Kisi, Soal dan Kunci Jawaban B. Indonesia UAS I Semester I Kelas 6 SD TA 2013/2014

KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Kelas                       : VI
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Bentuk Soal                        : Pilihan ganda ( 35 )
                                  Isian              ( 10 )
                                  Uraian            (  5  )
No
SK
KD
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
1



2




3



1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.1      Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  

 Teks bacaan
     Demam berdarah adalah penyakit yang ditandai dengan gejala – gejala demam dan perdarahan. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis virus. Virus itu disebut virus Dengue.
     Penularannya melalui gigitan nyamuk. Nama nyamuk itu adalah aedes aegypti. Jadi, apabila ada orang yang sedang sakit demam berdarah digigit oleh nyamuk itu, virus akan terhisap. Selanjutnya orang yang sehat jika digigit nyamuk itu akan tertular demam berdarah.
Disajikan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan penyebab penyakit demam berdarah dengan benar

1
PG
Disajikan teks bacaan siswa dapat menyebutkan gagasan utama paragraf ke – 2 dengan benar

2
PG
Disajikan teks bacaan siswa dapat menyebutkan salah satu gejala penyakit demam berdarah dengan benar.

3
PG
4
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan


1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

Tokoh dalam cerita
Di sebuah hutan hidup seekor burung gagak dan burung beo. Gagak merasa paling hebat dan kuat. Ia selalu mengejek beo kecil yang tinggal di samping pondoknya. Beo tidak marah, ia juga tidak dendam pada gagak itu.

Disajikan cerita, siswa dapat menyebutkan nama tokoh dari cerita anak dengan benar

4
PG
5
Watak tokoh dalam cerita
Disajikan cerita, siswa dapat mengidentifikasi watak tokoh dari cerita anak dengan benar
5
PG
6
Latar cerita
Disajikan cerita, siswa dapat mengidentifikasi latar dari cerita anak dengan benar
6
PG
7
Amanat cerita
Disajikan cerita, siswa dapat mengidentifikasi amanat dari cerita anak dengan benar
7
PG
8
Tema cerita
Disajikan cerita, siswa dapat mengidentifikasi tema cerita anak dengan benar
8
PG
9
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
2.2  Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun

Kalimat pujian
Kalimat pujian sesuai gambar
Disajikan gambar, siswa dapat membuat kalimat pujian disertai alasan dengan benar
9
PG
10
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)

Pengertian rubrik khusus
Rubrik khusus adalah kolom yang berisi bahasan tentang sesuatu yang bersifat khusus
Siswa dapat menjelaskan pengertian rubrik khusus dengan benar
10
PG
No
SK
KD
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
11
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar
Mengisi wesel pos


  1. Tanggal pengiriman
  2. Nominal uang
  3. Nominal uang dalam bentuk tulisan
  4. Nama dan alamat pengirim
  5. Nama dan alamat yang dikirim
  6. Pesan
  7. Tanda tangan dan nama pengirim
  8. Tanda tangan dan nama penerima

Disajikan ilustrasi dan blangko wesel pos, siswa dapat mengisi wesel pos dengan benar
11
PG
12
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.3  Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan

Penggunaan tanda titik
Penggunaan tanda titik dua dalam dialog
Contoh :
Adi  : “ Halo, bagaimana kabarmu ?”
Beni : “ Alhamdulillah baik. “
Disajikan dialog, siswa dapat menggunakan tanda titik dua dalam dialog dengan benar
12
PG
13
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  
Unsur yang harus ada dalam laporan hasil pengamatan
Unsur yang harus ada dalam laporan hasil pengamatan adalah : Nama kegiatan, obyek pengamatan, lokasi pengamatan,pelaksana pengamatan,pendahuluan / pengantar dan hal – hal yang diamati
Siswa dapat menyebutkan Unsur yang harus ada dalam laporan hasil pengamatan dengan benar
13
PG
No
SK
KD
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
14
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
2.2  Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun

Kalimat kritikan
Kalimat kritikan disertai alasan untuk teman yang mengejek seorang pengemis
Siswa dapat mengkritik disertai alasan dengan benar
14
PG
15
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  
Imbuhan me-
Penggunaan imbuhan me-
a.    Jika digabungkan dengan kata dasar yang bersuku satu, me- berubah menjadi menge-
     Contoh : me + bom = mengebom
Siswa dapat menggunakan imbuhan me- dengan benar
15
PG
16
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  
Laporan kunjungan rumpang
... . Hasil pengamatan menunjukkan bahwa air sungai digunakan untuk MCK masyarakat yang tinggal di tepi sungai. Padahal, sungai tersebut sudah tercemar limbah deterjen, sampah dan peternakan.

Disajikan laporan kunjungan rumpang, siswa dapat melengkapi laporan kunjungan yang rumpang dengan benar
16
PG
17
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  

Laporan kunjungan
      Pada tanggal 2 November 2013, siswa kelas V dan VI SD Negeri Kayangan berkunjung ke Candi Prambanan, Yogyakarta. Kendaraan yang digunakan adalah bus pariwisata. Lama perjalanan sekitar 4 jam. Candi Prambanan adalah tempat bersejarah yang harus dilestarikan
Disajilkan laporan kunjungan, siswa dapat menjawab pertanyaan isi laporan dengan benar
17
PG
18
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar
Daftar riwayat hidup
(1) Muhamad Ibrahim (2) tinggal di Gang Kedondong, Suka Tani, Bandung. (3)Ia rajin sholat jamaah di masjid. (4) Lahir di Bandung pada tanggal 6 Juli 1987. (5) Ia bergelar sarjana pendidikan.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama                        : ........................
Tempat/ tanggal lahir: ........................
Pendidikan               : .........................
Agama                      : .........................
Alamat                     : .........................

Disajikan ilustrasi dan blangko daftar riwayat hidup, siswa dapat mengisi daftar riwayat hidup dengan benar
18
PG
19
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.2      Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  

Arti kata
Arti kata dalam kalimat
Disajikan Penggalan teks, siswa dapat menyebutkan arti kata dengan benar
19
PG
20
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)

Surat anak
Halo Kompas Anak, aku sering membaca Kompas Anak. Aku ingin memberitahukan bahwa resep “lemon spider” yang ada di kompas anak edisi 7 Januari 2013 pernah dimuat di majalah Girls nomor 10 terbitan 11 Desember 2012. Dalam majalah Girls tidak disebutkan bahwa resep iti kiriman Saadilah Augigis.
  Sekian suratku, semoga Kompas Anak bertambah halamannya.

Aisyah,
SMPN 41 Jakarta
(Sumber: Kompas Anak,Minggu 27 Januari 2013 )

Disajikan surat anak, siswa dapat menjawab pertanyaan isi surat anak dengan benar
20
PG
21
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)

Isi rubrik khusus
Dalam rubrik sastra terdapat karya sastra seperti : puisi, pantun dan cerita pendek.
Siswa dapat menyebutkan isi rubrik khusus dengan benar.
21
PG
22
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.4       Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
Puisi

Aku senang membaca buku
Karena buku sumber ilmu
Setiap hari aku sempatkan membaca buku
Agar ilmuku bertambah

Di buku aku temukan setumpuk ilmu
Dalam buku cerita ada kelucuan
Entah itu dalam gambar atau cerita
Buku, engkau sungguh berjasa

Bagiku dan bagi semua orang
Aku hanya ingin berpesan
Anggaplah buku sebagai teman
Terima kasih buku

Disajikan puisi, siswa dapat merubah puisi menjadi prosa dengan benar
22
PG
23
Disajikan puisi, siswa dapat menyebutkan makna sebuah kata dalam puisi
23
PG
24
Disajikan puisi, siswa dapat menyebutkan amanat dalam puisi dengan benar
24
PG
25
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.3  Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Topik percakapan
Hendro: “ Kemana kamu kemarin, Sesar ? “
Sesar      : “ Aku melihat pertunjukan lumba – lumba .“
Hendro: “ Dimana pertunjukan itu ? “
Sesar   : “ Di alun – alun. “
Hendro: “ Wah, kamu pasti senang bisa melihat pertunjukan lumba – lumba.”

Disajikan percakapan, siswa dapat menyebutkan topik percakapan dengan benar
25
PG
26
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.3  Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Melengkapi dialog yang belum lengkap
Ijah      : “ Mengapa kamu tidak berangkat sekolah kemarin ?”
Jamilah: “ Saya sakit panas dan pusing .“
Ijah     :   ....
Jamilah: “ Alhamdulillah, saya sudah sembuh.”
Disajikan percakapan, siswa dapat melengkapi dialog yang belum lengkap dengan benar
26
PG
27
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.3      Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  

Isi teks bacaan
Musim penghujan sudah berlangsung satu bulan. Curah hujan pada musim penghujan kali ini benar – benar tinggi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa bangunan roboh. Bencana – bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat harus waspada pada saat musim hujan.

Disajikan penggalan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi teks bacaan dengan benar
27
PG
28
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.4      Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  

Tema cerita
Olahraga adalah upaya untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Berolahraga biasanya dilakukan di pagi hari karena udara pagi hari masih terbebas dari polusi. Udara pagi dapat membuat oksigen yang masuk ke paru – paru selalu bersih, sehingga badan terasa segar dan sehat.

Siswa dapat menentukan tema cerita dengan benar
28
PG
29
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  

Menulis laporan
Laporan kunjungan SD Puspa ke Pasar Tumenggungan, Kebumen.
Tempat  : Pasar Tumenggungan, Kebumen
Tujuan    : Mengenal kegiatan yang terjadi di Pasar Tumenggungan, Kebumen.
Waktu : Sabtu, 9 November 2013
Pukul   : 09.00 – 12.00 WIB


Disajikan data laporan, siswa dapat menulis laporan dengan benar
29
PG
30
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  
Menyunting / membetulkan ejaan yang salah
     Kegiatan persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan. Upacara tersebut dilakukan di halaman sekolah. Setelah upacara selesai, anggota pramuka mendirikan tenda.

Disajikan laporan, siswa dapat menyunting laporan dengan benar
30
PG
31
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase

4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar
Formulir pendaftaran
       Diana adalah murid kelas lima di SD Tegal Anyar. Ia dilahirkan di Desa Pagubugan tanggal 10 Juni 2002. Kini ia tinggal di Desa Pagubugan,Cilacap.

Disajikan ilustrasi dan formulir, Siswa dapat mengisi formulir pendaftaran dengan benar
31
PG
No
SK
KD
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
32
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

Pengertian amanat
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca
Siswa dapat menyebutkan pengertian amanat dengan benar
32
PG
33
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

Latar waktu
Latar waktu dalam cerita adalah yang menunjukan waktu peristiwa terjadi
Disajikan penggalan cerita, siswa dapat menyebutkan latar waktu cerita dengan benar
33
PG
34
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

Perbedaan watak tokoh
       Adi bersahabat dengan Beni. Suatu hari mereka bermain sepak bola bersama teman – teman sekelas. Tiba – tiba bola yang ditendang salah satu temannya mengenai wajah Adi dan Beni. Adi berkata kasar dan memukul temannya, Beni melerai dan menasehati Adi.

Disajikan penggalan cerita, siswa dapat menyebutkan Perbedaan watak tokoh dengan benar
34
PG
35
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)

Bahasa tanggapan
Tanggapan yang disampaikan harus menggunakan bahasa yang jelas dan santun
Siswa dapat menjelaskan bahasa yang digunakan dalam manyampaikan tanggapan dengan benar
35
PG
36
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)
Pengertian rubrik kriminal
Rubrik kriminal adalah rubrik yang berisi tentang berita kejahatan
Siswa dapat menjelaskan pengertian rubrik khusus dengan benar
36
Isian
No
SK
KD
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
37
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.3  Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Penulisan nomor surat
Penulisan nomor surat : kode surat / nomor surat / tahun pembuatan surat
Siswa dapat menulis nomor surat dengan benar
37
Isian
38
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  
Kalimat majemuk bertingkat
Menggunakan kalimat majemuk bertingkat
Siswa dapat menggunakan kalimat majemuk bertingkat dengan benar
38
Isian
39
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
Watak tokoh
     Sudin merasa iri, dirinya bekerja lebih berat. Ia harus berkeliling ke berbagai desa untuk menawarkan tikar, sementara Saman hanya duduk membuat tikar .
Siswa dapat mengidentifikasi watak tokoh dari cerita anak dengan benar
35

40
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
Latar cerita
“ Sarapan istimewa liburan hari pertama sudah siap.cumi – cumi isi untuk Wina dan ayam goreng untuk Sita ” bisik mama. Mata Wina dan Sita langsung terbuka lebar. Mereka pun segera bangkit untuk pergi mandi.
Disajikan penggalan cerita, siswa dapat mengidentifikasi latar dari cerita anak dengan benar
40
Isian
41
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.5      Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  
 Sinonim
Sinonim adalah padan kata
Contoh : pandai = pintar
Siswa dapat menyebutkan sinonim dari kata dengan benar
41
Isian
42
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.6      Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  

Antonim
Antonim adalah lawan kata
contoh : besar x kecil
Siswa dapat menyebutkan antonim dari kata yang ditentukan dengan benar
42
Isian
No
SK
KD
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
43
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
Tokoh utama
Tokoh utama dalam cerita disebut protagonis
Siswa dapat menyebutkan nama lain tokoh utama dengan benar.
43
Isian
44
3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan  
Pengertian membaca intensif
Membaca intensif adalah membaca dengan sangat cermat dan hati – hati agar informasi yang ditulis dapat dimengerti
Siswa dapat menjelaskan pengerian membaca intensif
44
Isian
45
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.4       Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
Merubah puisi menjadi bentuk prosa
Merubah puisi menjadi bentuk prosa disebut parafrase
Siswa dapat menyebutkan nama lain merubah puisi menjadi prosa dengan benar
45
Isian
46
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar
Mengisi slip penarikan dari bank
Eri Pertiwi tinggal di Jalan Kasuari/15, Kebumen. Pada tanggal 15 November 2013, ia  mengambil uang sebanyak Rp. 300.000,00 dari tabungan. Nomor rekeningnya adalah 3 -100-03247-2. Isilah slip penarikan bank sesuai data tersebut!
                           SLIP PENARIKAN
Validasi
Jenis rekening :
Jenis penarikan:
Tanggal            :
No. Rekening   :
Nama                :
Harap dibayarkan atas beban rekening di atas sejumlah : Rp.
Terbilang : ........
                         Penerima                    penarik
Disajikan ilustrasi dan blanko slip penarikan, siswa dapat mengisi slip penarikan dari bank dengan benar
46
Uraian
No
SK
KD
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
47
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase
4.4       Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
Memparafrasekan kuisi
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu – malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi“.


Disajikan puisi, siswa dapat merubahnya menjadi bentuk prosa dengan benar.
47
Uraian
48
4.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase


4.3  Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Menyusun percakapan
Menyusun percakapan tentang kegiatan yang dilakukan pada saat liburan
Siswa dapat menyusun percakapan tentang hal yang dilakukan pada saat liburan
48
Uraian
49
3.memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.) 


Cara menyampaikan informasi yang benar
Tahapan menyampaikan informasi yang benar adalah: mencatat pokok – pokok informasi, merangkai pokok – pokok informasi, menceritakan dengan kalimat yang runtut, jelas, dan mudah dipahami
Siswa dapat menyebutkan tahapan menyampaikan informasi dengan benar
49
Uraian
No
SK
KD
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
50
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
2.2  Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun

Kalimat kritikan berdasarkan gambar
Kalimat kritikan yang sesuai dengan gambar:
Sebaiknya mereka mengenakan helm dan tidak membonceng teman terlalu banyak karena sangat berbahaya.
Disajikan gambar, siswa dapat mengkritik disertai alasan dengan benar
50
Uraian






ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas                           : VI

PETUNJUK UMUM
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas pada lembar jawaban !
2. Bacalah setiap soal dengan seksama !
3. Kerjakan terlebih dahulu soal – soal yang kamu anggap paling mudah !
4. Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada bapak / ibu guru !

I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !
  
            Bacaan berikut untuk soal nomor 1 – 3!

Demam berdarah adalah penyakit yang ditandai dengan gejala – gejala demam dan perdarahan. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis virus. Virus itu disebut virus Dengue.
                 Penularannya melalui gigitan nyamuk. Nama nyamuk itu adalah aedes aegypti. Jadi, apabila ada orang yang sedang sakit demam berdarah digigit oleh nyamuk itu, virus akan terhisap. Selanjutnya orang yang sehat jika digigit nyamuk itu akan tertular demam berdarah.

1.    Penyebab penyakit demam berdarah adalah....
a. virus
c. bakteri
b. nyamuk
d. demam

2.      Gagasan utama paragraf kedua adalah ....
a. Gigitan nyamuk aedes aegypti
c. Penularan demam berdarah
b. Gejala demam berdarah
d. Penyebab demam berdarah

3.      Gejala penyakit demam berdarah adalah ....
a. perdarahan dan flu
c. demam dan flu
b. perdarahan dan demam
d. demam dan muntah

Bacalah bacaan di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 4 – 8 !
                        Di sebuah hutan hidup seekor burung gagak dan burung beo. Gagak merasa paling hebat dan kuat. Ia selalu mengejek beo kecil yang tinggal di samping pondoknya. Beo tidak marah, ia juga tidak dendam pada gagak itu.

4.      Tokoh dalam penggalan cerita di atas adalah ....
a. burung nuri
c. burung gagak
b. burung beo
d. Gagak dan Beo

5.      Watak Beo pada cerita tersebut adalah ....
a. jujur
c. sabar
b. sombong
d. pendendam

6.      Latar penggalan cerita berada di ....
a. hutan
c. pohon
b. pondok
d. sarang

7.      Amanat yang terkandung dalam cerita di atas adalah ....
a. Kita tidak boleh berbohong
c. Jangan suka marah kepada orang lain
b. Jangan dendam kepada orang lain
d. Kita tidak boleh sombong dan menghina

8.              Lingkungan yang bersih akan menjadikan hidup lebih sehat. Agar lingkungan tetap bersih, kita harus rajin membersihkannya. Lingkungan yang bersih akan lebih indah dipandang. Selain itu, kita akan nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Jadi, jagalah lingkungan kita agar hidup kita lebih sehat.
Tema bacaan tersebut adalah ....

a. kebersihan
c. lingkungan
b. persahabatan
d. kesehatan

9.      Perhatikan gambar di bawah ini !



Kalimat pujian yang sesuai dengan gambar di atas adalah ....
a. Mereka semangat sekali, membersihkan taman dan halaman rumah.
c. Wah, kalian hebat ! membersihkan dapur dan kamar mandi bersama – sama.
b. Kalian memang kompak, bergotong royong membersihkan dan merapikan rumah .
d. Saya salut pada mereka, tak kenal lelah merapikan perpustakaan.

10.  Kolom  yang berisi bahasan tentang sesuatu yang bersifat khusus disebut ....
a. Rubrik khusus
c. Tajuk rencana
b. Berita
d. Surat pembaca

11.  Perhatikan ilustrasi di bawah ini !
Nadia akan mengirimkan uang kepada adiknya Rizal Satria yang tinggal di Desa Suka Mulya, Rt 4 Rw 10, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, kode pos 54363. Uang sejumlah Rp. 500.000,00 untuk membeli buku dan sepatu.


Nomor 2 diisi dengan ....
a. Rizal Satria
c. lima ratus ribu rupiah
b. Rp. 500.000,00
d. untuk membeli buku dan sepatu
12.   Fita ... “ Apakah kamu sudah membaca koran hari ini, Yun?”
Yuni ... “ Belum. Memangnya, ada berita apa ?”
Fita ...  “ Negara Filipina mengalami bencana angin topan ”.
Tanda baca yang tepat untuk mengisi percakapan di atas adalah ....
a. titik dua
c. sama dengan
b. garis miring
d. titik

13.  (1) Lokasi pengamatan
(2) Obyek pengamatan
(3) Waktu Pengamatan
(4) Tanda tangan pengamat
 Hal – hal yang harus ada pada laporan hasil pengamatan ditunjukkan oleh nomor ....
a. 2, 3 , 4
c. 1 , 2 , 3
b. 1, 3 , 4
d. 1, 2 , 4

14.   Temanmu mengejek seorang pengemis yang meminta – minta. Kalimat kritikan yang tepat untuk temanmu adalah ....
a. Kalau kamu mengejek, dia sakit hati.
c. Jangan mengejek pengemis, kasihan dia !
b. Janganlah mengejek pengemis, hidup mereka menderita.
d. Menurutku sikapmu tidak terpuji, kalau tidak memberi sedekah, lebih baik diam

15.   Pada hari Sabtu, 9 November 2013 SD Maju Makmur (ada) lomba. Lomba diselenggarakan mulai pukul 09.00 – 11.00.
Kata dalam tanda kurung seharusnya ....
a. adakan
c. mengadai
b. mengadakan
d. memadakan

16.   Bacalah kutipan laporan pengamatan berikut !
... . Hasil pengamatan menunjukkan bahwa air sungai digunakan untuk MCK masyarakat yang tinggal di tepi sungai. Padahal, sungai tersebut sudah tercemar limbah deterjen, sampah dan peternakan.
            Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan di atas adalah ....
a. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang kebersihan sungai Lukulo
c. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang kebersihan Sungai Lukulo
b. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang kebersihan Sungai lukulo
d. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang kebersihan sungai lukulo

17. 
 Perhatikan kutipan laporan berikut ini !
Pada tanggal 2 November 2013, siswa kelas V dan VI SD Negeri Kayangan berkunjung ke Candi Prambanan, Yogyakarta. Kendaraan yang digunakan adalah bus pariwisata. Lama perjalanan sekitar 4 jam. Candi Prambanan adalah tempat bersejarah yang harus dilestarikan.
            Dimanakah letak Candi Borobudur ?
a. Yogyakarta
c. Yogjakarta
b. Jogjakarta
d. yogyakarta

18.   
Muhamad Ibrahim (1) tinggal di Gang Kedondong, Suka Tani, Bandung. (2)Ia rajin sholat jamaah di masjid(3). Lahir di Bandung pada tanggal 6 Juli 1987(4). Ia bergelar sarjana pendidikan (5)

            DAFTAR RIWAYAT HIDUP

  Nama                         : ...................................
  Tempat/ tanggal lahir : ...................................
  Pendidikan                : ...................................
  Agama                       : ...................................
  Alamat                       : ...................................
Urutan data yang tepat untuk melengkapi daftar riwayat hidup di atas adalah .....
a. 1 – 4 – 3 – 5 – 2
c. 1 – 4 – 2 – 3 – 5
b. 1 – 4 – 5 – 3 – 2
d. 1 – 4 – 3 – 2 – 5

19.   Anak – anak kelas 4 sampai kelas 6 bekerja bakti di halaman sekolah. Mereka menyiangi rumput dan menyapu halaman
Arti kata menyiangi adalah ....
a. menebangi
c. mencabuti
b. menanami
d. memotongi

20.   Bacalah surat di bawah ini !

Halo Kompas Anak, aku sering membaca Kompas Anak. Aku ingin memberitahukan bahwa resep “lemon spider” yang ada di kompas anak edisi 7 Januari 2013 pernah dimuat di majalah Girls nomor 10 terbitan 11 Desember 2012. Dalam majalah Girls tidak disebutkan bahwa resep iti kiriman Saadilah Augigis.
   Sekian suratku, semoga Kompas Anak bertambah halamannya.

Aisyah,
SMPN 41 Jakarta
(Sumber: Kompas Anak,Minggu 27 Januari 2013 )
Di mana surat itu dimuat ?
a. Kompas Anak
c. Aisyah
b. Majalah Girls
d. Saadilah Augigis

21.   Dalam rubrik sastra terdapat ....
a. puisi, berita kejahatan dan cerita pendek
c. cerita pendek, puisi dan berita olah raga
b. cerita pendek, puisi dan berita gosip
d. puisi, cerita pendek dan pantun

Pusi berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 22 – 25
Aku senang membaca buku
Karena buku sumber ilmu
Setiap hari aku sempatkan membaca buku
Agar ilmuku bertambah

Di buku aku temukan setumpuk ilmu
Dalam buku cerita ada kelucuan
Entah itu dalam gambar atau cerita
Buku, engkau sungguh berjasa

Bagiku dan bagi semua orang
Aku hanya ingin berpesan
Anggaplah buku sebagai teman
Terima kasih buku

22.  Prosa yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ....
a. Buku adalah sumber ilmu. Bacalah buku pada waktu senggang agar ilmu bertambah. Dengan membaca buku wawasan menjadi luas.
c. Lebih baik membaca buku karena menambah ilmu. membaca buku meminjam di perpustakaan. Rajin membaca buku akan menambah ilmu.
b. Buku merupakan sumber ilmu. Membaca buku akan menambah ilmu. Buku sangat berjasa bagi semua orang. Karena itu buku dapat dianggap sebagai teman
d. Kegemaran membaca buku bisa dilakukan di waktu senggang. Membaca buku bisa menambah ilmu dan pengetahuan.

23.   Makna kata ilmu pada puisi di atas adalah ....
a. informasi
c. wawasan
b. berita
d. pengetahuan
24.   Amanat puisi di atas adalah ....
a. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah ilmu
c. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah teman
b. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah pengalaman
d. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah koleksi buku

25.  Hendro             : “ Kemana kamu kemarin, Sesar ? “
Sesar                 : “ Aku melihat pertunjukan lumba – lumba .“
Hendro             : “ Dimana pertunjukan itu ? “
Sesar                 : “ Di alun – alun. “
Hendro             : “ Wah, kamu pasti senang bisa melihat pertunjukan lumba – lumba !”
Topik percakapan tersebut adalah ....
a. Kemarin Hendro pergi ke alun - alun
c.Sesar merasa sangat senang
b. Sesar bermain di alun - alun
d.Sesar melihat pertunjukan lumba - lumba


26.   Ijah      : “ Mengapa kamu tidak berangkat sekolah kemarin ?”
Jamilah : “ Saya sakit panas dan pusing .“
Ijah       :   ....
Jamilah : “ Alhamdulillah, saya sudah sembuh.”
Kalimat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ....
a. Apakah kamu sudah minum obat ?
c. Bagaimana keadaanmu sekarang ?
b. Apakah kamu meminta ijin ?
d. Mengapa kamu sakit panas dan pusing ?

27. 
             Musim penghujan sudah berlangsung satu bulan. Curah hujan pada musim penghujan kali ini benar – benar tinggi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa bangunan roboh. Bencana – bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat harus waspada pada saat musim hujan.
Isi bacaan di atas adalah ....
a. Berbagai   macam bencana terjadi melanda kehidupan penduduk
c. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan bencana banjir
b. Musim hujan mengakibatkan bencana tanah longsor
d. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan berbagai macam bencana

28.    
            Olahraga adalah upaya untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Berolahraga biasanya dilakukan di pagi hari karena udara pagi hari masih terbebas dari polusi. Udara pagi dapat membuat oksigen yang masuk ke paru – paru selalu bersih, sehingga badan terasa segar dan sehat.

Tema paragraf tersebut adalah ....
a. Waktu terbaik berolahraga
c. Manfaat oksigen
b. Manfaat berolahraga
d. Cara Menjaga tubuh

29.        Laporan kunjungan SD Puspa ke Pasar Tumenggungan, Kebumen
Tempat : Pasar Tumenggungan, Kebumen
Tujuan  : Mengenal kegiatan yang terjadi di Pasar Tumenggungan, Kebumen.
Waktu   : Sabtu, 9 November 2013
Pukul    : 09.00 – 12.00 WIB

Paragraf laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
a. Pasar Tumenggungan menjual berbagai macam peralatan rumah tangga dan kebutuhan pokok.
b. Pasar Tumenggungan berada di tengah kota. Letaknya dekat dengan pegadaian, kantor polisi dan kantor – kantor pemerintahan lainnya.
c. Pasar Tumenggungan sangat ramai. Banyak penjual dan pembeli berdatangan, di sana terdapat berbagai macam kebutuhan rumah tangga dan sembako.
d. Pasar Tumenggungan menjadi pusat perdagangan, di sana dijual banyak batik, letaknya strategis.

30. 
 Bacalah kutipan laporan di bawah ini !
Kegiatan persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan. Upacara tersebut dilakukan di halaman sekolah. Setelah upacara selesai, anggota pramuka mendirikan tenda.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring tersebut adalah ....
a. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 november 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan.
b. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2013. Sebelum dimulai, mereka mengadakan upacara pembukaan.
c. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari sabtu / 16 November 2013. Sebelum dimulai, mereka mengadakan upacara pembukaan.
d. Kegiatan persami dilaksanakan pada hari Sabtu 16 November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan

31.   Diana adalah murid kelas lima di SD Tegal Anyar. Ia dilahirkan di Desa Pagubugan tanggal 10 Juni 2002. Ia tinggal di gang Asem, Desa Pagubugan,Cilacap.
Pengisian formulir pendaftaran yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah....
a. Formulir Pendaftaran Pramuka
Nama                         
Tempat, tanggal lahir   
Asal Sekolah               
     Kelas                         

:
:
:
:

Diana
Pagubugan,10 Juni 2002
SD Tegal Anyar
V
b. Formulir Pendaftaran Pramuka
Nama                         
Tempat, tanggal lahir   
Asal Sekolah               
     Kelas                         

:
:
:
:

Diana
Cilacap,10 Juni 2002
SD Tegal Anyar
V
c. Formulir Pendaftaran Pramuka
Nama                         
Tempat, tanggal lahir   
Asal Sekolah               
     Kelas                         

:
:
:
:

Diana
Cilacap / 10 Juni 2002
SD Tegal Anyar
V
d. Formulir Pendaftaran Pramuka
Nama                         
Tempat, tanggal lahir   
Asal Sekolah               
    Kelas                         

:
:
:
:

Diana
Tegal Anyar,10 Juni 2002
SD Tegal Anyar
V

32.   Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut ....
a. seting
c. latar
b. watak
d. amanat

33.   Bacalah bacaan di bawah ini!       

Eni memandangi foto ayahnya yang terpasang di dinding. Matanya berkaca – kaca mengingat semua kenangan bersama ayahnya. Sudah seminggu ayahnya meninggal akibat kecelakaan.
Latar suasana cerita di atas adalah ....
a. sedih
c. bimbang
b. senang
d. gelisah

34.   Bacalah penggalan cerita ini !

            Adi bersahabat dengan Beni. Suatu hari mereka bermain sepak bola bersama teman – teman sekelas. Tiba – tiba bola yang ditendang salah satu temannya mengenai wajah Adi dan Beni. Adi berkata kasar dan memukul temannya, Beni melerai dan menasehati Adi.
Perbedaan watak Adi dan Beni adalah ....
a. Beni pemarah dan Adi sabar
c. Adi pemarah dan Beni sabar
b. Beni pemarah dan Adi pemarah
d. Adi sabar dan Beni rendah hati
35.   Pada saat memberikan tanggapan, kita harus menggunakan bahasa yang ....
a. jelas dan kasar
c. santun dan kasar
b. jelas dan santun
d. santun dan rancu

 II. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang paling benar !

36.    Rubrik yang berisi berita – berita kejahatan disebut rubrik ....
37.    Penulisan nomor surat : 121... 25 ... 2013. Tanda baca yang tepat untuk mengisi nomor surat tersebut adalah ....
38.     Santi mencuci sayuran ... memasak sayur lodeh. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
39.     Sudin merasa iri, dirinya bekerja lebih berat. Ia harus berkeliling ke berbagai desa untuk menawarkan tikar, sementara Saman hanya duduk membuat tikar .
Watak Sudin adalah ....
40.     “ Sarapan istimewa liburan hari pertama sudah siap, cumi – cumi isi untuk Wina dan ayam goreng untuk Sita ” bisik mama. Mata Wina dan Sita langsung terbuka lebar. Mereka pun segera bangkit untuk pergi mandi.
Latar waktu dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
41.     Banyak keluarga korban angin topan yang berduka karena kehilangan anggota keluarga dan harta benda.
Sinonim kata berduka adalah ....
42.     Ia mengambil buku dan pensil dari dalam tasnya.
Antonim kata mengambil adalah ....
43.     Tokoh utama dalam sebuah cerita disebut tokoh ....
44.    Membaca dengan sangat cermat dan hati – hati agar informasi yang ditulis dapat dimengerti disebut membaca ....
45.    Merubah puisi menjadi bentuk prosa disebut ....

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
46.     Eri Pertiwi tinggal di Jalan Kasuari/15, Kebumen. Pada tanggal 15 November 2013, ia  mengambil uang sebanyak Rp. 300.000,00 dari tabungan. Nomor rekeningnya adalah    3 -100-03247-2. Isilah slip penarikan bank sesuai data tersebut!
                                         
  SLIP PENARIKAN
Validasi




Jenis rekening   :      Tahapan        Tapres         Lainnya ........................


Jenis penarikan :       Tunai            Pemindahan 

Tanggal             :
No. Rekening   :
Nama                :                                                                         
Harap dibayarkan atas beban rekening di atas sejumlah : Rp.
Terbilang          : .....................................................................................

                                                              ........................            ......................                                           
                                                                    Penerima                    Penarik

47.    Ubahlah puisi berikut menjadi bentuk prosa!
 Tiga anak kecil
Dalam langkah malu – malu
Datang ke Salemba
Sore itu

“ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi“.
48.    Buatlah percakapan dengan temanmu tentang kegiatan yang dilakukan saat liburan !
49.     Jelaskan langkah – langkah menyampaikan informasi !
50.    Buatlah kalimat kritikan berdasarkan gambar di bawah ini !
    


Kunci Jawaban DISINI
Previous
Next Post »
Thanks for your comment