1. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah
Operasi hitung perkalian dan pembagian berasal dari penjumlahan dan pengurangan yang berulang, maka mempunyai tingkatan yang lebih tinggi. Sehingga operasi hitung perkalian dan pembagian harus didahulukan daripada penjumlahan dan pengurangan. Dalam pengerjaan hitung campuran, kamu harus mengikuti aturan berikut.
a. Perkalian atau pembagian dikerjakan lebih dahulu. Selanjutnya, mengerjakan penjumlahan atau pengurangan.
a. 187 + 39 : 3 = 187 + (39 : 3)
= 187 + 13
= 200
b. 196 – 5 × 25 = 196 – (5 × 25)
= 196 – 125
= 71
b. Jika dalam soal tersebut ada tanda kurung, soal yang ada di dalam tanda kurung harus dikerjakan terlebih dahulu.
a. 48.780 – 45 × (16.864 : 31) = 48.780 – 45 × 544
= 48.780 – 24.480
= 24.300
Soal Latihan Menghadapi Ujian Sekolah Matematika SD 2013/2014
1. 34 × 17 + 635 = . . .
2. 1243 + 61 × 48 = . . .
3. 6.844 : 4 – 1235 = . . .
4. 7.836 – 1.364 : 22 = . . .
5. 5.732 + 1.944 : 54 = . . .
6. 360 : (18 + 12) = . . .
7. (450 + 175) : 25 = . . .
8. 25 × 12 – 50 + 500 : 2 = . . .
9. 906 – 750 : 125 × 5 + 500 = . . .
10. 100 : (75 – 25) × 250 + 50 = . . .
11. 644 : (2 × 14) + (120 – 58)= . . .
12. 512 × (120 – 55) + 20 = …
13. 41.294 + 3.410 × 18 = …
14. 24.732 : 18 – 14.989 = …
15. 7.340 – 1.792 : 32 × 26.076 = …
16. 9.444 : 12 × 902 – 101.000 = …
17. 756.001 – 97 × 136 + 96.076 = …
18. 117.924 × (14.266 + 5.077) – 1.530 = …
19. 12 × 55 : 20 + 330 – 154= . . . .
20. 120 : 8 × 14 – 120 + 98= . . . .
21. 2.175 – 125 : 5 × 42 + 525= . . . .
22. 23 × 15 – (95 + 25) : 15= . . . .
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon