dengan
tema bank adalah...
A. Brosur deposito bank
B.
Slip pengambilan
dan penyetoran
C. Teks bidang ekonomi tentang bank
D. Teks buatan guru dari berbagai sumber
10.
Berikut ini diberikan penggalan
dari suatu wacana
“(...)
Buku ini merupakan kumpulan artikel yang pernah dimuat di berbagai media massa.
Karena buku ini merupakan kumpulan artikel, tidak terhindarkan adanya
pembahasan terhadap topik yang sama. Penyajian buku ini dikatakan kurang
sistematis”.
Penggalan
paragraf atas merupakan bagian dari tulisan...
A. Resensi atau timbangan buku
B.
Kritikan
terhadap tulisan atau artikel
C. Esai singkat tentang sesuatu hal
D. Opini atau pendapat tentang fenonema sosial
11.
Pembelajaran Bahasa Indonesia yang
berdasar pada prinsip “belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi” terlihat
dalam aktivitas...
A. Siswa menghafal dan menuliskan simbo-simbol bunyi vokal dan konsonan
yang diucapkan guru atau yang diperdengarkan dari kaset
B. Siswa menyalin dan membuat kalimat Bahasa Indonesia sejenis
C.
Siswa
berpasangan mempraktikan kegiatan berwawancara
D. Siswa mendata kata-kata sukar dan mencari padanan kata tersebut dalam
kamus
12.
Apabila dalam pembelajaran
apresiasi sastra, anda ingin menanamkan nilai perjuangan hidup seorang anak
yang menghadapi tekanan dalam keluarga, khususnya melalui tokoh-tokoh yang ada
dalam cerita anak, maka cerita anak berikut ini yang sesuai adalah...
A. Sangkuriang
B. Malin kundang
C. Timun mas
D.
Bawang merah dan
bawang putih
13.
Apabila dalam pembelajaran
apresiasi sastra, anda ingin menunjukkan asal usul suatu daerah atau tempat
tertentu kepada siswa melalui teks cerita yang dipilih, maka tipe teks cerita
yang dimaksud adalah...
A. Fabel
B.
Legenda
C. Cerita rakyat
D. Komik
14.
Hal yang harus dikembangkan oleh
siswa ketika menulis wacana deskripsi tentang penggambaran suatu benda
adalah...
A.
Ciri-ciri fisik
dari benda tersebut
B. Cara dan prosedur penggunaan benda tersebut
C. Fungsi dan kegunaan benda tersebut
D. Alasan mengapa benda itu penting
15.
Ananda tercinta,
Sudah
selesai ujian Neni ? Bibi harap dapat nilai paling bagus sesuai usaha dan doa
Neni. Liburan semeter ganjil, Bibi akan berkunjung mengantar nenek yang sudah
kangen sama Neni. Tolong pesan pada ayah untuk menjemput Nenek di Bandara ya.
(...)
Bagian
penutup surat tersebut yang tepat adalah...
A.
Sekian surat
dari Bibi, ditunggu balasan Neni
B. Demikian, semoga Tuhan merestui
C. Cukup disini dulu, lain hari datang lagi
D. Demikian surat yang dapat kami sampaikan
16.
Novel berbeda dari cerita pendek
dalam hal...
A. Latar belakang dan tempat cerita
B. Kompleksitas peristiwa yang dikembangkan
C. Tokoh-tokoh yang dimunculkan
D.
Kompleksitas
alur, penokohan, dan drama
17.
“Dengan sekuat tenaga, kelinci
berlari. Larinya sangat cepat seperti pusaran angin. Namun, kelinci tidak
berhasil mengejar kura-kura. Kura-kura sudah terlebih dahulu sampai di batas
akhir. Kelinci merasa malu, kecewa, dan mendongkol.”
Sifat-sifat
kelinci seperti malu, kecewa, dan mendongkol yang dikisahkan oleh penulisnya
pada kutipan paragraf tersebut memperlihatkan gaya bahasa...
A. Pengulangan (repetisi)
B. Perbandingan (metafora)
C. Penginsanan (personifikasi)
D.
Penyangatan
(hiperbola)
18.
Metode pembelajaran yang paling
tepat untuk pengalaman belajar dalam belajar prosa adalah melalui...
A.
Sosiodrama
B. Observasi
C. Pemberian tugas
D. Diskusi
19.
(...) Laki-laki muda itu terduduk
lesu di atas gumuk pasir. Sudah satu
jam dia mencari Berlian, kekasihnya, diantara lalu lalang orang yang menikmati
tenggelamnya mentari ufuk barat. Di kejauhan, ombak besar bergulung-gulung
menerpa orang-orang yang mandi di tepian.
Siang
tadi ketika mengunjungi istana, kekasihnya membisikkan sesuatu padanya, “aku
nanti pingin mandi, biar merasakan gulungan ombak yang besar”. Laki-laki muda
itu sontak berdiri. “jangan-jangan
Berlian tenggelam”, pekiknya lirih.
Titik
pandang penceritaan yang digunakan dalam wacana fiksi di atas adalah pengarang
sebagai...
A. Tokoh utama yang bercerita
B. Tokoh bawahan
C. Tokoh sampingan namun mengetahui peristiwa yang terjadi
D.
Pencerita yang
berada di luar peristiwa
20.
Ibu : tidak ikut ke pasar
tia ?
Tia
: ti..tidak, bu (tergagap)
Ibu
: kok melamun?
Tia
: tidak melamun, tapi lagi stress, bu
Ibu
: anak kecil, kok stress!
Tia
: lo.. menurut ahli jiwa, justru anak kecil yang mudah stress. (tidak
mau mengalah)
Ibu
: ya. Sudah. Ibu pergi (meninggalkan rumah)
Dialog
pada kutipan tersebut, sesuai dengan unsur intrinsik drama serta pada...
A. Tokoh
B. Latar
C.
Gestuur
D. Alur
21.
Upaya memberdayakan potensi warga
masyarakat dalam meningkatkan keamanan bersama dapat dilakukan melalui...
A.
Membangun
kebersamaan antar warga untuk menjaga keamanan
B. Meminta anggota polisi khusus untuk menjaga lingkungan
C. Menggalang dana dari masyarakat untuk membayar pihak keamanan
D. Menyewa satuan pengamanan khusus untuk menjaga lingkungan
22.
Dalam pembelajaran PKn, guru
menyajikan materi “hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat”. Selama
proses pembelajaran tidak ada satupun siswa yang bertanya atau berpendapat. Di
akhir pembelajaran, guru melakukan evaluasi hasil belajar namun hasilnya tidak
menggembirakan.
Salah
satu hal yang layak diduga kuat menjadi sebab kondisi tersebut adalah...
A.
Guru kurang
mampu mendorong siswa aktif-kreatif dalam belajar
B. Semua siswa sudah memahami materi yang diajarkan
C. Materi ajar kurang menantang siswa untuk bertanya
D. Semua siswa tidak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
23.
Hak seseorang sebagai warga negara
Indonesia dan sekaligus sebagai warga dunia dapat tercermin dalam praktik
kehidupan berikut.
A. Mendapat jaminan untuk bertempat tinggal di suatu negara asing
B.
Memperoleh
perlindungan hukum pemerintah RI
C. Memperoleh bantuan dana kesehatan dari WHO
D. Mendapat bantuan beasiswa pendidikan dari suatu negara asing
24.
Heri sering jajan dari uang
pembayaran sekolah yang diberikan ayahnya, maka Heri termasuk orang yang tidak
jujur. Sebagai gurunya, apa yang akan dilakukan...
A. Menganggap Heri sebagai pencuri dan dikucilkan
B. Menemui orang tuanya dan mengatakan hal tersebut
C.
Memanggil Heri
dan dinasehati bahwa hal itu tidak baik
D. Menasehati Heri didepan teman-temannya
25.
Semangat demokrasi konstitusional
di Indonesia pernah menurun terutama ketika muncul gagasan demokrasi...
A. Berdasarkan UUD 1945
B. Berdasarkan UUDS 1950
C.
Pancasila
D. Terpimpin
26.
Tiap orang hendaknya mampu
membiasakan diri untuk tanggap dan adaptif tetapi kritis terhadap lingkungan
sekitar. Sikap ini perlu dimiliki oleh siapapun agar orang tersebut...
A.
Dapat menjadi
pemimpin yang dihormati dan disegani
B. Mampu hidup sejahtera dan mendapat perlindungan dari masyarakat
C. Dapat hidup bersama dan mampu membangun lingkungan sekitar
D. Mampu hidup bersama secara aman dan sejahtera
27.
Konsep ruang dan waktu dalam kehidupan
masyarakat Indonesia yang berbhineka serta berkehidupan global yang dinamis
sangat penting. Hal ini dapat tercermin dalam peristiwa sebagai berikut...
A.
Kebangkitan
nasional tahun 1908 sebagai tonggak lahirnya rasa kebangsaan Indonesia
B. Dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus
1945 di Jakarta
C. Konflik antar etnis tahun 2000 di Sampit mengundang perhatian
masyarakat dunia
D. Unjuk rasa menuntut agar RUU anti pornografi dan pornoaksi segera
disyahkan tahun 2006
28.
Pelaksanaan demokrasi
konstitusional di Indonesia telah mengalami pasang surut sesuai dengan masa
pemerintahannya. Namun dalam praktik, semua pemimpin yang pernah berkuasa
mengakui telah menjalankan pemerintahan berdasarkan demokrasi konstitusional,
kecuali...
A. Masa UUD RIS tahun 1949
B. Masa UUD Sementara tahun 1959
C.
Masa UUD 1945
ke-2 tahun 1959
D. Masa UUD 1945 dengan perubahan tahun 2002
29.
Dalam pembelajaran PKn dengan
materi “hormat menghormati”, guru memulai dengan menjelaskan pengertian hormat
menghormati pentingnya sikap hormat menghormati, kerugian orang yang tidak
memiliki sikap hormat menghormati, dan diakhiri dengan ajakan agar para siswa
membiasakan saling menghormati dalam pergaulan sehari-hari denagn orang lain.
Selama pembelajaran siswa sangat pasif dan terkesan tidak tertarik pada materi
tersebut, tidak muncul pertanyaan, dan hasil evaluasinya jauh dari yang
diharapkan. Kurang berkualitasnya situasi pembelajaran dikarenakan guru...
A.
Menerapkan
metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan tema
B. Tidak memberikan PR pada mata pelajaran sebelumnya
C. Tidak melakukan apesepsi terlebih dahulu sebelum masuk materi inti
D. Tidak merancang dan tidak melakukan penelitian tindakan kelas
30.
Seorang guru kelas IV SD
mempersiapkan rencana pembelajaran PKn dengan materi pokok lapang dada. Pelaksanaan
pembelajaran akan dilaksanakan dengan metode role playing atau simulasi. Kegiatan atau situasi sosial yang
disimulasikan adalah pemilihan ketua kelas. Alat evaluasi yang paling tepat
untuk pembelajaran tersebut adalah...
A.
Pengamatan
B. Tes pilihan ganda
C. Tes lisan
D. Portofolio
31.
Hakikat nasionalisme adalah suatu
faham atau cara berpikir seseorang dimana kesetiaan tertinggi diberikan
kepada...
A. Negara-negara
B.
Rakyat
C. Pemerintah
D. Negara kerajaan
32.
Hak atas kebebasan berbicara dan
mengeluarkan pendapat diatur dalam perundangan mengenai HAM di Indonesia,
pada...
A. UUD 1945 Pasal 27
B.
UUD 1945 Pasal
28
C. UUD 1945 Pasal 29
D. UUD 1945 Pasal 30
33.
Peranan Pancasila sebagai pedoman
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi warga negara Indonesia memiliki
makna bahwa...
A.
Setiap warga
negara hendaknya berperilaku sesuai dengan Pancasila
B. Setiap umat manusia hendaknya berpedoman kepada Pancasila
C. Setiap saat hendaknya kehidupan manusia Indonesia diatur oleh Pancasila
D. Setiap pegawai negeri hendaknya lebih bertanggung jawab terhadap Pancasila
34.
Ideologi Pancasila mengikat
seluruh rakyat Indonesia yang berbhineka tapi tetap tunggal ika. Oleh karena
dalam kehidupan bermasyarakat, tiap warga negara Indonesia perlu mengembangkan
sikap...
A.
Menghormati dan
menghargai perbedaan
B. Memperdebatkan dan mencari kebenaran
C. Mengkritik dan beradu argumentasi
D. Menghormati dan meluruskan perbedaan pendapat
35.
Demokrasi konstitusional Indonesia
yang berlaku saat ini bersumber pada...
A. UUD 1945 yang disahkan pada 18-08-1945
B. UUD 1945 yang berlaku pada masa Orde Baru
C. UUD 1945 kedua hasil Dekrit Presiden 5 Juli 1959
D.
UUD 1945 dan
hasil amandemen I, II, III, dan IV
36.
Semangat nasionalisme Indonesia
terkadang mengalami pasang surut. Indikasi surutnya semangat nasionalisme dapat
diidentifikasi dari perilaku sebagai berikut.
A. Menyerahkan pengelolaan sumber daya alam kepada investor asing karena
teknologi Indonesia tertinggal
B. Memberi ijin perusahaan asing untuk membuka usaha di tanah air karena
pengaruh globalisasi
C. Perusahaan pribumi menanam modal di luar negeri yang memiliki keuntungan
lebih besar
D.
Lebih mencintai
produk luar negeri yang kualitas sama dengan produk dalam negeri
37.
Seorang guru kelas IV SD
mempersiapkan rencana pembelajarn PKn dengan materi lembaga pemerintahan
daerah. Pelaksanaan pembelajaran akan dilaksanakan dengan metode role playing
atau simulasi. Kegiatan atau situasi sosial yang disimulasikan adalah pemilihan
kepala daerah. Alat evaluasi yang paling tepat untuk pembelajaran tersebut
adalah...
A.
Pengamatan
B. Tes pilihan ganda
C. Tes lisan
D. Portofolio
38.
Berikut ini adalah pernyataan yang
menunjukkan kedudukan seorang warga Indonesia dan sekaligus warga dunia.
A. Bertempat tinggal di Indonesia dan melaksanakan wajib pajak
B.
Bertempat
tinggal di Indonesia dan menjaga lingkungan hidup
C. Bertempat tinggal di Indonesia dan melaksanakan pemilu presiden
D. Bertempat tinggal di Indonesia dan berpartisipasi dalam pilkada
39.
Salah satu kewajiban kita sebagai
warga negara yang baik dalam rangka sukseskan pemilu adalah...
A.
Menggunakan hak
pilih kita
B. Membantu keberhasilan salah satu calon
C. Mendukung salah satu calon dengan materi
D. Siapapun calonnya tidak masalah
40.
Interaksi antar manusia dan
lingkungan dalm masyarakat yang pluralis dapat mempercepat proses integrasi
bangsa. Hal ini akan terjadi manakala adanya...
A. Saling mengenal antar manusia
B.
Cita-cita dan
tujuan yang sama
C. Status sosial ekonomi yang sama
D. Pandangan jauh kedepan
41.
Kemampuan siswa yang dicapai dalam
pembelajaran matematika meliputi : pemahaman konsep, penguasaan prosedur,
keefektifan berkomunikasi, penalaran dan pemecahan masalah. Dari pernyataan-pernyataan
berikut yang tidak termasuk hasil pembelajaran matematikan adalah siswa
mampu...
A.
Menafsirkan
gagasan matematika
B. Menyatakan kembali dengan kalimat sendiri
C. Menyajikan penyelesaian dengan urutan logis
D. Menentukan strategi yang dipilih untuk menyelesaikan
42.
Rumusan tujuan pembelajaran
berikut ini yang paling operasional adalah...
A. Siswa dapat memahami operasi hitung bilangan yang melibatkan pecahan
dalam pemecahan masalah
B.
Siswa dapat
mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai
C. Siswa mengerti cara mengubah pecahan biasa men jadi pecahan desimal
D. Siswa memahami bentuk-bentuk geometri dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari
43.
Terdapat sejumlah konsep yang akan
membantu siswa menyelesaikan soal penjumlahan pada bilangan cacah. Pernyataan
berikut yang tidak termasuk konsep tersebut adalah...
A. Nilai tempat
B. Sifat-sifat dasar operasi penjumlahan
C.
Unsur identitas
penjumlahan adalah 1
D. Sifat pengelompokan
44.
Pada KD menggunakan konsep
pembelajaran operasi bilangan pecahan, media yang paling tepat adalah...
A. Gambar potongan apel
B.
Buah apel yang
dipotong
C. Diskusi
D. Papan bilangan
45.
Seorang siswa harus memiliki
ketrampilan dalam setiap tahapan pemecahan masalah. Berikut yang merupakan
pengalaman belajar tentang tahap penyelesaian masalah, yaitu...
A.
Menjelaskan
masalah dengan kalimat sendiri
B. Mengubah masalah dalam kalimat matematika
C. Mencari strategi lain untuk menyelesaikan
D. Menyajikan konsep yang relevan dengan masalah tersebut
46.
Aspek berikut yang tidak tepat
menjadi objek dalam evaluasi proses pembelajaran matematika adalah...
A. Kerjasama
B.
Kemampuan
menemukakan pendapat
C. Ketepatan prosedur kerja
D. Laporan kegiatan
47.
Seorang guru memberikan soal
kepada siswanya sebagai berikut.
Pada
suatu keluarga terdapat tiga anak. Hasl kali umur-umur mereka adalah 72. Jumlah
umur-umur mereka adalah 14. Berapakah umur masing-masing anak tersebut ?
Pengalaman
belajar yang tepat akan diharapakan diperoleh siswa adalah...
A. Menemukan jawaban umur salah satu anak 9 tahun
B. Menemukan jawaban umur salah satu anak 4 tahun
C. Memahami operasi hitung pada bilangan bulat
D.
Mengerti dan
menerapkan konsep faktorisasi
48.
Pernyataan berikut yang tidak
tepat berkaitan dengan bilangan 115.248 adalah...
A.
115.248 habis
dibagi 9
B. 115.248 habis dibagi 8
C. 115.248 habis dibagi 7
D. 115.248 habis dibagi 6
49.
Seorang siswa perlu memahami dan
menguasai secara benar sejumlah konsep yang akan membantu menyelasaikan soal
pengurangan bilangan cacah. Konsep berikut yang tidak diterapkan pada
penyelesaian pengurangan pada bilangan cacah adalah...
A. Nilai tempat
B.
Sifat pertukaran
C. Fakta dasar pengurangan
D. Pengelompokan kembali
50.
Pernyataan-pernyataan berikut
dapat digunakan untuk menyajikan penyelesaian perkalian dua bilangan (1) Pecahan
2/3 x ¼ ;
(2)
Hitung bagian-bagian yang berpenyebut 12
(3)
Tandailah daerah 2/3
(4)
Beri tanda daerah ¼
(5)
2/3 x ¼ = 2/12 atau bentuk tersederhana 1/16
(6)
Bagilah ke dalam pertigaan
(7)
Bagian yang ditandai duakali merupakan pembilang
Urutan
penyajian yang tepat sehinga menjadi penyelesaian adalah...
A. (1), (5), (6), (3), (2), (4)
B. (2), (3), (4), (1), (6), (5)
C. (3), (5), (2), (6), (1), (4)
D.
(5), (2), (6),
(1), (4), (3)
51.
Jumlah uang Asih dan Tini Rp
42.000.000,00. Perbandingan uang Asih dan Tini adalah 3 : 4. Berapa selisih
uang Asih dan Tini ?
A. Rp 24.000,00
B. Rp 18.000,00
C. Rp 12.000,00
D.
Rp 6.000,00
52.
Suatu pola bilangan menunjukkan
angka 2, 5, 8, 11,14,.....
Berapa
angka yang ditunjukkan oleh bilangan ke 40 ?
A. 40
B. 117
C.
119
D. 121
53.
Hasil dari (-25x4)+(-18:(-2))
adalah...
A. -109
B.
-91
C. 91
D. 109
54.
Seorang siswa harus memiliki
ketrampilan dalam setiap tahapan pemecahan masalah. Berikut yang merupakan
pengalaman belajar tentang tahap penyelesaian masalah, yaitu...
A. Menjelaskan masalah dengan kalimat sendiri
B. Mengubah masalah dalam kalimat matematika
C.
Mencari strategi
lain untuk menyelesaikan masalah
D. Menyajikan konsep yang relevan dengan masalah tersebut
55.
Pak Gatot mendapat kesulitan dalam
pembelajaran matematika pada materi pokok pecahan di SD. Dia merasa sudah
melakukan pembelajaran dengan sebaik-baiknya, namun hasilnya tetap tidak
memuaskan.
Langkah
yang paling tepat untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut adalah...
A. Membaca buku-buku yang relevan dengan masalah yang dihadapi
B. Berdiskusi dengan teman sejawat mengenai masalah yang dihadapi
C. Berkonsultasi dengan kepala sekolah untuk mendapatkan solusi yang tepat
D.
Mendiagnosis
sumber permasalahan dilanjutkan dengan melakukan penelitian tindakan kelas
56.
Jarak Jakarta – Bandung pada peta 10 cm, jarak
sesungguhnya 180 Km. Skala peta adalah...
A. 1 : 100.000
B. 1 : 180.000
C. 1 : 1.000.000
D.
1 : 1.800.000
57.
Hasil belajar siswa kelas IV SD,
menunjukkan 25% siswa mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru kurang dari
waktu yang telah ditetapkan dan mendapatkan nilai jauh di atas batas minimal
ketuntasan belajar.
Berdasarkan
situasi tersebut, tindakan guru yang paling tepat adalah...
A. Meminta siswa yang sudah menyesaikan tugas untuk membantu
teman-temannya yang belum selesai
B. Meminta siswa membantu guru melakukan tugas-tugas yang bersifat
edukatif
C.
Merancang
program pengayaan bagi siswa yang mencapai ketuntasan belajar optimal
D. Memberikan hadiah kepada siswa yang mencapai ketuntasan belajar optimal
58.
FPB dari 24 dan 36 adalah...
A. 8
B.
12
C. 24
D. 27
59.
Diketahui data pekerjaan orang tua
40 siswa kelas IV adalah sebagai berikut
PNS
14 orang; Buruh 10 orang; TNI 4 orang; Wiraswasta 5 orang; Karyawan 7 orang.
Apabila
dibuat dalam diagram lingkaran. Berapa derajat bagian yang dibuat untuk data
orang tua PNS ?
A.
126˚
B. 90˚
C. 36˚
D. 45˚
60.
Apabila diketahui data berat badan
siswa kelas IV SD berikut
Berat Badan
|
20
|
24
|
29
|
30
|
35
|
Jumlah Siswa
|
5
|
3
|
2
|
4
|
6
|
Data
berat badan rata-rata dikelas tersebut adalah...
A. 27 Kg
B.
28 Kg
C. 32 Kg
D. 55 Kg
61.
Perhatikan beberapa perubahan zat
berikut.
1. Singkong berubah menjadi tape
2. Air dipanaskan mendidih menjadi gas
3. Baja digosok dengan magnet, berubah menjadi bersifat magnet
4. Sampah ditimbun mengalami pembusukan
Yang
termasuk perubahan fisika adalah...
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C.
2 dan 3
D. 3 dan 4
62.
Guru mengajak siswa melalukan
percobaan tentang sifat-sifat air. Dalam percobaan tersebut, siswa menemukan
bahwa permukaan air yang tenang selalu datar. Temuan siswa tersebut dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan nyata di masyarakat yaitu dalam hal...
A. Membuat minuman teh dan menyajikan kepada tamu
B. Mengukur keasaman tinggi suatu tempat
C.
Membuat
kolam ikan
D. Membuat irama musik dari tetesan air
63.
Dalam pembelajaran kelas 3 SD
dengan pokok materi “sifat zat”, guru
menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
1) Meminta siswa melakukan percobaan tentang sifat-sifat zat dengan
peralatan yang telah disediakan secara kelompok, masing-masing kelompok terdiri
atas 4-5 siswa
2) Guru meminta siswa mengkomunikasikan hasil percobaannya
3) Guru membuka diskusi tentang temuan siswa tersebut
4) Guru dan siswa membuat simpulan
Dalam
pembelajaran tersebut guru menggunakan teori belajar...
A.
Konstruktivisme
B. Behaviorisme
C. Pragmatisme
D. Teori belajar sosial
64.
Berikut ini adalah indikator hasil
belajar, pengalaman belajar dan materi ajar yang ditransfer dari silabus mata
pelajaran IPA di sekolah dasar.
Indikator
hasil belajar : menemukan contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi
listrik
Pengalaman
belajar : membuat kliping alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi
listrik
Materi
ajar : energi listrik
Teknik
yang paling sesuai untuk hasil belajar terebut adalah...
A. Observasi
B. Tes tertulis
C. Tes unjuk kerja
D.
Portofolio
65.
Media pembelajaran yang paling
sesuai untuk mengkonkritkan pesa tentang fotosintesis adalah...
A. Gambar terjadinya proses fotosintesis
B. Model dalam bentuk bagan tentang proses fotosintesis
C.
Tumbuhan air
dalam kantong plastik berisi air dan diletakkan di bawah sinar matahari
D. Tanaman di halaman sekolah yang diamati pada waktu siang hari dibawah
sinar matahari
66.
Jaringan yang berfungsi sebagai
pengangkut hasil fotosintesis adalah...
A.
Xylem
B. Floem
C. Kambium
D. Pembuluh
67.
Memanfaatkan sumber daya alam
untuk kesejahteraan dan keharmonisan berbangsa dan bernegara dimaksudkan
untuk...
A. Mendapatkan penghargaan dari pemerintah dan masyarakat dunia
B. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada pada masa kini
C.
Menjaga
eksistensi kehidupan manusia untuk masa kini dan masa depan
D. Mempersiapkan diri bagi kehidupan generasi yang akan datang
68.
Penyakit yang menyerang usus halus
manusia adalah penyakit...
A.
Tipus
B. Malaria
C. Maag
D. Demam berdarah
69.
Penyakit pneumonia pada manusia,
menyerang pada bagian...
A. Jantung
B.
Paru-paru
C. Tenggorokan
D. Mulut
70.
Ular termasuk kelompok
invertebrata karena...
A. simetri tubuhnya radial
B. mempunyai ruas-ruas tulang belakang
C.
tidak
mempunyai ruas-ruas tulang belakang
D. berkembang biak secara seksual
71.
Satuan yang digunakan untuk
menentukan berat suatu benda, adalah...
A. Kilo Gram
B.
Newton
C. Joule
D. Kalori
72.
Dalam pembelajaran IPA guru hendak
menanamkan konsep bahwa pembakaran memerlukan oksigen. Metode pembelajaran yang
paling tepat digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah...
A.
Eksperimen
B. Tanya jawab
C. Karyawisata
D. Diskusi
73.
Untuk mencapai hasil belajar
“siswa dapat menyimpulkan bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna”, maka
media pembelajaran yang paling tepat adalah...
A. Kertas warna dan lensa
B.
Cakram warna
C. Lampu berwarna-warni
D. Lampu senter, lensa cembung dan kasa warna
74.
Proses membuat benda menjadi
bermuatan magnet dengan cara benda logam tersebut didekatkan pada suatu benda
bermagnet. Disebut ...
A. Konduksi magnet
B. Isolator magnet
C. Reduksi magnet
D.
Induksi magnet
75.
Seseorang menjatuhkan batu dan
kapas dari ketinggian yang sama di permukaan bumi, dalam suatu ruangan hampa
udara. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah...
A. Kedua benda akan jatuh bersamaan
B. batu tiba di lantai lebih dahulu
C. kapas tiba di lantai lebih dahulu
D.
kedua benda
tersebut melayang-melayang
76.
Perhatikan peristiwa yang
berhubungan dengan pemuaian benda berikut
1) Membuat bingkai kaca lebih luas daripada luas kaca yang terpasang
2) Memberi celah pada tiap sambungan rel kereta api
3) Membuka tutup botol yang sulit di buka dengan cara merendam tutupnya
pada air hangat
4) Memasang poros roda pedati dengan cara memanaskan roda pedati terlebih
dahulu
Pemanfaatan
pemuaian ditunjukkan oleh...
A. Nomor 1 dan 2
B. Nomor 1 dan 3
C. Nomor 2 dan 3
D.
Nomor 3 dan 4
77.
Deskripsi pengalaman belajar yang
diambil dari sebuah silabus pembelajaran di SD adalah “secara berkelompok siswa
melakukan pengamatan terhadap perpindahan energi panas secara konveksi,
konduksi dan radiasi, serta faktor-faktor yang mempenagruhinya”.
Metode
pembelajaran yang paling tepat untuk pengalaman tersebut adalah...
A. Pemberian tugas
B. Observasi
C.
Unjuk kerja
D. Ceramah
E. Tanya jawab
78.
Dalam pembelajaran di kelas VI SD,
guru mengharapkan agar siswa dapat menjelaskan gerakan bumi mengelilingi
matahari dan gerakan bulan mengelilingi bumi. Strategi pembelajaran yang paling
tepat digunakan oleh guru adalah...
A. Menjelaskan proses pergerakan tata surya di alam raya dengan membuat
ilustrasi di papan tulis
B. Meminta siswa pergi ke halaman untuk mengukur bayang-bayang suatu benda
pada pagi sampai menjelang siang
C.
Memperagakan
konsep tersebut dengan menggunakan tiruan model tata surya
D. Siswa diminta mempelajari buku teks tentang terjadinya cahaya matahari
dan gerhana bulan serta menjawab pertanyaan yang ada
79.
Perhatikan pernyataan dibawah ini
1) Mengelilingi matahari
2) Mempunyai cahaya sendiri
3) Memantulkan cahaya
4) Mempunyai massa
Merupakan
ciri-ciri benda dapat dikatakan sebagai bintang adalah...
A. Nomor 1 dan 2
B. Nomor 1 dan 3
C. Nomor 2 dan 3
D.
Nomor 2 dan 4
80.
Lapisan dimana manusia dapat hidup
di permukaan bumi disebut lapisan...
A.
Litosfer
B. Ionosfer
C. Hidrosfer
D. Stratosfer
81.
Pada hakikat pemberian tugas dalam
materi IPS sebagai bagian dari penilaian kelas, pernyataan yang tepat berikut
ini adalah...
A.
Pemberian tugas
dilakukan dengan memperhatikan prinsip dimulai dari yang ringan dan sederhana
menuju ke yang berat dan kompleks
B. Pemberian tugas dapat dilakukan setiap hari kepada siswa agar prinsip
tiada hari tanpa belajar bagi siswa dapat diwujudkan
C. Pemberian tugas dapat dilakukan dengan memberikan tugas individual,
tugas kelompok, pemberian tugas proyek dan portofolio
D. Pemberian tugas sebaiknya dilakukan dengan cara bervariasi antara tugas
yang sederhana dan tugas yang kompleks
82.
Dalam pembelajaran IPS di SD, bola
dunia dapat digunakan sebagai media...
A. Penunjuk arah mata angin
B.
Penunjuk
wilayah ruang/ tempat
C. Penunjuk tinggi rendah permukaan bumi
D. Penunjuk luas wilayah
83.
Salah satu kebudayaan masyarakat
Indonesia yang dicita-citakan adalah kebudayaan nasional yag berasal dari
kebudayaan...
A.
Daerah yang diakui
oleh masyarakat setempat
B. Daerah yang sudah disterilkan dari kebudayaan aslinya
C. Daerah yang telah diakui secara nasional
D. Asing yang diadopsi oleh suatu masyarakat di Indonesia
84.
Dalam pembelajaran tentang sumber
daya alam dan penggunaanya, hal-hal berikut yang kurang layak di pamerkan di
kelas adalah...
A. Peta tentang sumber bahan tambang di Indonesia
B. Gambar-gambar bendungan di Indonesia
C. Contoh bahan tambang seperti batu bara dan bauksit
D.
Model-model alat
telekomunikasi
85.
Kebiasaan diri bersikap peka tetapi
kritis terhadap lingkungan sekitar dapat dibelajarkan oleh guru dengan cara...
A. Melatih siswa mengerjakan soal ujian tentang masalah sosial
B.
Memperkenalkan
masalah kehidupan masyarakat miskin kepada siswa
C. Mendorong siswa membaca buku teks untuk menemukan masalah
D. Mendiskusikan masalah kehidupan sehari-hari bersama siswa
86.
Peninggalan sejarah yang ada di
daerah kita perlu dijaga dan dilestarikan, sebab...
A.
Untuk
kepentingan pendidikan
B. Untuk kepentingan perdagangan
C. Untuk kepentingan industri
D. Untuk kepentingan perumahan rakyat
87.
Agar siswa aktif bertanya dalam
proses pembelajaran dengan tema pemeliharaan sumber daya alam, upaya yang
dilakukan guru adalah...
A.
Siswa diberi
tugas wawancara dengan penjual bensin yang diundang guru ke kelas
B. Siswa diberi tugas untuk melakukan diskusi kelompok tentang tema yang
sedang diajarkan
C. Siswa diberi tugas untuk mengobservasi pemeliharaan SDA yang ada di
sekitar sekolah
D. Guru memutar film pemeliharaan SDA di dalam kelas dan siswa diberi
tugas untuk meringkas pokok cerita
88.
Agar negara dan bangsa Indonesia
dapat sejajar dan memiliki kemampuan sama dengan negara-negara maju di dunia,
maka kita perlu...
A.
Memiliki sumber
daya manusia yang tangguh
B. Memiliki sumber daya alam yang melimpah
C. Mempertahankan tradisi yang sudah ada
D. Mempersenjatai diri dengan senjata canggih
89.
Bidang usaha koperasi yang
melayani kebutuhan sehari-hari para anggotanya, merupakan jenis koperasi...
A. Simpan pinjam
B.
Konsumsi
C. Produksi
D. Unit desa
90.
Kebudayaan Indonesia lahir dari masyarakat yang beragam
di tengah dinamika kehidupan global merupakan...
A.
Peluang untuk
memperkaya kebudayaan nasional secara lebih terbuka
B. Awal kemajuan kebudayaan nasional dan daerah di masyarakat
C. Ancaman bagi perkembangan kebudayaan daerah di masa depan
D. Peluang bagi pemerintah untuk membatasi masuknya budaya asing
91.
Kemajuan iptek akan berdampak pada
perkembangan masyarakat keseluruhan. Dampak kemajuan iptek yang diharapakan
bagi perkembangan masyarakat adalah...
A.
Bermanfaat bagi
umat manusia
B. Menghasilkan manusia unggul
C. Mendorong manusia untuk berpikir
D. Mengurangi angka kematian manusia
92.
Kebudayaan Indonesia terus
berkembang dari waktu ke waktu sejalan dengan dinamika kehidupan masyarakat
yang berada di tengah masyarakat dunia. Perkembangan budaya ini begitu cepat
karena dipengaruhi oleh...
A.
Pola hidup
anggota masyarakat
B. Cita-cita anggota masyarakat
C. Interaksi anggota masyarakat dengan pihak luar
D. Pengalaman masa lampau yang tertulis dalam buku sejarah
93.
Di sebuah SD, guru membawa siswa
kekantor pos yang letaknya tidak jauh dari sekolah. Siswa telah menulis surat sebelumnya
untuk diposkan.
Menurut
pendapat anda, apakah kegiatan yang dilakukan guru tersebut efektif ?
A.
Efektif, karena
guru telah memanfaatkan kantor pos untuk membuat siswa belajar
B. Efektif, karena guru telah memberikan pengalaman belajar yang
bermanfaat dalam kehidupan mereka
C. Kurang efektif, karena siswa hanya memperoleh pengalaman belajar yang
terbatas (mengeposkan surat)
D. Kurang efektif, karena pengalaman belajar tersebut dapat diperoleh
melalui membaca buku teks
94.
Dalam membelajarkan materi mata
uang negara didunia, media yang apling sesuai adalah...
A.
Mata uang tiruan
B. Film dokumenter macam-macam mata uang negara
C. Diskusi macam-macam mata uang
D. Mengerjakan soal tentang mata uang
95.
Dalam pembelajaran IPS di kelas IV
SD, guru akan mengajarkan pokok materi transportasi. Pokok materi tersebut
dijabarkan menjadi jenis-jenis kendaraan, tempat pemberhentian kendaraan,
manfaat, tenaga penggerak dan dampak yang ditimbulkan oleh alat-alat
transportasi. Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok, yang masing-masing menyelidiki satu
sub dalam rentangan waktu 60 menit. Anak diberi kebebasan untuk mencari
sumber-sumber belajar yang diperlukannya. Masing-masing kelompok membuat
laporan dan melaporkanya di depan kelas.
Dalam
peristiwa pembelajaran tersebut, guru telah menerapkan prinsip-prinsip
pembelajaran terpadu, kecuali...
A. Kontekstual
B. Keaktifan
C. Penggunaan sumber belajar otentik
D.
Pemberian umpan
balik
96.
Hasil evaluasi belajar IPS pada
beberapa materi pokok, yaitu kerjasama di lingkungan tetangga, aturan-aturan
sekolah, uang, dan jenis-jenis pekerjaan sangat tidak memuaskan, karena kurang
dari 30 % siswa yang dapat mencapai batas minimal ketuntasan belajar.
Berdasarkan kondisi tersebut, guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang
dilakukan untuk perbaikan.
Aspek
manakah yang tidak layak dilakukan guru dalam rangka mengatasi kondisi tersebut
?
A. Meningkatkan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual
B. Memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar
C. Meningkatkan pemberian les di luar jam belajar
D.
Memperbanyak
pemberian latihan dan PR kepada siswa
97.
Pada suatu hari anak-anak kelas
III SD mempelajari materi energi dan pemanfaatannya. Untuk keperluan tersebut,
guru bersama siswa mengkaji sumber-sumber energi dan mengaitkan kegunaannya
dalam kehidupan sehari-hari. Dilihat dari peristiwa tersebut, guru menerapkan
tematis bentuk...
A.
Terpadu
B. Spontan
C. Periodik
D. Pengajaran unit
98.
Tindakan guru di bawah ini
diperlukan untuk memotivasi siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, kecuali...
- A. Guru terus-menerus memberikan hadiah
B. Guru memberikan pujian sesuai kebutuhan
C. Guru memberikan penguatan dengan tepat
D. Guru menepuk bahu siswa
99. Metode pembelajaran yang tepat untuk mempelajari alat transportasi di
sekitar kita dan kegunaannya adalah...
A.
Demontrasi
B.
Percobaan
C.
Pengamatan
D.
Ekspositori
100. Seorang siswa dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar dalam
pembelajaran IPS apabila siswa...
A.
Dapat menyelesaikan tugas yang
diberikan oleh guru dan mendapatkan nilai sama dengan atau di atas nilai
rata-rata kelas
B.
Dapat menyelesaikan tugas yang
diberikan oleh guru dalam waktu yang sesingkat-singkatnya
C.
Mendapatkan nilai di atas batas
minimal ketuntasan belajar dalam mata pelajaran yang diberikan guru
D.
Dapat
menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditetapkan atau kurang dari itu dan
mendapatkan nilai di atas batas minimal ketuntasan belajar
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon