Instrumen EDS 2014 Tenaga Pendidik di Padamu Negeri

1. Instrumen EDS 2014
Berikut isian Instrumen EDS yang harus dilengkapi :

1) Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
 Mencontek saat ujian
 Tidak mengerjakan tugas yang diberikan
 Menyalin tugas dari pekerjaan temannya
 Bolos tanpa alasan yang jelas dan dapat diterima
 Malas belajar
 Terlibat tawuran
 Terlibat narkoba
 Sering telat masuk sekolah
 Tidak menghormati guru dan orang lain
 Tidak ada jawaban yang sesuai

2) Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah :
 Giat belajar dan rajin membaca
 Membantu teman/orang lain dan hormat pada guru
 Disiplin dan mematuhi tatatertib sekolah
 Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
 Sportif dalam bertindak
 Berani mengakui kesalahan
 Tidak ada jawaban yang sesuai

3) Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah :
 Secara konsisten ditunjukkan ketika berada di sekolah
 Sesuai dengan kondisi yang dilaporkan oleh orang tua siswa ketika berada di rumah
 Ditunjukkan ketika siswa berinteraksi dengan semua orang
 Menghormati orang yang berlaku
 Tidak ada jawaban yang sesuai
4) Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah :
 Mampu menghapal cukup banyak informasi yang diajarkan
 Mampu menjelaskan kembali sebuah informasi yang dipelajari dengan kalimat sendiri
 Mampu menerapkan suatu konsep untuk menjelaskan sebuah fenomena alam atau sosial
 Mampu mengidentifikasi variabel yang terkait dengan suatu permasalahan
 Mampu menerapkan sebuah prosedur untuk menyelesaikan permasalahan
 Tidak ada jawaban yang sesuai

5) Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai beriku :
 Mampu membaca cepat dan membuat rangkuman dari informasi tertulis
 Mampu menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
 Menyimak informasi secara tepat dan mampu menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
 Mampu melakukan telaah secara kritis kritis terhadap teks atau buku
 Membuat karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
 Tidak ada jawaban yang sesuai

6) Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati, mencoba, mengolah, dan menyajikan pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, serta dapat dibuktikan bukti penilaiannya adalah:
 Melakukan pengamatan dengan petunjuk yang jelas
 Melakukan percobaan/ekplorasi
 Menganalisis hasil percobaan/ekplorasi
 Menyajikan hasil percobaan/ekplorasi
 Membuat dan menyajikan hasil karya yang bagus
 Tidak ada jawaban yang sesuai

7) Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
Hasil meniru karya orang lain
Hasil modifikasi karya orang lain
Hasil kreasi sendiri sesuai dengan fasilitas yang tersedia
8) Kemampuan peserta didik di sekolah dalam menalar dan mencipta pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, yang dapat dibuktikan dengan penilaian bapak/ibu adalah:
 Menyampaikan ide kreatif untuk menyelesaikan suatu masalah kontekstual
 Menganalisis dan mengagabungkan beberapa pemikiran/ide untuk menghasilkan gagasan baru
 Mengevaluasi ide orang lain dan menghasilkan pemikiran/ide baru yang kreatif
 Menghasilkan karya kreatif yang memiliki nilai seni atau manfaat
 Tidak ada jawaban yang sesuai

9) Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
 Ceramah
 Diskusi dan tanya jawab
 Demonstrasi
 Penemuan terbimbing
 Pemecahan masalah
 Tidak ada jawaban yang sesuai

10)Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan RPP di sekolah Bapak/Ibu adalah
 Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
 Standar Kompetensi
 Standar proses
 Standar penilaian
 Buku siswa
 Buku pegangan guru

11) Proses pengembangan RPP di sekolah Bapak/Ibu dilakukan dengan
 Mengadopsi dan mengadaptasi model yang dikembangkan oleh Pemerintah
 Diskusi dalam KKG/KKS/MGMP
 Mengembangkan secara mandiri dengan mengacu pedoman yang ada
 dengan berdiskusi pada nara sumber yang memahami kurikulum 2013

12) RPP yang bapak/ibu kembangkan dibuat dengan memperhatikan aktifitas :
 Mengamati
 Menanya
 Mencoba
 Menalar
 Mengkomunikasikan

13) Jenis penilaian yang diterapkan dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah bapak/ibu adalah
 Tes tertulis
 Tes lisan
 Pengamatan kinerja
 Pengukuran sikap
 Penilaian hasil karya berupa tugas
 Penilaian proyek
 Penilaian produk
 Portofolio
 Penilaian diri
 Tdak ada jawaban yang sesuai

14)Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
 Sahih (teruji kebenarannya)
 Signifikan (bermanfaat dalam pencapaian kompetensi)
 Bermanfaat secara akademis dan non akademis
 Kelayakan (mempertimbangkan taraf berpikir peserta didik)
 Relevan, konsisten, dan edukatif
 Tidak ada jawaban yang sesuai

15)Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
 Dominan pada aspek sikap dan perilaku
 Dominan pada aspek pengetahuan
 Dominan pada aspek keterampilan
 Proporsi sikap, pengetahuan, dan ketrerampilan dibuat merata

16)Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
 Mengembangkan ketrampilan berpikir kritis
 Mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah
 Mengembangkan budaya membaca dan menulis untuk menumbuhkan budaya gemar membaca
 Tidak ada jawaban yang sesuai

17)Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
 Sesuai perkembangan usia peserta didik
 Mengembangkan karakter mulia.
 Memperhatikan gender
 Memperhatikan karakeristik lingkungan sekitar peserta didik
 Memperhatikan kehidupan sosial peserta didik
 Mengembangkan sikap nasionalisme dalam kehidupan bernegara.
 Memfasilitasi penggunaan teknologi
 Tidak ada jawaban yang sesuai

18)Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
 Menganalisis kompetensi yang akan diperoleh siswa
 Menetapkan materi ajar
 Memilih model/metode belajar yang relevan
 Menentukan dan mengevaluasi buku sumber yang digunakan
 Menyusun bahan ajar sesuai karakteristik peserta didik
 Menyusun penilaian yang relevan
 Tidak ada jawaban yang sesuai

19) Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
 Memperhatikan perbedaan individu
 Mendorong partisipasi aktif peserta didik
 Mengembangkan budaya membaca dan menulis
 Umpan balik dan tindak lanjut
 Keterkaitan dan keterpaduan antara SKL-standar isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
 Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
 Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menarik
 Pemilihan media yang sesuai
 Penggunaan sumber belajar yang relevan
 Penggunaan penilaian autentik
 Tidak ada jawaban yang sesuai

20)Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
 Kompetensi yang akan dicapai
 Cakupan materi ajar
 Rancangan tugas selama satu semester
 Tugas mandiri dan tugas kelompok yang harus dikerjakan
 Penilaian yang akan dilakukan
 Tidak ada jawaban yang sesuai

21)Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
 Melakukan remedial untuk peserta didik yang belum tuntas belajar
 Melakukan refleksi proses pembelajaran dan memperbaiki pembelajaran
 Menganalisis daya serap peserta didik dan memperbaiki pembelajaran
 Mengecek gaya belajar peserta didik dan menyesuaikan pembelajaran
 Berkomunikasi dengan teman sejawat atau KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
 Tidak ada jawaban yang sesuai

22) Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
 Buku teks dan lembar kerja dari penerbit tertentu
 Buku teks yang dikembangkan sendiri atau oleh kelompok guru
 Buku panduan
 Ensiklopedia atau kamus
 Majalah dan/atau Koran
 Internet
 Diktat yang dikembangkan sendiri
 Modul belajar
 Nara sumber yang menguasai bidangnya
 Perpustakaan atau museum
 Tidak ada jawaban yang sesuai

23) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
 Melaksanakan program sekolah dan tatatertib untuk pembentukan karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
 Melaksanakan pembelajaran yang memiliki dampak langsung terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin, tanggungjawab, dan menghargai orang lain
 Melaksanakan pembelajaran yang menyadarkan akan pentingnya memiliki karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
 Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang memiliki dampak terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
 Tidak ada jawaban yang sesuai

24) Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun :
 Memperbanyak aktifitas siswa dalam membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
 Memberi tugas belajar berupa telaah buku dan membuat karya tulis
 Melakukan aktifitas belajar berkelompok
 Memberi tugas mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
 Memberi tugas berkomunikasi dengan anggota masyarakat untuk kepentingan belajar
 Mempresentasikan hasil kerja mandiri atau kelompok di depan kelas
 Tidak ada jawaban yang sesuai

25)Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah :
 Tidak cukup waktu
 Kurang menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
 Tidak didukung Kepala Sekolah
 Kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah
 Kemampuan peserta didik tidak memadai
 Tidak ada jawaban yang sesuai

26) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
 Ceramah dan diskusi
 Belajar berkelompok
 Pembelajaran berbasis proyek
 Pembelajaran berbasis masalah
 Pembelajaran inkuiri dan penemuan (discovery)
 Strategi/metode inovatif lainnya
 Tidak ada jawaban yang sesuai

27)Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
 Tidak cukup waktu
 Kurang menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
 Tidak didukung Kepala Sekolah
 Kurangnya sarana dan prasarana di sekolah
 Kemampuan peserta didik tidak memadai
 Tidak ada jawaban yang sesuai

28) Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
 Memotivasi peserta didik untuk giat belajar pada kegiatan awal pembelajaran
 Meningkatkan keingintahuan melalui pengamatan fenomena alam dan sosial
 Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan sosial
 Melakukan pembelajaran secara inkuiri
 Menumbuhkan kebiasaan membaca dan menyampaikan informasi yang diperoleh
 mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
 Tidak ada jawaban yang sesuai

29) Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
 Lebih dari 2 kali/tahun
 2 kali/tahun
 1 kali/tahun
 Tidak pernah

30)Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
 Perencanaan
 Pelaksanaan pembelajaran
 Penilaian hasil belajar
 Tidak ada jawaban yang sesuai

31) Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
 Obyektif, yakni berbasis pada standar dan tidak subyektif
 Terpadu, yakni terencana, menyatu dengan kegiatan pembelajaran, dan berkesinambungan
 Ekonomis, yakni efisien dan efektif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
 Transparan, yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diakses oleh semua pihak
 Akuntabel, yakni dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun eksternal untuk aspek teknik, prosedur, maupun hasilnya
 Edukatif, mendidik dan memotivasi peserta didik dan guru
 Tidak ada jawaban yang sesuai

32) Jenis penilaian yang bapak/ibu lakukan dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah:
 penilaian sikap dan perilaku menggunakan observasi
 Penilaian sikap dan perilaku menggunakan penilaian diri dan penilaian sejawat
 Penilaian pengetahuan menggunakan tes lisan
 Penilaian ketrampilan menggunakan tes praktek
 Penilaian ketrampilan menggunakan portofolio

33)Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
 Dokumen cetak
 Dokumen yang mudah diakses di internet
 Tidak ada jawaban yang sesuai

34) Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
 Pedoman penilaian
 Kriteria ketuntasan hasil belajar
 Pedoman penskoran termasuk rubrik penilaian
 Petunjuk tentang pengolahan nilai dan KKM
 Tidak ada jawaban yang sesuai

35) Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
 Tes tertulis
 Tes lisan
 Instrumen penugasan
 Tidak ada jawaban yang sesuai

36) Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
 Menganalisis kesamaan/pola jawaban dalam jawaban ujian
 Melakukan pengamatan sikap dan perilaku terutama untuk kelompok pelajaran agama dan akhlak mulia
 Menganalisis laporan hasil pengamatan beberapa guru terkait sikap dan perilaku peserta didik
 Menilai sikap perilaku peserta didik ketika berada di sekolah
 Tidak ada jawaban yang sesuai

37) Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
 Lembar Observasi
 Penilaian diri
 Penilaian antar teman
 Jurnal
 Tidak ada jawaban yang sesuai

38) Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
 Menganalisis tes uraian menggunakan rubrik
 Menilai laporan telaah buku dan/atau karya tulis yang dibuat oleh peserta didik
 Menilai penyampaian peserta didik dalam menyajikan karya di depan kelas
 Menilai sikap dan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
 Tidak ada jawaban yang sesuai

39) Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
 Penilaian karya yang dihasilkan menggunakan rubrik
 Melaksanakan pameran hasil karya peserta didik (showcase portfolio)
Penilaian proses selama pembelajaran, terkait dengan kemampuan mengidentifikasi permasalahan dan menganalisis masalah, dan mengajukan solusi
Penilaian kemampuan peserta didik dalam merancang, menghasilkan, dan mengkomunikasikan proses penyelesaian masalah/pembuatan produk
 Tidak ada jawaban yang sesuai

40) Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
 Fortofolio
 Tes praktek
 Proyek
 Tidak ada jawaban yang sesuai

41) Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
 Kurang memahami cara membuat instrumen, menggunakan, dan mengolah hasilnya
 Belum melakukan penilaian sikap dan perilaku karena tidak tercantum dalam RPP
 Tidak cukup waktu untuk melaksanakan penilaian sikap dan perilaku
 Penilaian sikap dan perilaku tidak dituntut oleh sekolah
 Tidak ada jawaban yang sesuai

42) Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
 Kemajuan belajar siswa,
 Kesulitan belajar siswa,
 Cara melakukan perbaikan proses pembelajaran
 Tidak ada jawaban yang sesuai

43) Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
 Dilakukan dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
 Dilakukan secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum memahami penilaian secara utuh
 Diperoleh melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
 Diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
 Diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah menerapkan penilaian autentik
 Tidak ada jawaban yang sesuai

44) Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
 Dilakukan dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
 Dilakukan secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum paham
 Diperoleh melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
 Diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
 Diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
 Tidak ada jawaban yang sesuai

45) Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
 Rapat
 Spanduk, leaflet, brosur
 Papan pajangan/banner
 Dokumen RKS
 Surat edaran kepala sekolah
 Tidak ada jawaban yang sesuai

46) Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
 Kepala sekolah
 Guru
 Orang Tua Peserta didik
 Pemerintah daerah
 Dunia usaha dan dunia industri
 Alumni
 Tokoh masyarakat
 Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)
 Tidak ada jawaban yang sesuai

47)Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
 Penyusunan RKAS sekolah
 Membangun kerjasama kemitraan dengan lembaga lain
 Pemecahan masalah belajar peserta didik
 Pengembangan kurikulum dan silabus
 Tidak ada jawaban yang sesuai

48) Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
 Melibatkan orang tua peserta didik dalam upaya meningkatkan mutu sekolah
 Melibatkan guru dan komite sekolah dalam menetapkan sebuah kebijakan
Menerapkan azas demokrasi, keterbukaan, dan bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan
Menerapkan sistem manajemen yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan mampu membuat sekolah menjadi mandiri
 Menerapkan standar pelayanan prima
 Menerapkan manajemen mutu terpadu
 Tidak ada jawaban yang sesuai

49)Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
 Ikhlas dalam melaksanakan kegiatan sekolah
 Bertukar pendapat dalam pemecahan masalah belajar peserta didik
 Disiplin dalam menjalankan tugas
 Sikap ilmiah yang dimiliki warga sekolah
 Suasana kondusif di sekolah
 Tolong-menolong melalui kegiatan sosial sekolah
 Tidak ada jawaban yang sesuai

50)Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
 Kejujuran
 Memperhatikan bawahan, dan terbuka
 Kerja keras dan disiplin
 komunikatif dan perhatian
 Bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan pengembangan sekolah
 Tidak ada jawaban yang sesuai

51)Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah:
 Kepedulian pimpinan terhadap program kerja sekolah
 Tanggungjawab kepala sekolah
 Keikhlasan dalam melaksanakan tugas
 Kemampuan mengorganisir staf/guru
 Tidak ada jawaban yang sesuai

52) Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
 Dapat diakses via internet
 Dapat diakses melalui komputer di ruangan khusus
 Disediakan dalam bentuk laporan cetak
 hanya dapat diakses oleh pihak tertentu
 Tidak tersedia
 Tidak ada jawaban yang sesuai

53)Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
 Digunakan secara rutin
 Tidak dapat digunakan karena peralatan tidak lengkap
 Tidak dapat digunakan karena peralatan utama rusak
 Tidak digunakan karena tidak ada bahan yang dibutuhkan
 Tidak digunakan karena tidak terkait dengan tujuan pembelajaran
 Tidak digunakan karena belum memahami cara menggunakannya
 Tidak ada jawaban yang sesuai

54) Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
 Sering digunakan
 Penyimpanan yang tidak tepat
 Tidak dirawat secara rutin karena tidak ada dana
 Tidak digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan
 Memang sudah rusak sejak diterima
 Tidak ada jawaban yang sesuai

55)Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
 Sirkulasi udara baik
 Kebersihan terjaga
 Pencahayaan cukup
 Tidak ada jawaban yang sesuai

56)Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
 Ukuran ruang standar
 Penataan ruang baik
 Kelengkapan perabot mencukupi
 Tersedia sambungan internet
 Daya listrik memadai

57)Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
 Ukuran ruang memadai
 Penataan ruang baik
 Kelengkapan perabot mencukupi
 Peralatan Memadai
 Sambungan internet
 Daya listrik yang memadai
 Tidak ada jawaban yang sesuai


sumber: sdn-tambaharjo.blogspot.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment