Susahnya Program Dapodik 2013


Pada hari ini, saya diberi sosialisasi mengenai Program pemerintah baru yang dikenal dengan Dapodikdas 2013.

Awalnya saya mulai kebingungan dengan tampilan baru dan cara akses nya yang berbeda, namun saya mendengarkan sosialisasi tersebut dengan hikmat hingga saya benar-benar paham betul dengan Aplikasi Dapodikdas 2013 ini.

Di Kebumen, Aplikasi ini baru diperkenalkan sejak awal bulan ini, tepatnya saya kurang begitu hafal, namun aplikasi ini sudah membuat geger para sahabat OPS (operator sekolah) yang basic nya memang mereka belum paham betul dengan Aplikasi ini.

Saya pun demikian, 2 hari ini saya memulai riset tentang Dapodikdas 2013. Laptop yang saya gunakan adalah Windows7 dengan Memory 1 GB. Spesifikasi yang saya anjurkan adalah Windows 7,8. Jangan menggunakan pentium 4 ke bawah, karena pastinya akan sangat susah.

Langkah pertama yang anda lakukan sudah pernah saya posting pagi tadi, dan semuanya berjalan dengan sangat mudah.

Namun kali ini saya akan membahas tentang cara mengisi aplikasi dapodikdas 2013 yang benar.

Saya wajibkan anda mengunduh Aplikasi terbaru versi 2.0.3 di SINI.

Setelah anda Instal jangan lupa melakukan registrasi, dan sudah saya posting tadi pagi juga.
Awal saya melakukan registrasi terjadi eror, hal itu dikarenakan oleh recent history (aplikasi sampah). Ini dapat anda lakukan penghapusan dengan mendownload CCleaner di SINI.
Setelah anda hapus menggunakan CCleaner, selanjutnya laptop di restart agar aplikasi berjalan dengan baik dan mudah.

Usahakan setelah menyala anda melakukan registrasi terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan agar anda memiliki username dan password untuk mengakses Aplikasi Dapodikdas 2013 ini. Jangan lupa anda mintakan KOREG (Kode Registrasi). Kode ini sudah pasti anda akan mendapat kan nya di Unit dinas Pendidikan di Kabupaten tempat anda tinggal. Kalo saya sekarang di Kabupaten Kebumen.

Setelah mendapatkan KOREG, anda isi semua data mengenai anda, misal pada gambar di bawah ini:

Lalu klik simpan dan nanti akan muncul "SD NEGERI TAMBAKREJO" dll

berarti anda sudah berhasil
Selanjutnya yang anda lakukan adalah masuk ke login, dengan pilih username (email) dan password.
Akan muncul seperti diatas, Login... Tunggu dan akhirnya anda masuk...
Browser yang anda gunakan adalah Google Chrome, anda bisa mendownload nya dengan mudah di SINI.
Usahakan sebelum anda melakukan Login, matikan modem atau jaringan internet anda (dikerjakan secara offline).

Selanjutnya perhatikan gambar berikut,
A. BERANDA

Setelah anda masuk pastinya anda akan dihadapkan dengan Aplikasi Dapodik versi 2.0.3 terbaru 2013. Bisa anda lihat di Tab Informasi. Identitas Sekolah anda cek, apakah benar nama SD, Kab, Nama Kepala Sekolah dan OPS.

Jika anda ingin mengetahui PR anda untuk program ini adalah anda tinggal klik Validasi pada Tab Proses, nanti akan muncul berapa jumlah PR yang akan anda kerjakan pada Aplikasi Dapodikdas 2013 ini. Untuk milik saya sendiri PR nya berjumlah tidak banyak, hanya 210 invalid (pusing 7 keliling) tapi saya tidak menyerah, karena teman saya ada yang berjumlah 440 invalid.. hahahaha

Perhatikan Menu setelah Beranda, Sekolah, PD, PTK, Sarpras, Rombel, PD Keluar, PTK Keluar.
Semua menu diatas dapat anda gunakan dan pastinya sangat berguna.
Menurut juru bicara Bapak Ikhsan, waktu saya menerima sosialisasi ini, beliau berpesan kepada semua OPS 1. usahakan semua pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.
2. jangan sampai salah mengisi data agar semua tunjangan dan data keuangan bisa lancar sehingga dapat memudahkan kegiatan di sekolah.
3. jangan hapus data yang ada pada PTK dan Peserta Didik, kecuali sarpras jika ada kekurangan dan kelebihan.
4. untuk anak kelas 6 SD yang sudah lulus usahakan isi data selengkap2 nya termasuk pada SKHU, untuk memudahkan anak yang telah lulus.


B. SEKOLAH
Di Menu Sekolah, anda akan menemukan sebuah Identitas sekolah, usahakan isi lengkap termasuk NPSN dan NIS. Untuk lebih lengkap nya anda kursor tarik kebawah, dan ada banyak (usahakan email yang aktif).

Table bawah adalah Data Rinci Sekolah
Isinya adalah sama seperti keadaan sekolah anda saat ini, jangan lupa untuk melakukan save untuk setiap perubahan.


C. PESERTA DIDIK
Di tabel ini, yang saya beri warna biru itu adalah siswa kelas 1 (usahakan data siswa valid termasuk NISN) anda bisa mengecek data siswa NISN di SINI. Jika menggunakan pencarian berdasarkan NISN ditemukan tulisan "NISN tidak dapat ditemukan hub....." anda bisa menggunakan Pencarian berdasarkan nama masukkan nama tempat dan tanggal lahir. Jika masih muncul tidak ada nama dengan NISN ini anda wajib mengusulkan kembali dengan mengajukan formulir yang sudah ditampilkan pada laman NISN tersebut. Ada juga kasus, jika nomor NISN ada 2 bahkan 3 4 5 6, disini yang disarankan adalah dengan memilih salah satu NISN untuk anak tersebut dan memasangnya di Aplikasi Pendataan Dikdas 2013.

Untuk garis merah adalah anak kelas 6, usahakan untuk semua kelas 6 isi semua data termasuk SKHU agar anak yang sudah lulus mudah jika nantinya ditanyakan.

Anak kelas 6 setelah data semua baru di pasang ke anak yang sudah lulus, anda diwajibkan mengeluarkan anak tersebut dengan keterangan Lulus. Yaitu dengan mengeklik Lingkaran merah yang saya buat (Registrasi). Nanti akan muncul gambar seperti di bawah ini:
Registrasi dimaksudkan untuk mengeluarkan anak dari data Dapodik 2013 dengan alasan lulus seperti gambar diatas. Untuk Kebumen ditetapkan Tanggal keluar sekolah adalah 22/06/2013. Boleh anda save atau save close agar lebih cepat. Ini dilakukan satu persatu setiap siswa yang sudah dinyatakan lulus. Data ini akan masuk pada PD Keluar.

Jika anda lupa mengisi data anak yang sudah lulus anda masih bisa mengembalikan secara utuh yaitu dengan cara seperti gambar di bawah ini

Gambar di atas sudah saya edit, untuk mengeluarkan peserta didik yang sudah terlanjur di Registrasi keluar karena lulus anda bisa mengakali nya dengan cara klik nama anak tersebut lalu klik Registrasi pada Menu PD Keluar yang ada di atas, Kolom sebelah kiri awalnya adalah seperti itu, cara mengembalikannya adalah hapus semua "Lulus" Tgl keluar" Alasan" Selanjurnya klik Save dan Close, jika belum hillang juga anda wajib melakukan Refresh pada tombol yang ada di bawah seperti ini bentuk Refresh
Nanti pasti akan kembali ke tempat semula pserta didik yang terlanjur di Registrasi itu.


D. PTK
Pada Menu PTK, terdapat daftar nama PTK yang ada di SD anda tempati, misal contoh untuk saya.
Perhatikan pada kolom status, masih tampak tanda pentung warna merah yang artinya invalid (data belum lengkap) maka anda diwajibkan untuk melengkapi data tersebut. Nanti akan saya bahas secara mendetail cara mengisi data tentang individual PTK.

Sebelumnya akan saya jelaskan pada Penugasan, Penugasan ini wajib kita isi anda dapat melakukannya dengan meng klik PTK terlebih dahulu lalu klik Penugasan nanti akan muncul kolom sebelah kanan, kolom itu nanti ada isi dengan, misal sebagai contoh adalah Guru Kelas 4. Pada nomor surat tugas anda isikan SK masuk pertama anda di SD tersebut (maaf pada gambar saya salah menulis atau bukan SK KBM). Kalo GTT/PTT anda isikan SK pengangkatan atau nomor yang ada di atas SK tersebut. Tanggal dan TMT tugas sudah ada di SK anda. Sekolah induk anda isi Ya. Keaktifan PTK ini tergantung pengisian, karena saya mengisi pada bulan November maka saya centang November, perlu diingat bahwa keaktifan dihitung pada semester pertama pada awal tahun pelajaran.

Kolom bawah diisi jika PTK keluar, alasan nya terserah anda sesuai dengan keadaan, misal pensiun dan juga tanggal pensiun (sudah ada di SK). Terakhir klik save dan close.

Untuk Individu PTK Masing2
Saya berikan contoh nya
Gunakan tombol ubah jangan hapus, karena akan mempengaruhi data internal server.
setelah klik PTK lalu ubah.
Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini
Setelah klik ubah maka akan tampak edit PTK ...
Kolom atas semua diisi, lah untuk Data Rinci ini yang paling sulit menurut saya, karena banyak sekali mengenai data diri PTK yang bersangkutan.
Sebagai tambahan, untuk GTT/PTT di Kebumen jika SK Penugasan nya adalah tahun 2005 statsus kepegawaian adalah Kab/Kota, namun jika tahun nya adalah 2005-2013 menjadi guru Honor Sekolah.

Kembali lagi ke Data Rinci
Urutan Dari
1. Anak : Anda hanya memasukkan nama anak dari PTK yang sedang diedit, status misal pelajar, jenjang SD, NISN anak tersebut, Jenis Kelamin, Tgl lahir, Thn Masuk. Masukkan semua anak dari PTK yang bersangkutan.
2. Beasiswa : Jenis beasiswa misal dari subsidi S1, keterangan Dana APBD atau APBN, Tahun mulai menerima, tahun akhir menerima beasiswa, Masih menerima Ya atau tidak.
3. Buku,
Apakah PTK yang bersangkutan pernah membuat Buku, sebutkan judul buku, tahun dan penerbitnya.
4. Diklat
Sebutkan jenis diklatnya, misal diklat manajemen, nama penyelenggara, tahun, peran, tingkat dan waktunya ada berapa jam.
5. Karya Tulis
Sebutkan judul, tahun pembuatan, publikasi, keterangan.
6. Kesejahteraan
Misal ASKES dari tahun berapa sampai dan statusnya aktif atau tidak.
7. Tunjangan
Tunjangan ini banyak seperti tunjangan anak, istri, beras dan nominal serta masih menerima dan tahun penerimaanya sejak awal.
8. Tugas Tambahan
Ada pilihan Guru, Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dan Tenaga Perpustakaan serta Wakil Kepala Sekolah, sebutkan jam. Misal Kepala Sekolah 18 Jam, Guru 24 Jam. dll
9. Impassing
Untuk saat ini impassing sudah bisa dilakukan di Dapodik 2013, semua bukti ada pada PTK yang bersangkutan.
10. Penghargaan
Bisa berupa piagam sebagai guru teladan atau Kepala Sekolah teladan
11. Nilai Test
Hasil tes yang dilakukan oleh suatu badan
12. Riwayat Gaji Berkala
Usahakan untuk ini dilakukan secara urut, jangan sampai teracak karena mempengaruhi jumlah keaktifan PTK yang bersangkutan dan usahakan lengkap dan sesuai dengan bukti fisik yang ada.

13. Riwayat Jabatan Struktural
Jabatan PTK saat ini misal Kepala Sekolah, Nomor SK Jabatan Struktural dan Tanggal Mulai Tugas Jabatan.
14. Riwayat Kepangkatan
Contohnya sudah ada bukti fisik, tinggal anda melengkapi kekurangan, jika kurang jelas boleh ditanya kepada PTK yang bersangkutan.
15. Riwayat Pendidikan Formal
di urut dari jenjang paling rendah ke yang tinggi, jangan lupa tuliskan tahun masuk dan tahun lulus. Jika anda masih bersekolah atau sedang kuliah jangan lupa isikan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) Semester dan IPK Terakhir anda.
16. Riwayat Sertifikasi
Ini dikhususkan bagi yang sudah memiliki NRG (Nomor Registrasi Guru) atau yang sudah pernah mengikuti sertifikasi. Lebih jelasnya tanyakan saja ke PTK yang bersangkutan.
17. Riwayat Jabatan Fungsional
Jabatan nya apa, SK dan TMT sebagai Jabatan Fungsional.


E. SARPRAS

Sarpras adalah Sarana dan Prasarana, tentunya anda sudah tahu kan apa itu sarpras. Namun saya akan mengupas lagi, ternyata sarpras ini memberikan fungsi yang sangat positif bagi tatanan SD kita. Misal nya saja kita bisa mengajukan bantuan gedung, kursi, meja, renovasi bahkan bisa minta komputer kalo ada rejeki.

Sarpras ini di kelola oleh setiap ruangan, jangan lupa yah sebutkan semua nama ruangan di sekolah anda. jika ada gedung BP, UKS, Koperasi, Kantin dll. Paling utama adalah ruang kelas 1-6 dengan panjang 7 meter, dan ruang kantor, penjaga dll.

Setiap ruang kelas pasti memiliki meja, kursi, buku, papan tulis dan sarana penunjang lainnya, anda wajib mengisikan semua yang ada jangan sampai ada yang tertinggal. OK


F. ROMBONGAN BELAJAR
(akan kami bahas setelah diisi)

Maaf baru sampai disini, selanjutnya tunggu update berikutnya!
Terima kasih...




Previous
Next Post »
Thanks for your comment