PEMERINTAH
KABUPATEN KEBUMEN
UPT DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UNIT
KECAMATAN ...........................
SD NEGERI……………………………
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : IV
(empat)
Hari / Tanggal :
Waktu : 90
menit
Petunjuk
Umum :
1. Tulislah namamu
di sudut kanan atas !
2. Bacalah setiap
pertanyaan dengan seksama !
3. Kerjakanlah
lebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4. Telitilah
kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan kepada Bapak / Ibu guru !
I.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di
depan jawaban yang paling tepat !
1.
Gambar seluruh atau sebagian permukaan bumi yang dilukis
pada suatu bidang datar dengan skala tertentu disebut ....
a.
|
Bumi
|
c.
|
Tata
surya
|
b.
|
Peta
|
d.
|
Globe
|
2.
Komponen peta yang digunakan untuk menjelaskan isi atau
gambar peta disebut ....
a.
|
Judul
peta
|
c.
|
Skala
|
b.
|
Legenda
|
d.
|
Simbol
|
3.
Simbol
gambar di samping berfungsi untuk melambangkan ....
a.
|
Kereta
api
|
c.
|
Bandara
|
b.
|
Pelabuhan
|
d.
|
Penyeberangan
|
4.
Sebuah peta kabupaten memiliki skala 1 : 1.000.000. Jika
jarak kota kecamatanmu ke kota kabupaten pada peta adalah 20 cm, maka jarak
sebenarnya di bumi adalah ....
a.
|
10 km
|
c.
|
100 km
|
b.
|
20 km
|
d.
|
200 km
|
5.
Perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya
disebut ....
a.
|
Legenda
|
c.
|
Skala
|
b.
|
Bagan
|
d.
|
Rumus
|
6.
Segala sesuatu di alam atau di bumi yang terbentuk karena
peristiwa alam disebut ....
a.
|
Kenampakan
alam
|
c.
|
Keragaman
budaya
|
b.
|
Keragaman
flora dan fauna
|
d.
|
Kenampakan
cahaya
|
7.
Kenampakan bumi yang menjulang tinggi disebut ....
a.
|
Pegunungan
|
c.
|
Gunung
|
b.
|
Dataran
rendah
|
d.
|
Pantai
|
8.
Salah satu contoh kenampakan alam yang termasuk wilayah
daratan adalah ....
a.
|
Laut
|
c.
|
Sungai
|
b.
|
Pegunungan
|
d.
|
Danau
|
9.
Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai umumnya mata
pencaharian sebagai ....
a.
|
Petani
|
c.
|
Pengusaha
|
b.
|
Sopir
|
d.
|
Nelayan
|
10.
Gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung berapi
disebut gempa ....
a.
|
Tektonik
|
c.
|
Vulkanik
|
b.
|
Runtuhan
|
d.
|
Susulan
|
11.
Contoh perilaku yang menjaga lingkungan adalah ....
a.
|
Membuang
sampah di tempat yang disediakan.
|
b.
|
Membuang
sampah rumah tangga di selokan.
|
c.
|
Menebang
hutan secara liar.
|
d.
|
Membuang
linbah pabrik di sungai.
|
12.
Contoh kekayaan alam yang tidak dapat diperbaharui adalah
....
a.
|
Hutan
|
c.
|
Air
|
b.
|
Bahan
tambang
|
d.
|
Tanah
|
13.
Sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan
disebut sumber daya alam ....
a.
|
Hayati
|
c.
|
Pertanian
|
b.
|
Hewan
|
d.
|
Nabati
|
14.
Menurut sifatnya, sumber daya alam digolongkan menjadi
dua, yaitu kekayaan alam ....
a.
|
Yang
dapat dibeli dan dikembalikan.
|
b.
|
Yang
dapat digali dan tak dapat digali.
|
c.
|
Yang
dapat diperbaharui dan tak dapat diperbaharui.
|
d.
|
Yang
dapat dijual dan tak dapat dijual.
|
15.
Hasil hutan berikut yang digunakan untuk membuat lemari
adalah ....
a.
|
Rotan
|
c.
|
Cemara
|
b.
|
Bakau
|
d.
|
Jati
|
16.
Hasil perkebunan yang dimanfaatkan untuk obat malaria
adalah ....
a.
|
Rosela
|
c.
|
Tebu
|
b.
|
Kina
|
d.
|
Kelapa
|
17.
Manfaat dari getah karet adalah sebagai bahan ....
a.
|
Bangunan
|
c.
|
Minyak
|
b.
|
Bakar
|
d.
|
Ban
|
18.
Salah satu cara untuk melestarikan hutan adalah ....
a.
|
Reboisasi
|
c.
|
Membakar
hutan
|
b.
|
Menebang
hutan
|
d.
|
Melakukan
lahan berpindah
|
19.
Kulit kayu sumber daya alam yang dipakai untuk bahan ....
a.
|
Serbuk
kayu
|
c.
|
Pembuatan
kertas
|
b.
|
Pohon
|
d.
|
Kayu
keras
|
20.
Dasar negara Republik Indonesia adalah ....
a.
|
Bhineka
Tunggal Ika
|
c.
|
Burung
Garuda
|
b.
|
Pancasila
|
d.
|
UUD
1945
|
21.
Keragaman suku bangsa dan budaya yang kita miliki
merupakan satu kesatuan untuk ....
a.
|
Berselisih
|
c.
|
Bersatu
|
b.
|
Bertengkar
|
d.
|
Beradu
|
22.
Pengertian Bhineka Tunggal Ika adalah ....
a.
|
Berbeda-beda
tetapi tetap satu satu jua.
|
b.
|
Perbedaan
menyebabkan kehancuran.
|
c.
|
Perbedaan
adalah anugerah Tuhan.
|
d.
|
Berbeda-beda
tidak akan bersatu.
|
23.
Lagu Soleram berasal dari derah ....
a.
|
Maluku
|
c.
|
Jawa
Tengah
|
b.
|
Riau
|
d.
|
Jawa
Barat
|
24.
Gambar
rumah adat di samping berasal dari provinsi ....
a.
|
Kalimantan
Timur
|
c.
|
Jawa
|
b.
|
Sulawesi
|
d.
|
Bali
|
25.
Cara menghargai keragaman agama yang ada adalah dengan cara ....
a.
|
Tidak
peduli pada agama laian.
|
b.
|
Tidak
mengganggu jika ada orang lain lain yang beribadah.
|
c.
|
Mengotori
tempat ibadah agama orang lain.
|
d.
|
Mempelajari
dan mengikuti ibadah agama orang lain.
|
26.
Terhadap budaya daerah lain kita berkewajiban untuk ....
a.
|
Mengetahui
|
c.
|
Menghargai
|
b.
|
Mengagumi
|
d.
|
Mempelajari
|
27.
Peninggalan sejarah yang berupa tulisan dari masa lampau
yang ditulis pada batu, emas, perunggu, tembaga, tanah liat atau tanduk
binatang disebut ....
a.
|
Arca
|
c.
|
Tugu
|
b.
|
Benteng
|
d.
|
Prasasti
|
28.
Candi borobudur terletak di daerah ....
a.
|
Jawa
Tengah
|
c.
|
Jawa
Timur
|
b.
|
Jawa
Barat
|
d.
|
Sumatera
|
29.
Peninggalan sejarah sangat bermanfaat sekali untuk anak
sekolah dalam bidang ....
a.
|
Perdagangan
|
c.
|
Pendidikan
|
b.
|
Perhubungan
|
d.
|
Perindustrian
|
30.
Turut menjaga kelestarian dan keutuhan benda bersejarah
ketika kita mengunjungi tempat tersebut termasuk ....
a.
|
Menghargai
peninggalan sejarah.
|
b.
|
Melestarikan
benda sejarah.
|
c.
|
Mentaati
tata tertib.
|
d.
|
Memepelajari
sejarah.
|
31.
Orang yang gagah berani berjuang secara ikhlas dan tanpa
pamrih dalam membela kebenaran disebut ....
a.
|
Pahlawan
|
c.
|
Dokter
|
b.
|
Tukang
becak
|
d.
|
Tukang
ojek
|
32.
Berikut ini yang merupakan contoh sikap patriotisme
adalah ....
a.
|
Takut
berkelahi.
|
c.
|
Rela
berkorban.
|
b.
|
Ingin
menang sendiri.
|
d.
|
Bersikap
semena-mena.
|
33.
Yang merupakan pahlawan proklamator Indonesia adalah ....
a.
|
Ir. Sutarmi
dan Drs. Muhamad Musa
|
b.
|
Ir.
Soekarno dan Drs. Muhamad Hatta
|
c.
|
Ir.
Sutadjo dan Drs. Muhamad Hatta
|
d.
|
Ir. Sukandar
dan Drs. Muhamad Abu Bakar
|
34.
Indonesia mereka pada tanggal ....
a.
|
14 Agustus
1945
|
c.
|
16
Agustus 1945
|
b.
|
15
Agustus 1945.
|
d.
|
17
Agustus 1945
|
35.
Seorang siswa dapat meneladani semangat kepahlawanan
dengan cara ....
a.
|
Menegakan
keadilan
|
c.
|
Belajar
dengan rajin dan tekun
|
b.
|
Memberantas
kemiskinan
|
d.
|
Berlatih
beladiri
|
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang benar !
36.
Buku kumpulan peta disebut ....
37.
Gambar di samping merupakan simbol
....
38.
Akibat penebangan hutan secara liar menyebabkan bahaya
....
39.
Suatu bagian dari daratan yang bergunung-gunung yang tingginya
lebih dari 700 meter disebut ....
40.
Bahan baku pembuatan gula pasir adalah ....
41.
Sumber daya alam adalah ....
42.
Agar sumber daya alam tidak cepat habis maka harus di
gunakan secara ....
43.
Bhineka Tunggal Ika berasal dari kitab Sutasoma yang
dikarang oleh ....
44.
Pahlawan Nasional pada gambar di samping adalah ....
Pahlawan Nasional pada gambar di samping adalah ....
45.
Peninggalan sejarah yang berupa sisa-sisa tulang belulang
manusia dan hewan atau tumbuhan yang membatu disebut ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan benar !
46.
Sebutkan 3 peninggalan sejarah berbentuk bangunan !
Jawab :
|
a.
|
...........................................................................................................
|
|
b.
|
...........................................................................................................
|
c.
|
...........................................................................................................
|
47.
Sebutkan 3 unsur komponen peta dan jelaskan !
Jawab :
|
a.
|
...........................................................................................................
|
|
b.
|
...........................................................................................................
|
c.
|
...........................................................................................................
|
48.
Sebutkan 3 peristiwa alam !
Jawab :
|
a.
|
...........................................................................................................
|
|
b.
|
...........................................................................................................
|
c.
|
...........................................................................................................
|
49.
Sebutkan 3 cara menjaga kelestarian lingkungan
peninggalan sejarah !
Jawab :
|
a.
|
...........................................................................................................
|
|
b.
|
...........................................................................................................
|
c.
|
...........................................................................................................
|
50.
Sebutkan 3 tarian daerah adat yang kamu ketahui !
Jawab :
|
a.
|
...........................................................................................................
|
|
b.
|
...........................................................................................................
|
c.
|
...........................................................................................................
|
KUNCI JAWABAN IPS KELAS IV
I.
1.
|
b
|
6.
|
a
|
11.
|
a
|
16.
|
b
|
21.
|
c
|
26.
|
c
|
31.
|
a
|
2.
|
a
|
7.
|
c
|
12.
|
b
|
17.
|
d
|
22.
|
a
|
27.
|
d
|
32.
|
c
|
3.
|
c
|
8.
|
b
|
13.
|
d
|
18.
|
a
|
23.
|
b
|
28.
|
a
|
33.
|
b
|
4.
|
d
|
9.
|
d
|
14.
|
c
|
19.
|
c
|
24.
|
d
|
29.
|
c
|
34.
|
d
|
5.
|
c
|
10.
|
c
|
15.
|
d
|
20.
|
b
|
25.
|
b
|
30.
|
b
|
35.
|
c
|
II.
36.
|
Atlas
|
37.
|
Ibu kota kabupaten
|
38.
|
Tanah longsor
|
39.
|
Pegunungan
|
40.
|
Tebu
|
41.
|
Kekayaan alam yang terdapat di bumi (kebijakan guru)
|
42.
|
Hemat atau irit
|
43.
|
Mpu Tantular
|
44.
|
Kapiten Pattimura
|
45.
|
Fosil
|
III.
46.
|
a.
|
Candi
|
|
b.
|
Benteng
|
|
c.
|
Masjid
|
|
|
(kebijakan guru)
|
47.
|
a.
|
Judul peta
menjelaskan isi atau gambar peta.
|
|
b.
|
Skala peta
perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya.
|
|
c.
|
Arah mata angin
pedoman atau petunjuk arah pada peta.
|
|
|
(kebijakan guru)
|
48.
|
a.
|
Gempa bumi
|
|
b.
|
Banjir
|
|
c.
|
Tanah longsor
|
49.
|
a.
|
Menjaga
keutuhan benda-benda peninggalan sejarah.
|
|
b.
|
Tidak
mencoret-coret dan membuat kotor benda-benda peninggalan sejarah.
|
|
c.
|
Tidak mengambil
dan memperjualbelikan benda peninggalan sejarah.
|
|
|
(kebijaksanaan
guru)
|
50.
|
a.
|
Kuda lumping
|
|
b.
|
Serampang duabelas
|
|
c.
|
Piring
|
|
|
(kebijakan guru)
|
KISI-KISI SOAL PENYUSUN NASKAH SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
SD/MI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : IV
(empat)
Alokasi
waktu :
Jumlah : 50
soal
Bentuk
soal : 1. Pilihan Ganda 35
2. Isian 10
3. Uraian 5
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
1.
|
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten, kota dan provinsi.
|
1.1 Membaca peta lingkungan setempat
(kabupaten, kota, provinsi dengan mengunakan skala sederhana)
|
-
Peta
-
Komponen peta
-
Gambar simbol
-
Skala peta
angka
-
Skala
|
o
Pengertian
peta.
o
Pengertian
komponen peta.
o
Pengertian
gambar simbol.
o
Contoh skala
peta angka.
o
Pengertian skalla.
|
Ø Menjelaskan pengertian peta.
Ø Menjelaskan salah satu pengertian komponen
peta.
Ø Disajikan gambar simbol peta lingkungan.
Ø Contoh skala angka.
Ø Menjelaskan pengertian skala.
|
1
2
3
4
5
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
1.2 Mendiskripsikan kenampakan di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubunganya dengan keragaman
sosial budaya.
|
-
Kenampakan alam
-
Gunung
-
Kenampakan alam
-
Mata
pencaharian
-
Akibat
peristiwa alam
-
Perilaku
manusia
|
o
Pengertian
kenampakan alam.
o
Tentang gunung.
o
Contoh
kenampakan alam.
o
Mata
pencaharian lingkungan.
o
Akibat
peristiwa alam.
o
Perilaku
manusia.
|
Ø Pengertian kenampakan alam.
Ø Menjelaskan pengertian tentang gunung.
Ø Contoh kenampakan alam di lingkungan
setempat.
Ø Menjelaskan hubungan kenampakan alam dengan
keragaman sosial tentang mata pencaharian di lingkungan setempat.
Ø Menjelaskan peristiwa alam dan akibatnya,
Ø Menjelaskan contoh perilaku manusia
terhadap lingkungan.
|
6
7
8
9
10
11
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
||
1.3 Menunjukan jenis dan penyebaran sumber
daya allam serta pemanfaatanya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar.
|
-
Sumbaer daya
alam yang tidak dapat diperbaharui.
