Prediksi UTS I Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Semester 1 TA 2014/2015

SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas                           : II ( Dua)

       I.            Berilah tanda silang di depan jawaban pada huruf a,b,c,atau d yang kamu anggap benar !
   Perhatikan puisi di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 1 – 3 !
IBU
Ibu....
Sungguh besar jasamu kepadaku
Kau telah melahirkanku dan membesarkanku
Ibu,kau selalu memberi yang terbaik untukku
Kasih sayangmu tak pernah pudar sepanjang masa
Jika aku besar nanti,kuingin menjadi anak yang berguna
Kuingin membuatmu bangga
Ibu,sepanjang hayat ku kan selalu berbakti padamu
1.      Apakah jasa seorang ibu ?
a.       Mencari nafkah
b.      Melahirkan dan membesarkan anak
c.       Memberi uang saku
d.      Memberi hadiah untuk anaknya
2.      Bagaimana kasih sayang seorang ibu ?
a.       Sesaat saja
b.      Selama anak dibesarkan
c.       Ketika anak masi bayi
d.      Tak pernah pudar sepanjang masa
3.      Kapan kita harus berbakti kepada ibu ?
a.       Sekarang    b. Besok     c. Di masa depan   d. Sepanjang hayat
4.      ......... rumah Paman Andi ? kata tanyayang tepat untuk mengisi titik-titik adalah.......
a.       Di mana     b. Kapan     c. Siapa                   d. mengapa
5.      Awan :..................................?
Santi  : Saya ke sekolah berjalan kaki.
Kalimat tanya yang tepat untuk melengkapi adalah.........
a.       Dengan siapa kamu bersekolah ?
b.      Bagaimana kamu pergi ke sekolah ?
c.       Mengapa kamu pergi ke sekolah ?
d.      Siapa yang mengantarmu  ke sekolah ?
6.      Aku dapat hidup di darat dan di air,aku bergerak dengn meloncat,aku sering bernyanyi di musim penghujan. Aku adalah........
a.       Burung             b. Katak           c.  Angsa          d. Ikan
7.      Bungaku berbau harum dan berwarna putih. Daunku hijau,pohonku pendek,ukuran bungaku kecil.Aku adalah........
a.       Mawar             b. Anggrek     c. Dahlia              d. Melati
8.      Pengendara kereta api disebut.........
a.       Sopir               b. Pilot           c. Kondektur        d. Masinis 
9.      andre suka pergi ke desa sukamaju. Penulisan dengan huruf kapital yang tepat adalah........
a.       andre  suka pergi ke Desa Sukamaju
b.      andre suka pergi ke Desa sukamaju
c.       Andre suka pergi ke desa sukamaju
d.      Andre suka pergi ke Desa Sukamaju
10.  Sebelum pergi ke sekolah kita sebaiknya...........
a.       Berpamitan     b.  Belajar     c.  Menunggu teman     d. Menonton televisi

    II.            Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Tempat merawat orang sakit adalah...........
2.      Anak yang tidak mau belajar akibatnya.............
3.      Anak yang ramah pasti banyak kawan. Persamaan kata kawan  adalah.........
4.      Anak yang rajin belajar pasti akan..........
5.      Untuk menjaga keamanan kampung diadakan...........
6.      ibu guru sinta disukai anak-anak karena tidak pernah marah. Penulisan dengan huruf kapital yang tepat adalah............


7.      Tulislah kalimat berikut dengan huruf tegak bersambung !
Rina adalah siswa yang rajin dan pandai.
................................................................
8.      Anisa :......................................?
Rianti :saya tidak masuk sekolah karena sakit.
Kalimat tanya yang tepat adalah..............
9.      Aku ditarik oleh kuda. Rodaku ada 4. Aku adalah alat transportasi tradisional. Aku bernama........
10.  Untuk membuat layang-layang yang saya perlukan adalah.......................................



*Selamat mengerjakan*
Previous
Next Post »
Thanks for your comment