Ibu Reni, seorang kepala TK sedang asik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi mengenalkan bahasa yang penuh dengan istilah latin kepada anak di TK kelas B. Dia merasa bahwa anak sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Dia meminta pendapat teman-temannya, bagaimana cara mengajarkan materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK ibu Reni sedang berada dalam tahap ....
A. Identifikasi masalah B. Analisis masalah
C. Merumuskan masalah
D. Merencanakan perbaikan
Seorang kepala sekolah yang melakukan pengawasan atau pemantauan proses dan perkembangan pelaksanaan program maka kepala sekolah melakukan kegiatan ....
A. Supervisi
B. Evaluasi
C. Monitoring
D. Inspeksi
Tujuan dibentuknya komite sekolah di TK adalah untuk ....
A. Merupakan organisasi penyeimbang
B. Membantu kelancaran penyelenggaraan pendidikan
C. Membantu terbentuknya kerja sama
D. Membantu memperoleh dukungan
Profesionalisme kepala sekolah dilandasi oleh prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali ....
A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia
C. Memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran di kelas
D. Memiliki jiwa kewirausahaan dan daya juang
Kemampuan kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliput pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya merupakn pengertian dari ....
A. Kompetensi profesional
B. Kompetensi sosial
C. Kompetensi pedagogik
D. Kompetensi akademik
Dalam kegiatan diskusi sering terjadi perbedaan pendapat dari guru dan anggota kelompok. Kepala sekolah diharapkan mampu menganalisis perbedaan tersebut dengan cara ....
A. Mengajukan pertanyaan yang menantang guru untuk berpikir
B. Menguraikan dan merangkum pendapat hingga menjadi jelas
C. Meneliti apakah pendapat guru mempunyai dasar yang kuat
D. Memfasilitasi semua perbedaan yang berkembang
Pentebaran kesempatan berpartipasi dalam pengembangan sekolah dapat dilakukan dengan cara ....
A. Mendorong guru untuk mengomntari temannya
B. Memberikan waktu untuk berpikir dalam membuat program
C. Memfasilitasi semua perbedaan yang berkembang
D. Mengajak guru menilai proses dan hasil pelaksanaan program sekolah
Orientasi pengembangan iklim dan budaya organisasi oleh kepala sekolah bagi guru-guru adalah supaya guru-guru ....
A. Mendapatkan kesejahteraan yang memadai
B. Memiliki kemampuan yang diisyaratkan sebagai guru profesional
C. Merasa dihargai atas peran yang dilanjutkannya
D. Memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap profesinya
Kepala sekolah memberikan bimbingan kepada guru melalui kegiatan ....
A. Supervisi
B. In Service Training
C. On Service Training
D. Minitoring
Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan objek-objek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri anak berusia ....
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12 - 14/15 tahun
Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti riwayat pahlawan, kisah perjalanan dan lain-lain merupakan ciri-ciri anak berusia ....
A. 3 - 5 tahun
B. 6 - 8 tahun
C. 10 - 12 tahun
D. 15 - 18 tahun
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon