Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 2 SD UAS I dan Kisi TA 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN 2013 / 2014
                                    Mata pelajaran             :  Bahasa indonesia
                                    Kelas                           :  II (Dua)
                                    Hari/ Tanggal             
                                    Waktu                         :  07.30  s.d  08.30 WIB
Petunjuk Umum :
1.      Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2.      Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama !
3.      Kerjakan terlebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4.      Telitilah kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan kepada bapak/ibu guru !
I. Berilah tanda silang pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !
                        Kucing yang Lucu
Kucing ...
Suaramu merdu
Setiap kamu lapar
Pasti mengatakan ``meong``
Kau sungguh lucu sekali
1.      Tokoh dalam puisi di atas adalah ....
a.       kambing                c. ayam
b.      kucing                   d. burung
2.      Jika lapar kucing mengatakan ....
a.   meong                    c. kukuruyuk
b.   mbe                       d. emo
3.       Widi : ...    kamu tidak masuk sekolah ?
Sekar : Karena aku sakit.
            Kata tanya yang tepat untuk melengkapi pertanyaan di atas adalah ....
a.       Apa                       c. Mengapa
b.      Bagaimana            d. Siapa
4.       Tina membantu ibu memasak.
Kalimat tanya yang sesuai dengan jawaban di atas adalah ....
a.       Siapa yang membantu ibu ?
b.      Di mana Tina membantu ibu ?
c.       Mengapa Tina membantu ibu ?
d.      Kapan Tina membantu ibu ?
           
  Hujan
Hampir setiap hari hujan turun
Hujan terus menerus dapat menyebabkan banjir
5.      Jika hujan terus menerus akan ....
a.       longsor                  c. tsunami
b.      gempa bumi           d. banjir          
6.      Sebelum pergi ke sekolah Toni     ...     pada orang tuanya.
a.       minta uang            c. mandi
b.      berpamitan            d. sarapan
7.      Urutan kalimat di bawah ini yang runtut adalah ....
1.      Ibu menggoreng ikan lele
2.      Agung dan Noval mendapat ikan lele
3.      Agung dan Noval sedang memancing
4.      Agung dan Noval makan bersama
a.       1-2-3-4                  c. 2-3-4-1
b.      3-2-1-4                  d. 4-3-2-1

Bangun tidur
Waktu pagi hari
Burung riang bernyanyi
Menyambut mentari
Indah berseri
Badan segar riang hati
8.      Isi puisi di atas adalah ....
a.       malas bangun pagi
b.      senangnya bernyanyi
c.       senangnya bangun pagi
d.      menyambut mentari
9.      Setiap hari Tina bangun pukul 05.00
Setelah merapikan tempat tidur Tina segera mandi.
Cerita di atas menunjukkan ....
a.       kegiatan sehari hari.
b.      Pengalaman
c.       peristiwa
d.      kejadian
10.  Urutkan gambar di bawah ini sehingga menjadi cerita yang padu ....







a.       A-B-C                   c. A-C-D
b.      C-A-B                   d. D-C-A
11.  ida dan tika naik bus ke surabaya
Penulisan huruf kapital yang benar adalah ....
a.       Ida dan tika naik bus ke Surabaya
b.      Ida dan Tika Naik Bus ke surabaya
c.       Ida dan Tika naik bus ke Surabaya
d.      Ida dan Tika naik bus ke surabaya
12.  Tanda berhenti saat membaca puisi disebut ....
a.       intonasi                  c. ekspresi
b.      lafal                       d. jeda

Untuk soal nomor 13 dan 14
Hari Minggu Dani dan Dimas bertamasya di pantai
Dani dan Dimas membuat istana dari pasir.
Mereka sangat senang bermain di pasir.
13.  Dani dan Dimas sedang bertamasya di ....
a.       pantai                    c. kebun binatang
b.      pegunungan           d. taman
14.  Dani dan Dimas sedang membuat ....
a.       istana dari pasir     c rumah- rumahan dari pasir
b.      bola dari pasir        d. bunga dari pasir
15.  Setiap hari Senin Toni mengikuti upacara bendera.
Toni berangkat sekolah pukul enam lebih tiga puluh menit.
Penulisan angka jam di atas yang benar adalah ....
a.       06.00                     c. 06.30
b.      07.00                     d. 06.15
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
16.  Setiap hari aku datang ke tempatmu.
Kau tempat menimba ilmu.
Puisi di atas bercerita tentang ....
17.   Tokoh yang jahat dalam cerita `` Bawang Merah dan bawang Putih `` adalah ....   
18.       ...   yang sakit gigi ?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
19.  Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan tempat adalah ....
20.  Bahannya terbuat dari bulu unggas, digunakan untuk membersihkan meja dan kursi, benda itu adalah ....
21.  Alangkah     ...    hatiku mempunyai banyak teman.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
22.  nenek – ke - rumah – pergi – kami
Susunan kata acak menjadi kalimat yang benar adalah ....
23.                                                                          Kegiatan yang dilakukan seperti gambar
            di samping adalah ....






24.  ida menyaksikan kecelakaan lalu lintas.
Penulisan kata yang dicetak tebal yang benar adalah ....
25.  Jangan buang sampah sembarangan
Tanda baca yang tepat untuk mengakhiri kalimat di atas adalah ....


III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jabawan yang benar !
26.  Tulislah 3 kegiatan setelah bangun tidur !
Jawab :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
27.  Buatlah 3 kalimat berdasarkan gambar!










Jawab :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
28.  setiap hari reni menyiram bunga di halaman.
Perbaikilah penulisan kalimat di atas dengan menggunakan huruf kapital !
Jawab :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
29.  Tulislah dengan huruf tegak bersambung !
Ana dan Sinta bermain di halaman.
Jawab :






30.  Lengkapilah cerita di bawah ini !
Belajar Renang
            Dimas ingin pandai      ...     setiap hari   ...    Dimas belajar berenang di kolam renang
            umum bersama    ...       . Dimas berenang menggunakan    ...      Sekarang Dimas   
            sudah      ...       berenang.      ...        tidak memakai pelampung lagi.

-          minggu                  - Dimas
-          pandai                   - berenang
-          ayah                       - pelampung







KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SESESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR


Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : II (dua)/ I (satu)
Alokasi Waktu            : 90 Menit
Jumlah Soal                 : 25
Bentuk soal                 : I. Pilihan ganda
                                     II. Isian
                                     III. Uraian

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk soal
1
1 menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek1
1.1 Menyebutkan kembali dengan
      kata-kata atau kalimat sendiri
      teks pendek
Teks pendek

Disajikan teks pendek:
- Siswa dapat menyebutkan nama-nama
   tokoh dalam bacaan
 - Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang
   diceritakan

1

2

Pilihan ganda



2
2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi
2.1 Bertanya kepada orang lain
      dengan menggunakan pilihan
      kata yang tepat dan santun
      berbahasa


- Siswa dapat menggunakan kata tanya
- Siswa dapat membuat pertanyaan
   berdasarkan jawaban yang tersedia
3

4

3
3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
3.1 Menyimpulkan isi teks pendek  yang dibaca dengan membaca lancar
Teks pendek

- Siswa dapat menjawab pertanyaan isi
   bacaan
5

4
4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
Kalimat
rumpang

- Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang
  dengan kata yang benar
- Disajikan kalimat acak, siswa dapat
  menyusun kalimat hingga menjadi cerita
  yang padu
6

7

5
1. Memahami tels pendek dan puisi anak yang dilisankan
1.2 Mendeskripsikan isi puisi
Puisi anak

- Siswa dapat menemukan isi puisi
8

6
2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi
2.2 Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
Kegiatan sehari hari

- Siswa dapat menyebutkan kegiatan yang
  dilakukan sehari-hari
- Siswa dapat mengurutkan kegiatan yang
  dilakukan sehari hari berdasarkan gambar
9

10

7
4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte
4.2 Menulis kalimat sederhana yang diiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
Huruf kapital

- Siswa dapat menggunakan huruf kapital
  dalam kalimat
11

8
2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi
2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
Puisi anak

- Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda pada
   puisi
12

9
3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
3.1 Menyimpulkan isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar
Teks pendek
Teks rumpang
- Siswa dapat melengkapi dengan kata yang
   tepat pada teks rumpang yang disediakan
- Siswa dapat menentukan peristiwa yang
  terjadi dalam bacaan
13

14

10
4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte
4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
Tanda titik dalam penulisan angka jam

- Siswa dapat menuliskan angka jam dengan
  benar
15









No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk soal
1
1 menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek1
1.2 Mendiskripsikan isi puisi
Puisi anak

- Disajikan puisi anak: Siswa dapat
   menemukan isi puisi
 - Siswa dapat menyebutkan tokoh yang ada
   dalam puisi

16

17
isian

2
2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi
2.1 Bertanya kepada orang lain
      dengan menggunakan pilihan
      kata yang tepat dan santun
      berbahasa
Kata tanya
Apa, siapa, kapan, dll
- Siswa dapat menyebutkan  kata Tanya yang
   tepat pada kalimat rumpang yang disediakan
- Siswa dapat menggunakan kata tanya
18
19


3
3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
3.1 Menyimpulkan isi teks pendek
      yang dibaca dengan membaca
      lancar
Teks pendek
Diskripsi nama alat kebersihan
- Disajikan diskripsi alat kebersihan, sd
  menyebutkan nama alat tersebut.
20

4
4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte
4.1 Melengkapi cerita sederhana
     dengan kata yang tepat
Hal rumpang

- Siswa dapat melengkapi kalimat dengan
   Kata yang tepat
- Siswa dapat menyusun kata acak menjadi
   kalimat yang padu
21

22

5
2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi
2.2 Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
Kegiatan sehari hari

- Siswa dapat menyebutkan kegiatan yang
  dilakukan sesuai gambar

23



6
4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte
4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
Huruf kapital

- Siswa dapat menggunakan huruf kapital
  dalam kalimat
- Siswa dapat menggunakan tanda baca
  dalam kalimat
24

25






No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk soal
1
2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi
2.2 Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
Teks pendek
Kegiatan sehari-hari
-Siswa dapat menuliskan 3 kegiatan sehari-
  hari

26


Uraian

2
4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat

Kalimat
- Siswa dapat membuat 3 kalimat berdasarkan
  gambar
27



3
4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte
4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
Teks pendek
Huruf capital, huruf tegak bersambung
- Siswa dapat menggunakan huruf kapital
  dalam kalimat
- Siswa dapat menulid kalimat dengan huruf
   tegak bersambung
28

29

4
4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
Cerita rumpang

- Siswa dapat melengkapi cerita rumpang
  dengan kata yang tersedia
30




Previous
Next Post »
Thanks for your comment