-
Sumber daya
alam nabati.
-
Sifat/
pengertian sumber daya alam.
-
Hasil hutan.
-
Manfaat nama
obat malaria.
-
Manfaat getah
karet.
-
Keestarian
hutan.
-
Bahan baku
untuk membuat kertas.
|
o
Contoh sumber
daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
o
Sumber daya
alam nabati.
o
Sifat dan
pengertian sumber daya alam.
o
Hasil hutan.
o
Manfaat dan
nama obat malaria.
o
Manfaat getah
karet.
o
Kelestarian
hutan.
o
Bahan baku
untuk membuat kertas.
|
Ø Menyebutkan salah satu contoh yang tidak
dapat di perbaharui.
Ø Pengertian sumber daya alam.
Ø Menjelaskan sifat /pengertian sumber daya
alam.
Ø Contoh hasil hutan untukk membuat almari.
Ø Menyebutkan salah satu hasil perkebunan
yang dimanfaatkan untuk obat malaria.
Ø Menyebutkan salah satu contoh manfaat
hutan.
Ø Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber
daya alam.
Ø Menjelaskan sumber daya alam melalui
pembuatan kertas dengan bahan baku.
|
12
13
14
15
16
17
18
19
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
||
|
|
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
setempat.
|
-
Dasar negara.
-
Keragaman suku
bangsa.
-
Bhineka Tunggal
Ika.
-
Lagu daerah.
-
Rumah adat.
-
Menghargai
keragaman agama.
-
Budaya daerah.
|
o
Pengertian
dasar negara.
o
Keragaman suku
bangsa.
o
Pengertian
Bhinek Tunggal Ika.
o
Lagu daerah.
o
Rumah adat.
o
Menghargai
keragaman agama.
o
Buudaya daerah.
|
Ø Menyebutkan dasar negara Rebuplik
Indinesia.
Ø Menjelaskan keragaman suku bangsa dalam
persatuan dan kesatuan.
Ø Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika.
Ø Menyebutkan asal lagu daerah.
Ø Disajikan gambar rumah adat.
Ø Cara menghargai keragaman agama.
Ø Contoh sikap menghargai tehadap budaya
lain.
|
20
21
22
23
24
25
26
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
1.5 Menghargai berbagai peninggalan sejarah
di lingkungan setempat (kabuupaten, kota, provinsi).
|
-
Peninggalan
sejarah.
-
Letak candi
Borobudur.
-
Manfaat
peninggalan sejarah dalam pendidikan.
-
Cara
melestarikan peninggalan sejarah.
|
o
Peninggalan
sejarah.
o
Letak candi
Borobudur.
o
Manfaat
peninggalan sejarah dalam pendidikan.
o
Cara
melestarikan peninggalan sejarah.
|
Ø Mengidentifikasi jenis peninggalan sejarah
berupa tulis.
Ø Menyebutkan letak peninggalan sejarah
berupa candi.
Ø Manfaat peninggalan sejarah dalam suatu
bidang.
Ø Melestarikan peninggalan sejarah.
|
27
28
29
30
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
||
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh
di lingkungannya.
|
-
Pahlawan.
-
Sikap
patriotisme.
-
Pahlawan
proklamator.
-
Tanggal
kemerdekaan.
-
Semangat
seorang pelajar.
|
o
Pengertian
pahlawan.
o
Sikap
patriotisme.
o
Pahlawan
proklamator.
o
Tanggal hari
kemerdekaan.
o
Semangat
seorang pelajar.
|
Ø Menjelaskan pengertian pahlawan.
Ø Menjelaskan contoh arti pentiing sikap
patriotisme.
Ø Menyebutkan pahlawan proklamator.
Ø Menyebutkan tanggal kemerdekaan RI.
Ø Menjelaskan sikap sebagai seorang siswa
dalam meneladani semangat kepahlawanan.
|
31
32
33
34
35
|
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
Pil. Ganda
|
||
2.
|
Memahami sejarah kenampakan alam dan
keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan Provinsi .
|
2.1 Membaca peta lingkungan setempat
(kabupaten/kota, provinsi) dengan mengunakan skala sederhana.
|
-
Kumpulan peta.
-
Simbol peta
|
o
Kumpulan peta.
o
Gambar simbol
peta.
|
Ø Pengertian kumpulan peta.
Ø Disajikan gambar salah satu simbol peta
lingkungan.
|
36
37
|
Isian
Isian
|
2.2 Mendiskripsikan kenampakan alam di
lingkungan kabupaten kota dan provinsi serta hubungan dengan keragaman sosial
budaya.
|
-
Akibat perilaku
manusia.
-
Pegunungan
|
o
Akibat perilaku
manusia.
o
Pegunungan
|
Ø Menjelaskan akibat perilaku manusia
terrhadap lingkungan.
Ø Pengertian kenampakan alam tentang
pegunuungan.
|
38
39
|
Isian
Isian
|
||
2.3 Menunjukan jenis dan persebaran sumber
daya alam serta pemanfaatanya untuk kegiatan ekonomi di lingkunngan setempat.
|
-
Jenis sumber
daya alam.
-
Sumber daya
alam.
-
Contoh
melestarikan sumber daya alam.
|
o
Jenis sumber
daya alam.
o
Sumber daya
alam.
o
Contoh melestarikan
sumber daya alam.
|
Ø Jenis sumber daya alam bahan baku gula
pasir.
Ø Pengertian sumber daya alam.
Ø Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber
daya alam.
|
40
41
42
|
Isian
Isian
Isian
|
||
2.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan
budaya setempat.
|
-
Semboyan
Bhineka Tunggal Ika.
|
o
Semboyan
Bhineka Tunggal Ika dari kitab Sutasoma dikarang oleh mpu Tantular.
|
Ø Menyebutkan pengarang Bhineka Tunggal Ika
dari kitab sutasoma.
|
43
|
Isian
|
||
2.5 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme
tokoh-tokoh di lingkungan sekitar.
|
-
Gambar
pahlawan.
|
o
Gambar
pahlawan.
|
Ø Disajikan gambar pahlawan.
|
44
|
Isian
|
||
2.6 Menghargai berbagai peninggalan sejarah
di lingkungan setempat (kabupaten/kota dan provinsi)
|
-
Peninggalan
sejarah.
-
Peninggalan
sejarah.
|
o
Peninggalan
sejarah.
o
Peninggalan
sejarah.
|
Ø Menyebutkan salah satu jenis peninggalan
sejarah berupa fosil.
Ø Menyebutkan 3 (tiga) peninggalan sejarah.
|
45
46
|
Isian
Uraian
|
||
2.7 Membaca peta lingkungan setempat
(kabupaten/kota dan provinsi) dengan sekala sederhana.
|
-
Unsur komponen
peta.
|
o
Unsur komponen
peta.
|
Ø Menyebutkan 3 (tiga) unsur komponen peta
dengan penjelasanya.
|
47
|
Uraian
|
||
2.8 Mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan
sekitar kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial
budaya.
|
-
Peristiwa alam.
|
o
Peristiwa alam.
|
Ø Menyebutkan 3 (tiga) peristiwa alam.
|
48
|
Uraian
|
||
|
|
2.9 Menghargai berbagai peninggalan sejarah
dilingkungan sekitar.
|
-
Cara menjaga
kelestarian lingkungan.
|
o
Cara menjaga
kelestarian lingkunngan
|
Ø Menyebutkan 3 (tiga) cara menjaga
kelestarian lingkungan
|
49
|
Uraian
|
2.10 Menghargai keragaman suku bangsa dan
budaya setempat.
|
-
Tarian daerah adat.
|
o
Tarian daerah
adat.
|
Ø Menyebutkan 3 (tiga) tarian daerah adat.
|
50
|
Uraian
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon